Published on

Careers

5 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Algonz D.B. Raharja

H1_Surat_Lamaran_Kerja.jpg

Untuk dapat menarik hati para HRD di berbagai perusahaan, kamu harus yakin bahwa surat lamaran kerja yang kamu buat sudah tepat dan efektif. Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang tepat dan efektif? Perhatikan tips-tipsnya berikut ini.

Format penulisan surat lamaran kerja


Surat lamaran kerja merupakan dokumen utama untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan tujuan (Sumber: Pexels)

Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang dibuat oleh calon pelamar kerja kepada pemberi kerja untuk mengawali proses rekrutmen. Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang dibuat untuk memperkenalkan diri seseorang secara profesional kepada pihak pemberi kerja. Oleh karena itu, pelamar kerja diharapkan membuat surat lamaran kerja dengan lengkap dan efisien.

Surat lamaran kerja yang baku mencakup narasi tentang pengalaman kerja sebelumnya atau pengalaman organisasi selama sekolah. Begitu pula harus disertakan secara naratif latar belakang pendidikan seseorang di dalam sebuah surat lamaran kerja. Jangan lupa, surat lamaran kerja perlu disertai dengan penjelasan singkat tentang kualifikasi dan kemampuan utama dari seorang pelamar kerja.

Berikut ini adalah format umum dalam penulisan surat lamaran kerja yang perlu kamu ketahui lebih lanjut.

1. Kepala surat (heading)

Bagian pertama dari surat lamaran kerja adalah heading atau kepala surat. Pada bagian ini, kamu harus menyertakan nama dan alamat perusahaan di mana surat lamaran kerja nantinya akan ditujukan.

Bagian kepala surat ini umumnya ditujukan kepada Manajer Rekrutmen atau Human Resource and Development (HRD) di sebuah perusahaan. Atau jika ragu untuk menulis demikian, kamu bisa menuliskan nama perusahaannya secara lengkap.

Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran kerja yang Baik dan Benar

2. Salam (salutation)

Bagian salutation umumnya berisi salam singkat yang ditujukan kepada Manajer HRD perusahaan terkait. Gunakanlah salam yang profesional secara umum seperti “Dear Mr. Smith” atau “Kepada Manager HRD PT. XYZ”.

3. Pendahuluan


Surat lamaran kerja perlu dilengkapi dengan pendahuluan untuk menentukan alur narasi atau deskripsi diri pelamar (Sumber: Pexels)

Setelah salam singkat, surat lamaran kerja perlu diawali dengan pendahuluan singkat seperti perkenalan diri dan informasi terkait di mana pelamar kerja mendapat lowongan pekerjaan untuk perusahaan tersebut. Bagian pendahuluan dalam surat lamaran kerja juga digunakan untuk memperkenalkan diri secara profesional dan singkat agar menarik pihak yang menerima surat lamaran kerja. Kamu bisa memperkenalkan nama dan keinginanmu untuk melamar di posisi tertentu pada bagian ini.

4. Badan surat

Pada bagian badan surat ini, pelamar kerja mulai menarasikan alasan dan latar belakang yang mendasari keinginannya melamar kerja di perusahaan terkait. Berikan alasan valid dan narasi persuasif yang menarik seperti kesamaan visi, keinginan mengembangkan karier lewat posisi tertentu di perusahaan, dan lain sebagainya.

Sertakan pula latar belakang pendidikan atau sertifikasi yang bisa menunjang kualifikasimu untuk mendapatkan posisi terkait. Jika posisi tersebut tidak relevan dengan pendidikanmu, kamu bisa menggunakan pengalaman kerja atau sedikit deskripsi tentang portofoliomu.

Badan surat dalam surat lamaran kerja amat menentukan, sehingga jika kamu memiliki referensi dari orang lain yang mengetahui kapasitas profesionalmu, cobalah untuk menyertakan kontak orang tersebut. Referensi bisa merujuk pada atasan atau dosen pembimbing yang mengetahui kinerjamu sebelumnya.

5. Penutup

Setelah yakin dengan badan surat yang persuasif dan profesional, kamu perlu menutup surat lamaran kerja dengan efektif. Sertakan harapan dan terima kasih atas lowongan kerja yang kamu lamar dan tunjukkan lewat kalimat singkat seperti, “Terima kasih atas perhatian bapak/ibu …, saya berharap untuk segera dapat mengimplementasikan kemampuan saya lewat posisi … di perusahaan … dengan sebaik mungkin”.

Baca juga: Contoh Email Lamaran Kerja Profesional dan 8 Poin Penting

5 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja 


Surat lamaran kerja perlu ditulis dengan efektif dan tidak bertele-tele (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui format surat lamaran kerja di atas, kamu harus tahu beberapa tips yang akan menunjang surat lamaran kerja milikmu. Adapun beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif adalah sebagai berikut.

1. Lakukan riset tentang perusahaan tujuan

Tips utama sebelum kamu menulis surat lamaran kerja adalah riset sederhana mengenai perusahaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mengetahui beberapa hal tentang perusahaan tersebut, minimal visi misi dan hal umum seperti bidang perusahaan dan target pasar mereka. Pengetahuan tentang perusahaan tujuan dapat memudahkan pelamar kerja dalam menulis surat lamaran kerja secara persuasif.

2. Tampilkan kepercayaan diri

Dalam menulis surat lamaran kerja, pastikan dirimu berani menampilkan sosok dirimu secara impresif. Kamu bisa sertakan capaian-capaianmu sepanjang karier atau saat menempuh pendidikan. Sampaikan hal-hal positif tentangmu dengan bahasa yang tidak terkesan sombong tetapi lebih kepada profesionalitas.

Baca juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Profesional

3. Sampaikan ketertarikan dan relevansi


Pelamar kerja perlu menjelaskan relevansi atau ketertarikan diri dengan posisi yang dilamar dalam surat lamaran kerja (Sumber: Pexels)

Untuk membangun engagement dan hubungan baik dengan perusahaan tujuan, kamu perlu menyampaikan ketertarikan dan relevansimu terhadap posisi yang ditawarkan perusahaan. Tulis sesuatu yang menyiratkan bahwa kamu cocok dengan posisi tersebut karena pengalaman atau latar belakang pendidikan. Bangunlah kepercayaan diri dengan meyakini bahwa kamu dapat memaksimalkan kualifikasimu lewat posisi tersebut.

4. Gunakan kalimat efektif dan ringkas

Satu hal yang terlihat mudah namun nyatanya sulit adalah menulis surat lamaran kerja dengan kalimat efektif dan ringkas. Usahakanlah kamu membuat kalimat pendek dan to the point, serta tidak bertele-tele. Dengan begitu, kamu bisa membuat pembaca surat lamaran kerja lebih mudah memahami dirimu.

5. Sampaikan tujuan dan alasan melamar dengan tepat

Untuk meyakinkan pemberi kerja, kamu perlu melengkapi surat lamaran kerja dengan narasi tentang tujuan dan alasanmu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Buatlah alasan dan tujuan yang realistis. Hal ini akan memudahkanmu menjawab pertanyaan jika nantinya telah sampai pada tahapan wawancara. Hindari alasan atau latar belakang yang terlalu tinggi atau terkesan mewah tapi tidak realistis.

Baca juga: 10 Cara Melamar Kerja Ini Bisa Bikin HRD Terkesan

Contoh surat lamaran kerja


Surat lamaran kerja yang baik mencakup tujuan dan kualifikasi penunjang bagi pelamar kerja (Sumber: Pexels)

Agar kamu memiliki gambaran lebih tentang surat lamaran kerja yang ideal, berikut ini ada dua contoh surat lamaran kerja sederhana dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

1. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Indonesia

Yth.
Bapak/Ibu Manajer HRD
PT EKRUT TEKNOLOGI PASIFIK
Millennium Centennial Center, 38th-39th Floor
Jalan Jendral Sudirman No. 25 Kota Jakarta Selatan 12920

Dengan hormat,

Saya menemukan lowongan pekerjaan di situs perusahaan Anda pada tanggal 31 Januari 2022. Saya tertarik untuk mengisi lowongan tersebut sebagai Data Analyst di EKRUT. Setelah membaca job description dan persyaratannya, saya yakin pekerjaan ini sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang saya miliki.

Saya baru saja lulus dengan gelar Sarjana Manajemen di Universitas XYZ. Saat ini, saya ingin mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan pada perusahaan Anda. Saya dapat menganalisis data dengan baik dan teliti dengan menggunakan sistem A yang sudah pernah saya pelajari sebelumnya.

Saya pun memiliki pengalaman magang sebagai asisten Data Analyst di PT ASFG selama periode Juli-Oktober 2021. Kiranya pengalaman magang ini dapat menjadi modal saya untuk mengimplementasikan kualifikasi saya dengan baik di EKRUT.

Bersama ini saya sudah lampirkan CV dan sertifikat sebagai bahan pertimbangan Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang pengalaman saya, silakan hubungi saya melalui surel atau nomor ponsel.

Terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya.

Hormat saya,

Nengah Windu Supraba
nengahwindu@gmail.com
0812 345 678

2. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris

HR Division
Nusatrip Travelindo Indonesia
Wisma Millenia Lantai 18-20. Jalan Medan Merdeka Selatan No.17. Jakarta 10110 P.O. BOX Jakarta 10012

Dear Human Resources Division,

As I knew, NUSATRIP has a long history as a travel agent since 2002. Because of this fact about NUSATRIP, I am looking for some opportunities to join NUSATRIP through the Tourist and Relation Manager position. I came from three years of experience as a tourist researcher based on ecotourism. But I have a desire to join NUSATRIP because of its capabilities in the tourism business.

I’d like to join NUSATRIP because I have had the experience of being a researcher and tourist planner since I passed the college in Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. In addition, I also did some creative writing within JogjaTrip on tourism issues in Yogyakarta and SuaraDewata in my hometown, Bali.

This position is possible for me because I came from a Tourism major’s degree on both bachelor and master degree. Beside that, I also had several works on tourism research around the nation since 2014. I also have an observation skill which makes me aware of a situation changing. My capabilities in writing tasks will be the advantages of this position.

I also have a good grade in Bahasa Indonesia, Balinese Language, and English both oral and writing, and upper-intermediate in Javanese Language. So, I think it will be advantageous for me to develop my interpersonal skills to fit in this company. 

I have two years of experience as a tourism researcher at the Tourism Study Center UGM. I did some research on Ecotourism and Village Based Tourism with my colleagues there and it was such an experience to know more about tourism policy and its problems.

If so, then you need to look no further. You will see from my enclosed resume that I attached to find something more about me. I would very much like to discuss opportunities with NUSATRIP. To schedule an interview, please do not hesitate to reach me through my email.

Thank you for taking the time to review my resume. I look forward to discussing this with you.

Sincerely,

Tjokorda Raka Bagus Dwi Pataka, S.Par., M.Sc.
tjokordadwi@gmail.com
+62 85 7000 541 32

Baca juga: 7 Contoh Cover Letter da Tips Agar Dilirik HRD

Itulah tadi beberapa contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam menulis surat lamaran kerja. Buatlah surat lamaran kerja dengan efektif dan efisien serta tunjukkanlah kepercayaan dirimu lewat surat lamaran kerja yang kamu buat.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terkait karier dan kesempatan kerja lewat EKRUT. Kamu juga bisa mendaftarkan dirimu lewat EKRUT untuk mendapatkan potensi direkrut berbagai perusahaan sesuai kualifikasi yang kamu miliki.

Kamu hanya perlu menyiapkan CV dan surat lamaran kerja terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftarkan dirimu lewat EKRUT.

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • katadata.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read
    pexels-cottonbro-6830863_(1).jpg

    Careers

    Panduan Membuat Application Letter dalam Bahasa Inggris Terlengkap 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    7 min read
    6_Contoh_Surat_Rekomendasi_yang_Profesional_untuk_Berbagai_Keperluan.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Rekomendasi yang Profesional untuk Berbagai Keperluan

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    29 June 2022
    7 min read

    Video