Published on

Technology

8 Rekomendasi WiFi portable terbaik dan lengkap dengan daftar harganya

Algonz D.B. Raharja

H1_Wifi_Portable.jpg

Pernahkah kamu kebingungan mencari tempat untuk mengakses internet saat di luar rumah atau kantor? Atau sebagai individu super aktif, lantas kamu kelimpungan ketika deadline pekerjaan harus diselesaikan saat di tempatmu berada tidak terdapat jaringan internet atau WiFi?

Salah satu solusi dari gundah-gulana yang kamu alami adalah WiFi portable. Barang yang satu ini sudah mudah dijumpai dan dibeli secara daring maupun luring. Dan tentu saja, WiFi portable cocok bagi kamu yang aktif dan suka bepergian sembari mengerjakan sesuatu.

Ulasan berikut akan menjelaskan sedikit tentang apa itu WiFi portable dan beberapa rekomendasi WiFi portable yang relevan dengan kamu. Mari simak!

Baca Juga: 8 Paket WiFi Murah dan Unlimited untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Apa itu WiFi portable?


WiFi Portable merupakan perangkat jaringan internet nirkabel yang dapat terhubung dengan kartu SIM (Sumber: Pexels)

WiFi portable merupakan router internet yang dapat digunakan secara berpindah. Pada dasarnya, jika router WiFi secara umum tersambung pada kabel optik yang dipasang oleh provider penyedia layanan internet, maka sebaliknya WiFi portable tidak tersambung kabel.

Sebagai ganti kabel, secara umum WiFi portable menggunakan kartu SIM sebagai sumber koneksi internet. Secara fleksibel, WiFi portable juga dapat digunakan di berbagai wilayah dengan koneksi jaringan ponsel, termasuk di luar negeri yang tentu saja menggunakan kartu SIM luar negeri. 

Cara kerja WiFi portable secara umum adalah perangkat yang terhubung ke jaringan seluler, baik 3G, 4G, atau 5G yang dikembangkan dengan kecepatan data tertentu untuk menghubungkan berbagai perangkat atau gawai. Oleh karena itu, meski berbentuk nirkabel, namun WiFi portable tetap dapat tersambung ke sejumlah perangkat dalam waktu yang sama. 

Jumlah perangkat yang dapat dijangkau oleh WiFi portable ini tergantung merek dan tipe perangkat WiFi portable itu sendiri. Sedangkan, untuk jangka waktu pemakaian di luar ruangan, WiFi portable dilengkapi baterai yang dapat diisi ulang secara simultan. WiFi portable juga dikenal sebagai MiFi.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Lemot dan Penyebabnya

Keunggulan dan kekurangan WiFi portable


WiFi Portable memiliki keunggulan karena múdah dibawa ke mana saja dan digunakan oleh sejumlah perangkat lain  (Sumber: Pexels)

Meski sepintas memiliki fungsi yang sama dengan WiFi berbasis router statis, namun WiFi portable juga tak luput dari kelebihan dan kekurangan. Adapun beberapa keunggulan dan kekurangan WiFi portable antara lain adalah sebagai berikut.

Keunggulan WiFi portable Kekurangan WiFi portable
Bentuknya ringkas dan mudah dibawa ke mana saja Baterai terbatas, sehingga perlu diisi ulang sewaktu-waktu
Dapat digunakan di tempat tanpa jaringan WiFi Perlu pengaturan khusus ketika digunakan di luar negeri, meski sejatinya tetap bisa digunakan
Dapat menghemat paket data ponsel Penggunaan terbatas pada kuota internet yang dibeli lewat provider kartu SIM
Dapat menghemat baterai ponsel dan tablet karena tidak menyalakan paket data Kecepatan internet tergantung pada jangkauan internet dari penyedia layanan kartu SIM (sinyal data seluler)
Membuat pengguna dapat mengakses di mana pun asalkan ada jaringan internet berbasis penyedia layanan kartu SIM Penggunaan WiFi portable untuk banyak berangkat dapat menghabiskan baterai dan kuota dengan cepat dalam waktu yang lebih pendek. Terdapat Fair Usage Policy (FUP) sebagai batas pemakaian wajar

Baca Juga: Router adalah: Fungsi, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Modem

Fitur WiFi portable yang penting


Salah satu fitur penting dari WiFi Portable adalah koneksi jaringan seluler nirkabel (Sumber: Pexels)

Untuk menunjang pelayanan terhadap pengguna, umumnya WiFi portable dilengkapi dengan beberapa fitur tergantung pada merek dan tipe perangkat WiFi portable yang digunakan. Adapun beberapa fitur WiFi portable yang biasanya ada di perangkat adalah sebagai berikut.

  • Bentuk compact dan mudah dibawa
  • Kemampuan koneksi 
  • Baterai dengan ketahanan tertentu
  • Dukungan kecepatan sinyal/jaringan seluler (LTE, 5G, dll)
  • Dapat terkoneksi ke banyak perangkat secara bersamaan

Baca Juga: VPN adalah: 5 Kegunaan, Risiko, dan Memilih Layanan yang Aman

8 Rekomendasi WiFi portable


Berikut adalah rekomendasi WiFi portable (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah deretan merek dan jenis WiFi portable yang dapat dibeli dan digunakan sebagai penunjang perangkat kamu. 

1. Telkomsel Orbit (Huawei B312)


WiFi Portable Telkomsel Orbit menggunakan perangkat Huawei B312 (tokopedia.com)

Salah satu modem WiFi portable yang umum dikenal adalah Telkomsel Orbit Star 2 dengan perangkat Huawei B312. Dilansir Tokopedia, WiFi portable jenis ini memiliki berat 500 gram dengan dimensi 101 milimeter x 126 milimeter x 36 milimeter. Kapasitas perangkat terhubung lewat WiFi portable jenis ini adalah 32 perangkat/pengguna.

Perangkat WiFi portable Telkomsel Orbit Star 2 ini memiliki kecepatan sampai 150 Mbps. Pembelian WiFi portable jenis ini juga sudah dilengkapi dengan paket data sebesar 150 GB dengan rincian 25 GB/bulan selama 6 bulan pertama. Teknologi seluler yang dipakai perangkat ini adalah 2x2 MIMO LTE.

Perangkat WiFi portable 4G Telkomsel Orbit Star 2 ini dapat dibeli dengan harga Rp629.000 lewat layanan daring Tokopedia.

2. XL Go IZI (Huawei E5576)


WiFi Portable XL GO IZI menggunakan perangkat Huawei E5576 (Sumber: shopee.co.id)

Jika kamu ingin memiliki WiFi portable dengan ukurang baterai cukup besar, maka modem XL GO IZI dengan perangkat Huawei E5577 ini cocok buatmu. Sebab, perangkat WiFi portable ini dilengkapi dengan baterai berukuran 1500 mAH yang tahan hingga 6 jam.

Tak hanya itu, pembelian perangkat WiFi portable ini juga telah dilengkapi dengan kuota internet sebesar 20 GB dan dapat dipakai dengan kartu SIM berbagai operator (tidak hanya XL saja). Perangkat WiFi portable XL GO IZI ini juga mengklaim bebas roaming di 10 negara seperti Indonesia, Singapura Malaysia, Macau, Taiwan, Hongkong, Sri Lanka, Kamboja, Bangladesh, dan Nepal.

Meski dibanderol dengan harga Rp649.000, namun perangkat WiFi portable ini mampu mencapai kecepatan jaringan seluler 4G sampai 150 Mbps dengan kecepatan sebaran WiFi hingga 2,4 Ghz. Perangkat ini pun dapat ditautkan secara bersamaan oleh 16 perangkat lain dalam satu waktu.

3. Telkomsel 4G LTE (Huawei E5577 Max)


WiFi Portable Telkomsel 4G LTE menggunakan perangkat Huawei E5577 Max (Sumber: tokopedia.com)

Selain Telkomsel Orbit, kamu juga bisa menikmati WiFi portable dengan Telkomsel 4G LTE yang menggunakan perangkat modem Huawei E5577 Max. Perangkat ini dilengkapi dengan LCD berukuran 1.45 inci untuk pengoperasiannya. Sedangkan, untuk kecepatannya bisa mencapai 150 Mbps di jaringan 4G LTE.

Kecepatan penyebaran WiFi dari perangkat ini diklaim mencapai 2,4 Ghz dengan ketahanan baterai mencapai 12 jam sebesar 3000 mAH. Perangkat WiFi portable yang dapat dibeli dengan harga Rp835.000 ini dapat tertaut pada 10 perangkat dalam waktu bersamaan.

4. Smartfren Mifi 4G (Huawei E5673)


WiFi Portable Smartfren Mifi 4G menggunakan perangkat modem Huawei E5673 (Sumber: jakartanotebook,com)

Bagi kamu pengguna setia provider Smartfren, perangkat WiFi portable ini tentunya cocok buatmu. Dengan menggunakan modem Huawei E5673, Smartfren Mifi 4G dilengkapi dengan fitur LTE dan dapat menjangkau tautan perangkat mencapai 16 pengguna dalam satu waktu. Tak hanya itu, Smartfren pun memberikan ekstra kuota hingga 45 GB dalam satu tahun.

Dimensi perangkat modem WiFi portable ini adalah 100 mm x 59 mm x 15,6 mm. Ukuran yang minimalis dan desain polos membuat modem ini tidak terlalu mencolok. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi baterai berukuran 1500 mAH dengan ketahanan 300 jam standby dan 4 jam jika digunakan terus-menerus. Perangkat WiFi portable ini memiliki kecepatan mencapai 112 Mbps di jaringan 4G LTE.

Kamu bisa memiliki modem ini dengan kisaran harga Rp680.000 hingga Rp800.000.

5. TP-Link M7350 Unlock SIM


Modem WiFi Portable TP-Link memiliki fitur dual band WiFi (Sumber: shopee.co.id)

Selain merajai produk router dan modem kabel, TP-Link juga mengeluarkan produk gahar di ranah WiFi portable. TP-Link M7350 ini memiliki bentuk kecil namun disertai spesifikasi mumpuni.

Modem WiFi portable ini mendukung jaringan 4G LTE hingga 150 Mbps untuk mengunduh dan 50 Mbps untuk mengunggah. Tak hanya itu, perangkat ini juga dapat tertaut pada 15 pengguna dalam waktu bersamaan. Terdapat dual band WiFi yang terdapat pada modem ini yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz.

Berbeda dengan perangkat modem pada umumnya, modem TP-Link ini memiliki SD Card Reader hingga 32 GB. Selain itu, terdapat pula tampilan layar yang berisi statistik traffic, status WiFi, dan nomor pengguna atau nomor kartu SIM. Dilengkapi dengan baterai berukuran 2550 mAH, modem ini dapat digunakan hingga 10 jam secara terus-menerus. Kamu bisa membeli modem WiFi portable jenis ini dengan harga Rp1.255.000 lewat Shopee.

6. Mifi Smartfren Andromax S1


Mifi Smartfren Andromax S1 merupakan seri tertinggi yang disebut super modem (Sumber: jd.id)

Dilansir Tribun Jogja, modem WiFi portable Smartfren Mifi Andromax S1 ini menggunakan perangkat Haier dengan dukungan sinyal seluler 4G LTE Cat7, 4G+, dan 4.5G. Kapasitas baterai yang dimiliki modem ini adalah 3250 mAH yang bisa bertahan hampir 24 jam.

Perangkat WiFi portable ini dapat dibeli dengan kisaran harga Rp1.200.000 dengan kuota dari Smartfren sebesar 120 GB untuk satu bulan. Dilengkapi dengan koneksi WiFi 2.4Ghz dan 5 Ghz, perangkat ini juga dapat ditautkan dengan 32 perangkat secara bersamaan. Tak hanya itu, perangkat ini diklaim mampu mengunduh dengan kecepatan 225 Mbps.

7. ZTE Bolt MF90


Modem WiFi Portable ZTE MF90 memiliki harga murah dan cukup minimalis (Sumber: pricebook.co.id)

Modem WiFi portable dengan merek ZTE Bolt MF90 Thunder ini merupakan salah satu pionir dalam ranah WiFi portable yang rilis pada tahun 2012. Dengan dimensi 100 mm x 58 mm x 14.6 mm, perangkat ini dapat menjangkau jaringan 4G dengan kecepatan 43Mbps.

Kapasitas perangkat tertaut lewat modem ini adalah 10 perangkat dalam waktu bersamaan dan dapat digunakan untuk semua operator. Modem WiFi portable ZTE Bolt MF90 ini dapat dibeli dengan harga Rp242.000 lewat Tokopedia.

8. MiFi 4G HKM 001


Salah satu modem WiFi Portable yang mumpuni adalah HKM 001 (Sumber: shopee.co.id)

Modem WiFi portable HKM 001 memiliki baterai jumbo berukuran 3000 mAH dengan kecepatan koneksi mencapai 150Mbps. Selain itu, modem ini juga mendukung jaringan 4G LTE Cat4 dengan kecepatan unggah mencapai 50 Mbps. Penggunaan modem ini mencapai 10 jam secara berturut-turut atau 300 jam standby. Modem WiFi portable HKM 001 dapat dibeli dengan kisaran harga Rp599.000.

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu WiFi portable dan berbagai rekomendasi WiFi portable yang umum digunakan di Indonesia saat ini.

Baca Juga: 10 Cara Jaga Privasi di Internet agar Datamu Aman

Kamu tentunya memerlukan WiFi portable untuk dapat terus terhubung dengan internet meski berada di luar ruangan. Tak hanya itu, WiFi portable dapat mendukung pekerjaanmu saat kamu kesulitan menemukan tempat dengan jaringan internet memadai. 

Bagi kamu yang bekerja secara remote dan berpindah-pindah, memiliki WiFi portable bisa menjadi hal wajib. Kamu juga bisa terus terhubung dengan internet untuk membangun kariermu di bidang tertentu. EKRUT juga dapat membantumu mengembangkan karier dengan menyediakan informasi dan platform rekrutmen yang kiranya relevan dengan kebutuhan kariermu.

Kamu bisa mendaftarkan diri lewat EKRUT untuk dapat terhubung dengan berbagai perusahaan yang tengah mencari kandidat pegawai baru. Silakan klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • worldsim.com
  • itigic.com
  • online-sciences.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_metadata_adalah.jpg

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read