Published on

Technology

Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

Fakhrizal Muttaqien

aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia. Berdasarkan data dari dataindonesia.id, platform untuk berbagi video pendek tersebut telah digunakan oleh 99,1 juta pengguna di Indonesia. Angka tersebut tentunya bukan angka yang sedikit untuk pengguna media sosial.

Selain sebagai platform berbagi video pendek, TikTok juga bisa menjadi platform untuk mencari penghasilan bagi user-nya. Salah satu fitur TikTok yang memungkinkan user-nya menghasilkan uang adalah TikTok Shop, sebuah fitur bagi user untuk berjualan di TikTok.

Namun, bagaimana cara berjualan di TikTok Shop? Bagaimana juga cara agar jualannya cepat laris? Pada artikel kali ini, akan dibahas dari mulai mengenal apa itu TikTok Shop, cara berjualan di TikTok Shop, hingga tips agar jualan di TikTok cepat laris. Jadi, simak artikel berikut!

Baca juga: Pelajari TikTok Ads, Mulai dari Jenisnya hingga Cara Membuat Iklan di TikTok 2022

Mengenal fitur TikTok Shop


TikTok Shop adalah fitur TikTok agar user bisa berjualan di TikTok. (Sumber: Unsplash)

TikTok Shop adalah fitur terbaru dari TikTok yang memungkinkan para kreator untuk menyertakan sebuah produk di video yang diunggahnya. Dengan fitur ini, penonton dapat membeli secara langsung dari aplikasi TikTok. Hal tersebut akan mempermudah penonton karena tidak perlu pergi ke toko online yang terpisah untuk membeli produk yang ditawarkan kreator.

TikTok Shop merupakan fitur dan alat yang memberi peluang bisnis bagi para penggunanya. Ketika pengguna mengaktifkan TikTok Shop, akunnya akan memiliki tab Shopping di profilnya yang ditunjukkan oleh ikon tas belanja. Lalu, pengguna lain dapat mencari dan memilih produk di dalam TikTok dan kemudian membelinya, baik langsung dari TikTok atau ditransfer ke toko online penjual untuk melakukan check out.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Penghasilan Tambahan 2022

Cara mengaktifkan TikTok Shop


Sebelum bisa berjualan di TikTok, harus membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu. (Sumber: Pexels)

Mengaktifkan TikTok Shop tidak sulit. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah agar bisa berjualan dari TikTok Shop. Berikut ini merupakan cara mengaktifkan TikTok Shop.

1. Membuat akun di TikTok Shop Seller

Untuk bisa berjualan di TikTok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di TikTok Shop Seller. Kemudian, daftar sebagai akun seller. Kamu bisa membuat akun baru atau menggunakan akun TikTok yang sudah kamu miliki sebelumnya. Jika kamu ingin mendaftar menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliki, kamu tinggal klik Sign up with TikTok Account.

2. Lengkapi informasi toko

Setelah berhasil daftar sebagai akun seller, langkah berikutnya adalah melengkapi informasi toko. Kamu harus melengkapi data yang dibutuhkan sebelum kamu bisa menambahkan produk ke TikTok Shop. Kamu harus mengisi alamat, contact person, dan nomor telepon. Setelah data terisi, klik “Start to add products”.

3. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum produkmu bisa terjual di TikTok Shop, kamu harus memverifikasi beberapa dokumen. Klik “Verify documents” di homepage, lalu klik “Upload Documents”. Lengkapi data yang diperlukan tentang penjual. Pilih tipe bisnis, apakah sebagai corporation atau individual. Jika kamu mendaftar sebagai individual, kamu harus mengunggah foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan fotonya jelas dan ukurannya tidak lebih dari 10 MB. Informasi yang kamu masukkan tidak dapat diubah lagi, jadi pastikan bahwa data sudah benar. Lalu, klik Submit. Setelah proses verifikasi selesai, akun TikTok Shop-mu bisa digunakan untuk menjual produk.

4. Tambahkan produk ke TikTok Shop

Setelah akunmu sudah terverifikasi, kamu bisa menambahkan produk untuk dijual di TikTok. Untuk melakukannya, klik “Add First Produk” di homepage, lalu klik “Add Product”. Selanjutnya lengkapi deskripsi produk, mulai dari nama produk, kategori, dan brand. Jika kamu ingin menambahkan brand baru, kamu harus mengunggah dokumen ownership atau selling rights (jika kamu reseller). Jika tidak, cukup pilih No brand.

Selanjutnya, unggah foto produk dan tambahkan deskripsi produk. Kamu bisa mengunggah maksimal 9 foto. Ukuran foto yang direkomendasikan adalah 1:1, sehingga foto tidak terpotong saat ditampilkan. Kamu juga bisa mengisi detail informasi pada produk, seperti warna, ukuran, atau variasi lain yang tersedia. Kamu juga bisa menambahkan berat dan dimensi produk jika dibutuhkan. Setelah itu, kamu dapat memilih “save as a draft” jika kamu tidak akan langsung mempublishnya atau klik “publish” untuk langsung mempublish produknya.

5. Hubungkan ke rekening bank

Langkah terakhir, kamu harus menghubungkan rekening bank ke akun TikTok Shop. Untuk melakukannya, kamu bisa klik “Link Bank Account” di homepage, kemudian klik “Link Account”. Setelah itu, ikuti prosesnya hingga selesai menautkan rekening ke TikTok Shop.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

6 Tips agar produkmu cepat laris di TikTok Shop


Katalog produk yang eye-catching jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop. (Sumber: Pexels)

Tidak ada pedoman khusus yang akan menjamin TikTok Shop akan berhasil. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar produkmu laku di TikTok Shop. Berikut ini adalah tips agar produkmu cepat laris di TikTok Shop.

1. Buat katalog produk yang eye-catching

Katalog produk akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli. Maka dari itu, kamu harus memastikan katalog produkmu eye-catching dan menarik perhatian. Sehingga saat followers dan penontonmu tergugah untuk melihat, bahkan membeli produk yang kamu tawarkan.

2. Tulis judul produk maksimal 34 karakter

Agar nama produkmu dapat ditampilkan tanpa terpotong, pastikan judul produkmu ditulis maksimal 34 karakter. Kamu buat copywriting yang dapat menarik calon pembeli, seperti “Casing Silicone iPhone 12 Original” atau “Kaos Oversize Polos”. Selanjutnya, informasi detail dari produk bisa kamu masukkan di deskripsi produk.

3. Pasang link di bio TikTok

Deskripsi di bio TikTok dapat diisi dengan 80 karakter. Kamu bisa memaksimalkannya untuk menggambarkan dirimu, perusahaanmu, dan apa yang kamu tawarkan. Kamu juga dapat menambahkan emoticon, CTA dan tautan yang mengarahkan ke halaman tertentu. Ingat, di bio TikTok hanya dapat menambahkan satu tautan yang dapat diklik, jadi pertimbangkan dengan baik link yang akan kamu cantumkan.

4. Promosikan TikTok Shop di kontenmu

Ikon tas belanja yang menunjukkan tokomu tidak terlihat jelas, sehingga terkadang penontonmu tidak menyadarinya. Maka dari itu, kamu bisa mempromosikannya di kontenmu, agar penonton dapat aware bahwa kamu menjual produk di TikTok Shop. Beri tahu juga kepada mereka bahwa mereka dapat berbelanja langsung dari aplikasi TikTok.

5. Tautkan produk pada videomu

Fitur TikTok Shop memungkinkan kamu untuk menautkan produk jualanmu di video yang kamu buat. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena kamu bisa beriklan tanpa harus membuat video iklan. Video kontenmu bisa berisi apapun dan tetap dapat menautkan produk yang ditawarkan.

6. Bekerja sama dengan influencer

Salah satu bentuk promosi yang dapat menghasilkan banyak pembeli adalah bekerja sama dengan influencer. Jumlah pengikut dan penonton yang banyak dari TikTok seorang influencer, dapat menjangkau audiend yang lebih banyak juga. Sehingga dapat meningkatkan penjualan produkmu.

Baca juga: Influencer marketing: Pengertian, jenis, dan 6 tren sepanjang 2022

Itulah pembahasan tentang cara berjualan di TikTok Shop dan tips memaksimalkannya agar produkmu cepat laris. Selain untuk platform hiburan, TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Jadi, cobalah mulai berjualan di TikTok!

Demikian artikel EKRUT Media kali ini, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

 

Sumber:

  • firmbee.com
  • blog.hootsuite.com
  • influencermarketinghub.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video