Technology

10 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Secara Online [2022]

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1-10_Rekomendasi_Aplikasi_Tanda_Tangan_Secara_Online__2002_.jpg

Menandatangani dokumen secara manual memang bisa saja kamu lakukan. Lantas, bagaimana jika jumlahnya banyak dan harus cepat? Aplikasi tanda tangan online adalah solusinya. Hanya dengan satu buah tools, kinerjamu akan lebih cepat. Aplikasi ini bahkan bisa dipakai untuk jenis dokumen seperti kontrak hingga nota. Tentu saja, aplikasi tanda tangan online juga sangat cocok digunakan pada dokumen softcopy. Berikut beberapa pilihan terbaik aplikasi tanda tangan 2022 sekaligus paling aman.

Baca juga: 7 Website untuk Membuat Tanda Tangan Digital dengan Cepat dan Mudah

1. DocuSign


Aplikasi tanda tangan DocuSign (Sumber: Docusign.com)

Aplikasi tanda tangan DocuSign bisa kamu install secara gratis. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih, ada juga versi berbayarnya. Aplikasi ini kinerjanya intuitif dan mudah dipakai. Salah satu keunggulan utamanya adalah sudah terintegrasi dengan berbagai tools dari pihak ketiga. Kamu juga bisa mengandalkan keamanan yang diberikan aplikasi tanda tangan ini. Mulai dari untuk kepentingan penyimpanan data, sampai proses tanda tangan elektronik semuanya dijamin aman. Saking amannya, DocuSign mendapatkan sertifikasi keamanan di Amerika Serikat dan Eropa.

2. SignWell


Aplikasi tanda tangan SignWell (Sumber: Signwell.com)

SignWell merupakan aplikasi tanda tangan elektronik yang telah dipakai oleh lebih dari 61.000 pemilik bisnis. Fungsi utamanya tentu mempermudah proses penandatanganan dokumen sehingga lebih cepat. Berbeda dengan aplikasi lain, ada versi gratis yang fiturnya sangat memuaskan. Misalnya untuk pelacakan dokumen, pengingat, hingga menata agar alur kerja lebih fleksibel. Jika kamu ingin menggunakan versi berbayar, ada paket $8 per bulan. Di paket gratis, semua fitur sebenarnya sudah tersedia. tetapi hanya bisa kamu nikmati sebatas 3 dokumen per bulan.

3. HelloSign


Aplikasi tanda tangan HelloSign (Sumber: Hellosign.com)

Dropbox memiliki sebuah aplikasi tanda tangan elektronik bernama HelloSign. Aplikasi ini terintegrasi langsung dengan fitur terkenal lain seperti Gmail, Google Suite, dan sebagainya. Cara kerjanya sangat sederhana. Kamu hanya perlu membuka template, menandatanganinya, hingga bisa membubuhkan tanda tangan via file elektronik. Layaknya Dropbox, kamu bisa mengunggah file yang sudah ditandatangani di penyimpanan online. Versi gratis dari HelloSign memberikan 3 kali tanda tangan tiap bulan. Jika kamu memerlukan lebih dari itu, cukup berlangganan $15 per bulan. Terdapat tanda tangan tidak terbatas, aneka template, sampai fitur tambahan di versi berbayar.

4. GetAccept


Aplikasi tanda tangan GetAccept (Sumber: Getaccept.com)

GetAccept merupakan aplikasi tanda tangan online yang sudah terintegrasi dengan beberapa platform. Misalnya saja CRM. Fiturnya lengkap, salah satunya bahkan bisa menambahkan bidang penandatanganan wajib. Selain itu, kamu juga bisa membuat urutan tanda tangan secara lebih teratur. Aplikasi ini juga bisa memastikan dokumen yang ditandatangani sesuai peraturan undang-undang. Misalnya saja seperti yang ada dalam peraturan UETA, ESIGN, sampai Eidas.

5. SignEasy


Aplikasi tanda tangan SignEasy (Sumber: Signnow.com)

Jika kamu ingin memakai aplikasi tanda tangan online untuk kebutuhan individu, SignEasy adalah opsi terbaik. Aplikasi ini memang lebih cocok dipakai untuk keperluan di luar bisnis. Salah satu fitur andalannya adalah uji coba gratis. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah dokumen. Dokumen tersebut kemudian bisa ditandatangani secara daring. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung mengirimkan file tersebut melalui email. Walau bukan untuk fitur bisnis, fitur canggih tetap tersedia. Seperti pelacakan, pengingat otomatis, sampai urutan tandatangan paralel atau serian. Kamu bisa mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari, jika ingin berlangganan harganya $8 per bulan.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Membuat Tanda Tangan Email yang Benar

6. DocHub


Aplikasi tanda tangan DocHub (Sumber: Dochub.com)

Jika kamu memiliki dokumen berupa PDF, aplikasi DocHub adalah pilihan tepat. Aplikasi ini dapat dengan mudah dipakai untuk mengedit sampai menandatangani dokumen format PDF. Untuk trial gratis, pengguna bisa mengedit sampai 2.000 dokumen. Tidak banyak fitur berat, semua didesain sederhana sehingga mudah dipakai. Kamu bisa memakai add-on sendiri jika hendak menandatangani dokumen. Versi gratis menawarkan edit 2.000 dokumen, 3 permintaan tanda tangan per bulan, hingga 5 tanda tangan elektronik. Jika hendak memakai paket pro, biaya langganannya hanya $4 per bulan.

7. PandaDoc


Aplikasi tanda tangan PandaDoc (Sumber: Pandadoc.com)

Lanjut ke PandaDoc, aplikasi yang diklaim pembuatnya memiliki kinerja 40% lebih cepat. Aplikasi tanda tangan ini dikabarkan memiliki kinerja yang mampu membuat, menyetujui, sampai melacak dokumen eSign. Fitur Panda Doc terbilang lengkap, salah satunya adalah sudah terintegrasi dengan gateway pembayaran. Misalnya saja PayPal, Square, Stripe, dan sejenisnya. Kamu dapat memakai aplikasi ini untuk tanda tangan dokumen. Bahkan persiapan dokumen di perangkat smartphone bisa dilakukan dengan aplikasi sederhana ini. Untuk paket gratis, pengguna bebas mengunggah dokumen tanpa batas. Fitur lebih canggih ada di versi berbayar, dengan harga langganan $19 per bulan.

8. SIGNiX


Aplikasi tanda tangan Signix (Sumber: Signix.com)

Banyak agen real estate yang tertarik memakai platform tanda tangan digital ini. Basis kinerja SIGNiX memakai cloud. Alhasil, semua penyimpanan dan kinerja menggunakan sistem daring. Tentu saja dengan adanya aplikasi ini, proses jual-beli menjadi lebih gampang. Nota dan sejenisnya bisa dibuat secara daring, di mana saja, dan tentunya fleksibel. Walau tidak ada uji coba gratis, biaya langganannya hanya $10 per bulan.

9. eSignatures.io


Aplikasi tanda tangan esignatures (Sumber: esignatures.io)

Tanda tangan dokumen dan manajemen kontrak tingkat lanjut bisa kamu lakukan secara mudah hanya dengan sekali tahapan dengan aplikasi esignatures.io. Selain itu, sistem pembayaran aplikasinya berbeda dengan beberapa tools di atas. Kamu tidak perlu repot membayar biaya langganan. Cukup membayar per dokumen yang ditandatangani. Tentu saja tipe seperti ini cocok jika kamu jarang memakai aplikasi tanda tangan. Untuk dokumen yang terkirim, cukup membayar $0,49. Tentu saja biaya-biaya tersebut sudah mencakup keseluruhan, tanpa biaya tambahan lainnya. 

10. Juro


Aplikasi tanda tangan Judo (Sumber: Juro.com)

Tidak sekadar sebagai aplikasi tanda tangan secara online, Juro merupakan aplikasi yang bisa meng-cover kebutuhan alat kontrak dokumen secara lengkap. Fitur penandatanganan dokumen yang lengkap, membuat kinerjanya sangat maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengirim dokumen yang sudah ditandatangani via email hingga media lain. Kamu juga dapat memakai aplikasi ini untuk membuat template kontrak otomatis, mengotomatisasi alur kerja di sebuah dokumen, dan sejenisnya. Paket gratis hingga 10 dokumen tiap bulan.

Baca juga: Ini Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupanmu

Ternyata hanya dengan aplikasi tanda tangan online, kinerjamu menjadi lebih mudah. Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • hubspot.com
  • bloggingwizzard.com
  • androidauthority.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read

    Video