Published on

Technology

Cara Download Buku di Google Books Terlengkap Melalui Smartphone dan Desktop

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Cara_Download_Buku_di_Google_Books_Terlengkap_Melalui_Smartphone_dan_Desktop.jpg

Di era digital seperti sekarang ini, aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bekerja, berbelanja, belajar, berkirim pesan, menonton film, dan lainnya dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Aktivitas membaca buku juga dapat dengan mudah dilakukan melalui gawai.

Apabila kamu penikmat buku, tentunya kamu tidak asing lagi dengan platform Google Books. Pengguna platform tersebut dapat mengunduh buku apapun yang diinginkan. Nah, hal tersebut memungkinkanmu untuk membaca tanpa menggunakan sambungan internet. Untuk kamu yang hobi membaca, ketahui cara download buku di Google Books baik melalui smartphone maupun desktop berikut ini.

Mengenal Google Books


Google Books merupakan salah satu layanan Google. (sumber: pexels)

Sebelum mengetahui cara download buku di Google Books, kamu dapat mengenalnya terlebih dahulu. Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa Google memiliki banyak layanan, seperti YouTube, Google Maps, Gmail, juga Google Books. Dilansir melalui cnnindonesia.com, Google Books merupakan mesin pencari buku berbasis online yang menyediakan ribuan e-book dengan tema beragam. Kamu dapat menikmati berbagai genre buku yang disediakan dari mulai yang gratis hingga berbayar. Setelah menemukan buku pilihanmu, kamu dapat mengunduhnya dan membacanya di mana saja secara offline. Kamu dapat mengunduhnya di berbagai perangkat yang kamu miliki baik yang bersistem iOS maupun Android.

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs atau Aplikasi untuk Baca Buku Online

4 Fungsi Google Books yang perlu diketahui


Kamu bisa membaca buku offline setelah mengunduhnya. (sumber: pexels)

Google Books merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membaca buku. Namun, aplikasi tersebut memiliki fungsi lain yang tak kalah manfaatnya. Selain mengetahui cara download di Google Books, kamu juga dapat menggunakan berbagai fungsi lainnya berikut ini.

1. Membaca buku

Tentunya fungsi utama Google Books adalah untuk membaca buku. Kamu bisa menikmati banyak sekali pilihan buku dengan berbagai genre kesukaanmu. Kamu bisa membaca buku yang disediakan secara gratis. Namun, untuk beberapa buku kamu harus membayar terlebih dahulu untuk membacanya.

2. Menerjemahkan buku

Kamu bisa menggunakan Google Books untuk menerjemahkan buku. Caranya pun cukup mudah. Kamu dapat memilih buku yang ingin disalin atau diterjemahkan. Selanjutnya, kamu tinggal menyoroti teks yang ingin diterjemahkan. Setelahnya, akan muncul menu pop up dan pilihlah opsi terjemahan menggunakan simbol Google Translate. Kamu akan melihat hasil terjemahan di bagian bawah. Fitur ini dapat kamu gunakan hanya untuk buku yang dibaca dalam mode Flowing Text, ya!

3. Mengunduh buku 

Ingin membaca buku offline tanpa memerlukan sambungan internet? Nah, kamu bisa menggunakan Google Books untuk mengunduh buku yang ingin kamu baca. Cara download buku di Google Books pun mudah dan dapat diterapkan di berbagai perangkat dan sistem.

4. Mengutip buku

Google Books juga dapat kamu gunakan untuk mengutip buku. Kamu dapat menemukan banyak informasi di aplikasi tersebut yang mungkin berguna untuk kebutuhan sekolah atau pekerjaan. Biasanya sumber buku yang kamu ambil akan dimasukkan ke catatan kaki atau daftar pustaka.

Baca juga: 11 Rekomendasi Aplikasi PDF Terbaik dan Gratis 2022

Cara download buku di Google Books


Cara download buku di Google Books dapat dilakukan melalui smartphone atau desktop. (sumber: pexels)

Apakah kamu ingin mengunduh buku untuk dibaca offline? Cara download buku di Google Books terbilang mudah untuk dilakukan. Kamu dapat mengunduhnya di desktop atau smartphone. Berikut ini cara download buku di Google Books yang penting untuk kamu ketahui.

1. Cara download buku di Google Books melalui smartphone

Cara download buku di Google Books melalui smartphone dapat kamu lakukan dengan mudah. Kamu dapat menyesuaikannya dengan sistem smartphone yang kamu gunakan, iOS atau pun Android.

Cara download buku di Google Books untuk Android

  • Pastikan ponsel kamu terhubung dengan Wi-Fi atau data seluler.
  • Membuka aplikasi Google Play Book yang sudah diunduh sebelumnya dari Play Store.
  • Ketuklah buku yang ingin kamu unduh. Kamu juga dapat mengetuk lainnya, kemudian tekan download untuk menyimpan buku agar dapat dibaca offline.
  • Setelah tersimpan di ponselmu, akan muncul tanda checklist.Cara download buku di Google Books untuk iOS

Cara download buku di Google Books untuk iOS

  • Pastikan iPhone kamu terhubung dengan internet.
  • Membuka aplikasi Google Play Book.
  • Ketuklah tab Library yang ada pada sidebar.
  • Klik buku yang ingin kamu simpan.
  • Setelah diunduh akan muncul thumbnail buku.
  • Kamu bisa melihat buku yang diunduh dari Google Play pada Menu > Download.

2. Cara download buku di Google Books melalui desktop

  • Membuka play.google.com.
  • Pada kanan atas, kliklah ikon profil kamu.
  • Kliklah Koleksi & Perangkat > Buku.
  • Di samping buku yang ingin kamu unduh, klik Lainnya, kemudian Ekspor > Download EPUB  atau Download PDF.
  • Apabila buku yang diunduh dalam format ACSM, kamu harus mengubah formatnya menjadi PDF atau EPUB terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Rekomendasi Buku Motivasi yang Bikin Semangat

Cara download buku di Google Books cukup mudah, bukan? Kamu hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan perangkat yang kamu miliki. Diharapkan artikel tentang cara download buku di Google Books ini membantu kamu menikmati bacaan kesukaanmu dengan lebih mudah.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan  tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • detik.com
  • cnnindonesia.com
  • support.google.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video