Media

Begini cara membuat kesan terbaik ke rekan kerja saat hari pertama kamu ngantor
By Nelson Simbolon - 24 December 2018
4 min read 249 Views

Seringkali memulai hari pertama kerja terasa mendebarkan bagi karyawan, apalagi untuk kamu yang baru masuk ke dunia kerja. Semua mata tertuju padamu saat kamu berkeliling di sekitar kantor mempelajari nama-nama orang dan lokasi penting seperti ruang istirahat. Rasanya seperti orang-orang menilaimu berdasarkan pilihan pakaian, namun kamu tersenyum dan tetap mencoba percaya diri. 

Lalu, bagaimana cara agar membuat kesan terbaik di mata rekan kerja saat hari pertama ngantor? Biar nggak salah, ikuti cara berikut dan bersiaplah membuat rekan kerja terkesan denganmu.
Hal yang harus dilakukan di hari pertama kerja. Kesan pertama di hari pertama ngantor akan sangat berpengaruh pada penilaian tentang kepribadianmu dan juga cara adaptasi dalam bekerja, jadi persiapkan dengan baik agar rekan kerja terkesan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan! 

 

1. Berangkat lebih awal

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jam kedatanganmu di hari pertama ngantor. Cobalah untuk bangun 30-60 menit lebih awal di hari pertama, sehingga kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri dan berangkat ke tempat kerja tanpa tergesa-gesa. Waktu perjalanan singkat mungkin tidak memotivasimu untuk bangun lebih awal daripada biasanya, namun siapa yang tahu berapa lama waktu yang diperlukan dengan lalu lintas pagi, ditambah waktu yang akan kamu habiskan untuk mencari tempat parkir.

 

2. Pastikan pakaianmu nyaman, formal dan sesuai

Berpakaianlah secara formal dan rapi untuk menghindari kesan negatif dari rekan kerja di hari pertama ngantor. Meskipun karyawan di kantor tersebut berpakaian secara kasual, tidak ada salahnya berpakaian kasual secara cerdas untuk membuat kesan baik. Lengan panjang dan celana bahan akan berhasil bagi pria, dan bagi wanita, gunakan celana dan blus.

 

3. Pelajari nama anggota tim

Kamu akan bertemu banyak orang, beberapa di antaranya bahkan bukan anggota tim yang akan menjadi rekan kerja. Karena tidak mungkin menghafal nama setiap orang secara langsung, cukup fokuskan dalam mengingat nama anggota tim. Kamu akan menghabiskan kebanyakan waktumu dengan mereka, jadi semakin cepat kamu mengenal namanya semakin awal kamu akan merasa nyaman di tempat kerja baru.

 

4. Minta bahan bacaan rekomendasi pada atasan

Dengan berinisiatif lebih, kamu akan membuat tak hanya rekan kerja yang terkesan tetapi juga atasanmu akan menilaimu dengan baik. Jadi, pastikan di hari pertama ini kamu memiliki inisiatif untuk mempelajari lebih banyak tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang kamu handle. Jika tidak ada orientasi, minta bahan bacaan kepada manager terkait pekerjaanmu, seperti jumpa pers, brosur produk, laporan tahunan, dan memo perusahaan. Lakukan ini dengan baik sebelum hari pertamamu, sehingga kamu memiliki waktu untuk mengulas dan tidak akan tampak bingung saat membuat laporan pekerjaan.

 

5. Bersosialisasi saat istirahat makan

Rekan kerja dalam divisimu mungkin makan siang bersama jika mereka memiliki jadwal yang sama. Tunggu seseorang mengumumkan 'mari makan' ke kelompok kamu tanyakan apakah kamu bisa bergabung. Jika anggota timmu tidak makan siang bersama, tanyakan siapapun di sebelahmu atau orang yang kamu bayangi apakah mereka ingin bergabung makan siang denganmu. Gunakan waktu ini untuk bertanya mengenai pekerjaan mereka, atau berbicara tentang hal-hal yang tidak terkait pekerjaan.

 

6. Tawarkan bantuan ke rekan kerja 

Di hari pertama bekerja atau bahkan minggu pertama, kamu mungkin masih  dalam pelatihan dan atasanmu belum memiliki banyak tugas untukmu. Jangan sia-siakan waktu ini dengan menunggu seseorang menyerahkan tugas kepadamu. Bantu anggota timmu dalam apapun yang sedang mereka kerjakan untuk menunjukkan inisiatifmu. Dengan menawarkan bantuan ke rekan kerja satu tim memungkinkanmu melihat cara kerja sesuatu, dan memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan kepercayaan mereka. 

 

7. Pastikan gaya komunikasi sesuai

Cara berkomunikasi juga merupakan salah satu aspek yang dinilai saat hari pertama kerja. Tanyakan cara komunikasi pilihan manajer dan rekan kerja di hari pertama untuk memastikan kamu bisa berkerja dengan baik bersama-sama dan menghindari kesalahpahaman.  Jangan tunggu hingga kamu mendapat teguran dan jangan berasumsi lingkungannya sama dengan tempat kerja sebelumnya. Dengan berasumsi manajer barumu berkomunikasi dengan cara yang sama dengan atasanmu sebelumnya menempatkanmu pada risiko mengganggu mereka di tengah panggilan penting, atau tidak menjawab pertanyaanmu sama sekali. 

Nah, dengan mengikuti cara ini kamu bahkan tidak hanya membuat rekan kerja terkesan tetapi atasanmu juga akan merasa senang. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari budaya di lingkungan kantormu sehingga akan mempermudahmu dalam bersosialisasi.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • Tips
  • Pekerjaan
  • Karier
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang