Published on

Lainnya

17 Daftar Belanja Bulanan untuk Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Tsalis Annisa

belanja_bulanan_ekrut.jpg

Jika kamu termasuk seseorang yang sibuk dan tidak mungkin untuk belanja setiap minggunya, maka belanja bulanan bisa menjadi solusi. Selain itu, cara ini juga bisa membantu kamu untuk berhemat, lho! Terlebih lagi jika kamu sudah memastikan bahwa kebutuhan makanan pokok hingga cemilan sudah tersedia.

Untuk mempermudah kamu dalam menentukan apa saja yang perlu kamu pilih dalam melakukan belanja bulanan, maka kamu perlu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Salah satu tujuannya tentu agar kamu tidak belanja di luar dari yang kamu butuhkan. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di sini!

Baca juga: 18 Aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk Android dan iOS

Sebelum belanja bulanan, perhatikan beberapa hal ini!


Persiapkan daftar belanja bulanan dengan teliti. (Sumber: Pexels)

Jika kamu tertarik untuk melakukan belanja bulanan untuk menghemat waktu dan pengeluaran, maka penting bagi kamu untuk memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Persiapkan daftar bumbu atau bahan lainnya yang banyak digunakan di beberapa resep makanan.
  • Jika kamu ingat letak atau kode angka setiap barang belanjaanmu, cobalah untuk meletakkan kode tersebut di depan setiap barang yang ingin kamu beli. Cara ini akan memudahkan untuk menemukan barang-barang tersebut saat belanja.
  • Saat belanja, coret beberapa barang yang sudah kamu masukan ke dalam troli belanja agar tidak bingung.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk yang ingin kamu beli. Terlebih lagi jika produk yang ingin kamu beli adalah produk diskon. Umumnya, produk diskon memiliki tanggal kedaluwarsa yang lebih dekat dibandingkan dengan produk yang tidak diskon.
  • Jika kamu ingin membeli buah, sesuaikan tingkat kematangan buah dengan waktu konsumsi. Misalnya kamu ingin membeli pisang, pilihlah satu atau dua pisang yang sudah matang untuk kamu konsumsi dalam waktu dekat, dan pilihlah yang agak hijau agar bisa kamu konsumsi 3 hingga 4 hari setelahnya.
  • Pilih panganan beku. Daging sapi, ayam, ikan, bahkan sayur yang dibekukan bisa menjadi alternatif untuk kamu agar tetap bisa memiliki produk segar hingga akhir bulan. Hal yang cukup menarik adalah panganan beku umumnya dibekukan ketika kondisi mereka masih bagus, sehingga kesegarannya tetap terjaga.

Baca juga: 10 Cara mengatur keuangan yang mudah dan efektif

17 Daftar belanja bulanan untuk menghemat waktu dan pengeluaran 


Mulai dari kebutuhan pangan hingga kebersihan rumah masuk ke dalam daftar belanja bulanan. (Sumber: Pexels)

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu kamu perhatikan saat belanja bulanan, bukan? Selanjutnya, agar kamu bisa menghemat waktu dan biaya saat belanja, berikut adalah 17 daftar belanja bulanan berdasarkan jenisnya yang bisa kamu jadikan pedoman. 

1. Daging

Kamu bisa membeli daging sapi, ayam, ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, ikan tongkol, maupun daging domba yang bisa kamu bekukan agar bisa bertahan hingga sebulan.

2. Makanan beku

Jika daging di atas tidak kamu beli dalam keadaan beku, kategori makanan beku ini bisa mencangkup chicken nugget, kentang goreng, ice cream, daging ham, buah beku, dan sayuran beku.

3. Sayuran

Sayuran beku yang tersedia di pasaran mungkin terbatas hanya jagung, kacang polong, dan wortel saja. Oleh karena itu, kamu juga bisa membeli sayuran lain yang bisa kamu gunakan dalam waktu dekat dan bisa kamu bekukan di kemudian hari. Misalnya saja seperti, brokoli, bawang bombai, kentang, bayam, tomat, jamur, paprika, kol, kembang kol, selada, dan kale.

4. Buah

Begitu pula dengan buah, ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi segera dan kamu bekukan. Misalnya saja seperti, apel, anggur, jeruk, pir, pisang, dan stroberi.

5. Telur dan olahan susu

Jika kamu menyimpannya dengan benar kedua jenis makanan ini bisa juga bertahan hingga satu bulan, lho! Kamu bisa membeli keju, butter, margarin, telur, susu segar untuk dikonsumsi segera, susu UHT, dan yogurt

6. Makanan kaleng

Adapun makanan kaleng yang bisa kamu beli yaitu, ikan sardines, ikan tuna, kacang panggang yang sudah diberi saus, kacang merah, sup, rendang, dan makanan kaleng lainnya.

7. Bumbu kering

Bumbu kering yang bisa kamu persiapkan untuk memudahkan kamu untuk memasak dalam sebulan adalah, kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu jamur, garam, gula, lada, bubuk ketumbar, bubuk pala, bubuk kunyit, oregano, thyme, basil, maupun bubuk bawang putih.

8. Bumbu basah

Adapun bumbu basah yang bisa kamu persiapkan diantaranya daun bawang, bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk. Untuk bawang merah dan bawang putih, pastikan kamu menyimpannya di tempat kering dan tidak tertutup. Sedangkan untuk cabai, kamu bisa menyimpannya di kulkas bagian bawah maupun di freezer agar lebih tahan lama.

9. Minuman

Agar kamu tidak bosan dan justru jajan di luar, minum-minuman ringan juga penting untuk kamu beli saat belanja bulanan. Kamu bisa membeli minuman coklat, susu, kopi, soda, teh, dan jus.

10. Camilan

Seperti ragam minuman di atas, camilan ini juga penting agar kamu tidak perlu jajan lagi di luar. Kamu bisa membeli biskuit, keripik kentang, kacang, pop corn, ataupun camilan lainnya yang kamu sukai. 

11. Bahan kue

Jika kamu suka membuat kue, maka daftar ini sebaiknya tidak terlewatkan. Tentunya hal ini pun dapat menghindarimu dari jajan di luar. Kamu bisa membeli baking soda, baking powder, vanili, gula, dan tepung.

12. Saus

Beberapa makanan utama dan camilan tanpa saus mungkin akan terasa kurang lengkap jika tanpa saus. Jadi, pastikan kamu tidak melewatinya. Saus tidak hanya terbatas saus tomat dan saus sambal, kamu juga bisa membeli saus BBQ, kecap ikan, madu, selai, mayonnaise, mustard, kecap inggris, kecap manis, kecap asin, dan cuka.

13. Kacang-kacangan

Daftar ini mencangkup roti gandum, kacang-kacangan, besar, dan pasta.

14. Perlengkapan mandi

Tak hanya kebutuhan panganan, kebutuhan yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Pastikan kamu sudah memiliki sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan perlengkapan mandi lainnya untuk satu bulan.

15. Perlengkapan kebersihan rumah

Agar rumahmu tetap terjaga kebersihannya, kamu perlu mempersiapkan cairan pembersih lantai, cairan pembersih kaca, disinfektan, pewangi ruangan, dan cairan pembunuh nyamuk.

16. Perawatan wajah

Agar kesehatan kulit wajahmu tetap terjaga, pastikan kamu membeli kebutuhannya selama sebulan. Kamu bisa membeli cairan pembersih muka, toner, pelembab, sunscreen, masker, serum, dan kebutuhan skincare lainnya. 

17. Keperluan hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, maka daftar belanja bulanan yang satu ini juga tidak boleh ditinggalkan. Kamu bisa membeli makanan kering, vitamin, camilan, makanan basah, dan kebutuhan pasir selama satu bulan.

Baca juga: Manajemen keuangan: Pengertian, tujuan hingga tugas-tugasnya

Selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu memastikan bahwa kebutuhan gas dan air mineral untuk sebulan terpenuhi, ya. Sekarang kamu sudah memiliki bayangan mengenai apa saja yang perlu kamu perlu persiapkan dan beli saat belanja bulanan, bukan? Pastikan kamu tidak keluar dari daftar belanja bulanan tersebut agar tujuanmu untuk berhemat tetap tercapai. Selamat mencoba!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • listonic.com
  • ocbcnisp.com
  • twohealthykitchens.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_GMV.jpg

    Lainnya

    GMV (Gross Merchandise Value): Pengertian dan Cara Menghitungnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(11).jpg

    Lainnya

    DP (Down Payment): Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan Keuntungannya

    Detty Risetya

    05 July 2022
    5 min read

    Video