Published on

Technology

Cara Cek BI Checking atau SLIK OJK Secara Online beserta Prosedurnya 2022

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Cara_Cek_BI_Checking_Atau_SLIK_OJK_Secara_Online_Beserta_Prosedurnya_2022.jpg

Apabila kamu sudah pernah berurusan dengan kredit bank, BI checking menjadi layanan yang tentunya tidak asing lagi. BI checking ini dilakukan sebelum melakukan berbagai keperluan, seperti mencicil KPR (Kredit Pemilikan Rumah), kredit motor, KTA (Kredit Tanpa Agunan), membuka kartu kredit, dan lain-lain.

Data yang ada pada BI checking digunakan sebagai pertimbangan apakah kamu dapat mengajukan pinjaman atau tidak. Perlu kamu ketahui, layanan BI checking sudah berganti nama menjadi SLIK OJK. Cara cek BI checking atau SLIK OJK pun cukup mudah, kamu dapat melakukannya secara online. Perhatikan cara cek BI checking beserta prosedurnya berikut ini.

Apa itu BI checking?


BI checking adalah catatan riwayat debitur. (sumber: Pexels)

Walaupun sudah berganti nama menjadi SLIK OJK, masih banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai BI checking. BI checking adalah catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. Dalam hal ini, fokus utamanya adalah informasi mengenai lancar atau tidaknya pembayaran kredit debitur.

BI checking sendiri banyak digunakan oleh bank atau lembaga keuangan untuk mendapatkan informasi terkait riwayat kredit calon debiturnya. Informasi yang didapat, seperti kelancaran dan kegagalan mencicil, akan dijadikan pertimbangan apakah calon debitur tersebut layak memperoleh kredit.

Oleh karena itu, mengetahui cara cek BI checking ini penting, baik untuk urusan personal maupun perusahaan. Jika debitur memiliki riwayat cicilan yang buruk, bank atau lembaga keuangan lainnya akan cenderung menolak pengajuan kredit. Informasi yang akan kamu dapatkan dari BI checking, yaitu identitas debitur, agunan, pengurus dan pemilik badan usaha (debitur), riwayat pembayaran cicilan kredit, jumlah pembiayaan yang diterima, dan kredit macet.

Baca juga: Ketahui Syarat dan Proses Pengajuan Restrukturisasi Kredit Berikut Ini!

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)


Cara cek BI checking dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor OJK. (sumber: Pexels)

Dilansir dari ojk.go.id, Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan. Sejak tanggal 1 Januari 2018, semua layanan terkait BI checking telah dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan dari Bank Indonesia.

Kamu bisa memanfaatkan SLIK untuk berbagai hal, seperti:

  • Menerapkan manajemen risiko kredit atau pembiayaan.
  • Memperlancar proses penyediaan dana.
  • Menilai kualitas debitur.
  • Melakukan verifikasi sebelum melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

Permintaan informasi debitur dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor pusat, kantor regional, atau kantor OJK setempat. Selain itu, cara cek BI checking atau SLIK juga dapat dilakukan melalui online. Dapat dikatakan bahwa informasi yang ada dalam SLIK OJK sangat akurat. Hal tersebut karena catatan atau riwayat debitur yang dikumpulkan antarbank dan lembaga keuangan. Lembaga keuangan dan bank yang saling bertukar informasi ini tergabung dalam BIK (Biro Informasi Kredit) yang dikoordinasi oleh OJK.

Baca juga: Mau Ambil Rumah? Berikut 4 Jenis KPR dan Persyaratannya!

Cara cek BI checking


Cara cek BI checking dapat dilakukan online supaya lebih efisien. (sumber: Pexels)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa melakukan cara cek BI checking atau SLIK OJK dengan luring dan daring. Cara cek BI checking melalui akses online mungkin lebih efisien apabila kamu tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor OJK. Untuk dapat melakukan cek BI checking secara online, kamu perlu untuk menyiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu. Yuk, simak panduan cara cek BI checking berikut ini.

  1. Pemohon SLIK melakukan registrasi melalui laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
  2. Cara cek BI checking bisa kamu mulai dengan memilih “Jenis Pemohon”, lalu mengisi “Tanggal Layanan”, dan “Kantor OJK”. Selanjutnya, kamu dapat memiliki slot antrean pada tanggal dan jam yang tersedia.
  3. Kamu dapat langsung mengisi seluruh kolom SLIK yang dipersyaratkan dengan benar dan lengkap, sesuai dengan dokumen identitas.
  4. Kamu dapat mengunggah foto/scan dokumen asli yang menjadi syarat sesuai kebutuhan, seperti:
  • Debitur perorangan
    • KTP untuk debitur WNI
    • Paspor untuk debitur WNA
  • Debitur badan usaha
    • Fotokopi identitas diri badan usaha yang telah dilegalisasi dan identitas pengurus dengan menunjukkan identitas diri asli badan usaha berupa dokumen identitas direktur badan usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan usaha, akta pendirian badan usaha, anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan, dan kewenangan pengurus.
  1. Kamu akan menerima email bukti registrasi antrean SLIK online setelah melakukan registrasi.
  2. OJK akan melakukan pengecekan data yang telah kamu input. Apabila data kamu sudah sesuai, kamu akan memperoleh email validasi dari OJK paling lambat H-3 dari tanggal antrean yang dipilih.
  3. Cara cek BI checking selanjutnya adalah melakukan verifikasi WhatsApp ke nomor telepon sebagaimana tertera dalam email validasi dengan rentang waktu tiga sampai satu hari dari tanggal antrean yang dipilih dengan mengirimkan dokumen berikut:
  • Foto/scan formulir yang telah dilengkapi dengan nama ibu kandung dan tanda tangan 3 bagian pada kolom yang tersedia.
  • Foto selfie Pemohon SLIK dengan memegang dokumen identitas.
  1. Jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan sesuai dengan jangka waktu yang diberikan, hasil iDeb yang dimohonkan akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan saat melakukan registrasi.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan yang Mudah dan Efektif

Cara cek BI checking melalui daring atau online cukup mudah, bukan? Namun, jangan lupa untuk mempersiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan oleh OJK sesuai dengan kebutuhan permohonan kamu. Semoga cara cek BI checking di atas dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi perbankan yang dibutuhkan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • bi.go.id
  • ojk.go.id
  • kompas.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video