Published on

Careers

3 Contoh surat rekomendasi beasiswa dan cara untuk mendapatkannya

Algonz D.B. Raharja

Surat_Rekomendasi_Beasiswa.jpg

Jika kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya magister atau doktoral, maka kamu perlu dokumen referensi atau surat rekomendasi beasiswa sebagai penunjang proses pelamaran beasiswamu. Surat rekomendasi ini bisa saja berasal dari universitas di mana kamu mendapat gelar sarjana, atau dari tempat kerjamu. Nah, untuk lebih memahami tentang surat rekomendasi beasiswa, mari simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya

Apa itu surat rekomendasi beasiswa?

Apa itu surat rekomendasi beasiswa?
Surat rekomendasi beasiswa diperlukan untuk menunjang proses pendaftaran beasiswa (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Jotform, surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berwenang atau dapat memberikan pengesahan kesanggupan bagi seorang pelamar untuk diberikan beasiswa. Aplikasi penerimaan beasiswa yang sulit membuat hanya sedikit jumlah penerimanya. Surat rekomendasi beasiswa digunakan untuk mendukung profil seorang pelamar dan berasal dari pihak yang kredibel dalam memberikan rekomendasi berdasarkan posisi atau jabatannya.

Menurut Eforms, surat rekomendasi beasiswa memberikan informasi mengenai karakter, kualitas, dan prestasi calon yang memenuhi kriteria dasar dari pemilihan penerima beasiswa. Penulis surat rekomendasi beasiswa umumnya adalah guru, dosen, konselor, atau kepala bagian di mana seorang pelamar pernah menempuh pendidikan maupun bekerja. Para pihak yang berhak menulis surat rekomendasi beasiswa ini umumnya akan mencocokkan acuan penerimaan beasiswa dengan kondisi pelamar di mata mereka.

Secara umum, surat rekomendasi beasiswa ditulis dengan sebuah wawancara atau diskusi singkat antara pemberi rekomendasi dengan pelamar beasiswa. Diskusi ini dilakukan agar terjadi koordinasi dan kesepahaman serta beberapa hal terkait kesiapan dan kapasitas diri pelamar sebelum diberikan surat rekomendasi beasiswa.

Baca juga: 8 Contoh surat pengalaman kerja dan cara membuatnya

Format surat rekomendasi beasiswa

Format surat rekomendasi beasiswa
Surat rekomendasi beasiswa dibuat oleh seseorang dengan jabatan tertentu dalam sebuah institusi (Sumber: Pexels)

Seiring dengan kepentingannya dalam memberikan masukan dari hasil observasi atas wawancara sederhana tadi, surat rekomendasi beasiswa dibuat dengan berbagai format umum. Adapun format surat rekomendasi beasiswa tersebut antara lain adalah mencakup beberapa hal berikut ini,

1. Kop surat

Kop atau kepala surat umumnya diperlukan dalam format surat rekomendasi beasiswa. Hal ini dikarenakan pihak pemberi rekomendasi dipastikan bernaung dalam suatu institusi, entah itu institusi pendidikan maupun perusahaan. Surat rekomendasi beasiswa yang baik diberikan atas keputusan seseorang membawa nama institusi, untuk itu hal ini dianggap amat berharga dan profesional.

Keberadaan kop surat dalam surat rekomendasi beasiswa juga berarti bahwa surat rekomendasi beasiswa diberikan atas nama institusi. Hal ini membuat pelamar beasiswa mendapat semacam kepercayaan dari institusi untuk melamar beasiswa tertentu. Selain itu, pemberian surat rekomendasi beasiswa juga berarti seorang pelamar dianggap kredibel dan layak untuk mendapat rekomendasi dari sebuah institusi tertentu.

2. Judul surat

Judul surat rekomendasi beasiswa umumnya dibuat berbeda oleh tiap pemberi rekomendasi. Hal ini bisa berupa judul formal, frasa “To whom it may concern”, atau bahkan tidak memakai judul tetapi nomor surat seperti surat resmi yang berupa keterangan bahwa surat tersebut merupakan surat rekomendasi beasiswa yang ditandatangani seseorang dengan jabatan tertentu dalam sebuah institusi.

3.Tanggal dan nomor surat

Tanggal dan nomor surat merupakan hal umum yang dicantumkan oleh sebuah institusi saat mengeluarkan surat rekomendasi beasiswa. Tanggal pada umumnya ditentukan oleh kapan surat rekomendasi beasiswa tersebut ditandatangani. Sedangkan, nomor surat ditentukan oleh bagian tata usaha atau administrasi dari sebuah bagian/divisi/departemen dari suatu institusi terkait keluar masuknya surat dari dan untuk institusi tersebut.

4. Isi surat

Isi dari sebuah surat rekomendasi beasiswa ditulis oleh pihak pemberi rekomendasi berdasarkan apa yang ia ketahui tentang kapasitas atau kualitas akademis pelamar beasiswa. Isi dari surat rekomendasi beasiswa ini umumnya akan ditambahkan sebuah kalimat pendukung yang berisi dorongan persuasif untuk membuat pelamar dapat diterima dalam seleksi beasiswa.

5. Penutup

Kalimat penutup surat rekomendasi beasiswa biasanya diisi dengan kesediaan bertanggung jawab dari pihak pemberi rekomendasi terhadap pelamar beasiswa. Pertanggung jawaban ini adalah konsekuensi pemberian rekomendasi beasiswa pada seorang pelamar, sehingga umumnya pihak pemberi rekomendasi akan mencantumkan kontak surel atau nomor telepon yang bisa dihubungi untuk berkorespondensi dengan pihak pemberi beasiswa.

Adanya kontak antara pemberi beasiswa dan pemberi rekomendasi umum dilakukan untuk proses verifikasi, baik verifikasi keabsahan atau keaslian surat rekomendasi maupun verifikasi pelamar beasiswa.

6. Tanda tangan dan stempel

    Setiap surat rekomendasi beasiswa diharuskan memiliki tanda tangan dari pihak yang memberikan rekomendasi. Hal ini dilakukan sebagai bukti sah dari adanya keputusan resmi dari pihak terkait terhadap pelamar beasiswa. Jika diperlukan, pihak instansi atau departemen di mana pihak pemberi beasiswa tadi menjabat juga perlu membubuhkan stempel yang relevan dengan kop surat pada surat rekomendasi beasiswa tersebut.

Baca juga: 3 Contoh surat resign yang membuatmu lebih profesional

Fungsi surat rekomendasi beasiswa

Fungsi Surat Rekomendasi Beasiswa
Surat rekomendasi beasiswa berfungsi untuk mengungkapkan prestasi pelamar dari pihak lain (Sumber: Pexels)

Dilansir dari ScholarshipOwl, surat rekomendasi beasiswa memiliki fungsi utama untuk mengungkapkan prestasi siswa atau mahasiswa dan potensi mereka untuk berhasil ketika mendapatkan suatu beasiswa bagi kepentingan studinya. Surat rekomendasi beasiswa dapat menunjukkan bahwa pelamar beasiswa memiliki relasi dalam hidup akademisnya yang bersedia berbicara atas nama mereka. 

Surat rekomendasi beasiswa yang jujur akan memberi masukan tentang pengalaman pelamar beasiswa dan beberapa pengetahuan umum tentang seorang kandidat semasa ia mengenyam pendidikannya terdahulu. Untuk itu diperlukan beberapa pertanyaan sederhana yang perlu ditanyakan oleh pemberi rekomendasi pada seorang pelamar beasiswa. Pertanyaan ini dapat menjadi acuan untuk mengisi surat rekomendasi beasiswa bagi seorang pelamar atau kandidat.

  • Adapun pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut,
  • Apakah Anda pernah bekerja dengan atau mengamati pelamar secara langsung?
  • Apakah Anda tahu kelebihan dan keterampilan yang relevan dari pelamar? Uraikan secara personal!
  • Apakah Anda memiliki contoh spesifik dari pekerjaan individu pelamar, baik di ranah akademis maupun non akademis?
  • Bisakah Anda memberikan umpan balik positif tentang individu ini?

Jika seseorang pemberi rekomendasi tidak memiliki cukup pengalaman atau cerita positif untuk para pelamar beasiswa, maka pertanyaan macam ini perlu ditanyakan dalam wawancara singkat. Hal ini dilakukan agar surat rekomendasi beasiswa bersifat objektif dan relevan.

Baca juga: 4 Contoh surat perjanjian beserta panduan lengkapnya

3 Contoh surat rekomendasi beasiswa

3 Contoh surat rekomendasi beasiswa
Lakukan riset mengenai berbagai contoh surat rekomendasi beasaiswa untuk meningkatkan peluangmu. (Sumber: Pexels)

Untuk lebih mengenal bagaimana contoh surat rekomendasi beasiswa tersebut, berikut ini adalah tiga contoh surat rekomendasi beasiswa yang dapat menjadi acuan dalam membuat surat rekomendasi.

1. Surat rekomendasi bahasa Indonesia

Untuk kepentingan mendaftar beasiswa dalam negeri, baik swasta maupun dari pemerintah, umumnya dipakai format surat rekomendasi beasiswa dengan Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa menggunakan bahasa Indonesia.

Surat rekomendasi bahasa Indonesia
Contoh surat rekomendasi beasiswa dengan bahasa Indonesia (Sumber: daftarbeasiswa.com)

Surat rekomendasi bahasa Indonesia
Contoh surat rekomendasi beasiswa memakai bahasa Indonesia (Sumber: pips.institutpendidikan.ac.id)

Surat rekomendasi bahasa Indonesia
Contoh surat rekomendasi beasiswa on going (Sumber: contohsuratlengkap.org)

2. Contoh surat rekomendasi beasiswa bahasa Inggris

Untuk kepentingan mendaftar beasiswa luar negeri atau rekomendasi mendaftar ke perguruan tinggi luar negeri, umumnya seorang pelamar beasiswa perlu mengajukan surat rekomendasi dengan format Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi beasiswa berbahasa Inggris.

Yogyakarta, 10 February 2020
 
TO WHOM IT MAY CONCERN
 
I am writing this reference for Mr. Ngurah Devananda Arya , who is currently applying for a master programme scholarship at Australia Award Scholarship.
As a Head of Department of Silviculture as well as academic advisor, I’ve been closely monitoring Mr. Arya ever since he joined the undergraduate program in 2013. He completed 145 credits in 7 semesters, joined at least four fieldworks with Department of Silviculture, Faculty of Forestry, Universitas Gadjah Mada and several reforestation programs with Faculty of Forestry UGM in the case to support his main focus in studying reforestation and forest conservation. He also took some of my courses such as Ecological Anthropology, Forestry of Economics, and Study of Community Empowerment and got good grades for those. Subsequently, I took a place to be his thesis examiner at the end of his time while majoring in Silviculture. I am very proud of him, because he wrote an interesting topic in ecological anthropology and maintained his thesis well.

Besides that, Mr. Arya is also involved in some organisations outside the campus. He was joining some educational community development with his friends from other universities such as Saung Mimpi (2013-2015) and Sekolah Generasi Muda Boro (2016-2018). Both have a focus to contribute more to children’s education in greater Yogyakarta. Those programs have been well received and spread village by village and also admit voluntary teachers/facilitators. I believe that Mr. Arya interests and activities to his extensive reading in human behavioural, such as rural development, peasant society, social forestry, and political economy. I am sure that he is a serious student with a clear set of goals and always has a thirst for knowledge and is ready to pursue advanced education.

Finally, I believe that Mr. Arya has all the required capability to comprehend more advanced or graduate studies abroad. I strongly recommend him to apply for the master programme scholarship at the Australian Award. For more thorough information, please feel free to contact me at the address below.
 
Sincerely,
 
 
Dr. Bambang Hudayana, M.Sc.Agr.


Head of Department of Silviculture, Faculty of Forestry, Universitas Gadjah Mada
Email:bambang.hudayana@ugm.ac.id or ramahud@yahoo.com
Mobile : +62 811 269 472

Contoh surat rekomendasi beasiswa Australia Award (Sumber: Ekrut)

Contoh surat rekomendasi beasiswa bahasa Inggris
Contoh surat rekomendasi beasiswa berbahasa Inggris (Sumber: pdfslide.net)

3. Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan

Bagi mereka yang tengah bekerja dan ingin melanjutkan studi menggunakan beasiswa, maka dibutuhkan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh tempat kerja kepada pihak pemberi beasiswa atau perguruan tinggi tujuan. Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan
Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan dalam bahasa Inggris (Sumber: jotforms.com)

Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan
Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk pegawai negeri sipil (Sumber: yessi.id)

Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan
Contoh surat rekomendasi beasiswa untuk karyawan dalam bahasa Inggris (Sumber: sampletemplates.com)

Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa

Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa
Surat rekomendasi beasiswa dapat didapat dari institusi pendidikan maupun perusahaan (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui beberapa contoh dan isi surat rekomendasi beasiswa, kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa ini. Adapun beberapa cara mendapatkannya antara lain adalah sebagai berikut,

1. Employment recommendation

Jika kamu adalah seorang karyawan atau pegawai dalam sebuah instansi, maka kamu perlu mendapatkan persetujuan dan rekomendasi beasiswa dari atasanmu. Pihak yang umumnya berhak memberikan surat rekomendasi beasiswa bagi karyawan adalah supervisor atau pihak SDM di tiap departemen. Surat rekomendasi beasiswa jenis ini didapatkan dengan mengajukan terlebih dahulu keinginanmu untuk melanjutkan studi pada bagian atau departemen tempatmu bekerja di suatu perusahaan atau institusi.

2. Academic recommendation

Surat rekomendasi beasiswa yang paling umum memang didapatkan dalam ranah akademis. Surat rekomendasi akademis didapatkan oleh guru atau dosen yang dapat menilai kemampuan atau kapasitas akademis seorang pelamar selama menempuh suatu jenjang pendidikan di sebuah institusi pendidikan tertentu. Surat rekomendasi beasiswa akademis juga dapat berisi kelebihan lain dari seorang pelamar di luar aspek akademisnya, bisa dalam berorganisasi maupun aspek soft skill lainnya.

3. Character reference

Referensi karakter atau surat rekomendasi beasiswa personal umumnya dibuat oleh tokoh masyarakat, teman terdekat, maupun saudara dari pelamar beasiswa. Surat rekomendasi beasiswa jenis ini jarang diminta sebagai dokumen utama, tetapi dapat digunakan sebagai surat rekomendasi pendukung. Umumnya, surat rekomendasi beasiswa jenis ini dipakai bagi pelamar yang aktif dalam organisasi masyarakat, politik, atau komunitas umum di luar ranah akademis maupun perusahaan.

Surat rekomendasi beasiswa jenis ini juga bersifat objektif pada pemberi rekomendasi berdasarkan perkenalan atau pengetahuannya tentang pelamar beasiswa. Secara umum, surat rekomendasi beasiswa jenis ini didapat untuk menunjang penilaian individu seorang pelamar dan lebih terfokus pada perilakunya dalam organisasi atau ranah relasi sosial.

Melalui tiga hal ini surat rekomendasi beasiswa bisa didapatkan dan dibuat untuk mendukung proses administrasi dari seorang pelamar beasiswa.

Baca juga: 7 Contoh surat cuti melahirkan untuk karyawan swasta dan PNS

Bagi kamu yang ingin melamar beasiswa untuk studi lanjut, hal-hal semacam ini perlu diperhatikan agar tidak merasa kebingungan saat pihak pemberi beasiswa mengharuskan adanya surat rekomendasi beasiswa. Umumnya, seorang pelamar beasiswa harus sudah siap dengan surat rekomendasi beasiswa sebelum ia memutuskan untuk mengikuti proses seleksi, begitu pula dengan surat rekomendasi untuk perguruan tinggi tujuan.

Jika kamu sedang menunggu pembukaan beasiswa dalam dan luar negeri, maka sudah seyogianya kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dan jika kamu tengah menunggu pengumuman beasiswa dan ingin mendapat pengalaman karier lebih, maka tak ada salahnya jika kamu mendaftar lewat EKRUT untuk mempertemukanmu dengan berbagai perusahaan sembari menunggu pengumuman beasiswamu.

Kamu bisa mencari pekerjaan atau karier singkat lewat EKRUT dengan mengklik tautan di bawah ini!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Letter of Recommendation for Scholarship - PDF Templates
  • Free Recommendation Letter for Scholarship Template - with Samples - PDF | Word – eForms
  • Write A Killer Scholarship Recommendation Letter (w/Example)

Tags

Share