Published on

Technology

10+ Rekomendasi Aplikasi Mental Health untuk Membuat Hidup Lebih Bahagia

Lita Lia

H1-10__Rekomendasi_Aplikasi_Mental_Health_untuk_Membuat_Hidup_Lebih_Bahagia.jpg

Masalah kesehatan mental memang tidak boleh dianggap sepele. Aktivitas apapun tidak akan berjalan dengan baik jika kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja. Selain melalui pemeriksaan medis, memakai aplikasi juga bisa membantu mendeteksi hingga meredakan masalah tersebut. Misalnya dengan beberapa rekomendasi aplikasi mental health berikut ini.

Baca juga: Delusional Adalah: Pengertian, 6 Jenis, Penyebab, dan Cara Menanganinya

1. SAM


Aplikasi mental health SAM. (Sumber: Play Store)

Self-help Anxiety Management atau SAM merupakan aplikasi hasil kolaborasi tim psikolog dan pakar komputer University of West England. Aplikasi mental health membantu menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik, serta mudah dipakai. Kamu bisa merekam tingkat kecemasan hingga mengidentifikasi pemicu stres secara mudah. Tersedia 25 pilihan sebagai pengelola gejala fisik dan mental karena kecemasan. Contohnya dengan teknik pernapasan atau melalui fitur berbagi pengalaman. Khusus fitur berbagi pengalaman dengan sesama pengguna, aplikasi ini akan merubah akun menjadi anonim.

2. BetterHelp


Aplikasi mental health BetterHelp. (Sumber: Play Store)

BetterHelp merupakan aplikasi terapi daring serta layanan konseling. Terapi dan layanan yang membantu penyintas mental health ini, bisa dilakukan secara pesan audio dan video. Terapis yang tergabung di aplikasi mental health ini sepenuhnya sudah terlatih dan memiliki akreditasi. Bahkan biodatanya bisa diakses di situs-situs resmi, guna menjamin kredibilitasnya. Sesi konsultasi ini berbayar dengan tarif antara $240 sampai $600, per empat pekan.

3. Depression CBT


Aplikasi mental health CBT. (Sumber: Play Store)

Terapi perilaku kognitif merupakan pendekatan efektif guna mengelola depresi serta masalah mental health lainnya. Hal ini juga yang menjadi dasar kinerja aplikasi Depression CBT. Aplikasi mental health akan membantumu memantau suasana hati melalui tes tingkat keparahan mood depresif. Tujuannya untuk mendidik pengguna tentang pola pikir negatif, sehingga tidak memperburuk depresi.

4. Mood Tools


Aplikasi mental health Mood Tools. (Sumber: Play Store)

Pengembang aplikasi mental health ini bekerja sama dengan tenaga profesional di bidang kesehatan mental. Aplikasi gratis yang dapat diunduh di Play Store dan App Store ini, membantu penggunanya mengidentifikasi gejala depresi. Cara kerjanya dengan melacak tingkat keparahan suasana hati memakai kuesioner. Ada juga fitur diari pribadi, hingga perpustakaan video yang bisa dipakai untuk meningkatkan mood.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Bekerja Dari Rumah

5. Bearable


Aplikasi mental health Bearable. (Sumber: App store)

Aplikasi kesehatan mental ini akan menyederhanakan proses membantu menangani gangguan mental health. Caranya dengan mendesain kinerjanya secara lebih rapi. Kamu bahkan tidak perlu mengetikkan gejala yang dialami secara manual. Aplikasi mental health ini sudah memiliki database khusus, di mana gejala yang kamu rasakan tinggal dipilih otomatis. Selain itu, berdasarkan gejala yang dialami, kamu secara langsung akan memperoleh saran obat yang tepat, makanan, dan bagaimana interaksi dengan sesama.

6. Mindshift


Aplikasi mental health Mindshift. (Sumber: Play Store)

Mindshift merupakan aplikasi mental health yang bekerja memanfaatkan bimbingan serta evaluasi berdasarkan CBT. Evaluasi terapi dengan metode tersebut merupakan terapi perilaku kognitif guna membantu penyintas mengatasi kecemasan. Terapi perilaku kognitif yang diberikan dimulai dari pengguna menambahkan daftar situasi pemicu kecemasan pribadi.

Setelah itu, aplikasi akan memberikan solusi yang mungkin bisa membantu mengatasi situasi tersebut. Ada fitur yang berguna mengembangkan pengetahuan tentang kecemasan beserta gejalanya. Ada juga teknik relaksasi, evaluasi tingkat kecemasan dan pengembangan pola pikir realistis.

7. Pacifica


Aplikasi mental health Pacifica. (Sumber: Play Store)

Aplikasi kesehatan mental yang bisa didapatkan di Play Store dan iOs ini, menyediakan beberapa tools holistic. Terapi tersebut sangat berguna membantu mengatasi gejala depresi. Aplikasi mental health ini juga cocok sebagai pembantu terapi jika mengalami gangguan kecemasan.

Cara kerjanya dengan berdasarkan terapi perilaku kognitif, relaksasi, serta kesejahteraan fisik. Contohnya yang ada di fitur Mood Rate, fitur ini akan membuatmu bisa memberikan skor suasana hati yang sedang dirasakan. Buku harian pribadi untuk menuangkan segala keluh kesah juga menjadi fitur lain dalam aplikasi mental health ini.

8. Operation Reach Out


Aplikasi mental health Operation Reach Out. (Sumber: Play Store)

Latar belakang aplikasi mental health ini diciptakan tergolong menarik, sebab dikembangkan khusus oleh badan militer Amerika Serikat. Tujuannya sebagai platform penanganan kasus depresi serta post traumatic stress disorder di kalangan veteran militer. Aplikasi bekerja sebagai alat intervensi khusus orang-orang yang memiliki pemikiran percobaan bunuh diri agar bisa memperoleh bantuan secepat mungkin. Ada kontak darurat dan nomor telepon penting khusus penanganan mental health. Tujuannya sebagai bantuan darurat jika kamu berada di titik kepayahan. Tersedia juga fitur GPS yang membantu memberitahu ke pihak kesehatan posisi saat ini.

Baca juga: Ini Pentingnya Kesehatan Mental Karyawan Bagi Perusahaan

9. Riliv


Aplikasi mental health Riliv. (Sumber: Play Store)

Riliv merupakan aplikasi lokal, karya anak bangsa. Cara kerjanya dengan membantu penyintas mental health berkonsultasi masalah pribadinya ke para psikolog profesional. Untuk tenaga psikolog yang ada di aplikasi mental health ini, terdiri atas enam orang profesional di bidangnya. Selain itu, ada juga 50 mahasiswa psikolog yang berasal dari beberapa universitas negeri. Relawan mahasiswa ini akan bertugas sebagai teman curhat, bukan sebagai pemberi solusi. Jika ingin memperoleh saran medis terkait masalah mental health, kamu bisa memakai fitur premium.

10. Calm


Aplikasi mental health Calm. (Sumber: Play Store)

Meditasi yang bekerja membuat pikiran rileks, merupakan salah satu upaya dalam menenangkan diri jika mengalami gangguan kecemasan. Melalui aplikasi mental health Calm, kamu akan dibantu bermeditasi secara lebih tenang. Calm ditujukan untuk semua golongan, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman di bidang meditasi. Banyak juga informasi bermanfaat guna mempelajari cara bermeditasi. Uji coba gratis bisa kamu nikmati selama sepekan. Untuk durasi sesi meditasi cukup beragam. Ada sesi tiga menit, sampai paling lama satu jam.

11. What’s Up


Aplikasi mental health What’s Up. (Sumber: Play Store)

Pengelolaan kesehatan mental dengan aplikasi mental health ini memiliki cara kerja menarik. What’s Up? Menggabungkan aspek terapi CBT (terapi kognitif) dengan komitmen. Tujuan dari penggabungan ini sebagai pencipta strategi dalam mengatasi masalah mental health. Misalnya saja kecemasan, amarah, stres, sampai depresi. Ada fitur pelacak kebiasaan baik dan buruk, yang dapat rutin kamu update. Selain itu, ada panduan tiga teknik pernapasan, guna membantu memperbaiki suasana hati.

12. Shine


Aplikasi mental health Shine. (Sumber: Play Store)

Aplikasi mental health ini membantu memberdayakan para penyintas bipolar dan depresi. Dukungan komunitas dan sarana menangani masalah kesehatan tersebut disediakan. Kamu bisa mengakses komunitas khusus, yang akan menjadi sarana saling memberi dukungan. Selain itu, ada fitur yang berguna sebagai penenang di saat-saat kritis. Akan tetapi, aplikasi tidak dirancang untuk kondisi mental health yang tarafnya serius.

Baca juga: Manfaat “Me Time” Bagi Kesehatan Mental Dan 7 Kegiatan Yang Bisa Untuk Dilakukan

Ternyata aplikasi mental health yang berguna untuk membantu penyintas gangguan Kesehatan mental cukup banyak variannya. Pastikan pilih yang sesuai kriteria, dan terus semangat untuk sembuh ya. Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • healthline.com
  • hellosehat.com
  • verywellmind.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    H1-10_Cara_Membuat_Foto_HD_dengan_Mudah_dan_Cepat.jpg

    Technology

    10 Cara Membuat Foto HD dengan Mudah dan Cepat Secara Online

    Lita Lia

    30 September 2022
    5 min read
    10_Aplikasi_Kesehatan_Mental_Terbaik_Beserta_Daftar_Harga_Layanannya.jpg

    Lainnya

    10 Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik beserta Daftar Harga Layanannya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    30 September 2022
    8 min read

    Video