Published on

Technology

5 Cara Mematikan Laptop dengan Mudah dan Aman 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Mematikan_Laptop.jpg

Tahukah kamu, bahwa terdapat beberapa cara untuk mematikan laptop selain menggunakan cara manual? Nah, jika kamu belum tahu, maka perhatikan beberapa cara mematikan laptop berikut ini agar kamu terhindar dari crash atau masalah pada laptopmu.

Bahaya mematikan laptop sembarangan


Mematikan laptop dengan tiba-tiba bisa merusak beberapa komponen pemrograman dan teknis perangkat (Sumber: Pexels)

Sebelum kita membahas bagaimana cara mematikan laptop dengan mudah selain dengan cara manual, kita perlu mengetahui beberapa bahaya mematikan laptop sembarangan.

Menurut HiTekno, ada beberapa bahaya jika kita mematikan laptop dengan tidak benar atau secara paksa. Beberapa bahaya tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

  • Membuat RAM bermasalah, hal ini dapat terjadi jika kita sering mematikan laptop dengan tiba-tiba atau paksa ketika masih ada aplikasi berjalan atau sedang menyimpan data.
  • Kerusakan pada prosesor, hal ini disebabkan oleh perilaku mematikan laptop yang tergesa-gesa dan membuat proses pendinginan prosesor tidak berjalan seperti pada mestinya.
  • Memicu registry error, tindakan mematikan laptop secara asal dan tiba-tiba dapat membuat registry data internal dalam laptop bisa error atau bermasalah. Sebabnya, saat proses shutdown seyogianya data-data dan aplikasi perangkat lunak sedang diregistrasi ulang hingga laptop siap dimatikan. Jika hal ini dihindari atau laptop tiba-tiba dimatikan paksa, maka proses registry tidak berjalan lancar.
  • Memicu terjadinya bad sector pada hard disk, hal ini dapat terjadi ketika laptop dimatikan tanpa proses shutdown. Piringan hard disk yang berputar untuk memproses data akan tiba-tiba berhenti jika laptop dimatikan begitu saja.

Baca juga: 19 Cara Mematikan Antivirus di PC dengan Mudah dan Cepat

5 Cara mematikan laptop dengan aman


Selain menggunakan cara manual, terdapat pula cara mematikan laptop dengan shortcut maupun lewat perintah command prompt (Sumber: Pexels)

Berdasarkan bahaya-bahaya di atas tadi, kita bisa mencegah terjadinya kerusakan atau gangguan pada pemrosesan laptop dengan mematikannya dengan aman. Adapun beberapa cara untuk mematikan laptop dengan aman dan tepat adalah sebagai berikut.

1. Mematikan laptop menggunakan Alt + F4


Kotak dialog untuk mematikan laptop pada Windows 11 (Sumber: 91mobiles.com)

Jika kamu enggan mematikan laptop dengan touchpad atau mouse, maka salah satu cara pintas yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan Alt + F4. Dengan menekan tombol pintasan ini, kamu akan otomatis keluar dari jendela aplikasi hingga tidak ada lagi jendela terbuka. Setelah itu, kombinasi tombol pintasan ini akan langsung dapat digunakan untuk mematikan laptop dengan lekas.

Baca juga: 8 Langkah Menjaga Jejak Digital di Internet Agar Tetap Bersih

2. Mematikan laptop menggunakan CTRL + Alt + Del

Metode untuk mematikan laptop selanjutnya adalah lewat kombinasi pintasan tombol Ctrl + Alt + Del. Kombinasi untuk mematikan laptop yang satu ini cukup populer dan bisa dilakukan dalam kondisi jendela terbuka sekalipun. Kamu bisa menekan kombinasi tombol ini untuk mendapatkan opsi Shut down, Restart, dan Sleep secara cepat. Setelahnya, kamu bisa memilih Shut down untuk langsung mematikan laptop.

Baca juga: Panduan Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update

3. Mematikan laptop menggunakan Command Prompt


Contoh penggunaan Command Prompt untuk memasukkan syntax agar mematikan laptop otomatis (Sumber: nesabamedia.com)

Jika kamu ingin terlihat tech savvy, maka cara mematikan laptop berikut ini bisa menjadi pilihan. Penggunaan Command Prompt untuk mematikan laptop dapat dilakukan lewat syntax tertentu pada panel CMD. Kita hanya perlu memasukan beberapa perintah berupa syntax untuk mematikan laptop secara otomatis lewat pemrograman Windows. Cara ini dapat dilakukan dengan mengetik “shutdown -s” pada CMD dan kemudian tekan “Enter” pada keyboard lalu klik “Close”. Setelah itu, laptop akan mati secara otomatis.

Baca juga: Cara Cek IP Address di Laptop

4. Mematikan laptop menggunakan shortcut Win + X

Pada dasarnya, penggunaan kombinasi tombol Win + X untuk mematikan laptop ini dilakukan dengan menjalankan menu Power User. Menu ini meliputi Task Manager, Shut Down, dan Computer Management. Namun, untuk urusan mematikan laptop dengan cara ini maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Tekan dan tahan tombol Windows + X
  • Tekan “U” untuk membuka pilihan “Shut Down
  • Tekan “U” sekali lagi untuk memilih “Sign Out” atau mematikan laptop

Baca juga: Windows 10 Kini Sediakan Fitur Baru Tangkapan Layar

5. Mematikan laptop menggunakan Win/Start + Power

Cara mematikan laptop menggunakan kombinasi tombol Win/Start + Power ini dapat diterapkan pada Windows 10 maupun Windows 11. Sedangkan, menurut situs resmi Microsoft, untuk Windows 8.1 cara ini dapat digunakan dengan cara Win + X.

Nah, itulah tadi beberapa cara untuk mematikan laptop dengan lugas dan aman tanpa harus memakai cara manual yaitu menekan logo Windows (Start) lalu mengklik satu per satu perintah Shut Down. Kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mematikan laptop dengan lebih ringkas.

Perlu digarisbawahi bahwa tindakan mematikan laptop langsung dengan menekan tombol Power akan berdampak buruk pada laptop. Hal ini salah satunya dipengaruhi dengan adanya potensi kerusakan power supply dan tidak berjalannya perintah BIOS (Basic Input Output System) sehingga semua aktivitas tidak berhenti secara benar. Jika arus listrik pada laptop mati tiba-tiba saat aktivitas perangkat keras masih berjalan, maka hal ini membahayakan power supply laptop.

Bagi kamu yang merasakan penurunan kinerja laptop akibat beberapa hal terkait cara mematikan laptop, hal mengenai cara-cara mematikan laptop di atas mungkin akan berguna. Sedangkan, jika kini kamu tengah kebingungan mencari karier yang tepat buatmu, maka EKRUT bisa menjadi rekan profesional buatmu.

EKRUT menyediakan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan kerja yang dapat kamu akses secara gratis dengan mendaftar langsung lewat EKRUT. Kamu bisa berpotensi untuk direkrut oleh berbagai perusahaan bonafide lewat EKRUT dan menemukan jalan kariermu. Caranya, klik tautan di bawah ini dan mendaftarlah lewat EKRUT.

Sumber:

  • hitekno.com
  • quicklearncomputer.com
  • support.microsoft.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu NoSQL? Berikut Jenis, Bedanya dengan SQL, dan 5 Kelebihannya!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video