Careers

Mengenal Posisi Associate dalam Sebuah Jabatan di Perusahaan Beserta Contohnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

Mengenal_posisi_Associate_dalam_sebuah_jabatan_di_perusahaan_beserta_contohnya.jpg

Pernahkah kamu mendengar posisi associate dalam perusahaan? Sebagian besar dari job hunter pasti sudah cukup familiar dengan posisi tersebut. Posisi dalam pekerjaan yang menambahkan istilah "associate" sudah sangat umum diterapkan dalam perusahaan.

Apa pun perusahaan atau tempat kamu bekerja, associate adalah istilah umum yang banyak digunakan untuk berbagai deskripsi pekerjaan. Penting untuk kamu untuk mengenal apa itu associate untuk jenjang kariermu. Perhatikan pengertian, makna, cara menjadi associate, dan contoh pekerjaannya berikut ini.

Apa itu associate?


Associate adalah istilah tambahan yang ada dalam suatu posisi. (Sumber: Pexels)

Posisi pekerjaan yang menyertakan istilah associate akan banyak kamu temukan di berbagai macam perusahaan atau industri. Namun, level dan tanggung jawab yang dibutuhkan dari associate bisa berbeda-beda tergantung dari industrinya.

Dilansir dari indeed.com, associate adalah istilah yang menunjukkan bahwa pekerja memiliki posisi entry atau level menengah pada perusahaan. Misalnya, posisi Product Manager memiliki posisi yang lebih senior daripada Associate Product Manager.

Associate adalah peran yang tidak selalu berada pada level bawah di perusahaan. Hal tersebut tergantung dalam bidang masing-masing industri, seperti hukum, bisnis, retail, percetakan, dan lainnya.

Selain itu, biasanya posisi dengan istilah associate adalah posisi dimana orang-orang banyak melakukan eksplorasi untuk pertama kali dalam karier. Nah, istilah associate ini bisa saja dihilangkan setelah beberapa waktu bekerja dan kamu sudah menunjukkan kemampuanmu.

Makna associate di berbagai industri


Dalam hukum, associate adalah posisi yang memiliki jenjang karier.  (Sumber: Pexels)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, associate adalah istilah yang dapat memiliki berbagai arti tergantung dari bidang industri. Dalam beberapa kasus, mungkin kamu akan melihat perbedaan tersebut. Berikut ini perbedaan makna associate yang penting untuk kamu ketahui.

1. Hukum

Dalam profesi yang berhubungan dengan hukum, perbedaan antara karyawan dan associate lawyer atau attorney biasanya terletak pada prospek atau jenjang karier. Karyawan yang bekerja dalam firma hukum memiliki fokus utama untuk mendukung pekerjaan dari pengacara yang lebih senior.

Secara khusus, karyawan akan menghabiskan banyak waktu dalam memilah dokumen hukum yang berkaitan dengan kasus tertentu. Jenjang karier yang dan gaji yang didapatkan tidak sebaik associate, juga bekerja dalam kontrak.

Sebaliknya, pengacara dengan tambahan title associate adalah salah satu bagian inti dari suatu firma hukum dan memiliki prospek jenjang karier yang jauh lebih baik. Walaupun salah satu tanggung jawabnya untuk meninjau ulang dokumen, profesi tersebut juga akan mendapatkan kesempatan untuk berunding dengan klien dan ikut serta dalam proses peradilan.

Associate mendapatkan gaji bulanan yang lebih tinggi dan bisa dipromosikan menjadi partner salah satu satu senior pengacara dalam firma hukum tersebut.

2. Academic


Persyaratan associate professor harus sudah melewati masa percobaan. (Sumber: Pexels)

Sedangkan dalam bidang akademik, profesor dengan level associate adalah untuk profesor yang sudah melewati masa percobaan, biasanya berlangsung selama kurang lebih tujuh tahun. Profesor associate juga memiliki jabatan akademik yang memberikan keamanan jenjang karier.

Associate professor memiliki level intermediate, sehingga memiliki level yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan asisten profesor.

3. Bisnis

Dalam dunia bisnis, associate adalah istilah yang biasanya muncul sebagai kualifikasi untuk suatu jabatan. Hal tersebut untuk menunjukkan level yang lebih rendah daripada posisi karyawan yang tidak menggunakan associate pada jabatannya. Misalnya Associate Manager yang berarti memiliki jabatan yang lebih rendah dari Manager.

Dapat dikatakan pula, Business Associate adalah individu atau organisasi yang melakukan tindakan yang berhubungan dengan informasi perlindungan kesehatan. Perusahaan yang bergelar "Business Associate" akan menjamin integritas, keamanan, dan penggunaan informasi medis dengan tepat.

4. Retail


Associate adalah sebutan untuk karyawan yang berpangkat rendah pada industri retail. (Sumber: Pexels)

Sedangkan dalam dunia retail, associate memiliki makna yang juga berbeda. Beberapa perusahaan menggambarkan karyawan yang memiliki jabatan rendah sebagai associate. Hal ini sering dilakukan untuk menunjukkan sebagai bentuk penghargaan untuk karyawan tersebut.

Associate mungkin saja akan memiliki tanggung yang lebih sedikit dibandingkan dengan karyawan dengan jabatan yang lebih tinggi. Akan tetapi, associate dalam industri retail ini seringkali mendapatkan promosi dan kenaikan gaji.

Bagaimana cara menjadi associate


Saat melihat lowongan pekerjaan, tambahkan istilah associate dalam posisi yang kamu inginkan. (Sumber: Pexels)

Posisi sebagai associate adalah pilihan yang tepat untuk individu yang sedang ingin memasuki industri atau karier yang baru. Saat kamu sedang mencari lowongan pekerjaan yang berkaitan posisi tersebut, masukkan istilah "associate" bersamaan dengan jabatan yang kamu inginkan. Sebagai contohnya, Associate Marketing Manager, Associate Sales, Associate HRD, dan lainnya.

Di beberapa lowongan pekerjaan, kamu juga bisa memilih tingkat senioritas berdasarkan pengalamanmu. Memulai dari tingkatan awal pada perusahaan akan memberikan kamu kesempatan untuk mengembangkan keahlian, pengalaman, dan koneksi yang bisa membantu kamu untuk dipromosikan.

Saat kamu sedang membuat CV, jangan lupa untuk memasukkan istilah associate di posisi yang sedang kamu lamar. Hal tersebut akan mempermudah recruiter untuk mengetahui pengalaman dan kompetensimu. Selain itu, juga memberikan gambaran yang akurat terhadap perjalanan kariermu.

Contoh pekerjaan posisi associate


Associate manager atau associate merupakan salah satu posisi yang banyakan kamu temukan. (Sumber: Pexels)

Associate adalah posisi yang akan banyak kamu temukan dalam berbagai industri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam industri yang berbeda makna dari associate mungkin saja berbeda. Beberapa contoh posisi associate, antara lain:

1. Associate Editor

Associate Editor yang memiliki tugas meliputi:

  • Meninjau ulang dan mengedit konten yang ditulis atau dibuat oleh staf
  • Membuat dan menentukan deadline untuk setiap proyek
  • Mengawasi progres tim editing
  • Mengawasi produktivitas dari setiap individu dalam tim
  • Memeriksa sumber konten untuk melihat keakuratan

2. Associate Manager

Associate Manager yang memiliki tugas meliputi:

  • Mengawasi pekerjaan dari semua karyawan
  • Memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik dengan memberikan respon yang tepat
  • Menyimpan catatan terbaru mengenai produk yang terjual dan total penjualan harian
  • Berpartisipasi dalam rapat secara rutin untuk membahas proyek
  • Bekerja sama dengan manajer untuk mengembangkan dan meningkatkan prosedur perusahaan
  • Melakukan riset pasar secara berkala untuk mengetahui efektivitas strategi penjualan yang dilakukan

Mempelajari associate adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk lebih memahami kebutuhan pekerjaan, terutama jika kamu tertarik dengan posisi tersebut. Kamu bisa mendapatkan pengalaman dan mengembangkan keahlian untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Associate adalah posisi yang memiliki jenjang karier dalam berbagai industri.

Associate adalah posisi yang banyak dicari oleh pelamar pekerjaan. Apabila kamu tertarik dengan posisi associate untuk mengembangkan keahlian dan pengalaman. Kamu bisa mendaftarkan diri di talent marketplace EKRUT, untuk dihubungkan ke perusahaan yang sedang mencari posisi associateYuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber:

  • indeed.com
  • chorn.com
  • glassdoor.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tips-memilih-kursus-online-EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Memilih Kursus Online yang Tepat Bagi Pekerja Profesional

    Nur Lella Junaedi

    05 December 2022
    5 min read
    kursus-online-bersertifikat-EKRUT.jpg

    Careers

    9 Website Kursus Online Bersertifikat Gratis untuk Anda!

    Widyanto Gunadi

    05 December 2022
    6 min read
    evaluasi_kinerja_EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Melakukan Evaluasi Kinerja yang Efektif di Perusahaan

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read

    Video