Published on

Technology

7 Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline

Algonz D.B. Raharja

H1_Mengecilkan_Foto.jpg

Pernahkah kamu kesulitan mengunggah foto karena ukurannya terlalu besar? Atau kamu ingin menyimpan foto terbaikmu dengan ukuran lebih kecil di ponsel milikmu? Tak usah khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengecilkan ukuran foto atau kompres foto milikmu. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut, ya.

Alasan untuk mengecilkan ukuran foto


Mengecilkan ukuran foto merupakan proses mengurangi ukuran data pada suatu dokumen media (Sumber: Pexels)

Secara umum, beberapa dari kita memiliki keinginan untuk menyimpan atau mengunggah foto ke media sosial atau hanya disimpan pada perangkat seperti ponsel dan lainnya dengan mudah. Kemudahan ini sayangnya tak selalu dibarengi dengan ketersediaan ruang atau memori pada perangkat atau keterbatasan ukuran file maksimal saat ingin berbagi gambar atau foto.

Beberapa alasan utama yang mengharuskan kita mengecilkan ukuran foto antara lain adalah sebagai berikut.

  • Batasan ukuran file saat mengunggah foto/gambar, biasanya 200KB
  • Ukuran file asli foto terlalu besar untuk dibagikan lewat media sosial
  • Memori pada ponsel tidak cukup untuk menyimpan file foto dengan ukuran besar, biasanya relokasi foto dari kamera DSLR ke ponsel

Untuk dapat mengecilkan ukuran foto, ada beberapa cara yang biasa digunakan, salah satunya adalah kompres foto secara daring atau online. Beberapa situs gratis di internet memiliki fasilitas unggah dan unduh foto untuk mengecilkan ukuran foto.

Kompres merupakan istilah umum yang digunakan dalam kegiatan data compression. Data compression adalah proses mengurangi ukuran file atau dokumen baik secara tunggal maupun jamak. Ketika suatu dokumen dikompres, maka ukuran data lebih kecil dan dapat disimpan dengan versi ringan serta dapat ditransfer dengan lebih cepat.

Dalam proses kompresi data umumnya dikenal dua jenis kompresi, yaitu kompresi dokumen dan kompresi media. Kompresi dokumen merupakan mengecilkan ukuran dokumen seperti Word, PDF, dan sebagainya. Sedangkan, kompresi media mencakup proses mengecilkan ukuran media seperti JPEG, MP3, MPEG, dan sejenisnya. Sehingga, mengecilkan ukuran foto masuk dalam jenis kompresi media.

Baca juga: Panduan Foto Lamaran kerja yang Profesional 2022

Kompres foto secara online


Proses mengecilkan ukuran foto dapat dilakukan secara daring lewat berbagai situs (Sumber: Pexels)

Kamu bisa mengecilkan ukuran foto dengan cara daring atau online lewat beberapa situs dengan akses gratis dengan mudah. Adapun situs-situs yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tiny PNG

Salah satu situs untuk mengecilkan ukuran foto adalah Tiny PNG. Kamu bisa mengaksesnya lewat tautan berikut ini. Hampir semua situs untuk mengecilkan ukuran foto memiliki langkah yang sama, terlebih Tiny PNG ini. Adapun kemampuan situs ini adalah mampu mengoptimalkan ukuran foto dengan jenis file JPEG dan PNG dengan ukuran hingga 5 MB dan bisa sekaligus untuk maksimal 20 gambar.

Cara untuk mengecilkan ukuran foto dengan Tiny PNG dapat dilakukan dengan hanya mengunggah dokumen foto yang ingin dikompres ke dalam situs. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hasil kompresi dan mengunduhnya.

2. Compress JPEG

Situs lain yang cukup populer untuk mengecilkan ukuran foto adalah Compress JPEG. Kamu bisa mengaksesnya lewat tautan berikut ini.

Setelah membuka situs tersebut, kamu hanya perlu memilih jenis file yang akan kamu kompres. Situs Compress JPEG memiliki empat bilik kompresi, yaitu JPEG, PNG, GIF, dan PDF. Maksimal file yang dapat dikompres secara langsung adalah 20 buah.

Cara untuk mengecilkan ukuran foto cukup mudah, yaitu kamu unggah foto yang ingin dikompres pada pilihan bilik kompresi sesuai jenis file. Kamu bisa mengunggah foto dengan jenis JPG, JPEG, dan PNG lalu tunggu sampai pemrosesan dilakukan. Setelah itu, kamu hanya perlu klik Download setelah kompresi selesai dilakukan dengan persentase tertentu.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram Terbaru 2022

3. Image Optimizer


Image Optimizer adalah salah satu situs untuk mengecilkan ukuran foto otomatis (Sumber: Pexels)

Selain dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto, situs Image Optimizer juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar atau memperbesar ukuran dokumen. Kamu bisa mengakses situs ini lewat tautan berikut ini.

Cara untuk menggunakan aplikasi kompres foto ini cukup mudah, yaitu kamu tinggal mengunggah dokumen foto yang hendak dikompres dengan klik “Choose File”. Setelah itu, kamu pilih kualitas pada bagian kolom “Optimization” dan selanjutnya klik “Optimize Now!”. Kamu bisa langsung mengunduh gambar yang sudah dikompres dengan mudah.

4. I Love IMG

Salah satu situs sederhana yang bisa mengecilkan ukuran foto tanpa ribet adalah I Love IMG. Situs ini dapat kamu akses lewat tautan berikut ini.

Setelah membuka situs, kamu hanya perlu klik “Select Images” dan memilih dokumen foto mana yang hendak kamu kompres. Setelahnya, kamu hanya menunggu beberapa detik untuk mendapatkan hasil dari kompresi foto tadi. Kamu dapat mengecilkan ukuran foto dan mengunduhnya dengan mudah lewat situs I Love IMG ini.

Baca juga: Cara Menyisipkan Foto di CV yang Profesional

Kompres foto secara offline


Mengecilkan ukuran foto juga dapat dilakukan lewat berbagai aplikasi komputer secara luring (Sumber: Pexels)

Selain dengan cara daring yang bergantung pada koneksi internet, kamu juga bisa mengecilkan ukuran foto lewat cara offline atau luring. Adapun beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto secara offline antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Paint

Sebagai aplikasi bawaan Windows, Paint ternyata memiliki kemampuan mendasar untuk mengecilkan ukuran foto. Kamu bisa mengakses aplikasi ini dengan mencarinya pada menu Windows secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkah mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi Paint.

  • Buka aplikasi Paint
  • Buka dokumen foto yang ingin dikompres lewat opsi “File” lalu “Open
  • Pilih foto yang akan dikompres dan klik “Open” pada folder dokumen
  • Klik opsi “Home” pada aplikasi Paint atau toolbar
  • Klik opsi “Resize
  • Tentukan persentase piksel sesuai keinginan atau secara otomatis
  • Klik “OK” jika telah menentukan ukuran
  • Proses mengecilkan foto sudah selesai

Baca juga: 12 Website membuat CV yang Menarik dan Profesional 2022

2. Mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi Adobe Photoshop

Untuk dapat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, kamu harus terlebih dahulu mengunduh dan memasangkannya pada perangkat laptop milikmu. Setelah itu, kamu bisa mulai mengecilkan ukuran foto lewat aplikasi tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut,

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop pada laptop
  • Pilih opsi “Menu
  • Pilih panel “Image Size
  • Buka foto yang ingin dikompres
  • Pilih opsi “Image” lalu “Image Size
  • Pilih ukuran gambar pada opsi “Fit to” lalu klik “OK”
  • Tentukan ukuran foto lewat opsi “Weight”dan “Height
  • Klik “OK”
  • Klik “Save” untuk menyimpan foto dengan ukuran baru

3. Mengecilkan ukuran foto dengan Image Resizer for Windows


Contoh jendela dialog pada aplikasi Image Resizer (Sumber: technumero.com)

Salah satu aplikasi ringan dengan ukuran sekitar 901 KB untuk proses kompresi foto adalah Image Resizer. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran foto. Tapi terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi tersebut lewat tautan berikut ini.

Setelah itu, kamu cukup membuka aplikasi di perangkat laptopmu dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Lakukan instalasi aplikasi Image Resizer
  • Buka folder di mana foto yang ingin dikompres berada
  • Klik kanan pada gambar orisinil tersebut 
  • Pilih opsi “Resize pictures
  • Pilih ukuran gambar yang diinginkan seperti “Small”, “High”, “Large”, Phone”, dan juga ukuran sesuai keinginan
  • Klik “Resize
  • Secara otomatis gambar dengan ukuran baru akan tersimpan di folder tersebut

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Foto Gratis untuk Android dan iOS 2022

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto baik secara online maupun offline. Kini, kamu tidak perlu lagi bingung untuk mengunggah foto dengan batasan tertentu.

Jika kini kamu sedang melamar pekerjaan lewat aplikasi tertentu atau situs internal perusahaan yang mewajibkan pengunggahan foto, maka langkah-langkah di atas tepat buatmu. Kamu dapat memaksimalkan foto terbaikmu untuk data riwayat hidup atau portofoliomu.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan dan hendak berkarier setelah lulus sekolah, EKRUT bisa menjadi rekan terbaik untukmu. Dengan mendaftarkan dirimu lewat EKRUT, kamu bisa mendapatkan keuntungan berbagai informasi menyoal karier dan kesempatan kerja dari berbagai perusahaan bonafide. 

Persiapkan CV terbaikmu dan rengkuh karier impianmu lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini.

Sumber:

  • techterms.com
  • enviragallery.com
  • technumero.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Firebase.jpg

    Technology

    Firebase: Definisi, Fungsi, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    15 August 2022
    5 min read
    Sql_HL.jpeg

    Technology

    SQL: Pengertian, Manfaat, hingga 5 Daftar Pekerjaan yang Memerlukan Skill SQL

    Chey Yuanita

    15 August 2022
    5 min read
    H1_aplikasi_video_call.jpg

    Technology

    17 Pilihan Aplikasi Video Call Terbaik [2022]

    Alvina Vivian

    15 August 2022
    8 min read

    Video