Published on

Technology

10 Cara Download Video di IG (Instagram) dengan Praktis beserta Panduannya

Alvina Vivian

H1_cara_download_video_instagram.jpg

Instagram menjadi salah satu media sosial yang menyajikan informasi menarik dalam aset visual foto maupun video. Selain membagikannya lewat Feed, Story, dan Reels, tidak jarang kamu ingin mengunduh video yang kamu lihat dari Instagram. Sayangnya, sampai sekarang pihak Instagram sendiri belum menyediakan fitur resminya. Tetapi tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan beberapa cara download video di IG dengan praktis berikut ini.

Cara mengambil link dari IG


Cara download video di IG dengan praktis (sumber: pexels)

Untuk bisa mengunduh video, kamu membutuhkan link video yang ingin di-download dari Instagram. Berikut ini adalah cara mendapatkan link tersebut.

1. Bagi pengguna aplikasi Instagram di smartphone

  • Tentukan video yang ingin kamu pilih
  • Tekan tombol titik tiga pada bagian kanan atas video atau foto
  • Pilih link atau tautan
  • Maka otomatis link video tersebut telah tersalin

Untuk video Reels, letak tombol titik tiga akan berbeda dengan video atau foto di Feed. Kamu bisa menemukannya pada bagian bawah “Send”.

2. Bagi pengguna Instagram di browser

  • Buka video yang ingin kamu unduh
  • Salin URL yang ada di address bar pada browser 
  • Link telah disalin

Baca juga: Kamu Sering Main Instagram? Cek 'Your Activity' Sekarang!

10 Cara download video di IG dengan praktis


Cara download video di IG dengan beserta panduannya (sumber: pexels)

1. W3toys

Cara download video di IG yang pertama adalah dengan melalui situs w3toys.com. Pada situs ini, kamu hanya perlu memasukkan link video. Kemudian, tekan download dan video yang kamu inginkan akan terunduh dalam beberapa waktu. Pada situs ini, tidak ada pilihan kualitas dan ukuran yang bisa kamu pilih, sehingga hasil yang terunduh akan sama dengan tampilan yang ada di Instagram.

2. iGram

Selanjutnya ada iGram.io. Situs ini memiliki tampilan yang colorful dan cara untuk download video yang praktis. Setelah copy link video, kamu bisa tekan tombol paste, kemudian tautan tersebut akan muncul. Jika sudah, tekan tombol unduh berwarna biru dan tunggu hingga video kamu selesai terunduh.

3. Savefrom

Tidak hanya berupa website, Savefrom juga tersedia dalam bentuk extension. Jika kamu mengunduh dan memasang extension Savefrom, maka pada Instagram yang kamu buka melalui browser Chrome akan muncul sebuah fitur tombol download berupa tanda panah ke bawah yang membuat cara download video di IG menjadi lebih praktis. Selain extension, Savefrom juga memungkinkan kamu mengunduh video dengan cara memasukkan short link “sfrom.net/” di awal tautan video yang kamu buka di browser.

4. Downloadgram

Downloadgram adalah salah satu website untuk download video di IG yang cukup banyak digunakan. Cara untuk download video dari web ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan link video ke kolom yang disediakan, kemudian tekan button download. Tunggu beberapa saat sampai video akan terunduh di browser-mu.

5. Dredown

Dredown adalah website untuk download video yang bisa dikatakan cukup komplit. Tidak hanya untuk mengunduh video dari Instagram, Dredown juga memungkinkan kamu untuk mengunduh video dari YouTube, Facebook, Twitter, bahkan hingga Vimeo. Cara yang dilakukan juga sama dengan situs-situs lainnya. Kamu hanya perlu memasukkan tautan dari platform yang telah dipilih, kemudian masukkan ke kolom yang telah disediakan. Tekan tombol Dredown, tunggu beberapa saat untuk kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan size dan kualitas video yang bisa kamu pilih. Tentukan ukuran dan kualitas yang kamu inginkan dan tunggu video hingga selesai terunduh.

6. Blastup

Dahulunya, Blastup bernama Gramblast. Situs ini masih sama dengan website lainnya yang hanya membutuhkan link sebagai syarat untuk mengunduhnya. Tidak hanya video, kamu juga bisa mengunduh foto dengan kualitas yang sama dengan tampilan yang ada di Instagram.

7. Downloadvideosfrom

Website untuk download video IG selanjutnya adalah downloadvideosfrom.com. Pada situs ini, kamu bisa mengunduh video ke format MP4 biasa atau MP4 HD. Selain video, Downloadvideosfrom juga memungkinkan kamu mengunduh foto.

8. InSaver

InSaver adalah sebuah aplikasi untuk download video IG yang bisa kamu unduh di Play Store dan App Store. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk download Reels, IGTV, dan foto yang ada di IG. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunduh Story melalui aplikasi InSaver. Hasil unduhan kamu akan terkumpul di aplikasi dan kamu bisa menyimpannya ke galeri pribadimu.

9. Regrann

Aplikasi untuk download video IG selanjutnya adalah Regrann. Tidak hanya digunakan untuk mengunduh video dan foto, Regrann juga bisa dipakai untuk mengunggah foto tanpa harus di-crop terlebih dahulu. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang bisa memudahkanmu untuk mengelola akun Instagram. Untuk sementara ini, Regrann hanya bisa diunduh melalui Play Store saja, ya.

10. Savefromweb

Yang terakhir ada Savefromweb sebuah situs download video IG yang punya tampilan simple dan colorful. Cara penggunaannya pun masih sama dengan situs lainnya. Kamu hanya perlu memasukkan link video dan tekan tombol download di sebelah kanan. Maka, video yang kamu inginkan akan berhasil terunduh.

Baca juga: Ukuran Feed Instagram Terbaru 2022 (Foto, Video, IGTV, dan Reels)

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara download video di IG  dengan praktis. Kamu bisa mengunduh video dan foto di Feed, Story, hingga Reels hanya dengan memasukkan link yang ingin diunduh. Mudah, bukan? Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • igram.io
  • savefrom.net
  • downloadgram.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video