Published on

jobs

Brand ambassador: Pengertian, 4 Jenis, Tugas, Tanggung jawab & Skills

Nur Lella Junaedi

brand-ambassador-adalah-EKRUT.jpg

Ada berbagai macam cara yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan merek kepada khalayak, salah satunya adalah dengan mengangkat seorang brand ambassador atau sering disebut juga sebagai duta merek. 

Seperti apa sebenarnya peranan brand ambassador tersebut bagi perusahaan dan bagaimana tips memilih brand ambassador yang tepat? Ketahui jawabannya dalam ulasan berikut ini. 

Apa itu brand ambassador?

brand ambassador adalah EKRUT 
Brand ambassador adalah perwakilan dari brand yang akan membentuk citra positif terhadap produk-EKRUT

Secara sederhana brand ambassador adalah orang yang mempromosikan merek dan produk ke jaringan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan dari produk tersebut. Umumnya, brand ambassador ini berasal dari kalangan orang-orang yang memiliki pengaruh besar seperti selebriti atau tokoh yang memiliki follower banyak dan biasanya kita sebut sebagai influencer marketing. Dengan munculnya media sosial khususnya Instagram, kini membuat perusahaan mudah untuk merekrut seorang brand ambassador.   

Seorang brand ambassador biasanya menggunakan saluran media sosial mereka untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dalam mempromosikan suatu produk. Hal ini dapat dilakukan melalui online channel seperti publikasi di media sosial maupun melalui offline channel seperti seminar, pameran, dan mengikuti berbagai event. Menjadi kombinasi yang sempurna jika perusahaan bersedia mengkombinasikan kedua strategi tersebut.

Baca juga: Mengetahui pentingnya influencer marketing dalam suatu brand

 

Alasan perusahaan menjalankan brand ambassador

brand ambassador adalah EKRUT 
Alasan pentingnya perusahaan memiliki brand ambassador yakni untuk membentuk penilaian positif terhadap masyarakat-EKRUT

Ada  beberapa alasan pentingnya brand ambassador bagi perusahaan yakni: 

  • Brand ambassador melindungi reputasi perusahaan, manakala terdapat informasi negatif terkait merek. Dalam kasus ini brand ambassador akan memberikan pengalaman positif kepada merek yang mampu menaikkan kembali pamor perusahaan.
  • Brand ambassador membantu perusahaan tumbuh. Rujukan positif yang berasal dari mereka akan memberi pengaruh yang besar dalam penjualan dan pengetahuan produk bagi masyarakat.
  • Brand ambassador mampu meningkatkan traffic ke situs perusahaan, sebab sebagian besar mereka akan menyertakan backlink dan referensi menuju situs perusahaan.

4 Jenis brand ambassador

brand ambassador adalah EKRUT 
Brand ambassador memiliki dua tipe yakni berasal dari mereka yang terkenal dan orang biasa-EKRUT

Walaupun di atas telah disebutkan bahwa brand ambassador adalah orang-orang dari kalangan yang berpengaruh, namun nyatanya brand ambassador dapat dikategorikan dalam beberapa tipe yaitu, 

1. Influencer brand ambassador program

Seperti namanya, melalui program ini kamu akan bekerja bersama dengan seseorang yang memiliki pengaruh besar di masyarakat atau biasa juga disebut dengan influencer, yang akan menjadi brand ambassador perusahaanmu. Saat melakukan kolaborasi, influencer tersebut akan mengunggah konten bersponsor secara konsisten selama periode tertentu sesuai dengan kesepakatan. Sebagai imbalannya, influencer biasanya memperoleh pendapatan atau gaji dan mendapat produk gratis yang ditujukan untuk keperluan promosi. 

Seperti namanya, mereka berasal bukan dari kalangan orang biasa. Melainkan mereka memiliki pengaruh besar yang mampu didengar oleh masyarakat. Lantaran pengaruhnya yang luas, tak heran bila bentuk kerjasama perusahaan dengan brand ambassador ini terbilang ketat.Perusahaan mempekerjakan mereka secara profesional dengan transaksi yang transparan dan berekspektasi besar. 

Dalam melakukan tugasnya, mereka akan diarahkan langsung oleh tim Customer Relationship Management (CRM) perusahaan. Tim inilah yang akan merencanakan program, menyiapkan segala keperluan, dan mengelola program duta merek agar berjalan sesuai tujuan perusahaan. Beberapa jenis dari brand ambassador tipe pertama ini meliputi selebriti, YouTuber, Blogger, dan sebagainya.

2. Affiliate brand ambassador program

Brand ambassador tipe kedua ini menggunakan affiliate marketing atau pemasaran afiliasi dimana kedua belah pihak baik perusahaan maupun brand ambassador mendapatkan manfaat dari kolaborasi ini. Saat melakukan kolaborasi ini, perusahaan akan menjalin kerjasama dengan seseorang, biasanya blogger atau influencer untuk mempromosikan suatu produk atau layanan tertentu.

Brand ambassador dapat memasarkan perusahaan dengan cara membagikan tautan di situs website atau media sosial mereka. Sebagai imbalannya, affiliate marketer atau pemasar afiliasi akan menerima komisi setiap kali seseorang berhasil melakukan pembelian melalui tautan tersebut. Penjualan yang dilakukan oleh brand ambassador dapat dilacak melalui tautan afiliasi. Program ini merupakan metode terbaik untuk meningkatkan penjualan karena perusahaan hanya perlu membayar afiliasi saat para brand ambassador berhasil melakukan penjualan.

3. Informal brand ambassador program

Berbeda dengan program brand ambassador yang lain, informal brand ambassador bisa siapa saja yang menyukai produk atau layanan perusahaanmu. Kebanyakan dari mereka berawal dari penggemar fanatik suatu brand tertentu yang secara sadar dan bebas mempromosikan produk dari brand itu kepada orang lain. Tipe brand ambassador ini merupakan hasil dari kepuasaan pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan.

Dalam program ini tidak ada perjanjian formal yang diberlakukan dan biasanya tidak ada pembayaran yang diberikan kepada brand ambassador tersebut untuk melakukan promosi. Meskipun tidak dibayar, informal brand ambassador dengan senang hati membagikan cerita mengenai produk atau layanan perusahaanmu karena mereka adalah pelanggan setia yang antusias dengan produk atau layanan yang diciptakan oleh perusahaanmu. Lambat laun bila pengaruh mereka cukup besar bagi brand, mereka bisa menjadi bagian dari micro-influencer

4. College brand ambassador program 

College brand ambassador adalah siswa yang mempromosikan produk dan layanan perusahaan kepada sesama siswa. Mereka dapat mensponsori suatu brand di dalam atau di luar kampus dengan membagikan suvenir gratis, sampel produk atau layanan perusahaan, memasang poster perusahaan, mengatur stan pameran, menyelenggarakan acara promosi, atau mengunggah konten di media sosial.

College brand ambassador sangat sesuai untuk brand yang memiliki target demografis siswa di universitas yang kebanyakan berusia antara 18-25 tahun. Jika target audiens perusahaanmu berada di luar kisaran ini, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan program brand ambassador yang lainnya.

Baca juga: Minat jadi Youtuber? Yuk, cari tahu dulu gaji YouTuber di sini!

Tugas dan tanggung jawab brand ambassador

brand ambassador adalah EKRUT 
Salah satu tugas dari brand ambassador yakni membuat konten di media sosial untuk mendorong kesadaran merek-EKRUT

Selain mempromosikan produk di sosial media, tugas, dan tanggung jawab lainnya dari brand ambassador adalah: 

  • Membiasakan diri dengan visi, misi dan tujuan perusahaan
  • Membuat konten situs web atau media sosial untuk mendorong kesadaran merek dan menarik pelanggan baru
  • Mewakili perusahaan dalam peluncuran produk, acara dan pameran dagang
  • Menjadi pemimpin opini di komunitas yang mereka bangun
  • Memberikan umpan balik dan wawasan terkait dengan produk 
  • Menghasilkan kesadaran merek dari mulut ke mulut
  • Mempertahankan citra positif merek

Baca juga: Begini cara mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk

Skills yang diperlukan oleh brand ambassador 

brand ambassador adalah EKRUT 
Diperlukan beberapa keterampilan untuk menjadi brand ambassador contohnya yaitu kreativitas dan mampu membuat rencana yang tepat-EKRUT

Bila melihat dari tugas dan tanggung jawabnya, beberapa keterampilan yang diperlukan oleh brand ambassador adalah: 

  • Kreativitas
  • Pengetahuan dasar marketing 
  • Membangun jaringan 
  • Memberi umpan balik yang baik
  • Kepimpinan
  • Pengaruh dari kehadiran media sosial yang besar 
  • Pengetahuan merek dan cinta terhadap merek 
  • Orisinalitas
  • Profesionalitas

Panduan sukses menjalankan brand ambassador marketing 2021

brand ambassador adalah EKRUT 
Chelsea Islan pernah menjadi brand ambassador dari Tokopedia-EKRUT

Ketika perusahaan memutuskan untuk menjalankan strategi brand ambassador marketing mungkin akan terlihat rumit pada awalnya. Namun, jika perusahaan dapat melakukan pendekatan secara perlahan, strategi ini tidak sesulit yang kamu bayangkan. Apa saja yang dibutuhkan agar program brand ambassador berjalan dengan sukses? Berikut beberapa formula yang dapat kamu jadikan sebagai panduan.

1. Tentukan gol dan KPI

Apa tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui program brand ambassador? Pada poin pertama ini, kamu harus membuat beberapa daftar sebagai berikut:

  • Anggaran yang mampu kamu dedikasikan untuk program ini.
  • Jumlah brand ambassador yang ingin direkrut.
  • Jenis keterlibatan brand dengan ambassador yang diinginkan.
  • Volume unggahan konten yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Volume dan kualitas konten yang seperti apa yang ingin dibagikan oleh brand ambassador.
  • Peningkatan pelanggan baru dan penjualan yang ingin diperoleh perusahaan.

2. Identifikasi brand ambassador yang tepat

Setiap perusahan memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai sehingga hal tersebut juga berpengaruh dalam menentukan brand ambassador yang sesuai. Kamu dapat memutuskan apakah brand ambassador yang sedang dipertimbangkan adalah orang yang tepat, jika:

  • Mereka telah menggunakan hashtag brand perusahaanmu atau menunjukkan kecintaan pada produkmu berulang kali.
  • Mereka pernah terlibat dalam kampanye serupa sebelumnya dan mempunyai kinerja yang baik.
  • Mereka memiliki audiens online yang aktif dalam jumlah besar.
  • Tingkat keterlibatan mereka di atas rata-rata dibandingkan dengan jumlah keseluruhan follower atau pengikut mereka.

3. Rilis dan jalankan program brand ambassador marketing

Setelah memilih brand ambassador yang tepat, berikut adalah tahapan yang direkomendasikan untuk berkomunikasi dengan brand ambassador setelah merilis suatu campaign:

  • Beri pengarahan secara teratur.
  • Beri tahu mereka tentang produk dan penawaran baru terlebih dahulu.
  • Beri mereka kebebasan untuk membuat konten dengan cara mereka.
  • Buat mereka merasa seperti perpanjangan dari tim internal perusahaan.
  • Mintalah tanggapan mereka tentang brand dan produk perusahaan.
  • Kirimi mereka paket hadiah dengan item seperti sampel produk, suvenir perusahaan, atau produk yang hanya tersedia di saat-saat tertentu.

4. Nilai dan ukur efektivitas brand ambassador marketing

Setelah menjalankan program brand ambassador, langkah selanjutnya adalah mengukur keberhasilan program tersebut dengan meninjau kembali KPI yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dan membandingkannya dengan kinerja saat ini. Indikator yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut:

  • Follower atau pengikut brand perusahaan dan indikator media sosial lainnya misalnya tingkat keterlibatan atau engagement rate.
  • Jumlah kunjungan pada situs web atau e-commerce perusahaan.
  • Volume penjualan dari tahun ke tahun dalam kurun waktu tersebut.

Kamu juga dapat menguji efektivitas program brand ambassador melalui situs analisis, seperti Brandwatch, untuk mengukur dampak keseluruhan dari konten yang diunggah oleh brand ambassador. Kamu juga dapat melakukan survei untuk mengetahui masukan mengenai faktor-faktor penting lainnya seperti komunikasi, pelaksanaan program, dan sebagainya. Hal ini juga dapat membantu memberikan evaluasi kepada perusahaan mengenai program-program lain yang akan dilakukan di masa mendatang.

Tips memilih Brand Ambassador 

brand ambassador adalah - EKRUT
Pilih brand ambassador dengan profil yang sesuai dengan target market kamu - EKRUT

Agar brand ambassador benar-benar memberikan hasil dan pengaruh yang positif bagi perusahaan, maka perusahaan harus memilih dan menunjuk orang yang akan brand ambassador dengan tepat. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih brand ambassador, seperti: 

1. Profil 

Brand ambassador haruslah seorang yang sangat dikenal. Mereka perlu memiliki profil yang layak untuk memastikan brand mendapatkan reach dan awarenesss yang dicari. Jangan lupakan pula bahwa kuncinya adalah relevansi. Pastikan brand ambassador kamu relevan dengan target pasar. 

2. Reputasi 

Ketahui apa yang orang pikirkan dan katakan tentang calon brand ambassador kamu. Ini akan membantumu mengetahui bagaimana respon dan perasaan audiens kamu tentang  brand nantinya dan bagaimana brand ambassador tersebut akan melakukan peran mereka dengan tepat.

3.  Kredibilitas 

Kredibilitas adalah hal yang tak kalah penting. Apakah pelanggan kamu akan mempercayai brand ambassador tersebut?  Ketahui pula apakah calon brand ambassador kamu juga bekerja sama dengan merek sejenis lainnya dan bagaimana pengaruhnya terhadap brand kamu. Ini pneting agar dari awal kamu tahu apa yang akan menghalangi atau membatasi efektivitas peran brand abassador tersebut.

4. Faktor x

Brand ambassador harus memiliki kemampuan untuk membuat orang lain berdiri dan memperhatikan.  Karena itu carilah brand ambassador yang benar-benar dikagumi oleh para pelangganmu.

5. Percaya terhadap merek 

Dalam memilih brand ambassador pastikan bahwa mereka percaya terhadap brand bahkan bila perlu mereka adalah pemakai brand tersebut.

Pasalnya seorang brand ambassador harus mengkomunikasikan merek tersebut dengan tulus dan konsisten. Sehingga pelanggan bisa melihat hubungan alamiah antara merek dan brand lebih dari sekedar bisnis. 

6. Hindari menggunakan brand ambassador dari merek lain

Memperkerjakan duta merek yang telah mendukung beberapa brand akan menimbulkan kebingunan bagi pelanggan. Di samping itu ini akan membuat citra merek berkurang. Oleh karena itu, pilihlah brand ambassador yang terkenal tetapi belum digunakan atau disewa oleh merek lain. 

Baca juga: Mengenal pentingnya branding dalam bisnis

Itulah ulasan mengenai brand ambassador dan pengaruh yang begitu besar terhadap merek. Jika kamu tengah memikirkan alternatif cara untuk mempromosikan brand dengan efektif, maka memilih brand ambassador  bisa jadi salah satu stratregi untuk kamu pertimbangkan. Sebab, bila dipilih dengan tepat dan dijalankan dengan baik, keberadaan brand ambassador ini tidak hanya dapat membantumu meningkatkan brand awareness namun juga meningkatkan daya jual produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia marketing dan ingin terlibat lebih jauh dalam menentukan brand ambassador untuk perusahaan, segera daftarkan dirimu di EKRUT karena ada berbagai pilihan karier yang sesuai dengan minatmu. Kalau kamu belum punya gambaran mengenai pekerjaan seorang marketing, kamu bisa mengintip dahulu keseharian Marketing Manager EKRUT melalui video di bawah ini, ya!

brand ambassador adalah EKRUT
Last update: 20 Mei 2021

Sumber: 

  • Referralrock.com
  • Betterteam.com
  • Repsly
  • Sideqik
  • Meltwater
  • Everyonesocial
 

Tags

Share