Published on

Technology

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Scan Foto Dengan Mudah [2022]

Sartika Nuralifah

H1_10_Rekomendasi_Aplikasi_Untuk_Scan_Foto_Dengan_Mudah__2022_.jpg

Apakah kamu memiliki beberapa foto lama yang ingin kamu bagikan secara online namun kamu tidak memiliki scanner? Jangan khawatir, saat ini ada beberapa aplikasi scan foto yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan scan pada foto-foto lama milik kamu. Aplikasi scan foto ini dapat kamu gunakan secara online. Berikut 10 rekomendasi aplikasi untuk scan foto yang bisa kamu coba.

Baca juga: +10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Pemula

1. Google PhotoScan


Google PhotoScan. (Sumber: Wired)

Aplikasi scan foto yang pertama adalah Google PhotoScan. Aplikasi ini merupakan aplikasi scan foto yang dikembangkan oleh Google. Untuk melakukan scan foto menggunakan Google PhotoScan, kamu dapat memulainya dengan meletakkan foto yang akan kamu scan. Lalu, kamu dapat menekan tombol shutter. Apabila terdapat empat titik yang muncul, gerakkan ponsel kamu hingga bagian tengah sejajar. Setelah itu, Google PhotoScan akan memindai foto tersebut. Kamu dapat menyimpan foto yang telah kamu scan menggunakan aplikasi Google PhotoScan secara gratis.

2. Microsoft Office Lens


Microsoft Office Lens. (Sumber: Androidlist)

Microsoft Office Lens adalah aplikasi scan foto yang menyediakan dua mode terpisah untuk melakukan scan yakni terdiri dari mode foto dan mode dokumen. Dalam Microsoft Office Lens, kamu akan mendapatkan fitur scan foto dan fitur pengeditan dasar. Kamu juga dapat memilih resolusi gambar yang hendak kamu scan.

Selain itu, Microsoft Office Lens memiliki fitur bernama Optical Character Recognition atau OCR yang berfungsi mengenali berbagai caption dan dapat mendigitalkannya. Kamu dapat melakukan scan foto dan mengkonversinya dalam bentuk PDF, Word, PowerPoint, dan secara langsung dapat tersimpan ke OneDrive.

3. CamScanner


CamScanner. (Sumber: PC Magazine)

Aplikasi CamScanner dapat digunakan untuk scan foto dan dokumen. Setelah mengambil foto yang akan di scan, kamu dapat melakukan editing, memotong lalu menyimpannya dengan format PDF. Kamu juga dapat menyesuaikan kualitas gambar di akhir. Aplikasi Camscanner juga menyediakan fitur mengaktifkan kata sandi untuk mengakses foto yang telah kamu scan. Sehingga, orang lain tidak dapat melihat foto hasil scan tanpa sepengetahuan kamu. Kamu dapat membagikan juga hasil scan kamu dalam format JPEG atau PDF melalui email.

4. Photomyne


Photomyne. (Sumber: Medium)

Aplikasi scan foto selanjutnya adalah Photomyne. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan scan foto dengan jumlah yang banyak. Photomyne juga secara otomatis akan mengurutkan gambar kedalam folder yang berbeda pada ponsel kamu. Aplikasi Photomyne juga memiliki banyak fitur untuk editing foto. Selain dapat memotong foto, aplikasi ini juga menyediakan beragam filter yang dapat kamu aplikasikan ke foto yang telah kamu scan. Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat membuat kolase serta tayangan slide untuk foto yang telah di scan.

5. Genius Scan


Genius Scan. (Sumber: Appadvice)

Genius Scan adalah salah satu aplikasi scan foto yang populer. Kamu dapat melakukan scan foto dengan format yang dihasilkan meliputi JPEG dan PDF. Berbagai fitur ditawarkan oleh aplikasi Genius Scan seperti fitur mendeteksi secara otomatis, fitur koreksi perspektif serta fitur editing dasar. Hasil foto yang telah di scan menggunakan aplikasi Genius Scan, dapat dibagikan di media sosial dan dapat disimpan di Dropbox dan Google Drive.

Baca juga: 8 Aplikasi Presentasi Terbaik Selain PowerPoint di Tahun 2022

6. Pic Scanner Gold


Pic Scanner Gold. (Sumber: Pinterest)

Aplikasi Pic Scanner Gold adalah sebuah aplikasi scan foto untuk para pengguna iOS. Pic Scanner Gold dapat memindai foto dengan jumlah yang banyak secara bersamaan. Hal tersebut tentu membuat kamu menjadi hemat waktu. Selain memindai foto, hasil foto yang telah di scan dapat kamu edit menggunakan berbagai fitur editing yang disediakan di Pic Scanner Gold. Aplikasi Pic Scanner Gold menyediakan fitur untuk membuat postcard menggunakan foto yang telah kamu pindai.

7. Family Search Memories


Family Search Memory. (Sumber: Google Play Store)

Family Search Memories sangat cocok bagi kamu yang hendak melakukan scan foto untuk membuat genealogy atau pohon silsilah. Aplikasi scan foto ini memang dibuat khusus untuk mengumpulkan kenangan keluarga, itulah mengapa aplikasi ini diberi nama Family Search Memories. Selain scan foto, kamu juga dapat menambahkan video, audio, teks untuk ucapan di aplikasi ini. Adanya mikrofon internal membuat kamu dapat menambahkan komentar berupa suara pada foto-foto yang di-scan dan disunting menggunakan aplikasi ini.

8. Helmut Film Scanner


Helmut Film Scanner. (Sumber: Google Play Store)

Berbeda dengan aplikasi scan foto lainnya, Helmut Film Scanner memungkinkan kamu untuk melakukan scan foto dan mengubah hasil scan foto tersebut menjadi gambar yang berwarna atau Black and White. Helmut Film Scanner juga dilengkapi dengan fitur editing sederhana yang dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi, ketajaman foto dan lain-lain.

9. SwiftScan


SwiftScan. (Sumber: Swiftscanapp)

SwiftScan adalah aplikasi sederhana yang berfungsi untuk scan foto dan dokumen. Aplikasi ini sangat simpel dan user friendly, sehingga sangat mudah untuk digunakan. Kamu dapat menyimpan foto hasil scan dengan format JPEG dan PDF. SwiftScan juga memiliki fitur keamanan yang sangat baik, sehingga foto atau dokumen yang telah dipindai tidak akan diakses dan diambil oleh para pengakses lainnya.

10. Clean Scanner


Clean Scanner. (Sumber: Noxapp)

Aplikasi scan foto terakhir adalah Clean Scanner. Untuk menggunakan berbagai fitur di Clean Scanner, kamu tidak perlu merogoh kocek. Semua fitur yang tersedia dapat digunakan secara gratis. Tidak hanya foto, aplikasi Clean Scanner juga mampu melakukan scan pada dokumen. Nantinya kamu dapat mengkonversi hasil scan menjadi PDF atau JPEG. Kamu juga bisa membagikan hasil scan kamu melalui Dropbox dan Google Drive.

Baca juga: 12 Aplikasi untuk Mendukung Kegiatan Marketing

Demikian informasi mengenai 10 rekomendasi aplikasi untuk scan foto. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari aplikasi scan foto terbaik.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • fixthephoto.com
  • photoworkout.com
  • expertphotography.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video