Published on

Technology

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Penghasilan Tambahan 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Mendapatkan_Uang_dari_TikTok.jpg

Perkembangan media sosial TikTok cukup pesat bertumbuh dalam dua tahun terakhir. Dilansir dari Katadata, Indonesia menjadi negara yang menjadi pasar terbesar kedua untuk pengguna TikTok yang mencapai 22,2 juta monthly active users pada tahun 2020. Bahkan pada akhir tahun 2021, BBC mendapuk TikTok sebagai situs paling populer tahun 2021 dan mengungguli trafik Google.

Jumlah pengguna dan tingginya trafik TikTok ini lantas berbanding lurus dengan keinginan para penggunanya untuk mendapatkan uang dari TikTok sebagai penghasilan tambahan di tahun 2022 ini. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Simak ulasannya berikut.

Mendapatkan penghasilan tambahan dari TikTok


Selain menjadi media sosial, pengguna juga dapat mendapatkan uang dari TikTok (Sumber:Pexels)

Dilansir Forbes, mendapatkan uang dari TikTok adalah aktivitas yang berkembang semasa pandemi, di mana banyak orang kehilangan pendapatan mereka dan hidup secara terbatas. Hal ini lantas mendorong berbagai individu atau kelompok untuk membuat konten digital yang dapat dilakukan di rumah. Salah satu platform yang meningkat pesat penggunaannya memang adalah TikTok.

Forbes mencatat bahwa ada tiga tahap yang perlu dilakukan sebelum kita ingin mendapatkan uang dari TikTok. Ketiga langkah itu adalah sebagai berikut:

  • Bentuk branding, seorang pengguna medsos yang unggul dalam hal mendapatkan uang lewat TikTok diharapkan mampu membuat unggahan konten yang konsisten dan memiliki branding tersendiri, entah itu khusus atau unik.
  • Unggah konten yang disukai banyak orang, selain membentuk branding orang yang ingin mendapatkan uang dari TikTok harus mengetahui pasar pengguna TikTok lainnya. Pastikan kamu membuat konten yang menarik dan bisa terus diperbarui tanpa harus mengubah branding. Buat orang merasa nyaman dengan konten milikmu.
  • Dapatkan followers sebanyak mungkin, langkah terpenting untuk bisa mendapatkan uang dari TikTok adalah memperbanyak pengikut. Jika ingin melakukan monetisasi akun TikTok maka minimal kamu harus punya 10.000 pengikut. Pahami target pasar dan unggahan konten berkualitas dapat memperbanyak pengikut secara organik.

Salah satu contoh pengguna TikTok yang sukses menurut Forbes adalah Addison Rae Easterling yang pernah menghasilkan $5 juta pada tahun 2019 dan kini diikuti oleh lebih dari 86 juta pengikut.

Baca juga: 6 Cara Strategi Marketing TikTok Meningkatkan Awareness

6 Cara mendapatkan uang dari TikTok


Pengumpulan virtual gift saat membuat tayangan langsung bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok (Sumber: Pexels)

Monetisasi akun TikTok secara umum memang menguntungkan dan mudah dilakukan. Namun, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok dan apa saja syaratnya? Mari simak 6 cara mendapatkan uang dari TikTok berikut ini.

1. TikTok creator fund

Bagi pengguna TikTok dengan pengikut banyak, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan uang dari TikTok lewat TikTok creator fund. Cara mendapatkan uang dari TikTok lewat cara ini dapat bervariasi dari satu pengguna ke pengguna dan dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti ukuran audiens, keterlibatan pengguna, dan frekuensi unggahan konten.

Adapun beberapa kriteria untuk bergabung dengan TikTok creator fund adalah sebagai berikut:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Berbasis di AS, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Italia
  • Memiliki minimal 10.000 pengikut
  • Memiliki capaian video ditonton 100.000 kali dalam 30 hari terakhir
  • Akun pengguna harus mematuhi pedoman komunitas TikTok dan Persyaratan Layanan

TikTok creator fund secara umum cukup mudah dilakukan, namun masih terbatas di beberapa negara. Nantinya pengguna akan mendapat dana kreator yang bersifat eksklusif.

2. Menjual merchandise

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga dapat dilakukan dengan menjual merchandise kepada pengikut atau penggemar konten tertentu. Bagi pengguna TikTok yang memiliki pengikut berjumlah besar dapat memonetisasi akun dengan menjual merchandise dengan desain menarik.

Dengan adanya merchandise ini diharapkan pengguna dan para pengikutnya dapat berinteraksi lewat karya yang dapat dimiliki langsung oleh para pengikut. Umumnya, cara mendapatkan uang dari TikTok lewat penjualan merchandise ini dilakukan dengan metode on demand. Keberadaan merchandise juga dapat meningkatkan promosi di dua produk pengguna, pertama adalah akun pengguna itu sendiri dan kedua adalah bentuk merchandise yang dijual itu secara khusus.

Baca juga: Mau FYP di TikTok? Simak 10 Cara Berikut agar Konten Menarik

3. Lakukan siaran langsung dan kumpulkan virtual gift

Salah satu keunggulan TikTok adalah kemudahan fasilitas untuk pengikut memberikan gift pada pembuat konten secara real time lewat hadiah virtual. Hal ini nantinya dapat ditukarkan dengan pembayaran sesuai mata uang yang berlaku.

Para pembuat konten bisa mendapatkan uang dari TikTok lewat tayangan Live dan mengumpulkan hadiah virtual dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pilih waktu yang tepat saat sebagian besar pengikut sedang Online
  • Periksa wawasan calon audiens lewat opsi Analytics
  • Pertahankan waktu tayangan Live dalam durasi yang lama
  • Gunakan tagar TikTok
  • Pastikan koneksi internet stabil
  • Pastikan urusan teknis saat video tayangan Live berlangsung sudah aman dari gangguan
  • Gunakan filter gangguan seperti membisukan pengguna atau memblokir pemirsa yang memberi komentar buruk

4. Membuat iklan lewat TikTok Ads

Hampir serupa dengan beberapa media sosial berbasis video atau visual lainnya, TikTok juga memiliki fasilitas TikTok Ads untuk mengembangkan pengguna dalam monetisasi akun. Pembuat konten yang ingin mendapatkan uang dari TikTok memang harus merogoh koceknya terlebih dahulu untuk dapat menikmati fasilitas ini, namun kiranya langkah ini cukup efektif jika sudah memiliki pengikut lebih dari sepuluh ribu.

Iklan TikTok akan memperluas jangkauan dan membuat produk atau konten yang dijual seorang pembuat konten dapat dilihat oleh berbagai kalangan.

5. Penggalangan dana (crowdfunding)

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah membuat proyek pendanaan atau crowdfunding lewat akun TikTok milik pengguna. Hal ini umum digunakan untuk proyek-proyek tertentu seperti pendanaan bantuan bencana alam atau pembangunan fasilitas tertentu di suatu tempat.

Crowdfunding dapat meningkatkan engagement pengikut secara sosial dan meningkatkan kesadaran kolektif antara pengikut dan pengguna. Di sisi lain, hal ini baik untuk meningkatkan citra diri pembuat konten untuk terus dapat dihargai oleh para pengikutnya. Selain itu, crowdfunding juga dapat mengamankan aliran pendapatan jika dikelola dengan cara tertentu.

6. Buat konten bersponsor

Bagi para pembuat konten dengan pengikut berjumlah besar, membuat konten bersponsor dapat menjadi pilihan utama untuk mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna dapat membuat unggahan konten bersponsor untuk berbagai kepentingan sesuai kriteria yang dipilih. Beberapa pemengaruh (influencer) umumnya menerima kerja sama sponsor sesuai ketentuan pembiayaan tertentu.

Dengan konten bersponsor ini, pengguna dapat bermitra dengan brand, merek, atau institusi layanan masyarakat tertentu yang dianggap menghasilkan dan memiliki tujuan sesuai dengan branding konten pengguna. Misalnya, jika seorang pengguna memiliki branding petualang atau traveller, maka ia menerima kemitraan bisnis dengan dinas pariwisata di daerah tertentu untuk meningkatkan promosi wisata.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Tips monetisasi TikTok


Rajin membuat konten dapat meningkatkan potensi mendapatkan uang dari TikTok (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, monetisasi TikTok atau mendapatkan uang dari TikTok dapat dilakukan dengan beberapa langkah di awal. Adapun tips-tips untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah sebagai berikut:

1. Buatlah konten secara simultan!

Tips pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah jangan pernah berhenti membuat konten. Teruslah membuat konten secara simultan dan menarik. Dengan cara ini, pengikut akan terus waspada terhadap konten-konten terbaru dari akun milikmu.

Pastikan konten yang dibuat dapat disukai terus-menerus oleh pengikut dan layak untuk dibagikan kepada orang lain. Langkah ini dapat meningkatkan cakupan akun, bahkan saat konten dibagikan di luar platform TikTok.

Baca juga: 5 Tips Membuat Konten yang Viral

2. Kembangkan pengikut dan libatkan audiens

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan jumlah pengikut. Jumlah minimal untuk sebuah akun TikTok dapat dianggap efektif untuk monetisasi adalah 10.000 pengikut. Pastikan jumlah pengikut ini bertambah secara organik dan libatkan mereka dalam konten-konten yang akan dibuat.

Pelibatan pengikut ini dapat dilakukan dengan tanya jawab sederhana, misalnya tanya jawab yang ditayangkan secara Live dan sebagainya. Cara sederhana ini dapat meningkatkan kedekatan pembuat konten dengan para pengikutnya secara perlahan.

3. Promosikan konten lintas platform

Kita tentu sudah sering melihat konten video TikTok muncul di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga WhatsApp, atau bahkan Instagram. Meski sama-sama bersaing, namun pembuat konten yang jenius justru bisa mengembangkan konten TikTok mereka di berbagai platform untuk meningkatkan engagement personal.

Hal tersebut dapat dilakukan untuk mengajak para pengguna internet yang belum menggunakan TikTok untuk tertarik dengan konten-konten TikTok. Promosi jenis ini juga dapat meningkatkan pengikut dari berbagai platform untuk mengenal sisi personal pembuat konten.

Baca juga: 5 Langkah Penting dalam Content Marketing

Nah, kini kamu telah mengetahui beberapa hal mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok. Beberapa cara mungkin dapat diterapkan dengan mudah ketika kamu sudah memiliki sejumlah besar pengikut. Namun, sebelum mendapatkan uang dari TikTok, kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki banyak ide untuk membuat konten dan memiliki potensi pengikut besar di TikTok.

Dengan konten yang menarik dan tidak membosankan, seseorang akan bisa mendapatkan uang dari TikTok. Kreativitas adalah kunci dari pembuatan konten demi mendapatkan uang dari TikTok ini. Jadi, kamu hanya perlu mempelajari bagaimana membuat konten visual yang menarik dan terus mengembangkan pengikutmu sebagai calon konsumen.

Selain itu, jika kamu ingin memiliki pekerjaan tetap selain membangun diri sebagai influencer maka EKRUT bisa menjadi jawabanmu. Kamu bisa mencari kesempatan kerja dan potensi direkrut berbagai perusahaan dengan cara mendaftar lewat EKRUT.

Siapkan CV terbaik milikmu dan lantas klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber:

  • forbes.com
  • newsroom.tiktok.com
  • smallbiztrends.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    aplikasi-pdf-converter-EKRUT.jpg

    Technology

    9 Rekomendasi Aplikasi PDF Converter Terbaik untuk Smartphone

    Detty Risetya

    07 July 2022
    6 min read
    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read

    Video