Published on

Careers

10 Tips menabung yang efektif dan tepat guna untuk dipraktikan

Sylvia Rheny

cara-menyisihkan-uang-untuk-tabungan-EKRUT.jpg

Agar hasil kerjamu tidak hanya habis begitu saja setiap bulannya, kamu perlu pandai-pandai dalam menyisihkan gaji untuk ditabung. Tapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghitung besaran yang harus masuk tabungan? 

Nah, agar memudahkan kamu dalam menyisihkan gaji untuk ditabung dan tahu berapa jumlah pastinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui. 

Baca juga: Masih enggak bisa nabung? Begini caranya!

Pentingnya memiliki kebiasaan menabung

Pentingnya memiliki kebiasaan menabung
Menerapkan tips menabung akan memudahkan kamu menyisihkan uang. (Sumber: Pexels)

Sebagian besar dari kita menghabiskan ratusan jam kerja setiap tahun untuk mendapatkan sebagian besar uang yang kita miliki sekarang. Tetapi, ketika kamu memiliki tabungan dan menyimpan tabungan tersebut di tempat yang tepat, uang tersebut akan mulai bekerja untukmu. 

Jika kamu memiliki pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah serta memiliki kebiasaan menabung secara rutin, kamu mungkin bisa mengumpulkan cukup uang untuk pensiun dalam waktu 10 tahun, di mana bagi kebanyakan orang, rata-rata dibutuhkan waktu hampir 40 tahun. 

Tetapi pada titik tertentu, jika kamu menabung dan berinvestasi secara teratur, kamu seharusnya dapat hidup dari pendapatan yang dihasilkan oleh investasi tersebut di mana uang tabungan yang bekerja untukmu. Semakin awal kamu mulai menabung, maka semakin banyak waktu untuk membuat uang tabungan tersebut bertumbuh. 

Selain itu, menabung juga penting untuk mempersiapkan dana darurat jika terjadi hal-hal yang diluar kendali yang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Menabung juga penting untuk melatih kedisiplinan, menghargai uang, menerapkan hidup hemat, mencegah berhutang, memahami konsep mengatur uang, hingga merencanakan penggunaan uang dengan baik.

Baca juga: Kesulitan menabung? Ini cara menabung uang yang efektif

10 Tips menabung yang efektif dan tepat guna untuk dipraktikan

10 Tips menabung yang efektif dan tepat guna untuk dipraktikan
Terdapat beberapa tips menabung agar lebih efektif. (Sumber: Pexels)

Berikut ini 10 tips menabung yang bisa kamu terapkan untuk membuat langkah menabung kamu menjadi semakin efektif dan tepat guna. 

1. Buat anggaran

Buat anggaran
Tips menabung pertama adalah membuat anggaran. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang pertama adalah membuat anggaran karena inti dari setiap rencana tabungan adalah anggaran. Penganggaran membantu kamu memprioritaskan pengeluaran dan menemukan keseimbangan antara pengeluaran dan tabungan sepanjang tahun. Dengan memeriksa laporan kartu kredit, tagihan, laporan bank, dan kwitansi, kamu dapat menghitung semua pengeluaran rutin, seperti sewa atau pinjaman rumah, transportasi, asuransi, dan listrik.

Saat menyusun prioritas keuangan kamu, pikirkan barang mana yang kamu perlukan untuk keperluan hidup mendasar sehari-hari dan mana yang merupakan tambahan atau tidak bersifat wajib dibeli, sehingga kamu bisa berhemat dan mengalokasikannya untuk ditabung. Sebaiknya perbarui anggaran keuangan setidaknya setahun sekali atau bisa lebih sering jika keadaan kamu berubah secara signifikan (misalnya kehilangan pekerjaan atau berumah tangga dan memiliki bayi).

2. Lacak pengeluaran 

Lacak pengeluaran
Tips menabung kedua adalah melacak pengeluaran. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang kedua adalah rutin melacak pengeluaran. Orang-orang sering terperangkap dalam pikiran bahwa pengeluaran untuk hal-hal besar adalah sesuatu yang membuat kita mendapatkan masalah pada keuangan, padahal seringkali hal-hal kecillah yang akhirnya membuat pengeluaran menjadi lebih besar. Itulah mengapa penting untuk melacak pengeluaran sehari-hari, yaitu agar bisa membandingkannya dengan anggaran yang telah dibuat. Dari situ, bisa diidentifikasi pengeluaran mana yang selanjutnya bisa ditekan dan bisa dialokasikan untuk ditabung.  Dengan begitu, kamu dapat mencegah pembelian yang bersifat impulsif.

Baca juga: Mudah, ini 6 cara menabung yang benar untuk anak muda

3. Buka rekening tabungan

Buka rekening tabungan
Tips menabung ketiga adalah membuka rekening tabungan. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang ketiga adalah membuka rekening tabungan sendiri. Membuka rekening tabungan dapat membatasi akses ke uang tabunganmu dan dapat memberimu tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening transaksi dasar biasa. Rekening tabungan adalah tempat di mana kamu dapat menyimpan sebagian atau seluruh sisa pendapatan setelah membayar kebutuhan pribadi dan pajak. Membuka rekening tabungan tersendiri dan mengatur transfer otomatis terjadwal dari rekening utama akan membuatmu terhindar dari godaan untuk membelanjakan uang tersebut. 

4. Sisihkan 10% hingga 20% gaji 

menabung dari gaji - EKRUT
Pilihlah cara menyisihkan gaji untuk ditabung yang paling bisa kamu terapkan - EKRUT

Dalam dunia keuangan, ada teori populer yang dipakai banyak orang untuk menabung. Teori ini disebut aturan 50/30/20. Sebenarnya, besaran ini bukanlah angka mutlak.   Kamu tidak wajib membagi 20 persen dari gajimu khusus untuk tabungan, 30 persen untuk hiburan, serta sisanya untuk biaya hidup. Jika pendapatanmu besar, dan ingin menabung lebih banyak, itu sah-sah saja dilakukan. Jumlah tabungan ideal setiap orang tergantung pada keputusanmu masing-masing dalam pengaturan keuangan. 

Praktisi bisnis dan keuangan, GodoTjahjono menilai besaran 20 persen itu masih masuk akal.  Bahkan, ia menyarankan setidaknya para pekerja menabung sepuluh persen dari gaji. Namun tak menutup kemungkinan, kamu bisa menyisihkan hingga 50 persen gaji untuk ditabung.  

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini cara menabung yang tepat untukmu

5. Jaminan hari tua 

menabung dari gaji - EKRUT
Dengan menyisihkan gaji untuk ditabung, harapannya kamu bisa mencapai financial freedom di kemudian hari- EKRUT

Semua penghitungan itu dilakukan dengan mempertimbangkan rencana, cicilan, maupun biaya lain yang masih harus kamu penuhi. Misalnya, untuk cicilan rumah dan kendaraan, usahakan untuk tidak mengambil 30 persen gaji. Harapannya adalah agar kamu masih bisa menyisihkan sepuluh persen gaji untuk tabungan di masa depan. Dengan besaran standar 20 persen gaji untung ditabung, kamu diharapkan sudah dapat menikmati kebebasan finansial di usia yang belum terlalu tua. Hal ini memang terkesan sulit dilakukan. Namun nyatanya, ada banyak orang yang berusia antara 35-40 tahun yang sudah mencapai kebebasan finansial. 

Baca juga: 5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

6. Menabung 25 kali 

menabung dari gaji - EKRUT
Kebebasan finansial dapat diraih bila kamu mampu konsisten menyisihkan gaji untuk ditabung dan menggunakan uang dengan bijaksana - EKRUT

Lamanya waktu yang diperlukan untuk mencapai kebebasan finansial tergantung dari tingkat pengeluaran kamu tiap bulan. Rumusnya sangat sederhana. Kamu hanya perlu menabung, dengan jumlah sebesar 25 kali lebih banyak dari total pengeluaran tahunan. Oleh sebab itu, semakin kamu menghemat pengeluaran tiap bulan, dan menabung dengan persentase tinggi, maka kebebasan finansial bisa lebih cepat diraih.

Baca juga: Ini cara menyiapkan dana darurat dengan tepat

7. Hindari pengeluaran impulsif

Hindari pengeluaran impulsif
Tips menabung ketujuh adalah menghindari pengeluaran impulsif. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang ketujuh adalah menghindari pengeluaran yang impulsif. Memang sangat mudah untuk melakukan pembelian tanpa terlalu berpikir panjang, tetapi meluangkan sedikit waktu ekstra untuk berpikir jernih dan membuat pertimbangan yang matang selalu merupakan ide yang bagus. Menghindari pembelian impulsif adalah salah satu langkah pertama menuju pengelolaan uang yang baik. Sebaiknya tunggu 30 hari sebelum kamu benar-benar membelanjakan uangmu. Setelah satu bulan berlalu, keinginan untuk berbelanja tersebut mungkin telah berlalu juga, dan kamu akan menghemat uang hanya dengan sabar menunggu.

8. Dahulukan melunasi hutang

Dahulukan melunasi hutang
Tips menabung kedelapan adalah mendahulukan hutang. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang kedelapan adalah mendahulukan hutang untuk dilunasi. Jika kamu mencoba menghemat uang melalui penganggaran tetapi masih menanggung beban hutang yang besar, mulailah dengan berfokus dulu untuk melunasi hutangmu. Setelah terbebas dari hutang, kamu dapat dengan lebih leluasa mengalokasikan anggaran untuk membayar hutang sebelumnya untuk ditabung. 

Baca juga: 10 Cara mengatur keuangan yang mudah dan efektif 

9. Tetapkan tujuan tabungan

Tetapkan tujuan tabungan
Tips menabung kesembilan adalah menetapkan tujuan tabungan. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang kesembilan adalah menetapkan tujuan tabungan. Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan memvisualisasikan untuk apa kamu menabung. Jika butuh motivasi, tetapkan target menabung beserta timeline agar lebih mudah menabung. Misalnya, kamu ingin membeli rumah dalam tiga tahun dengan uang muka 20 persen. 

10. Batalkan langganan dan keanggotaan otomatis

Batalkan langganan dan keanggotaan otomatis
Tips menabung kesepuluh adalah membatalkan langganan dan keanggotaan otomatis. (Sumber: Pexels)

Tips menabung yang terakhir adalah memilah dan memilih langganan bulanan yang diperlukan dan tidak diperlukan. Kamu sebaiknya membatalkan langganan yang jarang digunakan.Kemudian untuk langganan yang ingin tetap dipertahankan, kamu bisa mempertimbangkan family plan yang memungkinkan kamu tetap bisa berlangganan namun dengan biaya yang jauh lebih murah hanya dengan mengajak keluarga atau rekanmu berlangganan bersama. 

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini 8 cara menabung yang tepat untukmu

Jadi, ingatlah masa depanmu dan jangan lupa menyisihkan gaji untuk ditabung, ya. Semoga usaha kamu menabung saat ini, akan membuahkan hasil menggembirakan di masa depan. Atau jika kamu sedang ingin berpindah kerja untuk mengembangkan karier yang lebih baik, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT. Di EKRUT terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. 

Pertanyaan interview UI/UX Designer EKRUT
Last updated: 21 September 2021

Sumber: 

  • moneyunder30.com 
  • forbes.com 
  • Finology
  • Emsaysolutions
  • Asb.co
  • Bettermoneyhabits

Tags

Share