Published on

Lainnya

10+ Pilihan Beasiswa S2 Dalam Negeri Beserta Tips Mendapatkannya

Sylvia Rheny

10__Pilihan_Beasiswa_S2_Dalam_Negeri_Beserta_Tips_Mendapatkannya.jpg

Jika kamu sedang ingin melanjutkan pendidikan S2 dalam negeri dan mencari pendanaan untuk itu, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat banyak pilihan beasiswa S2 dalam negeri yang ditawarkan oleh berbagai institusi. Yuk, cari tahu apa saja pilihan beasiswa S2 dalam negeri dan simak juga beberapa tips untuk mendapatkannya dalam artikel ini.

Baca juga: 12 Lembaga penyedia beasiswa S2 yang wajib diketahui

10+ Pilihan beasiswa S2 dalam negeri


Terdapat banyak pilihan beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu pilih. (Sumber: Pexels) 

Terdapat banyak pilihan beasiswa S2 dalam negeri dari berbagai institusi. Kamu bisa memilih beasiswa mana yang cocok atau sesuai dengan rencana studi yang telah kamu buat dan kondisimu saat ini. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Beasiswa LPDP


Beasiswa LPDP adalah beasiswa S2 dalam negeri yang banyak peminatnya. (Sumber: Pexels) 

Salah satu pilihan beasiswa S2 dalam negeri yang paling banyak diminati adalah beasiswa LPDP. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah sejak tahun 2013. Beasiswa LPDP ini menawarkan beberapa pilihan seperti beasiswa LPDP reguler, afirmasi, pendidik, PNS, TNI, Polri, dll.

Beasiswa LPDP ini menanggung semua biaya kuliah. Untuk pendaftarannya secara rutin dibuka pada bulan Mei hingga Juni (tahap 1) dan Agustus hingga September (tahap 2). Info selengkapnya terkait beasiswa LPDP ini bisa diakses melalui https://lpdp.kemenkeu.go.id.

2. Beasiswa Unggulan


Beasiswa unggulan adalah beasiswa S2 dalam negeri yang berasal dari Kemdikbud. (Sumber: Pexels) 

Beasiswa S2 dalam negeri selanjutnya adalah beasiswa unggulan dari Kemdikbud. Terdapat dua jenis beasiswa unggulan, diantaranya, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud. Pendaftaran sebelumnya dibuka mulai Juli hingga Agustus. Info selengkapnya terkait beasiswa unggulan ini bisa diakses melalui https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

3. Beasiswa Bidik Misi


Beasiswa bidik misi adalah beasiswa S2 dalam negeri untuk keluarga kurang mampu. (Sumber: Pexels) 

Beasiswa S2 dalam negeri bidik misi terbuka untuk kamu yang berasal dari keluarga kurang mampu. Pendaftaran beasiswa bidik misi ini bisa dilakukan secara online di laman LPDP, yaitu https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Pendaftaran dibuka Mei hingga Juni untuk Tahap I dan Agustus hingga September untuk Tahap II.

Baca juga: 6 Tips membuat CV beasiswa untuk mahasiswa beserta contohnya

4. Beasiswa S2 Kominfo

Selain Kemenkeu dan Kemdikbud, Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) juga menyediakan program beasiswa S2 dalam negeri. Beasiswa S2 Kominfo ini menawarkan biaya kuliah sampai biaya penunjang akademik serta biaya hidup bulanan.

Syarat mengikuti beasiswa S2 Kominfo ini adalah memiliki latar belakang pekerjaan di sektor teknologi informasi atau startup lokal dengan masa kerja minimal 2 tahun dan mendapatkan izin atau rekomendasi dari pimpinan. Informasi selengkapnya terkait beasiswa S2 ini bisa diakses melalui https://kominfo.go.id.

5. Beasiswa S2 Universitas Gadjah Mada (UGM)

Beasiswa S2 dalam negeri satu ini ditujukan bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di Universita Gadjah Mada (UGM). Beasiswa ini tersedia untuk jurusan Kajian Budaya dan Media, Magister Manajemen Bencana, Bioteknologi, dan Kajian Pariwisata. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui http://www.pasca.ugm.ac.id.

6. Beasiswa S2 PPM School of Management

Beasiswa selanjutnya ini bisa kamu pertimbangkan jika kamu ingin melakukan studi lebih lanjut dalam mengenai ilmu manajemen. Beasiswa S2 dalam negeri PPM School of Management ini akan membebaskanmu dari biaya pendidikan, memberikan uang saku, dan membiayai perlengkapan studi. Informasi selengkapnya terkait beasiswa ini bisa diakses melalui https://ppmschool.ac.id.

Baca juga: 3 Contoh surat rekomendasi beasiswa dan cara untuk mendapatkannya

7. Beasiswa GSEP

Beasiswa S2 dalam negeri GSEP ini ditawarkan oleh sebuah organisasi non-profit bernama Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP). Sebagai penerima beasiswa, kamu bisa mendapatkan $23.000 per tahun. Informasi selengkapnya terkait beasiswa ini bisa diakses melalui https://globalelectricity.org.

8. Beasiswa IsDB

Pilihan beasiswa S2 dalam negeri selanjutnya adalah dari Islamic Development Bank (IsDB). Beasiswa IsDB untuk studi S2 di dalam negeri ditujukan pada perguruan tinggi yang masuk peringkat terbaik di tanah air. Pendaftaran dibuka mulai Desember hingga Februari. Informasi mengenai beasiswa IsDB bisa didapatkan melalui https://www.isdb.org.

9. Beasiswa Wellcome

Beasiswa Wellcome menawarkan kamu tanggungan penuh jika kamu ingin melanjutkan studi di bidang kesehatan di berbagai universitas terkemuka baik di dalam maupun di luar negeri. Pendaftaran beasiswa S2 dalam negeri ini dibuka dua kali dalam setahun. Informasi selengkapnya dapat diperoleh melalui https://wellcome.org.

10. Beasiswa PMDSU

Jika kamu bercita-cita menjadi dosen, maka beasiswa PMDSU adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. PMDSU adalah singkatan dari Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. Beasiswa ini ditawarkan khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Dikti. Pendaftaran beasiswa S2 dalam negeri ini dibuka Mei hingga Juni. Informasi mengenai beasiswa ini bisa diakses melalui https://www.pmdsu.com/scholarship.

Baca juga: 9 Website Kursus Online Bersertifikat Gratis untuk Anda!

11. Beasiswa SEARCA

Untuk kamu yang berprofesi sebagai PNS, dosen, atau peneliti, kamu bisa memilih beasiswa SEARCA untuk dipertimbangkan. Beasiswa S2 dalam negeri ini menawarkan program pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dll. Untuk tahu lebih jauh tentang beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi laman https://www.searca.org/scholarships.

12. Beasiswa FINCAD

Beasiswa S2 dalam negeri FINCAD adalah program beasiswa yang didanai oleh FINCAD dan bertujuan untuk mendorong dan mendukung wanita berbakat di bidang keuangan, terutama yang mengejar karier di bidang keuangan. Beasiswa ini memberikan bantuan sebesar US$20.000 untuk menunjang biaya kuliah. Pendaftarannya dibuka di bulan Mei atau Juni. Kamu bisa mengunjungi laman https://fincad.com untuk informasi selengkapnya.

13. Beasiswa Dexa Award

Beasiswa S2 dalam negeri Dexa Award merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Dexa Group. Syarat untuk memperoleh beasiswa ini adalah dengan membuat proposal riset S2 yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Selain mendapatkan beasiswa, kamu juga bisa berkesempatan untuk berkarier di Dexa Group. Informasi selengkapnya kamu bisa mengunjungi laman https://www.dexascholarship.com.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

Tips memperoleh beasiswa S2 dalam negeri


Beberapa tips untuk memperoleh beasiswa S2 dalam negeri. (Sumber: Pexels) 

Untuk mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri di atas, tentunya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar mampu bersaing dengan kandidat lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips sukses agar kamu bisa memperoleh beasiswa S2 dalam negeri yang kamu inginkan.

1. Mempersiapkan rencana program studi sejak dini

Tidak sedikit beasiswa S2 yang memiliki syarat bagi penerimanya agar memilih program studi yang linier dengan program studi yang diambil sebelumnya. Oleh karena itu, kamu bisa mulai membuat perencanaan program studi sejak kamu masih menempuh pendidikan sarjana.

2. Persiapkan TOEFL atau IELTS

Banyak program beasiswa S2 dalam negeri yang juga mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris melalui bukti sertifikat TOEFL atau sertifikat IELTS. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai berlatih dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL atau IELTS. Mempersiapkan ini jauh-jauh hari akan sangat membantu kamu agar bisa melampaui skor yang disyaratkan.

3. Mempersiapkan berkas dan persyaratan sejak awal

Berkas yang diminta sebagai syarat merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan dalam memperoleh beasiswa. Baca dan teliti dengan seksama apa yang menjadi syarat untuk melamar beasiswa tersebut. Pastikan bahwa kamu telah melengkapi keseluruhannya dan tidak ada yang terlewatkan.

4. Memperbanyak experience dan achievement selama pendidikan sarjana

Beasiswa S2 dalam negeri biasanya diberikan kepada kandidat yang memiliki keseriusan dan kemauan yang kuat. Hal tersebut salah satunya bisa dibuktikan dari pengalaman dan pencapaian yang diraih selama menempuh pendidikan sarjana. Semakin banyak nilai positif yang dicapai, maka hal tersebut akan semakin mendekatkan kamu dengan kesuksesan untuk memperoleh beasiswa.

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa S2 dalam negeri yang bisa membantu kamu dalam menentukan beasiswa yang sesuai dengan rencana dan keadaanmu saat ini.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • Scholarshipair
  • Kemdikbud
  • LPDP Kemenkeu
  • PMDSU
  • SEARCA

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read

    Video