Published on

Lainnya

Budgeting Adalah: Pengertian, Manfaat, Langkah, 9 Tips, dan Contohnya

Sylvia Rheny

Budgeting_Adalah_Pengertian__Manfaat__Langkah__9_Tips__dan_Contohnya.jpg

Kamu mungkin sering mendengar kata budgeting, namun apa kamu tahu apa pengertian dan manfaat dari budgeting? Budgeting adalah salah satu hal lumrah dilakukan saat mengurus perihal finansial baik dalam bisnis atau keuangan pribadi agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan.

Yuk, ketahui lebih jauh mengenai pengertian, manfaat, langkah, tips, hingga contoh budgeting melalui artikel ini!

Baca juga: 18 Aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk Android dan iOS

Apa itu budgeting?


Budgeting adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uang. (Sumber: Pexels)

Budgeting adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uang. Rencana pengeluaran ini disebut anggaran. Membuat rencana pengeluaran ini memungkinkanmu untuk menentukan terlebih dahulu apakah kamu akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu atau ingin dilakukan.

Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk melakukan semua yang ingin kamu lakukan, maka kamu dapat menggunakan proses perencanaan ini untuk memprioritaskan pengeluaran dan memfokuskan uang pada hal-hal yang paling penting.

Baca juga: 5 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Manfaat budgeting


Manfaat budgeting adalah membantu berfokus pada tujuan keuangan. (Sumber: Pexels)

Beberapa manfaat budgeting adalah sebagai berikut.

1. Memberi kendali atas uang yang dimiliki

Mengetahui bahwa kamu memiliki anggaran yang baik untuk digunakan kembali setiap bulan akan memberimu kepercayaan diri dan ketenangan pikiran mengetahui bahwa kamu telah memiliki kendali atas uangmu. Karenanya, manfaat paling dasar dari budgeting adalah memberi kendali atas uang yang dimiliki.

2. Membantu berfokus pada tujuan keuangan

Merencanakan masa depan dan bekerja untuk suatu tujuan memungkinkanmu untuk merencanakan pembelian yang lebih besar, seperti rumah dan mobil, tanpa khawatir kamu akan kehilangan sasaran. Menyisihkan uang dan berpegang teguh pada budgeting adalah langkah awal yang membawa kamu lebih dekat dengan tujuan keuangan kamu di awal.

3. Mengidentifikasi pengeluaran yang bisa ditekan

Sebagian besar orang akan sangat meremehkan pengeluaran bulanan atau mingguan dengan melupakan berapa banyak yang dihabiskan untuk hal-hal yang bisa ditekan lain seperti langganan TV premium, musik premium, dll. Di sini, manfaat budgeting adalah untuk mengidentifikasi area mana dari pengeluaran yang bisa ditekan sehingga lebih bisa melakukan penghematan dalam pengeluaran.

4. Memudahkan untuk tetap waspada terhadap tabungan dan hutang

Selain yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat selanjutnya dari budgeting adalah membuat kamu mengetahui kapan hutang akan dilunasi dan mengidentifikasi kapan kamu mungkin memiliki uang tambahan yang dapat dialihkan ke tabungan atau dibelanjakan untuk keperluan lainnya.

5. Membantu menghemat biaya tak terduga

Hal-hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja, untuk itu kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki sejumlah uang yang disisihkan untuk mengatasinya. Terkait itu, manfaat budgeting adalah membantu mengatasi tagihan tak terduga dengan memastikan kamu memiliki cukup uang untuk digunakan saat kamu sangat membutuhkannya.

Baca juga: Gajimu 10 juta? Ini 8 cara menabung yang tepat untukmu

Langkah-langkah budgeting


Langkah pertama budgeting adalah menentukan tujuan. (Sumber: Pexels)

Untuk merealisasikan budgeting yang cermat dan efektif, maka sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Beberapa langkah untuk melakukan budgeting adalah sebagai berikut.

1. Menentukan tujuan

Apa impianmu untuk beberapa beberapa bulan atau tahun ke depan? Ketahui apa tujuan keuangan yang ingin kamu capai dalam beberapa bulan atau tahun ke depan, misalnya ingin melanjutkan pendidikan, membeli mobil baru, atau rumah baru, dll. Tuliskan rencana yang paling penting bagimu, bersama dengan perkiraan realistis berapa lama waktu yang diperlukan untuk merealisasikannya.

2. Menghitung pendapatan dan pengeluaran

Dalam anggaran, pendapatan bulanan adalah jumlah yang kamu bawa pulang di setiap gaji serta jumlah lain yang mungkin kamu terima secara teratur, seperti pendapatan lepas, dividen investasi, bunga, dan tunjangan anak.

Selanjutnya, tambahkan pengeluaran rutin bulanan kamu. Termasuk biaya perumahan, utilitas, penitipan anak, telepon dan layanan internet, makanan, pinjaman mahasiswa, asuransi, dan biaya transportasi atau perjalanan pulang pergi, dan tagihan rutin lainnya.

Berikutnya adalah pengeluaran diskresioner atau pengeluaran yang bersifat opsional atau fleksibel seperti hiburan, makan di luar, liburan, hobi, dll. Jangan lupa untuk mengantisipasi biaya yang tidak bulanan tetapi muncul secara teratur, seperti perawatan mobil, perbaikan rumah, dan pengeluaran liburan.

3. Lihat berapa jumlah yang tersisa

Setelah mengurangi pengeluaran bulanan dari pendapatan bulanan, saatnya untuk menentukan bagaimana membelanjakan apa yang tersisa. Lihat kembali tujuan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Sisa anggaran yang kamu punya setiap bulannya dapat kamu setorkan ke rekening tabungan pensiun atau dipindahkan ke rekening tabungan rumah. Apapun pilihannya, budgeting dapat membantu kamu mengendalikan masa depan keuanganmu.

Jika pengeluaran bulanan lebih dari pendapatan bulanan, maka kamu harus merevisi kebiasaan pengeluaran sesuai kemampuan. Tinjau daftar pengeluaran dan lihat apakah mungkin untuk mengurangi beberapa pengeluaran seperti makan di luar atau menghabiskan lebih sedikit untuk liburan atau hobi yang mahal.

5. Memantau anggaran

Pendapatan, pengeluaran, dan kebiasaan belanja akan berubah seiring waktu, jadi penting untuk memantau anggaran. Tujuan keseluruhannya bukanlah untuk mengkhawatirkan semua yang kamu belanjakan, tetapi untuk menyadari berapa banyak yang kamu miliki untuk dibelanjakan.

Baca juga: Disaster Recovery Plan (DRP): Pengertian, Panduan Membuatnya, Tipe, dan Manfaat

Tips budgeting


Salah satu tips budgeting adalah melakukan pembaruan budgeting setiap bulan. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui langkah-langkah budgeting, selanjutnya kamu juga bisa menerapkan beberapa tips yang bisa membuat kamu sukses dalam menerapkan budgeting. Beberapa tips budgeting adalah sebagai berikut.

1. Membuat budgeting sebelum bulan dimulai

Waktu yang tepat untuk melakukan budgeting adalah seminggu sebelum bulan baru dimulai. Pada waktu ini, kamu bisa duduk dan merencanakan kegiatan serta pengeluaran bulan depan. Misalnya, apakah kamu akan melakukan perjalanan jauh, janji bertemu dengan dokter hewan, dll. Setelah merencanakannya, tetapkan anggaran yang realistis.

2. Menggunakan aplikasi untuk track pengeluaran & pemasukan

Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Fungsi aplikasi ini dalam budgeting adalah untuk membantu kamu memvisualisasikan ke mana setiap rupiah pergi, mengingatkan kamu tentang tagihan dan tujuan, dan memperingatkan ketika kamu telah mengeluarkan uang terlalu banyak dalam suatu kategori.

3. Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Salah satu tips yang mungkin sudah umum diketahui dalam budgeting adalah membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang penting untuk kesejahteraan fisik, mental, dan finansial dasar, misalnya biaya makan, sewa, cicilan, dll. Setelah semua kebutuhan telah dianggarkan, selanjutnya kamu bisa membuat budgeting untuk keinginan dari anggaran yang tersisa.

4. Menggunakan rekening secara terpisah

Tips selanjutnya dalam budgeting adalah menggunakan rekening secara terpisah. Banyak yang berhasil menggunakan beberapa rekening tabungan untuk menjaga semuanya tetap teratur. Misalnya, membedakan rekening untuk pengeluaran tetap setiap bulan dengan rekening yang lebih fleksibel penggunaannya.

5. Prioritaskan pelunasan hutang

Meskipun mungkin kamu tergerak untuk memulai budgeting dan menabung, namun kamu tetap menjadikan pelunasan hutang sebagai prioritas di atasnya. Memprioritaskan pembayaran hutang dalam budgeting adalah cara untuk menghindarkan kamu dari bunga dan mengurangi tekanan keuangan. Selain itu, mendahulukan pembayaran hutang juga membuat skor BI checking kamu tetap baik.

6. Utamakan menabung daripada menghabisakan anggaran

Kebanyakan orang memilih untuk membelanjakan terlebih dahulu dan menyimpan apa yang tersisa. Hal ini membuat menabung menjadi opsional dan tidak memastikan kontribusi tabungan yang konsisten. Pikirkan menabung sebagai biaya tetap dan masukkan ke dalam budgeting-mu.

7. Lakukan perencanaan sebelum melakukan pembelian barang mahal

Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli barang mahal seperti laptop atau TV baru, kuncinya adalah merencanakannya terlebih dahulu. Tentukan tanggal yang kamu inginkan untuk melakukan pembelian, dan bagi harga dengan jumlah hari yang kamu miliki. Manfaatnya dalam budgeting adalah mencegah kamu bersikap konsumtif dan impulsif.

8. Sesuaikan budgeting baru setiap bulan

Budgeting tidak boleh dibuat kaku. Pertimbangkan untuk meninjau ulang anggaran setiap bulan untuk mengetahui seberapa baik kamu mematuhinya. Jika ada realisasi yang timpang, maka kamu dapat merevisi anggaran. Manfaat melakukan ini dalam budgeting adalah untuk membuatnya lebih dapat dicapai.

9. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Membiasakan diri dengan rutinitas budgeting baru mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menjadi sempurna. Anggaran kamu mungkin tidak sempurna untuk pertama atau kedua kalinya, jadi jangan terlalu memaksakan diri terlalu keras untuk menaati budgeting yang kamu buat di awal. Berfokuslah untuk membuat keputusan harian dengan mempertimbangkan tujuan budgeting untuk membantu membangun kebiasaan baru.

Baca juga: Contoh Laporan Pertanggungjawaban, 4 Komponen dan Formatnya

Contoh budgeting


Salah satu tools untuk budgeting adalah melalui Excel. (Sumber: Pexels)

Untuk memudahkan kamu dalam membuatnya, kamu bisa melihat contoh budgeting di bawah ini.


Contoh budgeting. (Sumber: muhammadnoer.com)

Sekian penjelasan tentang budgeting mulai dari pengertian hingga contohnya. Kesadaran untuk mulai membiasakan budgeting adalah salah satu langkah maju menuju kesuksesan finansial. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • mymoneycoach.co
  • nerdwallet.com
  • mint.intuit.com
  • 360financialliteracy.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-8_Pinjaman_Syariah_Online_yang_Terpercaya_dan_Resmi_Terdaftar_di_OJK.jpg

    Lainnya

    8 Pinjaman Syariah Online yang Terpercaya dan Resmi Terdaftar di OJK

    Lita Lia

    05 October 2022
    5 min read
    H1_ewallet.jpg

    Technology

    Apa Itu E-Wallet? Berikut Cara Kerja, Fitur, Kegunaan, dan 8 Contohnya di Indonesia!

    Nurina Ulfah

    05 October 2022
    5 min read
    pexels-pixabay-53621.jpg

    Lainnya

    Cost Accounting (Akuntansi Biaya) adalah: Pengertian, Jenis, dan 5 Fungsinya

    Chrissila Jessica

    30 September 2022
    4 min read

    Video