Published on

Technology

12 Bagian Kamera Beserta Fungsinya yang Wajib Diketahui Bagi Pemula

Lita Lia

H1-Mengenal_12_Bagian_Kamera_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Diketahui_Bagi_Pemula.jpg

Kamu baru membeli sebuah kamera? Atau baru berlatih dan ingin terjun di dunia fotografi? Hal yang tidak kalah pentingnya dalam teknik fotografi adalah mengenali dan memahami bagian bagian pada kamera beserta fungsinya.

Baca juga: 6 Cara menjadi videografer pemula yang andal

Bagian-bagian kamera beserta fungsinya


setiap bagian kamera memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda - Pexels

Yang dijelaskan dalam artikel kali ini tentu saja adalah bagian kamera semacam DSLR action cam atau pocket, bukan kamera HP. Agar lebih jelas, berikut bagian-bagian kamera beserta fungsinya.

1. Bodi

Bodi kamera adalah tempat melekatnya semua komponen internal kamera. Di bagian inilah kamera bisa dipegang dan tempat semua tombol. Dalam bodi juga tersimpan baterai yang menjadi energi bagi kamera.

Semakin besar bodi kamera, semakin sulit handling yang dilakukan. Jika goyang sedikit saat memegang kamera, maka hasil gambar bisa blur. Kamera DSLR memiliki bodi lebih berat daripada action cam atau jenis pocket.

2. Sensor

Mungkin banyak yang tidak sadar ada sebuah sensor dalam kamera, kecuali seorang Fotografer. Sensor terletak di belakang lensa. Biasanya sensor berbentuk persegi panjang, ukurannya bisa berbeda tergantung jenis kamera, ada yang berukuran kecil ada yang sedang.

Sensor menjadi bagian terpenting dari sebuah kamera. Sensor lah yang memiliki tanggung jawab dalam merekam cahaya yang masuk untuk kemudian diubah menjadi sebuah gambar dan menyimpannya ke kartu memori.

3. Lensa

Bagian-bagian kamera berikutnya adalah lensa. Lensa memiliki fungsi menangkap suatu objek menjadi sebuah gambar (foto). Ada kamera dengan lensa yang bisa dilepas dan diganti. Tetapi, beberapa kamera menggunakan lensa built-in yang tidak bisa dilepas.

Ada baiknya lensa dibersihkan secara berkala dan disimpan dalam kondisi lensa ditutup. Tujuannya agar lensa tidak terkena debu atau tergores dan ketika digunakan kembali, tetap sempurna bidikannya.

Baca juga: 10 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

4. Tombol shutter

Tidak ada bagian-bagian kamera yang didesain lebih ergonomis dibanding dengan tombol shutter. Posisi tombol shutter lebih mudah dijangkau oleh jari pengguna dibanding dengan tombol lain. Tujuannya agar mudah ditekan saat perekaman berlangsung dalam waktu sepersekian detik saja.

Tombol shutter berfungsi untuk mengaktifkan rana yang sudah di-setting kamera. Cara kerjanya, ketika pengguna menekan tombol ini, sinyal akan terkirim untuk membuka rana berdasarkan kecepatan yang sudah diatur. Rana terbuka dan menutup, sehingga cahaya akan masuk ke sensor kamera untuk merekam gambar dan menyimpannya ke memori kamera.

5. Aperture

Aperture atau bukaan adalah cincin berbentuk bulat yang ada di dalam lensa. Bagian ini dapat mengembang atau mengecil tergantung pada pengaturan F-stop.

Dengan aperture yang lebih lebar seperti F/4, kamu akan memberikan lebih banyak cahaya masuk ke kamera. Sebaliknya, jika aperture lebih kecil seperti F/16, maka cahaya yang masuk jadi lebih sedikit.

6. Tombol flash

Bagian-bagian kamera berikutnya adalah tombol flash yang umumnya terletak di sisi atas kamera. Tombol flash memiliki fungsi memberikan kilatan cahaya Ketika objek yang akan dipotret cenderung kurang cahaya atau gelap. Kilatan cahaya dari tombol flash akan menjadikan hasil bidikan lebih cerah.

Baca juga: Modal smartphone cukup buat 5 pekerjaan ini

7. Lens hood

Lens hood bisa diterjemahkan sebagai tudung lensa. Memang benar, ini adalah bagian yang berbentuk cincin plastik pada bagian depan lensa yang dapat memanjang.

Lens hood berfungsi melindungi lensa dari flaring dan benturan mungkin saja tidak kamu sengaja. Hanya tidak semua bagian-bagian kamera dilengkapi dengan lens hood.

8. Layar LCD

Hampir semua kamera punya layar LCD. Layar LCD berfungsi menampilkan informasi daya baterai, jumlah foto atau video yang tersimpan, melihat hasil bidikan serta melakukan manual setting dari fitur-fitur yang tersedia pada kamera.

Untuk kamera DSLR dan beberapa jenis kamera lain, layar LCD menampilkan objek yang sedang direkam sebagai bentuk live preview. Pada beberapa kamera, layar LCD berfungsi sebagai viewfinder. Di beberapa jenis kamera, pengguna dapat mengedit foto saat masih tersimpan di kamera melalui layar LCD.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat Filter IG? Ikuti 6 Panduan Berikut Ini!

9. Focus ring

Focus ring mudah dikenali pada kamera DSLR. Berupa cincin di bagian lensa, yang merupakan kontrol manual untuk fokus kamera. Pengguna bisa memutar cincin sesuai keinginannya, agar gambar yang dihasilkan fokus seluruhnya atau justru sebagian blur.

Selain itu, mengatur penanda jarak yang ada di suatu tempat sepanjang lensa untuk membantu penggunanya dalam mengidentifikasi sejauh mana titik fokus nantinya. Di sisi lain, ketika kamera diatur dengan fokus otomatis, maka focus ring tidak aktif.

10. Viewfinder

Viewfinder berfungsi sebagai pengeker, seperti pada DSLR, yang letaknya ada di atas dan ukurannya agak besar. Viewfinder bisa disetel sesuai kebutuhan penggunanya, saat akan memfokuskan objek yang akan dibidik. Kegunaan viewfinder sebagai bagian-bagian dari kamera adalah untuk membantu penggunanya menemukan fokus dan komposisi yang tepat, sebelum membidik objek.

Viewfinder menjadi jendela kecil yang memungkinkan penggunanya melihat (preview) sebelum melakukan jepretan. Pada beberapa jenis kamera, layar LCD berperan sebagai viewfinder. Pada kamera mirrorless, dilengkapi electronic viewfinder (EVF) dengan mentransmisikan gambar secara digital yang kemudian ditampilkan pada viewfinder.

11. Mode dial

Mode dial fungsinya mengganti opsi jenis mode yang akan digunakan untuk membidik nantinya. Biasanya jenis mode yang tersedia seperti auto, manual, TV dan AV. Pada umumnya, mode dial letaknya dekat dengan tombol shutter.

Untuk kamera pocket, ada beberapa yang tidak memiliki mode dial manual. Tetapi, berupa layar sentuh untuk memilih opsi mode dial. Berbeda halnya dengan kamera seri lama, yang juga tidak memiliki mode dial, karena seluruh setting dilakukan secara manual.

12. Tombol menu dan playback

Kedua tombol ini biasanya ada di bagian bawah pojok layar LCD. Tombol menu berfungsi untuk melakukan setting manual yang bisa dilakukan penggunanya sebelum melakukan proses pengambilan gambar atau video. Tombol menu juga berisi fitur-fitur yang ditampilkan pada layar LCD.

Sedangkan pada tombol playback, pengguna bisa melihat hasil bidikan kamera. Baik yang terbaru bahkan semua hasil foto dan video yang tersimpan di kartu memori yang terpasang.

Pada setiap bagian-bagian kamera memiliki fungsi yang bisa membantu kamu menghasilkan gambar sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bermodalkan kamera, kamu bisa menjadi Fotografer andal atau Content Creator.

Nah, agar karier kamu semakin berkembang, yuk, sign up di EKRUT sekarang. Di EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar lowongan pekerjaan, lho!

Sumber:

  • techwalla.com
  • bwillcreative.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read
    Untitled_design-12.jpg

    Technology

    Apa Itu Client Server? Definisi, Cara Kerja, dan Fungsinya

    Tsalis Annisa

    29 June 2022
    5 min read

    Video