Published on

Technology

Cara Melihat Followers Instagram yang Palsu dengan 5 Tools Ini!

Sylvia Rheny

Simak!_Cara_Mengetahui_dan_Melihat_Followers_Instagram_yang_Palsu.png

Jika kamu bertanya, apa pentingnya mengetahui followers Instagram sebuah akun adalah real atau bot, maka jawabannya adalah karena ada beberapa pengguna Instagram yang membeli followers untuk suatu kepentingan tertentu.

Membeli followers palsu biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membuka endorse hingga menaikkan rate card seseorang dalam menerima endorse dari suatu brand. Jika telah berhubungan dengan bisnis, maka membeli followers palsu demi kepentingan pribadi ini bisa masuk pada fraud yang berujung merugikan klien.

Untuk mengantisipasinya, maka sebelum menjalin kerja sama, ada baiknya kamu melakukan cek keaslian followers akun Instagram tersebut. Lalu, bagaimana cara melihat followers Instagram asli atau palsu? Yuk, simak caranya di bawah ini!

Baca juga: 7 Cara efektif menambah followers Instagram

Mengecek followers akun Instagram


Cara melihat followers Instagram yang palsu tanpa tools. (Sumber: Pexels)

Cara paling mudah melihat followers Instagram yang palsu adalah dengan cara membuka profil akun Instagram yang dimaksud, kemudian pilih “Followers” atau “Pengikut”, setelah itu kamu bisa membuka satu per satu akun yang ada dalam daftar followers tersebut. Cara ini adalah cara yang bisa dilakukan tanpa tools namun sedikit merepotkan.

Followers Instagram yang palsu bisa diketahui dari ciri-ciri yang bisa dilihat dari akun tersebut. Berikut adalah beberapa cara melihat followers Instagram asli atau palsu beserta ciri-cirinya.

1. Melihat foto profil yang digunakan

Akun followers Instagram yang palsu biasanya memakai foto yang diambil dari Google. Foto-foto yang dipakai misalnya foto artis-artis terkenal, foto anime, foto pemandangan, foto quotes, dan masih banyak lagi.

2. Memiliki jumlah followers yang sedikit, bahkan terpaut jauh dari jumlah following-nya

Akun followers Instagram yang palsu jelas menggunakan identitas palsu yang dibuat-buat sehingga wajar jika akun tersebut tidak memiliki followers karena tidak ada yang mengenalnya. Selain itu, akun palsu cenderung tidak aktif dan tidak menarik untuk diikuti.

3. Memiliki jumlah following yang banyak

Seperti tujuan dibuatnya, satu akun followers Instagram yang palsu biasanya bisa digunakan untuk mengikuti puluhan hingga ratusan akun-akun Instagram asli atau bahkan lebih. Akun followers Instagram yang palsu ini memang sengaja diciptakan untuk bisnis jual beli followers Instagram, jadi wajar saja jika jumlah following-nya banyak.

4. Jarang ada unggahan di Instagram post atau story

Meskipun beberapa akun followers Instagram yang palsu ada yang mengunggah konten berupa feed di Instagram-nya, namun hal tersebut hanya dilakukan sesekali saja, mayoritas akun palsu hampir tidak pernah mengunggah konten apapun di dalam akunnya.

5. Jarang atau hampir tidak pernah melakukan aktivitas harian

Akun followers Instagram yang palsu digunakan hanya untuk meningkatkan jumlah followers Instagram suatu akun, meskipun sebenarnya juga ada akun palsu yang ditujukan untuk meningkatkan engagement rate. Namun, mayoritas akun-akun Instagram ini jarang aktif sehari-hari.

Baca juga: 3 Cara melihat Insight Instagram

5 Tools untuk mengetahui followers palsu di Instagram


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan tools. (Sumber: Pexels)

Selain melakukan penelusuran followers secara manual, masih ada cara melihat followers Instagram dan mengetahui apakah mereka merupakan followers asli atau palsu. Caranya adalah dengan menggunakan tools yang telah tersedia dan bisa kamu akses baik secara gratis maupun berbayar. Berikut tools yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui followers palsu di Instagram.

1. FakeCheck


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan FakeCheck. (Sumber: FakeCheck)

Cara melihat followers Instagram yang palsu adalah dengan menggunakan FakeCheck. Alat ini melakukan pemindaian profil pada daftar followers dan menampilkan berapa jumlah followers palsu dibandingkan followers asli. Selain itu, FakeCheck juga menyebutkan akun followers palsu mana yang paling mencurigakan.

Untuk mengakses full report dari tool ini, maka kamu perlu membayar seharga $15. Setelah itu, kamu akan diberikan 10 kredit untuk bisa mengakses full report dari 10 akun Instagram yang ingin kamu ketahui keaslian followers-nya.

2. Modash.io


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan Modash. (Sumber: Modash.io)

Modash adalah platform yang membantu brand menemukan dan mengaudit influencer Instagram di seluruh dunia. Kamu bisa memanfaatkan tool ini sebagai cara melihat followers Instagram yang palsu. Modash akan menampilkan pratinjau kecil dan kamu dapat menggunakannya untuk mengaudit profil Instagram dan mendapatkan insight dari data statistik mereka.

Baca juga: Panduan lengkap membuat akun Instagram bisnis 2022

3. Social Audit Pro


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan Social Audit Pro. (Sumber: Social Audit Pro)

Cara melihat followers Instagram yang palsu selanjutnya bisa dengan tool bernama Social Audit Pro. Social Audit Pro adalah layanan berbayar yang menyediakan analisis followers untuk akun Instagram. Social Audit Pro ini melakukan audit penuh yang mencakup analitik yang berguna.

Terdapat tingkat pembayaran yang berbeda tergantung pada seberapa besar akun yang ingin dilihat keaslian followers-nya. Pricelist dari tool ini mulai dari $5 untuk akun dengan 5.000 followers hingga $20 untuk akun dengan 20.000 followers.

4. Hype Auditor


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan Hype Auditor. (Sumber: Hype Auditor)

Hype Auditor adalah salah satu tool terbaik untuk melihat keaslian followers Instagram. Tak hanya sebagai cara melihat followers Instagram, tool ini juga menawarkan informasi tentang topik influencer, lokasi influencer, lokasi audiens, dan metrik penting seperti engagement rate dan authentic engagement.

Tool ini bisa diakses secara gratis, namun untuk mendapatkan akses penuh terhadap analitik akun Instagram, maka kamu bisa bergabung dengan basic plan mulai dari $399 per bulan.

5. TrendHERO


Cara melihat followers Instagram yang palsu menggunakan TrendHERO. (Sumber: TrendHERO)

Cara melihat followers Instagram palsu juga bisa menggunakan tool yang bernama TrendHero. TrendHero ini menawarkan informasi yang sangat mendetail tentang akun Instagram manapun, selain itu, tool ini juga memiliki antarmuka yang cantik dan mudah digunakan.

Pricing untuk tool ini pun beragam, yaitu mulai dari Lite, Pro, dan Advanced. Kisaran harga per bulan untuk tool ini, yaitu $9.99 hingga $99.9.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan engagement instagram

Membandingkan interaksi followers


Cara melihat followers Instagram yang palsu dengan membandingkan interaksi. (Sumber: Pexels)

Cara melihat followers Instagram yang palsu juga bisa dilakukan dengan membandingkan jumlah interaksi likes dan jumlah followers pada akun Instagram tersebut. Apabila jumlah likes dan comments sangat jauh berbeda dengan jumlah followers pada Instagram tersebut, maka kemungkinan besar akun tersebut didominasi oleh followers palsu.

Meskipun begitu, tidak ada standar yang pasti berapa engagement rate yang harus dimiliki oleh setiap akun untuk memastikan keaslian followers-nya karena selain followers, masih ada layanan auto like yang banyak diperjualbelikan di internet. Sehingga lebih sulit mendeteksi keaslian followers melalui cara ini.

Baca juga: Influencer marketing: Pengertian, jenis, dan 6 tren sepanjang 2022

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara melihat followers Instagram asli atau palsu. Jangan lupa melakukan beberapa cara di atas sebelum memutuskan influencer mana yang ingin kamu pilih untuk memasarkan produkmu secara online, ya! 

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Atau, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Peertopeermarketing.co
  • HypeAuditor
  • Grin
  • Trend Hero
  • Social Audit Pro
  • Influencer Marketing Hub

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    twitter-EKRUT.jpg

    Technology

    Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    3 min read
    H1_website_jurnal.jpg

    Lainnya

    10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

    Nurina Ulfah

    30 September 2022
    5 min read

    Video