Technology

10 Cara Kompres Video Secara Online atau Menggunakan Aplikasi

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Cara_Kompres_Video_Secara_Online_atau_Menggunakan_Aplikasi.jpg

Apakah kamu kesulitan mengunggah video karena ukurannya terlalu besar? Simak cara kompres video berikut ini agar ukuran video kamu menjadi lebih kecil.

Apa itu kompres video?


Cara kompres video sangat mudah dan bisa menggunakan komputer atau ponsel - Pexels

Kompres video adalah cara yang dilakukan untuk mengecilkan ukuran video menggunakan komputer dan ponsel. Umumnya, untuk mengompres video kamu membutuhkan aplikasi tambahan. Ada juga situs yang menyediakan fitur kompres video.

Beberapa manfaat mengompres video adalah untuk mengurangi penyimpanan memori, memudahkan proses unduh, dan mempercepat proses unggah video untuk dikirimkan ke aplikasi kirim pesan atau media sosial.

Baca juga: 5 Cara kompres PDF online dan offline dengan mudah

Cara kompres video online


Cara kompres video yang pertama adalah menggunakan situs online - Pexels

Cara kompres video yang pertama adalah melalui situs online. Kamu dapat menggunakan cara kompres video yang satu ini dari komputer dan ponsel pintar. Simak beberapa situs yang dapat memberikanmu cara kompres video secara online berikut ini.

1. Aconvert.com

Situs Aconvert ini menyediakan layanan kompres video, selain itu ada juga menyediakan layanan kompres untuk dokumen, foto, e-book, audio, ikon, dan berbagai format lainnya. Sudah ada lebih dari 300.000.000 file yang dikompres menggunakan situs ini.

Berikut cara kompres video di situs Aconvert:

  • Kunjungi situs www.aconvert.com. Kemudian, scroll sampai kamu bertemu jendela Online Converter.
  • Klik tombol Add Files untuk menambahkan file yang ingin kamu kompres. Kamu pun bisa menambahkan berbagai file sekaligus.
  • Setelah file terunggah, klik tombol Target di sebelah kiri bawah jendela untuk memilih format akhir dari file yang ingin kamu kompres.
  • Jika sudah, klik tombol Convert Now untuk melakukan kompres dokumen.
  • Hasil kompres dokumen kamu akan tersedia di jendela Conversion Results yang berada tepat di bawah jendela Online Converter.
  • Kamu bisa mengunduh hasil kompres dokumen yang tersedia di bawah Output File atau menekan ikon Save di sebelah kanan jendela.

Sayangnya, cara kompres video menggunakan situs Aconvert ini hanya bisa digunakan untuk dokumen dengan ukuran di bawah 40 MB.

2. Videosmaller.com

Cara kompres video berikutnya adalah menggunakan situs videosmaller.com. Tidak seperti situs sebelumnya yang menyediakan layanan kompres berbagai dokumen, kamu hanya dapat melakukan kompres video di situs gratis ini. Sayangnya, cara kompres video dengan situs ini terbatas untuk ukuran video maksimal 500 MB.

Berikut cara kompres video melalui situs videosmaller:

  • Kunjungi situs www.videosmaller.com. Temukan tombol Browse untuk mengunggah video yang ingin kamu kompres. Kamu bisa mengunggah video dalam format MP4, AVI, MPEG, dan MOV.
  • Setelah mengunggah video, kamu dapat mengatur tingkat kompresi rendah namun tetap dalam kualitas terbaik atau menghilangkan suara di video tersebut. Kamu hanya perlu mencentang kotak yang bersangkutan.
  • Kamu juga dapat mengurangi skala lebar video mulai dari 160 sampai 1920. Jika kamu tidak ingin menggunakan pilihan ini atau pilihan sebelumnya, kamu bisa langsung melewatinya.
  • Setelah selesai dengan pengaturan tersebut, klik Upload video.
  • Video kamu yang sudah terkompres akan tersedia dalam bentuk tautan yang bisa kamu klik di sebelah tanda Completed.

Kamu tidak perlu khawatir dengan video yang kamu unggah ke situs ini karena file yang sudah terunggah akan dihapus setelah beberapa jam.

3. Ezgif.com

Berbeda dengan dua situs sebelumnya yang hanya menawarkan cara kompres video. Situs ini menawarkan beberapa layanan seperti pembuatan GIF, mengubah video menjadi GIF, menambahkan efek, serta melakukan rotate, crop, cut, optimisasi, dan konversi video.

Berikut cara kompres video melalui situs Ezgif:

  • Kunjungi situs www.ezgif.com. Kemudian, pilih Video to GIF dan pilih lagi Resize. Untuk memudahkan, kamu bisa mengganti alamat menjadi ezgif.com/resize-video.
  • Untuk mengunggah video, klik Choose File yang berada di bawah tulisan Select video from your computer yang berada di jendela Resize Video Online. Kamu juga bisa mengompres video dari tautan, tuliskan tautan di bawah pilihan Or paste video URL. Kemudian klik tombol Upload video.
  • Setelah proses unggah selesai, ubah skala video kamu menjadi lebih kecil sesuai kebutuhanmu, lalu klik Resize video. Video kamu yang sudah dikompres akan tersedia untuk bisa kamu unduh.

Sama seperti situs sebelumnya yang memiliki batasan, di situs ini kamu hanya bisa mengunggah video dengan ukuran maksimal 100 MB dalam format MP4, WebM, AVI, MPEG, FLV, MOV, atau 3GP.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline

4. Clideo.com

Situs ini sudah digunakan oleh lebih dari 4 juta pengguna setiap bulannya. Website ini menyediakan layanan kompres video, resize video, editing video mulai dari merge, cut, crop, rotate, sampai menambahkan subtitle dan lagu.

Kamu juga bisa membuat video loop, stop motion, reverse, hingga meme. Situs Clideo ini menawarkan cara kompres video yang cepat dan aman. Kamu pun bisa mengecek preview dari hasil video yang dikompres sebelum kamu mengunduhnya.

Berikut cara kompres video di situs Clideo:

  • Kunjungi situs www.clideo.com atau clideo.com/compress-video untuk langsung ke layanan kompres video.
  • Klik Choose file untuk mengunggah video yang ingin kamu kompres. Selain mengunggah video dari komputer, kamu juga bisa mengunggah video langsung dari Google Drive dan Dropbox. Setelah itu, kamu harus menunggu sampai hasil kompres video selesai.
  • Setelah selesai, hasil video yang sudah dikompres akan ditampilkan dengan informasi ukuran akhir dari video tersebut. Kamu bisa langsung mengunduh video ke komputer dan ponselmu atau kamu bisa mengunggah video ke Google Drive dan Dropbox.

Sayangnya, ukuran maksimal dari video yang ingin kamu unggah untuk dikompres adalah 500 MB dan terdapat watermark clideo.com di video yang sudah dikompres. Untuk kamu pengguna Apple, kamu bisa menggunakan layanan dari Clideo ini dengan aplikasi yang bisa kamu unduh App Store.

5. FreeConvert.com

Situs yang satu ini memang hanya menyediakan layanan kompres dan konversi format dokumen saja, tapi situs ini memiliki batas ukuran unggah dokumen paling besar, yaitu maksimal 1 GB. Selain itu, kamu bisa mengompres berbagai dokumen.

Berikut cara kompres video di situs Freeconvert:

  • Kunjungi situs www.freeconvert.com atau freeconvert.com/video-compressor untuk langsung ke layanan kompres video.
  • Klik tombol Choose Files untuk mengunggah dokumen. Kamu dapat mengunggah dokumen dari komputer atau ponselmu, Dropbox, Google Drive, atau URL. Setelah itu, klik Submit. Kamu pun dapat mengunggah beberapa dokumen sekaligus.
  • Setelah memilih dokumen, kamu akan diminta memilih format output seperti MP4, FLV, MKV, AVI, MOV, atau 3GP. Kamu juga dapat mengubah beberapa pengaturan seperti video codec, metode kompres, juga ukuran persentase. Jika sudah siap mengunggah, klik Compress Now
  • Tunggu beberapa saat hingga video kamu selesai terkompres. Kamu bisa mengunduh video langsung ke komputer dan ponselmu atau menyimpan video ke Google Drive dan Dropbox. Setelah selesai mengompres, kamu diberikan pilihan untuk mengompres video lain atau menghapus video yang baru saja kamu kompres dari server website untuk keamanan.

Baca juga: 8 Software edit video untuk Android dan iOS terbaik 2022

Cara kompres video dengan aplikasi


Cara kompres video berikutnya adalah menggunakan aplikasi handphone - Pexels

Cara kompres video yang berikutnya adalah menggunakan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui App Store untuk pengguna Apple dan Google Play Store untuk pengguna Android.

1. VidCompact


Cara kompres video menggunakan aplikasi VidCompact - VidCompact

VidCompact adalah aplikasi untuk pengguna Android yang menyediakan layanan kompres video, konversi ke MP4, multi-format supported, compact strongly, dan rapid compression.

Berikut cara kompres video dengan aplikasi VidCompact:

  • Kunjungi Google Play Store dan cari VidCompact dan unduh aplikasinya ke ponselmu.
  • Setelah selesai proses install, buka aplikasi VidCompact tersebut.
  • Klik menu Trim & Compress kemudian pilih video yang ingin kamu kompres.
  • Setelah itu, pilih resolusi mulai dari 240p-480p sesuai kebutuhanmu.
  • Klik Compress Video dan klik Save to Gallery untuk memulai proses kompres video. Tunggu hingga proses kompres selesai dan video otomatis tersimpan di galeri HP kamu.

2. YouCut


Cara kompres video menggunakan aplikasi YouCut - YouCut

Aplikasi YouCut ini tersedia gratis untuk pengguna Android, namun berbayar untuk pengguna Apple. Aplikasi ini menyediakan fitur kompres video, merge, cut & split video dan foto, juga transisi video.

Berikut cara kompres video dengan aplikasi YouCut:

  • Kunjungi Google Play Store dan cari YouCut dan unduh aplikasinya ke ponselmu.
  • Setelah selesai proses install, buka aplikasi YouCut tersebut.
  • Klik ikon + untuk mengunggah video yang ingin kamu kompres.
  • Setelah memilih video, akan muncul fitur editing sehingga kamu bisa mengedit video tersebut sebelum mengompresnya.
  • Jika kamu sudah selesai mengedit atau tidak mengedit sama sekali, klik Compress untuk memulai proses kompres video.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai dan kamu bisa menyimpan video ke galeri ponsel kamu.

3. Video Compressor


Cara kompres video menggunakan aplikasi Video Compressor - Video Compressor

Aplikasi Video Compressor ini hanya tersedia untuk kamu yang menggunakan ponsel Android.

Berikut cara kompres video dengan aplikasi Video Compressor:

  • Kunjungi Google Play Store, cari Video Compressor dengan tampilan logo seperti foto di atas. Kemudian, unduh dan buka aplikasi.
  • Klik pilih dari folder di jendela kompres video untuk memilih video yang ingin kamu kompres. 
  • Setelah memilih video, kamu akan diberi pilihan pengaturan. Kamu bisa memilih kualitas kompresi (kualitas tinggi/rendah) dan pilihan untuk menghilangkan suara. Tersedia pilihan ukuran akhir video beserta dimensi dan persentase kompres, untuk memudahkan kamu memilih sesuai kebutuhan kamu. Untuk pilihan kustom, kamu bisa langsung mengatur resolusi dan bit rate.
  • Setelah itu, pilih kompres video untuk memulai proses kompres.
  • Tunggu proses selesai dan video kamu sudah otomatis tersimpan di penyimpanan internal HP-mu.

Baca juga: Cara memotong video dengan mudah di Windows, Android, dan iPhone

4. Panda Compressor


Cara kompres video menggunakan aplikasi Panda Compressor  - Panda Compressor

Aplikasi Panda Compressor ini tersedia untuk pengguna Apple dan Android. Aplikasi ini menyediakan fitur kompres foto, video, dokumen, dan editing video.

Berikut cara kompres video dengan aplikasi Panda Compressor:

  • Kunjungi Google Play Store atau App Store, cari Panda Compressor dengan tampilan logo seperti foto di atas. Kemudian, unduh dan buka aplikasi. 
  • Klik Video Compress kemudian pilih video yang ingin kamu kompres.
  • Kamu akan diberikan pilihan untuk kompres video berdasarkan kualitas (very low-very high) atau berdasarkan resolusi (360x240-4608x3072), kemudian klik Compress.
  • Setelah beberapa saat, video hasil kompres akan muncul dengan informasi ukuran awal dan akhir dari hasil kompres. Kamu bisa menyimpannya langsung ke galeri HP kamu.

Aplikasi ini gratis, tapi mungkin kamu akan sedikit terganggu dengan pop-up ads.

5. Video Compressor


Cara kompres video menggunakan aplikasi Video Compressor - Pexels

Aplikasi Panda Compressor ini hanya tersedia untuk pengguna Apple. Aplikasi ini memiliki tampilan pengguna yang sangat sederhana dan tidak bertele-tele.

Berikut cara kompres video dengan aplikasi Video Compressor:

  • Kunjungi App Store, cari Video Compressor dengan tampilan logo seperti foto di atas. Kemudian, unduh dan buka aplikasi.
  • Klik Open Gallery untuk mencari video yang ingin dikompres.
  • Setelah itu, kamu akan disediakan pilihan pengaturan untuk memilih kualitas video (low-high) dan dimensi video (small-original). Kamu juga akan diberikan informasi ukuran akhir video berdasarkan pengaturan tadi.
  • Kemudian, klik Compress 1 video dan tunggu beberapa saat sampai video selesai. Kamu akan diberikan pilihan untuk menyimpan video asli atau membuangnya dan bersamaan dengan kamu memilih, video telah otomatis tersimpan di galeri HP-mu.

Baca juga: 12 Aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS 2022

Itu tadi cara kompres video menggunakan situs online dan aplikasi HP. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di atas untuk mengedit atau kompres foto.

Daftarkan juga diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Untuk kamu yang masih mencari kerja, jangan sampai salah pilih foto, ya! Tonton juga video cara memilih foto di CV berikut ini.

Sumber: 

  • domainesia 
  • gadgetlogi 
  • arenaponsel
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video