Published on

Technology

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Scan Barcode [2022]

Lita Lia

H1-10_Rekomendasi_Aplikasi_Untuk_Scan_Barcode__2022_.jpg

Bagi kamu yang suka berbelanja di department store, tentu sudah tidak asing dengan istilah barcode. Kode berupa jejeran batang yang ada di balik kemasan produk ini biasanya di-scan menggunakan sinar khusus. Tujuannya agar informasi produk bisa terlihat, termasuk harganya.

Ternyata pemindaian kode barcode maupun QR code sebenarnya bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga. Aplikasi scan barcode tersebut hadir dengan beberapa jenis, baik di platform iOS hingga Android. Berikut beberapa aplikasi scan barcode terbaik yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: 12 Aplikasi untuk Mendukung Kegiatan Marketing

1. QR Code Reader + QR Scanner


Aplikasi QR Code Reader + QR Scanner (Sumber: G-Drive)

Aplikasi aplikasi scan barcode ini bisa kamu pakai di smartphone android maupun iOs. QR Code Reader + QR Scanner dapat memindai secara ekstensif kode QR dan barcode. Kinerjanya dilakukan secara otomatis dengan membuat kontak baru di ponsel. Selain itu, informasi kontak yang ditampilkan dari hasil scan, aplikasi juga punya fitur yang memudahkan kamu dalam mengakses jaringan WiFi, data produk, pesan SMS, dan sebagainya.

2. QR Scanner: Barcode Scanner


Tampilan aplikasi QR Scanner: Barcode Scanner (Sumber: G-Drive)

Berbeda dengan aplikasi di atas, QR Scanner: Barcode Scanner hanya bisa dipakai di platform Android. Aplikasi ini hadir dari pengembang Simple Design. Gratis dengan fitur utama menyimpan kode QR di HP. Cara kerja aplikasi scan barcode ini adalah dengan membaca kode QR serta mendukung pemindaian kode ePathshala dan QR Diksha. Dengan cara kerja yang sangat cepat, aplikasi hanya butuh ijin akses ke kamera saja.

3. NeoReader QR and Barcode Scan


Tampilan aplikasi NeoReader QR And Barcode Scan (Sumber: G-Drive)

NeoReader bekerja tidak seperti kamera di ponsel. Aplikasi ini akan memindai barcode dan kode QR secara lebih mudah. Saat proses memindai dilakukan, secara otomatis akan muncul tautan. NeoReader juga bisa kamu pakai untuk scanner barcode produk di website. Jika kamu ingin pesan barang secara online, tentu saja aplikasi scan barcode ini sangat berguna. Walau ada fitur gratis, versi berbayar aplikasi ini lebih baik karena bisa menghapus pop-up iklan. 

4. BarCloud


Tampilan aplikasi scan barcode BarCloud (Sumber: G-Drive)

BarCloud menggunakan basis cloud untuk penyimpanannya. Tentu saja untuk program inventaris dan manajemen aset sangat mudah diandalkan. Kamu juga bisa memakainya di platform Android hingga iOS, di mana rating aplikasinya lebih dari 4 bintang. Selain untuk scanning barcode, kamu juga bisa menggunakan aplikasi scan barcode ini untuk memasukkan data secara manual. Ada juga informasi terkait model, lokasi, sampai vendor yang bisa kamu masukkan.

5. Scandit


Tampilan scan barcode Scandit (Sumber: G-Drive)

Melakukan scan barang bisa dilakukan secara cepat hanya dengan aplikasi di smartphone. Salah satu aplikasi scan barcode yang bisa kamu andalkan adalah Scandit. Aplikasi ini kompatibel untuk semua perangkat, termasuk smartphone hingga tablet. Proses scanning tergolong akurat, dengan support simbol yang sangat luas. Selain itu, kamu dapat melakukan scanning di berbagai macam posisi, tanpa perlu mengkhawatirkan keakuratannya. Jika ingin berlangganan, kamu hanya perlu membayarnya seharga $199 per bulan untuk fitur standar. Sedangkan versi premium dibanderol biaya langganan $399 per bulan.

Baca juga: 10 Software Desain Grafis 2022 yang Gratis dan Berbayar

6. i-Nigma Reader


Tampilan aplikasi i-Nigma Reader (Sumber: G-Drive)

Jika kamu sedang mencari aplikasi scan barcode yang gratis, i-Nigma bisa menjadi pilihan. Aplikasi lintas platform ini dapat melakukan scanning kode QR, DataMatrix, hingga UPC/EAN. Cara kerjanya cukup simpel, tetapi mampu scanning kode yang tergolong sulit. Seperti kode berwarna, kreatif, sampai reserve code. Kamu juga tidak perlu melakukan pre-set tipe barcode saat memakainya. Hal lain yang unik dari aplikasi scan barcode gratis ini adalah mampu sharing kode yang telah dipindai. Kamu bisa membagikan pemindaian kode ke email, SMS, sampai media sosial. Fitur lain yang unik adalah fitur pembuat kode QR sendiri.

7. Lynkee Reader


Tampilan aplikasi scan barcode Lynkee Reader (Sumber: G-Drive)

Cara kerja Lynkee Reader cukup menarik. Aplikasi mampu membaca barcode dari kamera, file, sampai halaman web. Selain itu, aplikasi dengan rating 4 ke atas ini juga bisa membaca 1D hingga 2D barcode secara akurat. Kamu juga dapat menambah dan membagikan review produk dengan cepat, sampai membuat Lynkee profile. Berbeda dengan beberapa aplikasi di atas, kamu dapat memakainya di Android dan iOS, tanpa membayar biaya langganan.

8. Scan to Spreadsheet


Aplikasi Scan to Spreadsheet (Sumber: G-Drive)

Bisa dikatakan jika aplikasi scan barcode ini cukup sederhana konsepnya. Kamu tidak hanya memakainya sebagai scanner barcode, akan tetapi memuat juga beberapa informasi saat scanning dilakukan. Kamu bisa memakainya di platform iOS hingga android. Sayangnya, untuk memakai aplikasi ini, kamu harus berlangganan dengan biaya $0,99 bagi Android dan $2,99 untuk iOS.

9. QuickMark


Aplikasi scan barcode QuickMark (Sumber: G-Drive)

Tidak hanya ramah bagi user Android, QuickMark juga cocok dipakai di platform iOS. Aplikasi scan barcode ini tidak hanya bisa untuk scanning. Kamu juga dapat menggunakannya sebagai pembuat kode barcode dan QR. Cara kerjanya bisa membaca berbagai tipe barcode dengan multiple format. Tentu saja hal ini membuat fungsinya sangat memudahkan para penggunanya. Kamu juga bisa merekam nama barang, lokasi, URLs, dan sejenisnya. Selain gratis, hasil pemindaian kode tergolong akurat dengan sistem kinerja sederhana. Kamu juga bisa melampirkan gambar. Sayangnya, aplikasi dengan rating 4+ ini tidak sepenuhnya kompatibel untuk cross device.

10. ScanLife


Aplikasi scan barcode ScanLife (Sumber: G-Drive)

Aplikasi scan barcode ScanLife memudahkan konsumen untuk scan barcode maupun kode QR berbagai jenis kemasan produk. Selain itu, terdapat beberapa informasi yang akan tertera saat kamu scan sesuatu dengan aplikasi ini. Salah satunya informasi tentang komposisi produk, harga, lokasi terdekat di mana kamu bisa menemukan produk, dan sejenisnya. Penggunanya sudah lebih dari 48.000 users dengan feedback positif dari para penggunanya.

Baca juga: +10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Pemula

Ternyata ada banyak sekali aplikasi scan barcode yang bisa kamu gunakan di HP. Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • camcode.com
  • beaconstac.com
  • digitaltrends.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video