Published on

Careers

Berapa persen gaji kamu yang sebaiknya ditabung?

Widyanto Gunadi

cara-menyisihkan-uang-untuk-tabungan-EKRUT.jpg

Agar hasil kerjamu tidak hanya habis begitu saja setiap bulannya, kamu perlu pandai-pandai dalam menyisihkan gaji untuk ditabung. Tapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghitung besaran yang harus masuk tabungan? 

Nah, agar memudahkan kamu dalam menyisihkan gaji untuk ditabung dan tahu berapa jumlah pastinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui. 

Sisihkan 10% hingga 20% gaji 

menabung dari gaji - EKRUT
Pilihlah cara menyisihkan gaji untuk ditabung yang paling bisa kamu terapkan - EKRUT

Dalam dunia keuangan, ada teori populer yang dipakai banyak orang untuk menabung. Teori ini disebut aturan 50/30/20. Sebenarnya, besaran ini bukanlah angka mutlak.  

Kamu tidak wajib membagi 20 persen dari gajimu khusus untuk tabungan, 30 persen untuk hiburan, serta sisanya untuk biaya hidup.  

Jika pendapatanmu besar, dan ingin menabung lebih banyak, itu sah-sah saja dilakukan. Jumlah tabungan ideal setiap orang tergantung pada keputusanmu masing-masing dalam pengaturan keuangan. 

Praktisi bisnis dan keuangan, GodoTjahjono menilai besaran 20 persen itu masih masuk akal.  Bahkan, ia menyarankan setidaknya para pekerja menabung sepuluh persen dari gaji. Namun tak menutup kemungkinan, kamu bisa menyisihkan hingga 50 persen gaji untuk ditabung.  

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini cara menabung yang tepat untukmu

Jaminan hari tua 

menabung dari gaji - EKRUT
Dengan menyisihkan gaji untuk ditabung, harapannya kamu bisa mencapai financial freedom di kemudian hari- EKRUT

Semua penghitungan itu dilakukan dengan mempertimbangkan rencana, cicilan, maupun biaya lain yang masih harus kamu penuhi. Misalnya, untuk cicilan rumah dan kendaraan, usahakan untuk tidak mengambil 30 persen gaji. 

Harapannya adalah, agar kamu masih bisa menyisihkan sepuluh persen gaji untuk tabungan di masa depan.  

Dengan besaran standar 20 persen gaji untung ditabung, kamu diharapkan sudah dapat menikmati kebebasan finansial di usia yang belum terlalu tua. Hal ini memang terkesan sulit dilakukan. Namun nyatanya, ada banyak orang yang berusia antara 35-40 tahun yang sudah mencapai kebebasan finansial. 

Baca juga: 5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

Menabung 25 kali 

menabung dari gaji - EKRUT
Kebebasan finansial dapat diraih bila kamu mampu konsisten menyisihkan gaji untuk ditabung dan menggunakan uang dengan bijaksana - EKRUT

Lamanya waktu yang diperlukan untuk mencapai kebebasan finansial tergantung dari tingkat pengeluaran kamu tiap bulan. Rumusnya sangat sederhana. Kamu hanya perlu menabung, dengan jumlah sebesar 25 kali lebih banyak dari total pengeluaran tahunan.

Oleh sebab itu, semakin kamu menghemat pengeluaran tiap bulan, dan menabung dengan persentase tinggi, maka kebebasan finansial bisa lebih cepat diraih.

Jadi, ingatlah masa depanmu dan jangan lupa menyisihkan gaji untuk ditabung, ya. Semoga usaha kamu menabung saat ini, akan membuahkan hasil menggembirakan di masa depan. 

Pertanyaan interview UI/UX Designer EKRUT

Last updated: 11 February 2020

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • moneyunder30.com 
  • forbes.com 

Tags

Share