Technology

10 Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Data Science Gratis

Published on
Min read
8 min read
time-icon
10_Rekomendasi_Channel_YouTube_Belajar_Data_Science_Gratis.jpg

Data science merupakan sebuah bidang yang kini banyak digandrungi oleh orang-orang. Hal yang dipelajari untuk menjadi data scientist adalah data yang terstruktur, data yang tidak terstruktur, statistik, analisis data, machine learning, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang berminat mempelajari data science secara otodidak, berikut sederet rekomendasi channel YouTube untuk belajar data science gratis.

1. Krish Naik

foto Kris Naik pengajar data science
Krish Naik. Sumber: YouTube Krish Naik.

Seorang data scientists tersohor yakni Krish Naik membagikan ilmunya mengenai data science melalui channel YouTube miliknya. Dirinya telah membuat channel YouTube tersebut sejak 11 Februari 2012. Hingga saat ini, akun YouTube milik Krish Naik memiliki subscriber sebanyak 643.000. Pada YouTube miliknya, Krish Naik menampilkan video-video dengan berbagai topik untuk membantu kamu mempelajari data science. Mulai dari materi untuk pemula, hingga materi untuk seseorang yang telah mahir disuguhkan oleh Krish Naik melalui akun YouTube-nya.

2. Corey Schafer

foto Corey Schafer pengajar data science
Corey Schafer. Sumber: YouTube Corey Schafer.

Corey Schafer merupakan seorang ahli data scientist dan software developer. Sebagai seorang dengan pengetahuan yang lebih terkait data science, Corey Schafer membagikan ilmunya melalui akun YouTube pribadinya yang bernama Corey Schafer. Hingga saat ini, dirinya memiliki subscriber sebanyak 982.000 dengan jumlah video YouTube sekitar 200. Melalui channel YouTube tersebut, kamu dapat belajar data science gratis. Dalam video-video yang diunggah oleh Corey Schafer, banyak penjelasan mengenai data science yang dihubungkan dengan permasalahan di dunia nyata. Sehingga akan memudahkan kamu untuk mempelajari data science secara otodidak.

3. The Coding Train

foto profil The Coding Train pengajar data science
The Coding Train. Sumber: Shiffman.net.

The Coding Train merupakan sebuah channel YouTube untuk belajar data science gratis yang mulanya dibuat oleh Daniel Shiffman. Telah membangun channel The Coding Train sejak tahun 2006, kini channel tersebut memiliki subscriber sebanyak 1,47 juta. Hal yang akan kamu dapatkan apabila kamu menonton video dari The Coding Train, kamu akan mendapatkan ilmu data science dan pemrograman. Seperti, cara membuat neural network dengan Python, cara menggunakan TensorFlow untuk mempelajari mesin secara mendalam, struktur data dan algoritma menggunakan JavaScript, dan masih banyak lagi materi lainnya. Materi-materi pun dikemas dengan sangat menghibur, sehingga kamu tidak merasa bosan ketika menonton materi dari channel YouTube The Coding Train.

4. Sentdex

foto profil Sentdex pengajar data science
Sentdex. Sumber: YouTube Sentdex.

Channel YouTube untuk belajar data science gratis selanjutnya adalah Sentdex. Sentdex dibuat oleh Harrison Kinsley. Pada channel YouTube ini, materi yang dijelaskan berfokus pada pemrograman Python, machine learning, visualisasi data seperti matplotlib plots menggunakan Python atau cara menggunakan seaborn library dengan Python. Salah satu alasan mengapa banyak orang menonton video-video yang disajikan Sentdex adalah karena penyampaian materi oleh Harrison Kinsley terbilang sangat jelas dan dapat menyederhanakan pemahaman akan konsep yang terbilang rumit untuk dipahami.

5. StatQuest

foto profil Statquest pengajar data science
StatQuest. Sumber: YouTube StatQuest.

Dibuat oleh Josh Starmer, StatQuest merupakan channel YouTube yang memberikan video-video informatif terkait data science. Melalui StatQuest, kamu dapat belajar data science secara gratis. Pada setiap videonya, Josh Starmer menyampaikan informasi secara rinci dan mudah dipahami bagi para penontonnya. Beberapa video yang disajikan meliputi klasifikasi linear dengan Support Vector Machine, jaringan neural dengan prediksi deret waktu, Recurrent Neural Network, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 9 Website Kursus Online Bersertifikat Gratis untuk Anda!

6. Freecodecamp

foto profil Freecodecamp pengajar data science
Freecodecamp. Sumber: YouTube Freecodecamp.

Freecodecamp merupakan channel YouTube yang sudah ada sejak tahun 2015. Video yang disajikan oleh Freecodecamp berupa materi-materi mengenai machine learning, visualisasi data, pengembangan website, dan lain-lain. Channel YouTube Freecodecamp terbilang sangat populer dikalangan orang-orang yang memiliki minat terhadap bidang data science. Bagi kamu yang menginginkan metode pembelajaran interaktif, channel YouTube Freecodecamp dapat menjadi salah satu pilihan kamu untuk mulai mempelajari data science.

7. Data Science Dojo

foto profil data science dojo
Data Science Dojo. Sumber: YouTube Data Science Dojo.

Channel YouTube Data Science Dojo adalah sebuah channel yang memberikan belajar data science gratis serta tutorial video mengenai berbagai materi data science, seperti analisis regresi, machine learning, SQL, dan Tableau. Video pada channel YouTube Data Science Dojo sangat praktis dan mudah diikuti oleh para penontonnya karena seringkali memberikan contoh dan tips yang sangat berguna. Banyak orang tertarik belajar data science melalui Data Science Dojo karena materi seringkali disampaikan dengan metode analogi dan cerita untuk menjelaskan konsep data science yang kompleks, sehingga penonton dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan.

8. University of Washington

logo university of washington pengajar data science
University of Washington. Sumber: Pinterest.

Bagi kamu yang mencari sebuah sumber pembelajaran dengan pendekatan yang lebih akademis, kamu dapat menonton video-video yang disajikan oleh University of Washington. Pada channel YouTube University of Washington, mereka menawarkan belajar data science gratis dengan para profesor terbaik universitas tersebut. Materi yang disampaikan pada channel YouTube University of Washington meliputi data mining, big data dan machine learning. Ada pula materi video mengenai Python untuk data science. Semua dapat kamu tonton langsung di channel YouTube University of Washington.

9. Edureka!

logo edureka pengajar data science
edureka!. Sumber: crackmnc.com.

Edureka! adalah sebuah channel YouTube yang menyediakan video-video mengenai beragam materi data science. Misalnya seperti video mengenai Big Data and Hadoop, Python, Tableau, Selenium, Angular, Artificial Intelligence, Apache Spark, dan masih banyak lagi materi-materi lainnya. Materi yang terdapat pada channel YouTube edureka! ini disampaikan langsung oleh para ahli di bidang data science. Sehingga, kamu tidak perlu ragu akan kualitas materi yang disampaikan pada setiap video.

10. 3Blue1Brown

logo 3blue1brow pengajar data science
3Blue1Brown. Sumber: YouTube 3Blue1Brown.

Channel YouTube terakhir untuk belajar data science gratis adalah 3Blue1Brown. Bagi para peminat data science mungkin sudah tidak asing dengan channel YouTube yang digagas oleh Grant Sanderson ini. Grant Sanderson merupakan seorang lulusan Stanford University tahun 2015. Dirinya fokus mempelajari kemampuan untuk coding dan data science. Dengan adanya channel YouTube 3Blue1Brown, dirinya ingin membagikan ilmu yang telah dimilikinya kepada para subscriber channel YouTube tersebut. Video yang disajikan pun beragam, salah satunya topik mengenai neural networks.

Baca juga: 10 Rekomendasi Channel YouTube Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Seru

Demikian informasi mengenai sederet rekomendasi channel YouTube untuk belajar data science gratis. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang berminat mempelajari data science. Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • analyticsinsight.net
  • towardsdatascience.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video