Published on

Expert's Corner

Bartender Adalah: Definisi, Peran, dan Tanggung Jawab, Serta Kisaran Gaji Tahun 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Bartender.jpg

Profesi bartender cukup akrab dalam dunia kuliner dan gastronomi. Bagi kamu yang gemar mengulik tentang minuman, tentu istilah ini sudah tidak asing lagi. Dan satu hal, bartender berbeda dengan barista, hal ini tentu terletak pada subjek utama yang diracik oleh keduanya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa dan bagaimana profesi sebagai bartender, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu bartender?


Bartender merupakan profesi khusus di bidang penyajian minuman di bar, restoran, atau hotel (Sumber: Pexels)

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan bartender sebagai orang yang meracik minuman (biasanya beralkohol) di bar. Dalam risalahnya tentang “Definition of Bartending”,  Jhanica Gaspar menulis bahwa seni bartending atau menjadi bartender telah muncul sejak era Julius Caesar memerintah Romawi. Mulanya, bartender merupakan profesi seni yang meliputi kegiatan mencampur wine dengan berbagai berbagai campuran minuman lainnya. Perkembangan bartender kemudian mulai meningkat saat perkembangan bar di Inggris makin menjadi tradisi.

Secara umum, bartender merupakan seseorang dengan keahlian khusus seperti mixologist, atraksi tertentu, dan kecakapan dalam melayani pesanan minuman dari pelanggan. Bartender secara khusus memang melakukan pencampuran minuman dengan takaran dan hitungan presisi pada tiap takarannya.

Baca juga: 8 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari di Startup

Peran dan tanggung jawab bartender


Seorang bartender memiliki tanggung jawab khusus untuk menjaga higienitas bar dan peralatannya (Sumber: Pexels)

Masih merujuk pada risalah Gaspar, ada beberapa peran dan tanggung jawab yang harus dipenuhi seorang bartender meliputi:

1. Menjaga kebersihan pribadi

Bergelut di bidang kuliner tentu menuntut higienitas bagi seorang bartender. Seorang bartender memiliki kewajiban dasar untuk mencuci tangan dan lengan menggunakan sabun dan air hangat mengalir saat sebelum dan sesudah menjalani shift-nya. Selain itu, seorang bartender juga wajib menjaga kebersihan bar dan alat-alat penyajian seperti gelas hingga peralatan mixing.

2. Membersihkan sanitasi bar

Hampir seluruh peralatan dan bahan minuman yang menjadi bahan baku utama profesi bartender berada di bar. Hal ini membuat bartender memiliki kewajiban khusus untuk menjaga kebersihan sanitasi bar saat hendak menutup bar dan memastikan bahwa bahan-bahan minuman atau peralatan tidak terkontaminasi bakteri atau zat kimia lainnya.

Baca juga: 12 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari

3. Memperhitungkan stok dan memberi rekomendasi menu

Seorang bartender juga dituntut untuk selalu memperhitungkan stok bahan minuman yang ada di bar. Hal ini berkaitan langsung dengan menu minuman dengan bahan campuran lebih dari satu. Sehingga, jika bahan campuran telah habis maka beberapa menu bisa dikatakan tidak tersedia.

Selain itu, beberapa bahan minuman lain yang memerlukan up-selling agar lekas habis karena keterbatasan masa kedaluwarsa juga perlu direkomendasikan kepada pelanggan.

Salah satu hal yang juga menjadi kewajiban bartender adalah memberlakukan aturan minimal usia pelanggan untuk memesan minuman beralkohol. Hal ini umumnya merupakan tanggung jawab moral secara profesional bartender akan menyarankan menu minuman lain tanpa campuran alkohol.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Baru yang Banyak Dicari di Startup

Skill yang harus dimiliki bartender


Bartender dituntut untuk memiliki skill teknis dalam mencampur minuman dan komunikatif (Sumber: Pexels)

Adapun kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang bartender antara lain meliputi:

1. Kecakapan mixologist

Meski di beberapa bar, restoran, maupun hotel memiliki mixologist sebagai ahli tersendiri, namun tak jarang bartender juga dituntut memiliki insting sebagai mixologist. Mixologist atau orang yang ahli dalam mencampur bahan-bahan minuman menjadi basis dari profesi bartender. Hal serupa juga perlu dikuasai oleh seorang bartender yang hendak mengembangkan menu minumannya atau membuat sesuai pesanan pelanggan.

2. Kecakapan cicerone

Selain mixologist, seorang bartender dituntut memiliki kemampuan cakap di bidang cicerone atau kemampuan khusus bartender untuk membuat bir. Hal ini meliputi kemampuan membuat resep bir, menciptakan rasa dan gaya tertentu dari home made bir di suatu bar atau restoran.

3. Kecakapan mengingat resep minuman

Salah satu skill tersulit bagi seorang bartender adalah mengingat racikan resep untuk suatu minuman. Perlu diingat bahwa dalam satu bar umumnya terdapat belasan menu minuman yang telah dibuat dan juga tidak menutup kemungkinan pesanan menu dari pelanggan secara insidental. Hal ini ini membuat seorang bartender perlu menguasai ingatan terhadap bahan campuran minuman beserta takarannya untuk mempertahankan rasa minuman yang khas.

4. Komunikasi

Satu hal utama yang harus mampu dikuasai oleh seorang bartender adalah komunikasi. Beberapa bar menyediakan tempat duduk di depan bartender untuk pelanggan yang ingin menghabiskan waktu dan minum di tempat itu. Kondisi tersebut membuat bartender perlu mengasah skill komunikasi untuk tetap menjaga retensi pelanggan atau bahkan menerima masukan atas menu racikan minuman.

Baca juga: Headhunter: Tanggung Jawab, Skill-set, Peran, dan Proyeksi Gaji

Kisaran gaji bartender


Secara umum bartender memiliki gaji beragam dan bartender hotel memiliki gaji yang lebih tinggi (Sumber: Pexels)

Secara umum, bartender memiliki rentang gaji beragam berdasarkan pengalaman dan juga tempat kerjanya, entah itu di sebuah bar, restoran, atau hotel. Dilansir Indeed, gaji bartender di Jakarta pada tahun 2022 ini berkisar pada Rp3.791.566 atau dibulatkan menjadi Rp3,8 juta. Sedangkan di beberapa tempat lain seperti di Kuta dan Denpasar, Bali profesi bartender memiliki rerata gaji sekitar Rp2,7 juta hingga Rp3 juta.

Sumber lain seperti Salary Explorer, mencatat bahwa rerata gaji bartender di Indonesia justru mencapai Rp5.100.000 per bulan atau Rp61.200.000 per tahun. Gaji terendah seorang bartender adalah Rp2.760.000 dan tertinggi adalah Rp7.710.000.

SalaryExpert yang juga melakukan survei terhadap gaji bartender di Bali mencatat bahwa gaji bartender di Bali mencapai Rp81.723.922 per tahun atau Rp39.290 per jam. Sedangkan untuk bartender di hotel, SalaryExpert mencatat rerata gaji yang lebih tinggi, yaitu Rp45.611 per jam atau Rp94.872.299 per tahun.

Baca juga: Etika Profesi: Prinsip, Tujuan, Manfaat, dan 7 Contohnya

Itulah tadi beberapa hal mengenai bartender yang perlu kamu ketahui. Profesi menjadi seorang bartender cukup bergengsi di bidang bisnis FnB atau food and beverages, dan tentu saja hal ini membuka potensi bagi kamu yang tertarik atau memiliki kemampuan meracik minuman dan menciptakan rasa unik.

Jika kamu masih gamang dengan pilihan kariermu, EKRUT bisa menjadi rekan profesional bagimu. EKRUT menyediakan beragam informasi terkait karier dan informasi kesempatan kerja. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk menemukan jalan bagi rencana kariermu ke depan.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • academia.edu
  • id.indeed.com
  • salaryexpert.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Expert's Corner

    Concierge Adalah: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab, beserta 4 Benefit Layanannya

    Felixitas Yolanda

    15 June 2022
    5 min read

    Video