Published on

Technology

5 Cara Mengganti Password WiFi Sendiri Dengan Mudah 2022

Natasya Primatyassari

H1_Cara_mengganti_password_WiFi_sendiri.jpg

Password WiFi merupakan salah satu elemen penting yang harus sering diganti. Hal ini dikarenakan jaringan WiFi rentan disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Cara mengganti password WiFi juga sebenarnya mudah. Namun, belum banyak orang yang mengerti tahapannya. Untuk itu, simak terus artikel di bawah ini, ya.

Kenapa harus mengganti password WiFi berkala?


Mengganti password WiFi secara berkala dapat mencegah pembobolan akses internet - Unsplash

Mengganti password WiFi secara berkala merupakan hal yang penting dilakukan mengingat password WiFi bawaan tidak cukup aman untuk melindungimu dari hacker yang dapat mencuri segala informasi rahasia termasuk data pribadi atau finansial. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang tak kalah penting seperti dilansir dari 99.co sebagai berikut.

1. Mencegah pembobolan akses internet

Jika WiFi rumah kamu sering terasa lambat, bisa jadi ada yang sedang mencuri jaringan internetmu. Terlebih kalau jangkauan WiFi kamu cukup luas dan rumahmu terletak di pemukiman yang padat. Hal itu tidak menutup kemungkinan ada orang yang sedang membobol jaringan untuk mendapatkan akses internet gratis. Untuk itu, segera memperbarui kata sandimu dengan kombinasi karakter yang lebih rumit.

Baca juga: 8 Cara mengatasi wifi lemot dan penyebabnya

2. Mengamankan data pribadi

Saat jaringan internet kamu berhasil dibobol orang lain, bukan hanya koneksi internet kamu saja yang akan hilang. Data-data penting yang terhubung ke jaringan WiFi rumah kamu juga bisa bocor. Tidak mau, kan, kalau informasi personalmu ikut tersebar?

3. Koneksi lebih stabil

Setiap penyedia layanan internet menerapkan bandwidth tertentu. Sebagai contoh, bandwidth awal 10 Mbps, kemudian turun ke 5 Mbps ketika ada 2 pengguna yang sedang terhubung. Dengan rutin mengganti password, kamu dapat mencegah orang asing menggunakan jaringan yang sama denganmu dan membuat koneksi yang lebih stabil.

4. Mengamankan router

Router WiFi rentan mengalami gangguan, terlebih jika sedang digunakan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Salah satu penyebabnya, bisa jadi karena ada orang lain yang mengakses jaringan internet secara ilegal. Untuk mengatasinya, kamu harus rajin mengganti password WiFi secara berkala.

Cara mengganti password WiFi menggunakan komputer


Pastikan komputer sudah terhubung dengan WiFi sebelum mengganti password - Freepik

Cara paling mudah untuk mengganti password WiFi yaitu menggunakan perangkat komputer maupun laptop. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari hellotech.com.

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop yang akan digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi di rumah. Kamu juga harus mengenali merek dan tipe router yang dimiliki supaya bisa mengakses alamat IP tersebut. Sebagai contoh, untuk router yang terbuat dari Huawei memiliki alamat IP 192.168.8.1 dan untuk router lain pada umumnya memiliki alamat IP seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.
  2. Setelah mengetahui alamat IP, buka browser atau peramban web yang kamu miliki, seperti Chrome, Edge, Firefox, atau Safari. Masukkan alamat IP tersebut pada bilah pencarian atau search bar yang berada di bagian atas halaman web kemudian tekan ‘Enter’.
  3. Setelah masuk dalam halaman pengaturan router, masukkan username dan password router yang dimiliki. Username dan password yang dimaksud tidak sama dengan username dan password WiFi. Kamu bisa menemukan data tersebut dalam buku panduan yang disertakan dalam dus pembelian. Jika pengaturan standar dari router belum diubah, kamu bisa mengosongkan saja kolom tersebut atau mencoba mengisinya dengan kata umum seperti user atau admin di kolom username dan user atau password di kolom password. Kombinasi data tersebut bisa berbeda menyesuaikan merek router yang digunakan. Kamu bisa mengecek daftar lengkapnya melalui tautan ini.
  4. Setelah berhasil masuk ke dalam pengaturan router, klik menu Network. Di dalam menu tersebut, pilih WLAN kemudian Security
  5. Kamu bisa menuliskan password yang baru di kolom WPA Passphrase. Masukkan password sesuai ketentuan yang terdiri dari 8-63 karakter menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka serta simbol lainnya.
  6. Klik tombol Submit jika sudah yakin dengan password yang baru. Proses penggantian password pun telah selesai.

Cara mengganti password WiFi menggunakan HP


Password WiFi juga bisa diganti melalui telepon genggam - Freepik

Selain menggunakan komputer atau laptop, password WiFi juga dapat diganti melalui handphone. Tahapan yang dilakukan sama dengan cara ganti password WiFi dengan menggunakan PC. Perbedaannya hanya pada tampilan yang lebih kecil seukuran layar ponsel. Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut seperti dikutip dari 99.co.

  1. Pastikan gawai milikmu sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang akan diubah.
  2. Buka aplikasi peramban dan masukkan angka 192.168.1.1. pada bilah pencarian atau search bar yang berada di bagian atas halaman web.
  3. Setelah masuk dalam halaman pengaturan router, masukkan username dan password router yang dimiliki. 
  4. Setelah berhasil masuk ke dalam pengaturan router, klik menu Network. Di dalam menu tersebut, pilih WLAN kemudian Security
  5. Kamu bisa menuliskan password yang baru di kolom WPA Passphrase. Masukkan password sesuai ketentuan yang terdiri dari 8-63 karakter menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka serta simbol lainnya.
  6. Klik tombol Submit jika sudah yakin dengan password yang baru. Proses penggantian password pun telah selesai.

Baca juga: 8 Rekomendasi WiFi portable terbaik dan lengkap dengan daftar harganya

Cara mengganti password WiFi First Media


WiFi First Media cukup mudah untuk digunakan - Pexels

Umumnya, layanan penyedia internet First Media menggunakan router D-Link yang terkenal ringkas dan mudah untuk digunakan. Apabila kamu menggunakan jaringan internet First Media, kamu bisa mengetahui cara ganti password WiFi sebagai berikut seperti dikutip dari firstmedia.com.

  1. Pastikan perangkat yang akan digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi di rumah. 
  2. Buka browser atau peramban web yang dimiliki, kemudian masukkan alamat IP 192.168.0.1 pada bilah pencarian atau search bar yang berada di bagian atas halaman web kemudian tekan ‘Enter’.
  3. Setelah muncul halaman produk D-Link First Media, masukkan kata admin pada kolom username dan password atau bisa juga menggunakan nomor pelanggan.
  4. Setelah masuk halaman web, klik Wireless Setting dan pilih Setup.
  5. Kamu bisa mengubah nama WiFi di kolom Wireless Network Name (SSID) dan mengubah password yang baru di kolom Network Key.
  6. Setelah selesai, klik ‘Save Settings’ untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Cara mengganti password WiFi IndiHome


Jaringan internet IndiHome kebanyakan menggunakan router ZTE - Unsplash

IndiHome adalah salah satu jaringan internet terbesar yang ada di Indonesia dan sudah tersebar hampir merata di seluruh wilayah. IndiHome pada umumnya menggunakan router ZTE F609. Dikutip dari rumah.com, berikut cara ganti password WiFi IndiHome yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  1. Pastikan komputer, laptop, atau handphone yang akan digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi di rumah.
  2. Buka browser atau peramban web yang dimiliki, kemudian masukkan alamat IP 192.168.1.1 pada bilah pencarian atau search bar kemudian tekan ‘Enter’.
  3. Setelah muncul halaman produk ZTE, masukkan kata user pada kolom username dan password.
  4. Setelah berhasil masuk ke dalam halaman pengaturan, klik menu Network. Di dalam menu tersebut, pilih WLAN kemudian Security.  
  5. Kolom WPA Passphrase masih berisi password WiFi yang lama. Ganti password tersebut sesuai ketentuan minimal 8 karakter. Beri tanda centang pada kotak kecil di sebelahnya untuk menampilkan kata sandi yang sekarang.
  6. Klik tombol Submit dan proses penggantian password pun telah selesai.

Cara mengganti password WiFi TP-Link


TP-Link adalah salah satu router yang populer digunakan di Indonesia - Unsplash

TP-Link merupakan salah satu router yang populer digunakan di Indonesia. Router ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki konfigurasi yang sangat beragam sehingga mudah untuk digunakan. Berikut cara ganti password WiFi TP-Link dengan mudah seperti dikutip dari tp-link.com.

  1. Melalui komputer, laptop, atau handphone, buka browser atau peramban web yang sudah terpasang pada perangkat tersebut.
  2. Kamu bisa mengakses halaman pengaturan melalui tautan tplinkwifi.net atau dengan memasukkan alamat IP 192.168.0.1 pada search bar kemudian tekan ‘Enter’.
  3. Setelah halaman pengaturan router terbuka, masukkan username dan password bawaan dari router tersebut. Informasi tersebut bisa dilihat pada bagian bawah atau belakang modem TP-Link. Kalau tidak menemukannya, kamu bisa mencoba memasukkan kata admin pada kolom username dan password.
  4. Setelah berhasil masuk, pilih menu Wireless. Pada kolom Password, kamu bisa mengganti kata sandi yang lama sesuai ketentuan minimal 8 karakter.
  5. Klik tombol Save dan proses penggantian password pun telah selesai.

Baca juga: 8 Paket WiFi murah dan unlimited untuk kebutuhan rumah maupun perorangan

Nah, itu tadi 5 cara ganti password WiFi dengan mudah dan cepat. Sekarang, kamu sudah bisa mempraktikkannya sendiri di rumah tanpa harus memanggil petugas dari penyedia layanan internet. Ingat selalu untuk mengubah password WiFi kamu secara berkala agar mencegah orang lain mengaksesnya secara ilegal.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk sign up di EKRUT  sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • 99.co
  • hellotech.com
  • firstmedia.com
  • rumah.com
  • tp-link.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video