Published on

Careers

5 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Maria Tri Handayani

laporan-keuangan-pribadi---EKRUT.jpg

Artikel ini akan membahas contoh format laporan keuangan bulanan excel. Apakah kamu merasa kesulitan mengatur pemasukanmu? Mungkin ini tandanya kamu harus membuat format laporan keuangan bulanan Excel dari sekarang. Membuat laporan keuangan pribadi secara rutin akan sangat membantu kamu dalam memantau dan mengelola keuangan dengan lebih baik. 

Agar kamu lebih mengerti, simak ulasan tentang pentingnya laporan keuangan pribadi beserta tips membuatnya berikut ini. 

Pentingnya membuat laporan keuangan pribadi

membuat laporan keuangan pribadi - EKRUT
Membuat laporan keuangan pribadi membantumu memahami keadaan finansial kamu yang sebenarnya - EKRUT

Pada dasarnya format laporan keuangan bulanan excel pribadi adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan kamu. Ada beberapa manfaat yang kamu bisa dapatkan dengan membuat laporan ini, misalnya saja seperti: 

  • Membuat kamu lebih sadar akan kebiasaan menggunakan uang.
  • Memberikan informasi yang jelas tentang kondisi finansial pribadi. 
  • Membantu membuat perencanaan budget. 
  • Membantu mengelola alokasi aset dan hutang.
  • Menjadi bukti yang akan membantu proses pengajuan pinjaman. 

Dengan semua manfaat ini kamu pun akan lebih terbantu untuk mewujudkan tujuan keuangan yang ingin kamu gapai.

Baca juga: Memahami financial freedom dan 6 cara tepat mencapainya

Pada dasarnya terdapat dua jenis contoh format laporan keuangan bulanan excel, yaitu: 

1. Laporan arus kas pribadi (personal cash flow statement)

Laporan arus kas pribadi adalah laporan keuangan yang memuat informasi arus kas masuk dan keluar. Dengan kata lain laporan arus kas menunjukkan pemasukan dan pengeluaran kamu pada periode waktu tertentu. 

Adapun yang disebut sebagai arus kas masuk adalah apapun yang menghasilkan uang. Contohnya seperti gaji, bunga rekening tabungan, penghasilan tambahan, dividen investasi, keuntungan dari penjualan saham dan obligasi, hingga hasil penjualan aset pribadi seperti rumah atau kendaraan. 

Sementara itu arus kas keluar adalah semua pengeluaran yang kamu lakukan seperti biaya sewa rumah, belanja bulanan, makan, tagihan listrik, biaya hiburan, dan lain-lain.

Lantas, seberapa penting laporan arus kas pribadi ini? Membuat laporan keuangan pribadi jenis ini penting untuk membantu kamu mengetahui arus kas bersih yang kamu miliki. Misalnya, bila arus kas bersih positif ini berarti pemasukan kamu lebih tinggi daripada pengeluaran sehingga ada sisa uang yang kamu miliki pada periode itu. Sebaliknya, bila arus kas bersih negatif berarti pengeluaran kamu lebih besar daripada pemasukan. 

Dengan mengetahui arus kas bersih ini kamu bisa memahami bagaimana keadaan finansial kamu sendiri. Dari sini kamu pun bisa mengatur bagaimana pengelolaan yang tepat untuk menjaga keadaan finansial tetap positif. 

2. Laporan neraca keuangan pribadi (personal balance sheet

Laporan keuangan pribadi jenis ini memberikan gambaran keseluruhan akan kekayaan yang kamu miliki pada periode waktu tertentu. Ada beberapa hal yang biasanya ditulis dalam laporan neraca pribadi, di antaranya:

  1. Aset. 
    Aset adalah segala sumber daya yang bernilai dan dapat dikonversi menjadi uang. Beberapa jenis aset seperti: 
    • Kas dan setara kas. Uang tunai yang kamu miliki di dompet atau yang disimpan di rekening tabungan, rekening giro, dan lainnya. 
    • Aset berwujud (tangible assets). Aset berupa objek seperti rumah, mobil, perhiasan dan lain-lain. 
    • Aset tak berwujud (intangible assets). Aset non fisik seperti royalti, saham, atau obligasi.
    • Aset cair (liquid assets). Berupa uang tunai atau benda yang dapat dijual dan dikonversi menjadi uang dengan cepat tanpa kehilangan nilainya. Contoh saham dan obligasi.
    • Aset pendapatan tetap (fixed-income assets). Investasi uang yang dipinjamkan untuk meraih bunga. Contohnya seperti sertifikat deposito, atau surat berharga. 
    • Aset ekuitas (equity asset). Ownership interest di perusahaan seperti saham, reksadana, dan rekening pensiun.  
  2. Liabilities 
    Liabilities dapat diartikan sebagai kewajiban hutang yang harus dibayarkan. Contohnya seperti cicilan mobil, rumah, saldo kartu kredit, dan pinjaman lainnya. 
  3. Kekayaan bersih 
    Net worth atau kekayaan bersih adalah nilai kekayaan yang kamu miliki dari semua aset dikurangi nilai kewajiban hutang yang ada. 

Baca juga: Kaya dengan 5 cara menyimpan uang ala miliarder

Tips membuat laporan keuangan pribadi 

laporan keuangan pribadi - EKRUT
Perbarui laporan keuangan secara rutin - EKRUT

Nah, bila kamu sudah memutuskan untuk mulai membuat laporan keuangan pribadi, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan. 

1. Buat spreadsheet

Buatlah spreadsheet dan bagi ke dalam beberapa bagian seperti aset, liabilitas dan arus kas. Kamu juga bisa  menambahkan bagian khusus untuk menghitung net worth atau kekayaan bersih yang kamu miliki. 

2. Tulis daftar aset dan nilainya 

Buat kolom yang berisi daftar aset yang kamu miliki beserta nilainya. Misalnya rekening di bank beserta saldonya, saham dan nilainya atau properti yang kamu miliki. 

3. Tulis daftar liabilitas

Serupa dengan daftar aset, buat pula kolom yang berisi informasi akan kewajiban hutang yang harus dibayarkan. Misalnya saldo kartu kredit, atau pinjaman di bank. 

4. Tentukan total net worth

Setelah membuat daftar aset dan liabilitas beserta nilainya, hitunglah total dari masing-masing kategori. Misalnya setelah ditotal nilai aset kamu bernilai Rp 90 juta sementara total liabilitas Rp 10 juta. Dari sini kamu dapat memiliki gambaran akan net worth atau kekayaan bersih yang dimiliki. 

5. Buat laporan arus kas 

Di bagian terpisah buatlah semua aliran arus kas bulanan dalam keuangan kamu. Hitung pemasukan yang kamu miliki misalnya dari gaji atau penghasilan tambahan. Lalu tulis dan total semua pengeluaran kamu di bulan itu, misalnya pengeluaran untuk tagihan listrik, transportasi, belanja bulanan, dan lain-lain. 

Total semua pemasukan dan pengeluaran lalu lihat selisihnya untuk mengetahui penghasilan bersih kamu. 

Baca juga: 6 Ide kerja sampingan online untuk dapat uang tambahan

5 Contoh laporan keuangan pribadi 

laporan keuangan pribadi - EKRUT
Gunakan berbagai template laporan keuangan sebagai panduan - EKRUT

Agar kamu semakin paham dan mampu membuat laporan ini secara mandiri, silakan perhatikan contoh laporan keuangan pribadi berikut. Kamu bisa mengunduh format excel di bawah ini dan kamu juga bisa mengubahnya sesuai kebutuhanmu.

#1 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

#1 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Melacak pendapatan dan pengeluaran adalah salah satu langkah pertama dalam mengelola keuanganmu. Jika kamu masih pemula dalam mengelola keuangan, kamu dapat memulai dengan laporan keuangan versi paling sederhana seperti ini. Format ini dapat digunakan untuk mencatat keuangan pribadi sesuai preferensimu. 

#2 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

#2 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Format laporan keuangan yang disediakan untuk Excel 97-2003 atau 2007 ini secara otomatis akan menghitung berapa banyak uang yang tersisa untuk dibelanjakan di setiap bulannya. Di lembar pertama memuat tabel budgeting secara sederhana untuk memasukkan pemasukan dan rencana pengeluaran. Kemudian di lembar berikutnya kamu bisa mencatat pengeluaran sesungguhnya yang dibayarkan selama bulan berjalan.

#3 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Contoh format laporan keuangan yang kedua ini cukup ideal digunakan untuk mengelola transaksi pribadi. Pos-pos pemasukan dan pengeluaran sudah ditulis dengan lengkap sehingga akan memudahkanmu dalam melakukan pencatatan. Di setiap kolom juga sudah dilengkapi dengan petunjuk atau panduan cara mengisinya.

#4 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Format laporan keuangan pribadi seperti ini merupakan salah satu contoh populer terutama bagi kamu yang baru saja memasuki dunia kerja dan sedang belajar mengelola keuangan. Dalam format ini kamu dapat mengantisipasi pengeluaran yang berlebihan dengan memasukkan anggaran keuangan pada kolom yang sudah disediakan. Terdapat beberapa kategori seperti pemasukan, pinjaman, tabungan, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, biaya kesehatan, dan biaya tak terduga yang lainnya.

#5 Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Contoh format laporan keuangan bulanan Excel

Hampir sama seperti contoh sebelumnya, format laporan keuangan bulanan ini juga dapat digunakan untuk membuat anggaran tahunan. Dengan merencanakan beberapa bulan ke depan, kamu dapat memperhitungkan biaya yang dibutuhkan dan memperkirakan bagaimana peristiwa besar dalam hidup seperti pindah domisili, berganti pekerjaan, atau membeli rumah dapat memengaruhi masa depan keuanganmu.

Hal yang membedakan dengan contoh sebelumnya, format ini lebih terperinci karena memuat kategori seperti pengeluaran anak-anak, hewan peliharaan, keperluan bisnis, liburan keluarga, dan sebagainya. Jika dilihat dari kategori yang sudah disediakan, format ini lebih cocok digunakan bagi kamu yang sudah berkeluarga.

Setelah kamu membuat laporan keuangan pribadi, cobalah untuk melakukannya secara rutin dengan memperbaruinya setiap bulan. Penting juga bagi kamu untuk mencatatkan transaksi keuangan yang dilakukan melalui dompet digital. Dengan begitu kamu bisa memantau setiap perubahan dalam keuangan kamu dan membuat rencana keuangan dengan lebih tepat.

Penjelasan lebih lanjut mengenai tren penggunaan dompet digital di Indonesia dapat disaksikan melalui video berikut, ya.

laporan keuangan pribadi - EKRUT
Last update: 25 Mei 2021

Sumber: 

  • investopedia.com
  • corporatefinanceinstitute.com
  • formswift.com
  • nerdwallet.com
  • moneyunder30.com
  • vertex42.com

Tags

Share