Published on

Technology

7 Cara membuat script video YouTube agar berada di peringkat atas

Nur Lella Junaedi

Cara-membuat-script-video-YouTube---EKRUT.jpg

YouTube memberikan peringkat konten berdasarkan banyak hal namun yang paling ditekankan adalah keterlibat audiens. Keterlibatan audiens dilihat dari waktu tonton, penayangan, like komentar dan share.

Script video memegang peranan penting dalam hal tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara membuat script video YouTube yang menarik. 

1. Buat script video YouTube yang mengundang perhatian 

Buat script video YouTube yang mengundang perhatian - EKRUT 
15 detik pertama dalam video Youtube menjadi hal kritis maka perhatikan hal tersebut - EKRUT

Platform YouTube menyadari bahwa perhatian audiens begitu penting dalam sebuah video. 

Itu kenapa 15 detik pertama dalam video YouTube menjadi hal yang kritis. Sebab, bila dalam 15 detik tersebut script video yang kamu berikan tidak menarik, maka audiens akan berpindah ke channel YouTube lain dengan cepat. 

Cara paling mudah memikat audiens di detik-detik awal tersebut, bisa kamu lakukan dengan membuat hook berupa pertanyaan yang menarik, terkait topik yang kamu bahas atau melempar pernyataan terkait masalah yang akan dibahas dalam topik tersebut.

Baca juga: Mudah, ini 5 cara membuat Youtube channel dan tips lainnya

2. Validasi topik script video yang dibuat

Validasi topik script video yang dibuat - EKRUT
 Gunakan Google tren untuk mengidentifikasi tren di mesin pecari atau youtube - EKRUT

Tidak hanya cukup menentukan topik yang menarik, dalam cara membuat script video YouTube juga harus memerhatikan sisi validasi dari topik yang diangkat. Kamu bisa melakukan beberapa upaya ini. 

  • Menggunakan Google Trends, untuk mengidentifikasi tren di mesin telusur dan YouTube. Caranya hanyalah dengan mengetikkan topik yang kamu buat lalu lihat grafik dari minatnya selama 12 bulan terakhir. 

Apabila terdapat skor antara 50 hingga 100 berarti tren itu cukup tinggi dan banyak dicari oleh audiens. 

  • Menggunakan YouTube suggestions,  inilah adalah cara mencari konten YouTube dari bilah pencarian. Ketik topik di kotak search, lalu nantinya akan muncul saran dari topik yang serupa yang banyak audiens cari. 
  • Gunakan Ahrefs untuk mencari keyword search volume dan mengetahui berapa jumlah pencarian untuk topik tersebut. Identifikasi gagasan mana yang sering dicari orang secara aktif dan masukkan keyword tersebut dalam script video YouTube.

3. Buat lebih personal 

Buat lebih personal - EKRUT
 Buat script lebih komunikatif agar lebih mudah dipahami audiens - EKRUT

Saat kamu membuat konsep video YouTube, pikirkan bahwa kamu seolah-olah sedang berbicara dengan seseorang bukan dengan ribuan orang. 

Ini membuat kamu lebih mudah dalam menyusun script menjadi lebih komunikatif, di samping audiens kamu juga mungkin menonton videonya dengan sendirian. 

Pilihlah bahasa yang mudah dimengerti, dimana seolah-olah kamu sedang menerangkan sesuatu kepada teman serta hindari membuat jargon yang tidak dikenal oleh audiens. 

4. Tentukan durasi 

Tentukan durasi - EKRUT 
Buat Youtube mu menjadi dua bagian bila durasi lebih dari 12 menit - EKRUT

Durasi menjadi hal penting lainnya dalam membuat script YouTube. Ada aturan yang mengatakan untuk membuat video YouTube selama yang diperlukan dan sesingkat mungkin. 

Menurut riset, idealnya dalam membuat video YouTube membutuhkan durasi 12 menit jika memang topik tersebut cukup menarik untuk dibahas. 

Lalu bagaimana jika video YouTube tersebut lebih dari 12 menit? Maka sebaiknya dipotong menjadi dua bagian agar audiens tidak terlalu jenuh melihatnya. 

Baca juga: 5 Cara jitu menambah view YouTube

5. Libatkan konten emosional 

Libatkan konten emosional - EKRUT 
Tekankan topik dari masalah itu untuk menceritakan betapa merugikannya masalah itu - EKRUT

Hal yang kerap dilupakan dalam membuat script adalah membuat naskah yang melibatkan emosi. Maksud emosi di sini bahwa kamu benar-benar menekankan topik dari masalah itu dan menceritakan betapa merugikannya masalah tersebut bila tidak ditangani.

Dengan emosi positif yang kamu bangun, itu artinya kamu juga sedang membangun loyalitas audiens. 

Salah satu contoh membangun emosional dalam script adalah dengan menceritakan pengalaman pribadi dari topik masalah yang kamu angkat dan bagaimana kamu keluar dari permasalahan itu. 

6. Berikan solusi yang nyata 

Berikan solusi yang nyata - EKRUT 
Berikan solusi nyata yang valid dari masalah tersebut - EKRUT

Setelah mengangkat masalah tersebut secara emosional, berikan juga solusi nyata yang valid dari masalah tersebut dengan jelas dan singkat. Bila perlu berikan bukti, dalam bentuk contoh atau statistik untuk mendukung solusi tersebut. 

Pasalnya dengan melakukan ini bisa memperkuat solusi yang diberikan dan channel kamu bisa menjadi rujukan informasi yang dapat dipercaya.

7. Berikan call to action 

Berikan call to action - EKRUT 
Ajak audiensmu untuk melakukan like, komen, share dan subscribe - EKRUT

Di langkah akhir cara membuat script video YouTube yang tidak boleh dilupakan yakni memberikan ajakan bertindak atau call to action (CTA) di akhir video yang kamu buat. 

Bentuk dari CTA ini seperti ajakan untuk melakukan like, komen, share hingga subscribe channel YouTube kamu. Sehingga dengan ajakan ini diharapkan saluran YouTube kamu semakin berkembang dan memiliki banyak penonton. 

Dengan membuat script YouTube dalam tujuh cara di atas, akan membantumu meningkatkan presentasi, menghemat waktu dan mempermudah merangkai kata ketika harus berbicara di depan kamera. 

Baca juga: 7 Langkah cara menjadi Content Creator yang andal di startup

Script juga mengidentifikasi kekurangan dari topik yang kamu angkat dan dengan begitu kamu bisa memberikan solusi yang tepat bagi para penonton.

Cara membuat script video YouTube - EKRUT

Sumber: 

  • compose.ly
  • copywritematters

Tags

Share