Published on

Technology

Mau FYP di TikTok? Simak 10 Cara Berikut Ini agar Konten Kamu Cepat Viral!

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Mau_FYP_di_TikTok_Simak_10_Cara_berikut_ini_agar_konten_kalian_cepat_viral.jpg

Sosial media berkembang kian pesat, kamu bisa mengunggah berbagai konten dari mulai, gambar, suara, hingga video. Salah satu platform media sosial yang sedang banyak digandrungi adalah TikTok. Dengan media sosial tersebut kamu bisa mengekspresikan diri dengan membuat konten dalam bentuk video.

Nah, jika ingin menjadi influencer di media sosial tersebut, istilah penting yang perlu kamu ketahui adalah FYP atau For Your Page. Apabila konten yang kamu unggah sudah masuk FYP, tidak hanya viral, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Agar konten yang kamu upload bisa menarik banyak views, ketahui sepuluh cara FYP TikTok yang bisa kamu ikuti berikut ini.

Apa itu FYP TikTok?


FYP akan muncul pada halaman pertama yang direkomendasikan untuk akunmu. (Sumber: Pexels)

Lalu. apa itu FYP TikTok? FYP atau For Your Page adalah laman awal pada media TikTok yang langsung muncul pertama kali saat user mengakses aplikasi itu. Laman tersebut akan menunjukkan berbagai konten dari pengguna lain yang direkomendasikan untuk akunmu.

Terdapat beberapa faktor yang menentukan konten apa yang mungkin saja ada di FYP milikmu, seperti:

  • Setting akun, termasuk di dalamnya preferensi bahasa, negara asal, dan jenis perangkat yang digunakan.
  • Interaksi user, disesuaikan dengan konten yang kamu ikuti, sukai, komentari, juga konten yang kamu buat sendiri.
  • Detail video, seperti hashtag, audio yang dipakai, dan caption.

Dilansir dari katadata.com, pengguna aktif TikTok mencapai 689 juta pada Januari 2021. Banyaknya user dari aplikasi tersebut, memberikan kesempatan untuk menjadikan TikTok sebagai media untuk mengembangkan akunmu. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara FYP TikTok yang menarik.

Semakin banyak follower pada akun TikTok-mu, maka kemungkinan untuk FYP akan semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa menghasilkan uang dari aplikasi tersebut, dengan syarat harus berusia 18 tahun ke atas, memiliki 10.000 pengikut, dan memperoleh minimal 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.

Baca juga: 6 Cara strategi marketing TikTok meningkatkan awareness brand

10 Cara FYP di TikTok


Salah satu cara FYP TikTok adalah dengan mengunggah di prime time. (Sumber: Pexels)

Konten yang masuk dalam FYP kemungkinan besar akan dilihat oleh banyak pengguna lainnya. Sehingga penting untuk kamu mengetahui cara FYP TikTok yang tepat untuk menarik views dan pengikut. Berikut ini sepuluh cara FYP TikTok yang bisa kamu ikuti:

1. Upload video di jam prime time

Cara FYP TikTok yang pertama adalah dengan memahami prime time yang tepat. Kamu bisa meng-upload kontenmu di waktu tertentu untuk mendapatkan lebih banyak atensi dari pengguna lain.

Melansir dari suara.com, prime time use TikTok di Indonesia dibagi menjadi tiga waktu, 12.00-13.00 (siang hari), 16.00-17.00 (sore hari), dan 19.00-23.00 (malam hari). Dengan mengikuti waktu tersebut, diharapkan views dari unggahan videomu dapat meningkat.

2. Tuliskan caption yang menarik


Menulis caption yang singkat dan menarik merupakan cara FYP TikTok. (Sumber: Pexels)

Menggunakan caption yang menarik dapat menjadi salah satu cara FYP TikTok. Caption yang kamu buat tidak harus dengan kalimat yang panjang, namun tetap harus menarik sesuai dengan isi dari konten yang kamu buat. Jika dibuat dengan baik, kalimat yang singkat justru akan menarik atensi dari pengguna lain dengan lebih cepat.

Kamu bisa menjadikan video FYP TikTok lainnya sebagai inspirasi dalam membuat caption. Menggunakan caption yang tepat akan membuat kontenmu lebih sempurna.

3. Buat konten yang meningkatkan engagement

Salah satu cara FYP TikTok adalah dengan membuat konten yang dapat meningkatkan engagement. Penting untuk kamu untuk membuat video yang relevan dan engaging untuk user lain.

Tentunya, kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat dapat dengan mudah dimengerti, dipahami, dan relatable untuk pengguna lain. Konten yang engaging akan mengundang banyak views, sehingga berkesempatan masuk FYP.

4. Kolaborasi dengan kreator lain


Berkolaborasi dengan kreator lain adalah cara FYP TikTok yang banyak dilakukan. (Sumber: Pexels)

Berkolaborasi atau duet dengan orang lain menjadi cara FYP TikTok selanjutnya. Membuat konten bersama akan memperluas jangkauan penonton. Akan lebih berpengaruh lagi jika orang yang kamu ajak berkolaborasi memiliki banyak follower. Kamu bisa membuat konten yang menarik bersama, seperti melakukan tantangan viral, mukbang, atau menari kekinian.

5. Gunakan lagu / song yang sedang populer

Selanjutnya, cara FYP TikTok adalah dengan menggunakan musik atau lagu yang sedang populer. Menggunakan lagu yang sedang viral sebagai background musik akan menarik lebih banyak penonton. Selain itu, hal penting lainnya adalah akan membuat algoritma TikTok merekomendasikan kontenmu kepada user lain dengan selera yang sama.

Baca juga: Pengertian shadowban pada media sosial dan cara mengatasinya

6. Ikuti tren


Cara FYP TikTok dapat dilakukan dengan mengikuti tren terkini. (Sumber: Pexels)

Ingin meningkatkan pengikut TikTok-mu? Mengikuti tren atau challenge dapat meningkatkan traffic dan pengikut TikTok-mu. Mengikuti tren juga merupakan cara FYP TikTok, lho. Semakin sering kamu membuat konten populer, kesempatan untuk viral pun akan semakin luas.

Kamu bisa mengikuti tren dari berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut, seperti audio, hashtag, transisi, filter, tarian, dan lainnya. Untuk mengetahui tren, kamu bisa melihatnya melalui tab Discover. Kamu akan menemukan tren terkini dan sedang populer.

7. Berinteraksi dengan kreator lain

Sebagai sesama konten kreator, berinteraksi dengan kreator atau pengguna lain merupakan hal yang penting. Kamu bisa berbalas komentar, memberikan likes, dan lainnya. Dengan begitu, semakin banyak pengguna yang mengenalmu. Seperti cara FYP TikTok sebelumnya, berinteraksi dengan kreator lain akan membuka peluang untuk melakukan kolaborasi.

8. Gunakan hashtag


Mengetahui hashtag terkini dengan membuka tab Discovery. (Sumber: Pexels)

Tidak hanya video, audio, atau caption saja, memberikan hashtag juga merupakan cara FYP TikTok yang tidak boleh terlewat. Menggunakan hashtag populer akan membantu konten kamu lebih teratur dan bisa tampil di FYP. Cara untuk menemukan hashtag populer juga terbilang cukup mudah, kamu bisa membuka tab Discover dan melihat beberapa hashtag teratas.

Selain itu, kamu juga bisa melihat hashtag yang digunakan dalam video yang memiliki banyak penonton. Hal penting lain yang perlu kamu ingat dari penggunaan hashtag adalah konten kamu jadi lebih mudah ditemukan.

9. Follow akun-akun yang sudah verified

Mengikuti akun yang sudah verified akan banyak membantu kamu dalam mencari inspirasi untuk membuat konten. Kamu bisa mempelajari ide-ide konten, caption, dan hashtag yang bisa kamu gunakan dalam membuat konten. Mengikuti akun verified juga merupakan bagian dari cara FYP TikTok, selain sebagai inspirasi kamu juga bisa melakukan interaksi dengan memberikan likes dan komentar.

10. Pilih video dengan durasi pendek


Membuat konten dengan durasi singkat merupakan cara FYP TikTok yang penting untuk mendapatkan audiens. (Sumber: Pexels)

Sebagian orang kerap menganggap durasi video mempengaruhi ketertarikan penonton. Tahukah kamu bahwa video dengan durasi panjang justru cenderung dilewati oleh pengguna?

Nah, karena itu kamu bisa membuat video dengan durasi yang singkat, namun meninggalkan kesan kepada penonton. Konten kamu harus memiliki tujuan dan maksud jelas, sertakan juga hal-hal yang mengejutkan dan membuat penonton penasaran dengan konten yang kamu buat.

Baca juga: 5 Tips membuat konten yang viral

Itulah beberapa cara FYP TikTok yang bisa kamu lakukan agar kontenmu menjadi populer dan viral. Kamu bisa mencobanya untuk menambah views dan follower. Nah, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan apabila kontenmu FYP, lho. Tentunya dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Selamat mencoba, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • suara.com
  • katadata.com
  • idntimes.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_metadata_adalah.jpg

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read