Published on

Technology

10+ Aplikasi To-Do List Ini Bantu Kamu Jadi Lebih Produktif

Farah Reginda

H1_10__Aplikasi_To-Do_List_Ini_Bantu_Kamu_Jadi_Lebih_Produktif_(1).jpg

Membuat to-do list adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Dengan membuat daftar tugas, kamu mampu mengatur jadwal hingga menyusun pekerjaan berdasarkan prioritasnya. Lagi pula, tidak harus menuliskan di kertas, kini kamu bahkan dapat menggunakan aplikasi to-do list dari smartphone untuk memudahkanmu melihat dan mengatur daftar hal atau pekerjaan yang harus dilakukan kapan pun dan di mana pun. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi to-do list yang dapat kamu gunakan.

1. Microsoft To Do


Microsoft To Do memiliki fitur sinkronisasi data antarperangkat. (Sumber: Support.microsoft.com)

Microsoft To Do adalah salah satu aplikasi to-do list yang dapat kamu akses melalui windows, android, iPhone, dan iPad. Karena aplikasi ini menawarkan fitur sinkronisasi data di seluruh perangkat, kamu juga bisa selalu mengecek daftar tugas ke mana pun kamu pergi.

Dengan aplikasi Microsoft To Do tersebut, kamu pun dapat menyusun daftar tugas berdasarkan prioritas, menambahkan catatan, dan mengatur pengingat agar tugas tetap terkendali. Kamu juga bisa membuat pengingat setiap pagi agar kamu terbiasa memulai hari dengan membuat daftar tugas di hari itu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan opsi untuk berbagi daftar tugas dengan teman atau tim dengan mudah sehingga kolaborasi dengan tim bisa lebih efisien.

2. Google Task


Dengan Google Task, kamu dapat menambahkan daftar tugas dari Gmail secara langsung. (Sumber: Workspaceupdates.googleblog.com)

Jika kamu sering menggunakan Google dalam pekerjaan, maka aplikasi to-do list ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Google Task terintegrasi dengan semua aplikasi Google sehingga kamu bisa menambahkan dan mengelola daftar tugas langsung dari Gmail atau Google Calendar.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa menyusun daftar tugas atau memecahnya menjadi beberapa sub tugas berdasarkan prioritasnya. Keunggulan Google Task lainnya adalah akses yang sederhana dan mudah digunakan. Kamu bisa menandai setiap tugas setiap selesai atau menyetel tenggat waktu untuk tugas utama. Meski begitu, aplikasi ini tidak menawarkan fitur kolaborasi tim.

3. Todoist


Salah satu keunggulan Todoist adalah fitur pengenalan tanggal untuk memudahkan pengaturan daftar tugas. (Sumber: Chromegeek.com)

Salah satu aplikasi to-do list yang populer lainnya adalah Todoist. Dengan mengunduh aplikasinya di smartphone, kamu bisa dengan mudah membuat daftar tugas dengan lebih efisien. Beberapa fitur yang bisa memudahkanmu mengelola daftar tugas di aplikasi ini seperti fitur penambahan tugas dengan antarmuka suara, fitur label, fitur pengenalan tanggal, fitur filter, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengelola pengaturan pemberitahuan untuk mengingatkan kamu ketika sebuah tugas sudah jatuh tempo. Meski begitu, semua fitur dapat dimanfaatkan secara maksimal jika kamu menggunakan langganan berbayar dari Todoist.

4. Ike


Kamu bisa menambahkan gambar pada daftar tugas di aplikasi Ike. (Sumber: Google.com)

Ike merupakan aplikasi to-do list yang cocok digunakan untuk membuat dan mengelola daftar tugas berdasarkan tingkat urgensi atau kepentingan. Kamu bisa menandai tugas yang perlu segera dikerjakan dan yang penting tetapi bisa menunggu. Aplikasi ini mengambil pendekatan minimalis dengan menyediakan fitur-fitur sederhana tetapi penting untuk pengelolaan daftar tugas.

Beberapa contoh fitur tersebut adalah fitur melampirkan gambar, catatan suara, dan pengingat berbasis lokasi. Jika kamu menggunakan versi berbayar, kamu juga dapat menggunakan fitur-fitur seperti pengaturan tema, pengingat lokasi, dan rekaman audio dengan lebih maksimal.

5. TickTick


Jadwalkan pengingat agar kamu tidak melewatkan tenggat waktu untuk setiap tugas. (Sumber: Apkmonk.com)

Aplikasi to-do list yang satu ini memiliki fitur sinkronisasi cloud sehingga kamu bisa melacak daftar tugas dengan mudah antarperangkat. Kamu bisa mengurutkan daftar tugas tersebut berdasar prioritas dengan sistem tag, membuat checklist, menambahkan tugas melalui e-mail, mengunggah lampiran tugas, melihat kalender, dan menjadwalkan pengingat. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, tetapi kamu juga bisa menggunakan versi premium untuk menggunakan fitur-fitur canggih lainnya seperti berbagi daftar tugas dengan tim dan lain-lain.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Membaca Novel Gratis [2022]

6. Any.do


Gunakan fitur di aplikasi Any.do untuk merencanakan tugas dari pagi. (Sumber: Any.do)

Aplikasi ini menawarkan fitur "Plan My Day" untuk merencanakan tugas setiap pagi dan membantu kamu  menjadwalkan waktu untuk melakukannya. Aplikasi Any.do sendiri terintgrasi dengan baik dengan Google Calendar atau Outlook sehingga memungkinkan kamu untuk melihat janji temu dan daftar tugas di satu tempat. Kamu bisa mengaktifkan sistem pemberitahuan untuk mengingatkan tugas atau janji yang harus dikerjakan selanjutnya. Itu sebabnya aplikasi ini juga cocok untuk membantu kamu yang mudah lupa.

7. Remember The Milk


Centang setiap tugas yang telah selesai dikerjakan. (Sumber: Chrome.google.com)

Remember The Milk jadi salah satu aplikasi to-do list terbaik yang juga bisa kamu gunakan dari ponsel. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengatur daftar tugas berdasarkan tanggal jatuh tempo dan tag, lalu mencentangnya dari daftar setelah selesai.

Aplikasi ini juga memudahkan pelacakan tugas karena ada fitur smart list untuk menyorot daftar tugas paling penting sehingga kamu tidak pernah melewatkan tenggat waktu. Kamu juga bisa membuat tugas menjadi lebih mudah dikelola dengan memecah tugas ke tingkat sub tugas.

Ada pula fitur kolaborasi yang memudahkan koordinasi dengan pengguna lain. Fitur-fitur dasar dalam aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis. Namun, jika kamu butuh fitur yang lebih lengkap, ada biaya berlangganan yang harus kamu keluarkan.

8. Notion


Notion merupakan aplikasi dengan fitur yang komplet. (Sumber: Notion.so)

Kalau kamu mencari aplikasi to-do list yang bisa digunakan untuk mengetik dan menyimpan data atau dokumen yang panjang, Notion dapat memenuhi ekspektasimu. Fitur komplet ini disediakan oleh Notion agar kamu dapat melakukan seluruh kegiatanmu dalam satu aplikasi, baik secara individu maupun kolaboratif.

Tidak seperti penampakan depannya, aplikasi ini menawarkan beragam template sesuai kebutuhan yang dapat kamu modifikasi sesuka hati. Mulai dari tag pengguna lain, deadline reminder, hingga lampiran file atau pranala, Notion memudahkanmu menyelesaikan bahkan dengan layanan gratisnya.

9. Habitica


Pekerjaan jadi lebih santai dengan Habitica. (Sumber: Commons.wikimedia.org)

Pekerjaan jadi lebih menyenangkan apabila terasa seperti game, ‘kan? Inilah hal yang dilakukan Habitica, aplikasi yang membuat to-do list-mu sebagai sumber kekuatan untuk karakter game-mu, dan akan melemah apabila kamu gagal menyelesaikan tugas tepat waktu.

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengatur tipe pekerjaan, karakter game, dan reward-nya. Aplikasi ini makin memotivasi dirimu untuk berlomba menyelesaikan tugas dengan fitur berbagi to-do list dengan orang lain. Untungnya, inovasi ini dapat kamu rasakan secara gratis.

10. Memorigi


Memorigi, pendatang baru yang patut dicoba. (Sumber: Desktime.com)

Memorigi memang cukup baru di dunia aplikasi to-do list, tetapi aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang patut dicoba. Setiap to-do list memiliki tampilan chat head seperti Facebook Messenger yang memudahkanmu menambah tugas baru. Desain UI yang diterapkan terbukti efektif dan membuat penggunanya nyaman. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur sinkronisasi cloud, reminder, dan informasi cuaca secara real-time. Memorigi dapat kamu akses secara gratis, loh. Namun, apabila kamu menginginkan fitur lanjutan, aplikasi ini juga menyediakan layanan premium.

Baca juga: Aplikasi Gratis Ini Lebih Seru Dibanding Medsos, Benarkah?

11. Momentum


Momentum dapat mengatur aktivitasmu di browser. (Sumber: Momentumdash.com)

Sering membuka browser untuk menyelesaikan pekerjaan? Kamu membutuhkan aplikasi to-do list yang sekaligus bisa menjadi start page ketika membuka Google Chrome seperti Momentum. Kamu perlu menambahkan ekstensi aplikasi ini untuk menikmati fiturnya di browser.

Momentum memberikan fitur yang menyegarkan selain memperlihatkan to-do list-mu di laman beranda, seperti wallpaper dan quotes baru yang menginspirasi setiap harinya. Kamu juga dapat menggunakan fitur autofocus, reminder, catatan, penghitung waktu kerja, dan masih banyak lagi dengan berlangganan versi premium.

12. TeuxDeux


Berbagi aplikasi dengan sampai 6 orang memungkinkan melalui TeuxDeux. (Sumber: Teuxdeux.com)

To-do list tidak hanya dibuat untuk mengatur pekerjaan dalam satu hari, tetapi juga satu minggu. Kelebihan inilah yang dimiliki oleh TeuxDeux sehingga kamu memiliki gambaran yang lebih luas terkait hal yang perlu dikerjakan. Aplikasi ini juga memfasilitasi pembuatan tugas di mana saja yang dapat dipindahkan ke daftar lain sesuka hati.

Apabila kamu belum menyelesaikan tugas di suatu hari, tugas tersebut otomatis dipindah ke hari selanjutnya. Fitur ini tentunya sangat berguna, ditambah dengan daftar yang kamu buat dapat dibagikan ke orang lain. Selain itu, kamu dapat mengunduh list yang telah kamu buat di aplikasi to-do list ini.

13. Evernote


Evernote membuat to-do list kolaboratif lebih mudah diselesaikan. (Sumber: Engadget.com)

Nama Evernote sudah cukup terkenal di kalangan pengguna aplikasi to-do list. Dengan aplikasi ini, kamu dapat menyimpan daftar tugas dan catatanmu dalam banyak format, mulai dari voice recording, daftar panjang, PDF, hingga gambar dan video. Proses pencarian catatannya pun sangat spesifik dengan tag, lokasi, dan kata kunci yang sesuai.

Selain itu, Evernote juga dapat digunakan sebagai workspace kolaboratif dengan orang lain dan diintegrasikan dengan Slack. Kelebihan ini membuat Evernote tepat digunakan untuk pekerjaan berbasis online. Untuk menikmatinya secara offline, kamu perlu berlangganan premium.

14. ClickUp


Lihat progres to-do list-mu dengan mudah melalui ClickUp. (Sumber: Clickup.com)

Motivasi menyelesaikan to-do list kadang terbentuk dengan melihat sudah sejauh mana kita melakukannya. Dengan ClickUp, kamu dapat mengatur target untuk mengukur progres yang telah kamu capai. Fitur Scrum Sprint ini membantumu mengukur produktivitas dan dapat segera memulai tugas selanjutnya. Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur template pengaturan pencapaian, checklist, dokumen, serta ruang penyimpanan sebesar 100 MB. Layanan premium memungkinkan kamu untuk menambah penyimpanan serta merasakan fitur canggih lainnya.

15. OmniFocus


OmniFocus cocok digunakan oleh pengguna produk Apple. (Sumber: Macstories.net)

Pengguna produk Apple, baik smartphone maupun PC, turut senang karena OmniFocus didesain agar kompatibel dengan perangkat tersebut. Kamu akan dimudahkan dengan label warna sebagai pembeda tiap tugas. To-do list juga lebih teratur dengan tag yang berlaku untuk memonitor dan melacak penyelesaiannya. Aplikasi ini memiliki serangkaian fitur yang dapat membantumu menyelesaikan tugas lebih cepat. Kamu akan menerima gambaran secara menyeluruh terkait daftar pekerjaan sehingga kamu dapat mengantisipasi pengerjaan tugas selanjutnya.

Baca juga: 7 Aplikasi Scanner Android untuk Memudahkan Kebutuhanmu

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam membuat daftar tugas harian. Manfaatkan aplikasi to-do list di atas untuk membantu kesibukanmu dalam pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan akun di EKRUT!

Sumber:

  • lifehack.org
  • digitaltrends.com 
  • ntaskmanager.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(5).jpg

    Careers

    Solusi Mengatasi Stres Saat WFH dengan Retail Therapy yang Bikin Bahagia

    Detty Risetya

    12 August 2022
    6 min read
    0-kalimat-imperatif.jpg

    Careers

    Kalimat Imperatif: Fungsi, Jenis, dan 30 Contohnya

    Arin Khurota

    12 August 2022
    10 min read
    cover_(6).jpg

    Careers

    Pengertian Passion dan 15 Alasan Pentingnya Passion dalam Dunia Kerja

    Detty Risetya

    12 August 2022
    8 min read

    Video