Published on

Technology

Tahun ini aplikasi WhatsApp akan bertabur iklan

Nur Lella Junaedi

Aplikasi-WhatsApp-bertabur-iklan-EKRUT.jpg

WhatsApp kabarnya akan menghadirkan layanan iklan di aplikasi mereka mulai tahun 2020 ini. Hal tersebut diungkapkan pada acara KTT Pemasaran Facebook yang digelar tahun lalu di Belanda.

Iklan ini akan  muncul di antara WhataApp stories yang dibagikan kepada kontak WhatsaApp oleh pengguna, mirip seperti yang ada di Instagram.

Nantinya iklan akan muncul di seluruh layar ponsel pengguna dan bila pengguna mengklik iklan itu akan diarahkan kepada situs pengiklan tersebut.

Baca juga: Tahun 2019 nanti akan ada iklan di "Status" WhatsApp

Sejauh ini Facebook mengatakan bahwa pengiklan hanya akan didukung oleh sistem periklanan asli dari Facebook.

Fitur WhatsApp stories sendiri terbilang masih baru. Fitur ini baru muncul tahun 2018 dengan tujuan untuk memperlihatkan postingan sementara kepada pengguna di kontak WhatsApp.

Kontroversi Iklan WhatsApp

Aplikasi WhatsApp bertabur iklan EKRUT
 
Melalui aturan iklan WhatsApp ini membuat banyak yang menentang dari berbagai pihak-EKRUT

Isu kemunculan iklan di WhatsApp ini menimbulkan banyak polemik dari berbagai pihak. Salah satunya dari Co-founder WhatsApp Jan Koum dan Brian Acton yang mengatakan bila WhatsApp yang ia bangun dari awal tidak akan berisikan iklan seperti aplikasi kebanyakan.

Sayangnya, setelah aplikasi chatting terpopuler di dunia ini di beli pada 2014 silam oleh Mark Zuckerberg, Jan Koum dan Brian seakan tidak memiliki banyak upaya untuk menentang keputusan tersebut, malahan memutuskan untuk keluar dari WhatsApp.

Baca juga: Ditinggal pendirinya, WhatsApp akhirnya mulai monetisasi

Selain itu, Rasmus Hoist,  Chief Revenue Officer  dari aplikasi chatting Wire yang menjadi saingan WhatsApp mengatakan bahwa iklan ini akan menjadi ancaman bagi privasi data dan informasi pengguna.

Terlebih kemungkinannya aplikasi komunikasi ini akan digunakan untuk amunisi sebagai mesin permanen data oleh perusahaan advertising technology.

WhatsApp sendiri telah resmi dibeli oleh Facebook dengan nilai USD 19.3 milyar pada tahun 2014.. Sejak berdiri pada 2009 silam, WhatApps kini telah memiliki 1.5 milyar pengguna di 180 negara.

Aplikasi WhatsApp bertabur iklan EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

 

Tags

Share