Published on

jobs

9 Cara mendapatkan backlink berkualitas

Maria Tri Handayani

cara-mendapatkan-backlink-berkualitas---EKRUT.jpg

Backlink yang berkualitas merupakan salah satu hal penting dalam melakukan optimasi SEO yang sukses karena dapat memengaruhi peringkat website kamu di mesin pencari. 

Agar kamu lebih memahami pentingnya backlink beserta cara mendapatkan backlink berkualitas tersebut, berikut adalah ulasan selengkapnya. 

Apa itu backlink

cara mendapatkan backlink berkualitas - EKRUT
Selain menerima backlink, kamu juga dapat memberikan backlink bagi situs lain - EKRUT

Backlink adalah link atau tautan dari suatu situs yang mengarahkan ke halaman situs kamu. Backlink juga biasa dikenal dengan sebutan inbound links atau incoming links. 

Dalam praktiknya kamu bisa menjadi pemberi backlink bagi situs lain dengan memasang tautan di situs kamu yang mengarah ke situs tersebut. Sebaliknya, kamu pun bisa menjadi penerima backlink ketika ada situs yang memasang link untuk mengarahkan ke situs kamu.

Proses untuk mendapatkan backlink inilah yang dalam teknik SEO dikenal dengan sebutan link building

Baca juga: Kenali link wheeling untuk strategi SEO

Lalu, kenapa backlink penting?

cara mendapatkan backlink berkualitas - EKRUT
Mendapatkan banyak backlink berkualitas membawa peluang datangnya traffic ke situs kamu - EKRUT

Backlink menjadi penting dalam SEO karena dapat memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa ada orang lain yang menjamin konten kamu. 

Ketika ada banyak situs memasang link yang mengarah ke situs kamu, maka search engines dapat menyimpulkan bahwa konten situs kamu tersebut layak untuk ditautkan sehingga layak pula untuk muncul di halaman hasil mesin pencari. 

Sehingga dapat dipahami bahwa sebenarnya backlink dapat memengaruhi kredibilitas hingga visibilitas atau ranking situs kamu di mesin pencari. Hal ini tentu secara tidak langsung juga akan berdampak pada semakin tingginya peluang datangnya traffic ke situs kamu tersebut. 

Meski begitu perlu kamu ingat bahwa meskipun mendapatkan banyak backlink dianggap dapat membantu optimasi SEO situs kamu, namun tidak semua tautan yang kamu dapatkan bisa memberikan dampak yang signifikan. 

Jika kamu ingin peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, maka fokuslah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. 

Backlink yang berkualitas dapat memberikan pengaruh positif yang lebih kuat dan signifikan dibanding backlink berkualitas rendah dalam jumlah yang banyak. 

Apa itu backlink yang berkualitas?

cara mendapatkan backlink berkualitas - EKRUT
Backlink yang berkualitas berasal dari situs dengan domain authority yang tinggi - EKRUT

Ada beberapa karakteristik dari backlink yang berkualitas, seperti:

  • Domain authority

Backlink tersebut berasal dari situs dengan Domain Authority yang tinggi, memiliki peringkat yang baik di mesin pencari dan memiliki banyak referring domain.

  • Relevansi

Backlink yang berkualitas berasal dari situs yang memiliki topik dan niche yang serupa dengan laman atau situs kamu. 

  • Unik

Backlink yang berasal dari sebuah situs yang menautkan banyak link ke banyak domain lainnya akan dianggap kurang unik dan berharga daripada backlink dari situs yang hanya memiliki beberapa outgoing links.

Baca juga: Panduan cara belajar SEO untuk pemula

  • Traffic

Backlink tersebut berasal dari situs dengan pembaca yang aktif, paparan media sosial yang baik dan jumlah pengunjung yang tinggi. 

  • Anchor text

Backlink dengan anchor text yang sesuai dengan target keyword kamu dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Adanya korelasi antara anchor text dengan kata kunci tersebut dapat memengaruhi peringkat target keyword kamu tersebut. 

  • Do-follow link

Backlink berupa dofollow link dapat membantu kamu meningkatkan page rank, mendapatkan lebih banyak poin SEO dan meningkatkan link juice yang membuat situs kamu memiliki peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. 

Sebaliknya backlink berupa nofollow link tidak terlalu membantu kamu karena tidak memiliki nilai SEO sama sekali, sebab ada tag HTML “nofollow” pada link tersebut yang memberi tanda bagi search engines untuk mengabaikan laman tersebut. 

Meski begitu, masih ada perdebatan tentang hal ini. Sebagian orang masih menganggap backlink berupa nofollow link juga dapat membantu optimasi SEO kamu. Misalnya, dengan proporsi 60% dofollow link dan 40% nofollow link. 

Adapun nofollow link biasanya berasal dari komentar blog, siaran pers, dan iklan berbayar. 

Cara mendapatkan backlink berkualitas

cara mendapatkan backlink berkualitas - EKRUT
Sebelum mendapatkan backlink, kamu harus memperhatikan kualitas konten yang ada di situs kamu - EKRUT

Mendapatkan backlink berkualitas tinggi memang adalah bagian yang cukup sulit dan menantang dalam SEO. Meski begitu ada beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu coba, seperti:

1. Buat konten berkualitas tinggi

Cara mendapatkan backlink berkualitas paling penting dan pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan membuat konten yang bernilai dan berkualitas tinggi. Ini akan memberi cerminan atas brand kamu secara keseluruhan yang lebih baik.

Bila laman situs kamu terlihat berkualitas rendah dan tidak memiliki informasi yang berharga maka situs lain juga tidak akan melihat kamu sebagai brand dengan otoritas yang layak ditautkan di situs mereka. 

Baca juga: 6 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

2. Guest blogging 

Guest posting atau guest blogging adalah praktik membuat konten gratis ke situs atau blog lain dengan imbalan berupa link kembali ke situs kamu. Link ini dapat ditempatkan di bagian bio penulis atau digunakan untuk mengutip informasi yang ada di dalam konten. 

Metode ini menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang populer karena sama-sama akan menguntungkan dua pihak. 

Untuk melakukan metode ini pertama-tama identifikasi situs yang sesuai niche kamu di mana kamu dapat berkontribusi. Selain situs editorial, kamu dapat menemukan opsi lain dengan melihat guest blogging yang dilakukan oleh kompetitor kamu. 

Cobalah buka Google dan ketikan niche kamu disertai dengan kata "blog" di bagian akhir. Dari sini klik dan tentukan blog mana yang sesuai dan ingin kamu jadikan media guest blogging untuk mendapatkan  backlink ke situs kamu.

Kamu juga dapat menggunakan tools seperti Folllowerqonk untuk menemukan di mana biasanya orang-orang di dalam niche kamu mempublikasikan artikel. Jika sebuah situs mempublikasikan konten dari kompetitor yang serupa dengan kamu, maka ada kemungkinan situs tersebut juga akan terbuka untuk menerima kontribusi  guest blogging dari kamu. 

Meski begitu, agar backlink yang kamu dapatkan dari guest blogging benar-benar berkualitas, peritmbangkan beberapa hal, seperti:

  • Apakah link mereka berupa dofollow atau nofollow link?
  • Berapa panjang biasanya postingan di situs tersebut?
  • Siapa audiens mereka?
  • Seperti apa domain authority situs tersebut?

Setelah mempertimbangkan beberapa hal ini dan memiliki ide topik artikel yang ingin dibuat, kamu dapat memutuskan untuk melakukan penawaran ke situs tersebut melalui email. 

3. Membuat skyscraper content

Buatlah skyscraper content dengan menemukan konten yang sudah bagus dan membuatnya semakin bagus lagi. Konsep ini diperkenalkan oleh Brian Dean dari Backlinko dan bisa menjadi cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu pertimbangkan. 

Untuk membuat skyscrapper content, pertama-tama temukan konten di dalam industri kamu yang memiliki performa baik dalam hal links. 

Ini dapat kamu lakukan dengan melakukan pencarian Google sederhana dengan mengetikkan kata kunci kamu lalu lihatlah hasil di halaman pertama pencarian. 

Seperti yang kamu tahu, backlink adalah komponen yang penting dalam Google ranking, karena itu konten-konten yang ada di halaman pertama ini kemungkinan banyak ditautkan oleh situs-situs lainnya. 

Langkah selanjutnya, buatlah konten yang lima hingga sepuluh kali lebih baik dari apa yang kamu temukan tersebut. 

Misalnya, jika di halaman pertama mesin pencarian banyak situs membahas hanya 5 tools SEO, maka kamu bisa membuat konten yang menjelaskan semua tools SEO yang ada. Atau buatlah konten yang menjelaskan hal-hal yang belum dijelaskan secara lengkap pada artikel-artikel tersebut. 

Terakhir, promosikan konten kamu tersebut secara aktif. Misalnya dengan mempromosikannya melalui email. 

Membuat konten seperti ini memang lebih susah, namun hasilnya tidak perlu diragukan. Karena kelengkapan artikel kamu tersebut kamu mendapatkan peluang untuk lebih banyak dibagikan di media sosial dan mendapatkan backlink dari banyak situs lainnya. 

4. Buat konten dengan format yang terbukti menghasilkan backlink

Buatlah konten yang berkualitas dengan format yang terbukti menghasilkan lebih banyak backlink berkualitas. 

Ada beberapa jenis format konten yang terbukti cenderung memiliki kinerja lebih bagus untuk mendapatkan banyak backlink. Beberapa format konten tersebut seperti:

  • Listicle. 
  • Kuis.
  • Infografik.
  • Video. 
  • Konten  tips atau "How to".
  • Konten berupa penjelasan akan suatu hal atau "Why" content.

5. Publikasikan artikel berupa panduan utama

Cara mendapatkan backlink berkualitas lainnya adalah dengan membuat konten berupa panduan utama. 

Konten seperti ini cenderung panjang dan komprehensif. Studi menyebutkan bahwa konten yang panjang cenderung memiliki kinerja yang lebih baik di Google dibanding artikel pendek. 

Selain itu bentuk konten berupa panduan juga biasanya menjadi sumber tentang suatu topik yang digunakan oleh orang-orang ketika menuliskan topik tersebut di blog mereka.  

Untuk membuat konten berbentuk panduan utama pilihlah topik populer yang belum dibahas tuntas. Lalu, buatlah outline dengan menuliskan daftar subtopik yang membentuk topik kamu menjadi lebih lengkap dan luas. Terakhir, tulislah konten tersebut. 

6. Buatlah tools gratis 

Membuat tools gratis seperti generator template dan calculator adalah metode yang efektif untuk mendapatkan backlinks. 

Untuk memulai metode ini, cobalah lakukan riset dengan memasukan kata kunci di industri kamu. Lihat tools apa yang muncul di 10 hasil pencarian teratas untuk kata kunci tersebut.

Cari tahu tools atau generator mana yang menerima backlink paling banyak saat ini. Dari sini buatlah sesuatu yang serupa tetapi jauh lebih baik, misalnya desain yang lebih baik atau opsi yang bisa disesuaikan, dan lain-lain.

Baca juga: 7 SEO tools terbaik untuk memantau pergerakan kompetitor

7. Gunakan metode broken link building

Jangkaulah situs yang memiliki outbound link yang rusak dan sarankan mereka untuk memperbaruinya dengan link ke salah satu laman di situs kamu.

Tentu saja pastikan bahwa halaman di situs kamu tersebut harus menjadi sumber yang bagus dan sesuai dengan topik yang awalnya mereka tautkan.

8. Gunakan strategi dan teknik branded

Brian Dean dari backlinko pernah membuat strategi bernama Moving Man method untuk menjelaskan strategi membangun link dari sumber yang sudah ketinggalan zaman.

Pemberian nama tersebut ia lakukan agar orang-orang mudah ingat pada strategi yang ia rancang. Strategi unik tersebut akhirnya sering digunakan oleh orang-orang dalam situs mereka dan pada akhirnya memberi backlink ke konten Brian Dean yang menjelaskan Moving Man Method tersebut. 

Kamu pun dapat meniru cara ini. Buatlah strategi, tips, pendekatan atau teknik tertentu yang memiliki keunikan tertentu.

Selanjutnya, beri nama strategi tersebut lalu publikasikan strategi tersebut sebagai bagian dari postingan blog kamu. Dengan begitu orang-orang bisa membuat tautan ke postingan kamu tersebut ketika mereka membahas teknik atau strategi unik kamu tadi. 

9. Ubah brand mentions menjadi backlink berkualitas

Jika ada orang yang menyebutkan kamu di dalam postingan konten mereka tapi tidak memberikan tautan ke situs kamu, maka itu dapat disebut sebagai unlinked brand mention. Gunakan ini untuk membuka peluang bagi kamu mendapatkan backlink berkualitas.

Kirimkan email yang mengucapkan rasa terimakasih karena telah menyebutkan nama brand kamu dalam postingan mereka. Lalu, berikan saran agar mereka dapat memasang tautan ke situs kamu. Dengan begitu pembaca mereka dapat dengan mudah menemukan postingan yang dimaksud dalam situs kamu. 

Itu dia beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kamu coba saat melakukan optimasi SEO untuk situs kamu.

Mendapatkannya mungkin tidak mudah karena butuh waktu dan usaha. Meski begitu, hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum mendapatkan backlink adalah fokus pada kualitas konten di situs kamu sendiri.

Pastikan kualitas konten kamu sudah benar-benar baik. Dengan begitu, banyak situs tidak akan ragu untuk menautkan situs kamu ke dalam konten mereka. 

 

 

cara mendapatkan backlink berkualitas - EKRUT

Sumber:

  • backlinko.com
  • hubspot.com
  • ​​​​​​​neilpatel.com
  • ​​​​​​​cognitiveseo.com
     

Tags

Share