Published on

Technology

7 Aplikasi to do list ini bantu kamu jadi lebih produktif

Maria Tri Handayani

aplikasi-to-do-list---EKRUT.jpg

Membuat to do list adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Sebab, dengan membuat daftar tugas kamu mampu mengatur jadwal hingga menyusun pekerjaan berdasarkan prioritasnya. 

Lagipula, tidak harus menuliskan di kertas, kini kamu bahkan dapat menggunakan aplikasi to do list dari smartphone untuk memudahkanmu melihat dan mengatur daftar hal atau pekerjaan yang harus dilakukan kapan pun dan di mana pun. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi to do list yang dapat kamu gunakan. 

Microsoft To Do 

aplikasi to do list - EKRUT
Microsoft To Do memiliki fitur sinkronisasi data antar perangkat - EKRUT

Microsoft To Do adalah salah satu aplikasi to do list yang dapat kamu akses melalui windows, Android, iPhone dan iPad. Karena menawarkan fitur sinkronisasi data di seluruh perangkat, kamu juga bisa selalu mengecek daftar tugas ke mana pun kamu pergi. 

Dengan aplikasi Microsoft To do tersebut, kamu pun dapat menyusun daftar tugas berdasarkan prioritsas, menambahkan catatan dan mengatur pengingat agar tugas tetap terkendali. 

Kamu juga bisa membuat pengingat setiap pagi agar kamu terbiasa memulai hari dengan membuat daftar tugas di hari itu.  Tidak hanya itu, Microsoft To Do  juga menawarkan opsi untuk berbagi daftar tugas dengan teman atau tim dengan mudah sehingga kolaborasi dengan tim bisa lebih efisien 

Baca juga: 7 Rekomendasi aplikasi PDF terbaik 2020

Google Task

aplikasi to do list - EKRUT
Dengan Google Task kamu dapat menambahkan daftar tugas dari Gmail secara langsung - EKRUT

Jika kamu sering menggunakan Google dalam pekerjaan, maka aplikasi to do list ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Google Task terintegrasi dengan semua aplikasi Google, sehingga kamu bisa menambahkan dan mengelola daftar tugas langsung dari Gmail atau Google Calendar. 

Dengan aplikasi ini kamu juga bisa menyusun daftar tugas atau memecahnya menjadi beberapa sub tugas berdasarkan prioritasnya.

Keunggulan Google Task lainnya adalah kesederhanaannya dan mudah digunakan. Kamu bisa menandai setiap tugas setiap selesai atau menyetel tenggat waktu untuk tugas utama. Meski begitu aplikasi ini tidak menawarkan fitur kolaborasi tim. 

Todoist 

aplikasi to do list - EKRUT
Salah satu keunggulan Todoist adalah fitur pengenalan tanggal untuk memudahkan pengaturan daftar tugas - EKRUT

Salah satu apliaksi to do list yang populer lainnya adalah Todoist. Dengan mengunduhnya di aplikasi seluler kamu bisa dengan mudah membuat daftar tugas dengan lebih efisien. 

Beberapa fitur yang bisa memudahkanmu mengelola daftar tugas di aplikasi ini seperti fitur penambahan tugas dengan antarmuka suara, fitur label, fitur pengenalan tanggal, fitur filter, dan lain-lain. 

Kamu juga bisa mengelola pengaturan pemberitahuan untuk mengingatkan kamu ketika sebuah tugas sudah jatuh tempo.Meski begitu semua fitur dapat dimanfaatkan secara maksimal jika kamu menggunakan langganan berbayar dari TodoIst. 

Ike 

aplikasi to do list - EKRUT
Kamu bisa menambahkan gambar pada daftar tugas di aplikasi Ike - EKRUT

Ike merupakan aplikasi to do list yang cocok digunakan untuk membuat dan mengelola daftar tugas berdasarkan tingkat urgensi atau kepentingan. Kamu bisa menandai tugas yang perlu segera dikerjakan dan yang penting namun bisa menunggu. 

Aplikasi ini mengambil pendekatan  minimalis dengan menyediakan fitur-fitur sederhana namun penting untuk pengelolaan daftar tugas. Beberapa contoh fitur tersebut seperti fitur melampirkan gambar, catatan suara atau pengingat berbasis lokasi. 

Jika kamu menggunakan versi berbayar, kamu juga dapat menggunakan fitur-fitur seperti pengaturan tema, pengingat lokasi dan rekaman audio dengan lebih maksimal. 

TickTick

aplikasi to do list - EKRUT
Jadwalkan pengingat agar kamu tidak melewatkan tenggat waktu untuk setiap tugas - EKRUT

Aplikasi to do list yang satu ini memiliki fitur sinkronisasi cloud, sehingga kamu bisa melacak daftar tugas dengan mudah antar perangkat. 

Kamu bisa mengurutkan daftar tugas tersebut berdasar prioritas dengan sistem tag, membuat checklist, menambahkan tugas melalui email, mengunggah lampiran tugas, melihat kalender dan menjadwalkan pengingat. 

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun kamu juga bisa menggunakan versi premium untuk menggunakan fitur-fitur canggih lainnya seperti berbagi daftar tugas dengan tim, dan lain-lain. 

Any.do 

aplikasi to do list - EKRUT
Gunakan fitur di aplikasi Any.do untuk merencanakan tugas dari pagi - EKRUT

Aplikasi ini menawarkan fitur "Plan my Day" untuk merencanakan tugas setiap pagi dan membantu kamu  menjadwalkan waktu untuk melakukannya. 

Aplikasi Any.do sendiri terintgrasi dengan baik dengan Google Calender atau Outlook sehingga sehingga memungkinkan kamu untuk melihat janji temu dan daftar tugas di satu tempat. 

Kamu bisa mengaktifkan sitem pemberitahuan untuk mengingatkan tugas atau janji yang harus dikerjakan selanjutnya. Itu sebabnya aplikasi ini juga cocok untuk membantu kamu yang mudah lupa. 

Baca juga: 7 Aplikasi presentasi selain PowerPoint

Remember The Milk

aplikasi to do list - EKRUT
Centang setiap tugas yang telah selesai dikerjakan - EKRUT

Remember The Milk jadi salah satu aplikasi to do list terbaik yang juga bisa kamu gunakan dari ponsel. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengatur daftar tugas berdasarkan tanggal jatuh tempo dan tag, lalu mencentangnya dari daftar setelah selesai. 

Aplikasi ini juga memudahkan pelacakan tugas karena ada fitur smartlist untuk menyoroti daftar tugas paling penting sehingga kamu tidak pernah melewatkan tenggat waktu. Kamu juga bisa membuat tugas menjadi lebih mudah dikelola dengan memecah tugas ke tingkat sub tugas. 

Ada pula fitur kolaborasi yang memudahkan koordinasi dengan pengguna lain. Fitur-fitur dasar dalam aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis, namun jika kamu butuh fitur yang lebih lengkap, ada biaya berlangganan yang harus kamu keluarkan. 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam membuat daftar tugas harian. Dengan memanfaatkan aplikasi to do list tadi, kini kamu pun bisa membuat daftar tugas dengan lebih cepat, efisien dan produktif. 

EKRUT

Sumber:

  • sea.pcmag.com
  • digitaltrends.com
  • ntaskmanager.com
     

Tags

Share