Lainnya

Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

Manfaat_“Me_Time”_bagi_kesehatan_mental_dan_7_kegiatan_yang_bisa_untuk_dilakukan.jpg

Pernah kesulitan merasa damai karena banyaknya tuntutan dalam hidup? Kamu mungkin terlalu sering memprioritaskan kebutuhan orang lain hingga melupakan kebutuhan sendiri karena kamu tidak ingin terlihat egois atau merasa bersalah. Namun, kebiasaan itu ternyata tidak sehat jika dilakukan tanpa jeda.

Perlu kamu garis bawahi bahwa meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time itu juga tidak kalah penting. Apa pun tuntutan gaya hidupmu saat ini, kamu perlu memastikan bahwa kamu tidak kelelahan secara fisik maupun mental (burn out).

Berikut adalah pentingnya melakukan me time dan 20 cara menghabiskan waktu untuk mengurus diri sendiri yang akan membuat kamu lebih baik dalam pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup!

Baca juga: 6 Cara meningkatkan kebahagiaan karyawan di kantor

Apa itu me time?


Me time diperlukan untuk memulihkan energi. (Sumber: Pexels)

Me time adalah suatu istilah yang sering dikatakan oleh seseorang yang sedang berfokus pada dirinya sendiri untuk sementara waktu tanpa gangguan pekerjaan atau rutinitas. Yap! Me time adalah tentang menghadirkan tubuh dan pikiran secara utuh bersama-sama.

Menurut Cambridge Dictionary, me time adalah waktu ketika kamu dapat melakukan apa yang ingin kamu lakukan. Sedangkan menurut Oxford Languages, me time adalah waktu yang dihabiskan untuk bersantai sendiri daripada bekerja atau melakukan sesuatu untuk orang lain dan dipandang sebagai kesempatan untuk mengurangi stres atau memulihkan energi.

Me time dapat dihabiskan dalam berbagai cara dan dapat bervariasi untuk setiap orang. Harvard Health Publishing mengatakan bahwa waktu yang ideal untuk melakukan me time adalah sesekali dalam 30 menit hingga 24 jam, paling minimal dilakukan dalam durasi waktu 5 menit setiap kalinya, misalnya dengan melakukan deep breathing.

Melalui sumber berbeda, psikolog dan konsultan kesehatan mental Anastasia Satrio dalam Tempo juga menggaris bawahi bahwa durasi yang ideal melakukan me time sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Pada dasarnya, terlepas dari durasi, selama kamu sendirian dengan pikiranmu dan melakukan perhatian penuh selama aktivitas apa pun, kamu berhasil menghabiskan me time yang berkualitas.

Baca juga: Ketahui manfaat teamwork dan tips membangun teamwork yang kompak

Pentingnya melakukan me time


Me time bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas jangka panjang. (Sumber: Pexels)

Meskipun mungkin terasa seperti mengorbankan waktu yang dapat dihabiskan untuk melakukan hal-hal lain yang lebih praktis, meluangkan waktu untuk me time sangat penting untuk menjaga kesejahteraan secara keseluruhan. Psikolog telah menunjukkan bahwa me time sebenarnya membantu untuk me-reboot otak, meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dalam jangka panjang, dan membantu kamu untuk beristirahat dan bersantai.

Sebagai hasil dari meluangkan me time, kamu lebih mungkin untuk unggul di tempat kerja atau sekolah, meningkatkan hubungan dengan orang lain, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur. Meluangkan me time untuk berhenti dari dunia juga memberimu waktu untuk berpikir mendalam dan penemuan diri, yang selanjutnya bermanfaat bagi semua aspek kehidupan, mulai dari karier hingga hubungan.

Meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres dengan cara me time ini juga dapat memiliki manfaat fisiologis yang luar biasa juga. Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mempercepat proses penuaan, merusak pola tidur yang penting, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental seperti depresi.

Namun, me time yang berkualitas dapat membantu mencegah hal-hal negatif seperti itu terjadi. Dengan manfaat besar yang ditawarkan, mungkin sekarang saatnya kamu mengeluarkan effort yang lebih besar pula untuk secara konsisten meluangkan waktu me time.

Baca juga: 10 Life skill yang wajib dimiliki di dunia kerja saat ini

Tips melakukan me time

Ketika melakukan me time, hapus rasa bersalah supaya kamu bisa benar-benar menikmatinya (sumber: Freepik)

Menurut laman Best Life Online, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat me time-mu lebih berkualitas. Berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan merasa bersalah ketika melakukan me time

Ketika sudah memutuskan untuk melakukan me time, kamu tidak perlu merasa bersalah karena kamu memang berhak melakukannya. Jika kamu terus merasa bersalah setiap kali melakukan me time, kamu tidak bisa menikmati waktu istirahat yang kamu ambil. 

Cobalah untuk menerapkan pola pikir, “Jika aku bahagia, aku bisa bekerja dengan lebih baik” untuk meniadakan rasa bersalah. Selain itu, apabila kamu bisa menebarkan vibes yang positif kepada teman-teman kerjamu, produktivitas kalian secara tim juga akan meningkat.

2. Ambil me time setiap hari

Me time yang dimaksud di sini adalah me time yang hanya berdurasi selama beberapa menit. Di pagi hari, misalnya, ketika kamu baru saja bangun, kamu bisa “meromantisasi” dirimu dengan menikmati matahari pagi sambil menyesap teh atau kopi. Kamu juga bisa menggunakan waktu selama 15–20 menit untuk benar-benar mengistirahatkan pikiran dengan tidur siang sejenak atau menonton tayangan di YouTube yang membuatmu kembali semangat.

3. Jadwalkan me time secara rutin

Nah, kalau me time yang satu ini adalah me time yang durasinya lebih panjang daripada me time yang kamu ambil setiap hari. Kamu bisa menjadwalkan waktu untuk diri sendiri entah sekali seminggu, dua kali seminggu, atau sekali sebulan. Kegiatan yang kamu lakukan pun boleh beragam, seperti lari pagi, mendaki gunung, atau mengikuti kelas membuat kerajinan.

4. Buat rutinitas yang sehat dan menyenangkan

Rutinitas umumnya membuat seseorang merasa lebih tenang karena dengan adanya runtutan kegiatan, orang tersebut tidak lagi harus berpikir tentang apa yang akan dilakukannya seharian. Pastikan kamu memasukkan me time sebagai salah satu rutinitas harian supaya kamu terbiasa untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri. 

Jangan lupa untuk membuat rutinitas yang sehat–dengan menyertakan olah raga atau mengonsumsi makanan sehat–dan menyenangkan–dengan menyertakan hobi yang kamu sukai.

5. Cobalah sesuatu yang baru saat me time

Supaya kamu tidak bosan ketika melakukan me time, selain melakukan hal yang kamu suka, kamu bisa mencoba melakukan hal yang baru. Jika biasanya kamu hanya menghabiskan me time di rumah, kali ini, cobalah untuk menghabiskannya di luar. Kamu bisa pergi ke taman bermain, ke kafe aesthetic, atau tempat yang selama ini ingin kamu kunjungi.

7 Kegiatan yang bisa dilakukan untuk me time


Kegiatan me time bervariasi untuk masing-masing orang. (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa me time adalah kegiatan yang bervariasi untuk setiap orang, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa kegiatan di bawah ini untuk melakukan me time. Kamu bisa menyesuaikannya dengan mood dan kebutuhan kamu yang berubah-ubah setiap harinya.

1. Bernapas dan fokus


Kegiatan me time berupa meditasi. (Sumber: Pexels)

Ketika kamu hanya memiliki waktu yang singkat untuk me time, opsi ini menjadi pilihan yang tepat. Berfokus pada napas adalah cara yang ampuh untuk membangun kembali koneksi pikiran-tubuhmu.

Mengambil napas dalam-dalam memungkinkan tubuh untuk mematikan stres yang telah dirangsang secara tidak sadar dan mengatur ulang tubuh serta pikiran dari mode "flight or fight" dan menuju "rest and digest".

Faktanya, membangun latihan meditasi yang konsisten akan menghasilkan hasil jangka panjang yang positif seperti peningkatan memori dan kemampuan untuk fokus.

2. Digital detox


Kegiatan me time berupa digital detox. (Sumber: Pexels)

Me time bisa sesederhana menjauhkan diri sejenak dari smartphone kamu, di mana segala aktivitas dunia maya terpusat di dalamnya. Me time harus menenangkan, santai, dan tidak membebani mata. Jadi, nikmati ketenangan dan kedamaian hanya dengan memejamkan mata beberapa saat atau hanya menikmati kopi yang baru diseduh.

3. Tidur siang


Kegiatan me time berupa tidur siang. (Sumber: Pexels)

Tidur siang adalah aktivitas yang rutin kamu lakukan saat kecil namun perlahan berkurang intensitasnya ketika beranjak dewasa. Nah, tidur siang selama 30 menit ternyata cukup bisa menyegarkan suasana hati dan tubuh. Untuk itu, kamu bisa menikmati me time dengan tidur siang sebagai salah satu opsi.

4. Olahraga


Kegiatan me time berupa olahraga. (Sumber: Pexels)

Selain membuat sehat, olahraga ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk me time. Keluarlah untuk berlari atau berjalan kaki sejenak, pergi ke gym, atau mengikuti kelas-kelas seperti yoga, aerobics, H.I.I.T, dan sebagainya. Temukan aktivitas olahraga apapun yang kamu sukai dan efek me time adalah bonusnya.

5. Berkreativitas

Jika kamu bekerja di kantor terus-menerus dan mulai merasa penat, maka keluarkan buku dan pena. Gambarlah sesuatu dan biarkan kreativitasmu muncul. Menggambar dan membuat sketsa gambar adalah salah satu cara untuk me time di kantor yang paling sederhana untuk dilakukan.

Jika kamu sedang berada di rumah, maka kamu bisa melakukan kreativitas lainnya, misalnya dengan memasak, menari, atau melukis. Lakukan apapun yang membuatmu merasa bahagia.

6. Chit-chat dengan teman lama

Berbincang dengan teman lama seperti membuka buku lama yang menyimpan banyak kenangan dan momen lucu. Setiap orang membutuhkan jenis me time di mana bisa berbicara dengan seorang teman lama. Kamu dapat melakukan panggilan audio atau video call ke teman kamu untuk berbincang-bincang, atau jika berada di kota yang sama, kamu mungkin bisa merencanakan untuk bertemu sesekali di kafe atau tempat yang tenang.

7. Nonton di bioskop sendiri

Kamu tentu bisa ke bioskop bersama teman, keluarga, atau pasangan pada hari-hari biasa, namun kamu bisa mencoba me time dengan pergi dan menonton film di bioskop sendiri dan merasakan sensasi serta kesenangannya tersendiri.

8. Membuat kerajinan

Sekarang ini, kerajinan DIY sedang kembali naik daun. Oleh sebab itu, untuk mengisi waktu, kamu bisa belajar membuat kerajinan, mulai dari pot gantung, vas bunga, atau tempat penyimpanan barang bekas. Jika belum tahu bagaimana cara membuatnya, YouTube selalu ada untuk memberikan jawaban.

Selain itu, apabila kamu menyukai lego, kamu dapat mengguunakan waktu me time untuk merakitnya. Ada banyak miniatur lego yang tersedia dan bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang.

9. Berbelanja

Di hari biasa mungkin kamu terbiasa berbelanja melalui e-commerce atau memesannya secara online. Akan tetapi, apabila kamu memang penggemar belanja, cobalah untuk pergi ke toko atau mal supaya bisa membeli barang secara langsung. Kamu juga bisa melakukan window shopping untuk mencuci mata.

10. Berkebun

Tren kegiatan satu ini memang meningkat setelah pandemi. Untuk merilekskan pikiran, kamu bisa mencoba untuk berkebun. Tidak perlu langsung menanam sesuatu yang sulit. Kamu bisa mencobanya dengan membeli gardening kit sederhana yang banyak tersedia di e-commerce.

Baca juga: Pentingnya kesejahteraan karyawan bagi kualitas pekerja

Dari 7 kegiatan me time yang disebutkan di atas, kamu bisa menyesuaikan mana yang cocok untuk dilakukan di saat-saat senggangmu setiap harinya. Jangan lupa untuk beristirahat dan berfokus kepada diri sendiri, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • Cambridge Dictionary
  • Bliss Derby
  • Harvard Health Publishing
  • Amex Essentials
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_People_Pleaser.jpg

    Lainnya

    8 Tanda Kamu Adalah People Pleaser Beserta Tips untuk Meminimalisasinya

    Algonz D.B. Raharja

    11 November 2022
    5 min read
    H1_1._10_Rekomendasi_Buku_Sastra_Indonesia_Terbaik_Sepanjang_Masa.jpg

    Careers

    Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

    Anisa Sekarningrum

    11 November 2022
    6 min read
    imposter-syndrome-EKRUT.jpg

    Careers

    Mengenal Pengertian Imposter Syndrome dan Cara Mengatasinya

    Nur Rosita Dewi

    10 November 2022
    5 min read

    Video