Published on

Technology

10 Rekomendasi Aplikasi Membaca Novel Gratis [2022]

Detty Risetya

cover.jpg

Kamu hobi membaca? Kalau iya, berarti kamu mungkin sudah punya aplikasi novel gratis yang terinstal di ponsel. Aplikasi novel gratis ini bisa memberikan banyak manfaat, lho! Selain tanpa biaya berlangganan, kamu bisa membaca berbagai kisah novel seru kapan pun dan di mana pun. Asyiknya lagi, tak perlu capek membawa novel tebal dan berat di dalam tas karena ribuan judul novel digital bisa kamu baca langsung di layar ponsel. Ingin tahu apa saja rekomendasi aplikasi novel gratis yang bisa kamu nikmati? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Baca juga: 10+ Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik di Tahun 2022

1. Goodreads


Goodreads adalah salah satu aplikasi baca novel yang direkomendasikan. (sumber: pexels)

Tersedia di platform iOS, Android, dan desktop, aplikasi novel gratis ini bisa dinikmati secara gratis. Hampir semua orang yang tertarik dengan buku, pasti mengenal Goodreads karena koleksi novel-novelnya cukup banyak dari seluruh dunia. Fitur-fiturnya juga banyak diminati, termasuk rekomendasi dari teman, koleksi buku terbaik, daftar kutipan, kolom ulasan, serta total koleksi mencapai satu miliar buku dan 40 juta pengguna.

2. Amazon Kindle


Amazon Kindle adalah aplikasi novel gratis yang sangat cocok untuk pengguna situs Amazon. (sumber: pexels)

Aplikasi novel gratis dari Amazon Kindle berjalan di atas platform Android, iOS, Windows, dan Blackberry. Amazon Kindle adalah aplikasi novel gratis yang sangat cocok untuk pengguna situs Amazon. Aplikasi novel gratis ini memiliki banyak fitur untuk kemudahan membaca. Kamu bisa menerjemahkan kata menyorot teks, mengubah font, serta mengganti ukuran halaman.

Baca juga: 6 Manfaat Baca Komik untuk Pekerja Kantoran

3. Libby oleh OverDrive


Aplikasi Libby memiliki koleksi buku-buku menarik. (sumber: pexels)

Aplikasi novel gratis selanjutnya adalah aplikasi Libby. Tanpa repot datang ke perpustakaan, aplikasi Libby dari OverDrive menyediakan versi ePub dari koleksi buku-buku menarik. Proses peminjaman buku juga secara online, jadi hanya butuh proses beberapa detik. Kalau kamu pengguna situs Amazon, kamu  juga bisa mengintegrasikan dengan aplikasi Libby agar bisa menikmati koleksi buku audio.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Novel dan 10 Rekomendasi Novel Terbaik Sepanjang Masa

4. Wattpad


Wattpad adalah aplikasi baca novel dan menulis novel. (sumber: pexels)

Pecinta novel di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan aplikasi novel gratis Wattpad. Terlebih lagi, jika kamu adalah orang yang hobi menulis cerita, kamu bisa bergabung di Wattpad untuk mengembangkan hobi. Wattpad lebih dari sekadar aplikasi novel gratis. Bisa dikatakan, aplikasi ini menjadi komunitas penulis dan pembaca buku. Di platform ini, kamu bisa berteman sesama penulis atau pembaca novel. Selain itu, Wattpad menjadi salah satu aplikasi novel gratis iPhone terbaik di dunia.

5. Novel Reader


Novel Reader menawarkan koleksi novel yang menarik dan gratis. (sumber: pexels)

Novel Reader adalah aplikasi novel gratis favorit para pecinta buku karena menawarkan banyak koleksi novel seru dan gratis. Ditambah lagi, kamu bisa mendapatkan fitur penting untuk menyesuaikan rekomendasi bacaan novel sesuai minat atau preferensimu.

Namun, perlu diketahui bahwa Novel Reader adalah aplikasi novel gratis untuk Android. Jadi, kamu bisa membaca novel kapan saja dan di mana saja lewat ponsel. Kamu juga bisa mencari atau membuat novel karanganmu sendiri. Sebelum membaca novel tertentu, kamu bisa membaca komentar atau peringkat dari para pengguna lain.

Baca juga: Content writer, ini 7 aplikasi menulis terbaik di tahun 2022

6. Web Novel Reader


Dengan web novel reader, kamu bisa baca novel di mana pun dan kapan pun. (sumber: pexels)

Web Novel Reader adalah aplikasi novel gratis lainnya khusus Android. Menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membaca novel dan mengakses berbagai fitur. Keuntungan dari Web Novel Reader adalah memungkinkan pengguna menandai bab dan halaman novel. Selain itu, aplikasi novel gratis ini dapat ditambahkan sejumlah situs web membaca novel lainnya. Sehingga, ketika kamu ingin membaca novel tertentu, kamu bisa mengaksesnya dengan lebih cepat.

7. Fox Novel


Fox Novel menawarkan fitur fungsional namun mudah digunakan. (sumber: pexels)

Fox Novel adalah aplikasi novel gratis berikutnya yang masih berjalan di platform Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan perpustakaan novelnya sendiri yang terus diperbarui secara berkala. Di aplikasi ini, kamu bisa melihat berbagai novel terbaik dan populer yang mungkin kamu sukai. Bagi para pecinta novel, Fox Novel menawarkan fitur yang fungsional namun sederhana. Memungkinkan para pengguna yang awam sangat mudah menelusuri tiap bab atau halaman novel.

8. Lovel


Lovel memang aplikasi novel gratis bagi pecinta kisah novel. (sumber: pexels)

Selanjutnya, aplikasi novel gratis yang bisa di-install adalah Lovel. Dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan banyak buku novel dan fiksi secara gratis. Lebih lanjut, keuntungan utama dari aplikasi novel gratis ini adalah fitur-fitur yang canggih bagi para pengguna, antara lain seperti catatan, bookmark, navigasi per bab, menyorot teks, dan masih banyak lagi.

9. Webnovel


Webnovel adalah aplikasi baca novel sekaligus bisa menambah pertemanan. (sumber: pexels)

Webnovel adalah aplikasi novel gratis selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan. Di sini, kamu bisa membaca berbagai koleksi novel, fiksi ilmiah, dan eBook yang dapat dijelajahi dan dibaca pengguna. Selain membaca novel, kamu juga bisa menulis novelmu sendiri dan membagikannya dengan sesama pengguna Webnovel.

10. Novel Rock


Baca novel lebih praktis dan mudah dengan aplikasi Novel Rock. (sumber: pexels)

Terakhir, ada aplikasi novel gratis dari Novel Rock. Dalam aplikasi ini terdapat banyak koleksi novel yang dapat dibaca pengguna secara gratis. Kalau kamu penyuka kategori novel tertentu, kamu bisa membuat pustaka atau daftar baca sendiri. Novel Rock menawarkan pembaca beraneka fitur yang penting untuk meningkatkan pengalaman membaca novel.

Baca juga: Aplikasi gratis ini lebih seru dibanding medsos, benarkah?

Nah, itulah beberapa aplikasi novel gratis yang bisa kamu jadikan referensi untuk membaca di waktu luang. Kira-kira dari kesepuluh aplikasi novel gratis di atas, mana yang jadi favoritmu?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.


Sumber:

  • intellectsoft.net
  • freevideolectures.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video