Published on

Careers

6 Cara mendapatkan passive income yang patut kamu coba

Maria Tri Handayani

cara-mendapatkan-passive-income---EKRUT.jpg

Passive income merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan bila kamu memiliki mimpi untuk mencapai kebebasan finansial suatu hari nanti. 

Tapi, bagaimana cara mendapatkan passive income tersebut? Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai passive income yang menarik kamu ketahui.

Apa itu passive income

cara mendapatkan passive income - EKRUT
Passive income adalah penghasilan rutin yang kamu dapatkan di luar gaji bulanan  - EKRUT

Pendapatan pasif atau passive income adalah pendapatan di luar penghasilan utama yang diperoleh dengan cara yang tidak membutuhkan banyak usaha berulang.  

Disebut tidak membutuhkan banyak usaha karena pada dasarnya kamu bahkan dapat memperoleh penghasilan pasif bahkan ketika sedang tidur. 

Keberadaan passive income penting, terutama bila kamu ingin mencapai kebebasan finansial dengan cepat. Pasalnya, terkadang penghasilan dari pendapatan tetap tidak cukup untuk memenuhi segala kebutuhan. 

Adapun beberapa manfaat lain dari membangun passive income adalah: 

  • Membantu meningkatkan kekayaan
  • Melindungi diri bila tiba-tiba kamu kehilangan pekerjaan
  • Mempersiapkanmu menghadapi pensiun dini
  • Memberikan sumber penghasilan tambahan ketika tidak lagi bekerja

Meskipun manfaatnya begitu menggiurkan, namun untuk mendapatkan passive income tidaklah langsung dapat dilakukan dalam semalam. Butuh waktu dan proses untuk mencapainya. Itu sebabnya memulai dari sekarang adalah langkah tepat yang perlu kamu pertimbangkan terutama bila kamu ingin segera mewujudkan kebebasan finansial yang kamu inginkan.

Baca juga: Memahami financial freedom dan cara tepat untuk mencapainya 

6 Cara mendapatkan passive income 

cara mendapatkan passive income - EKRUT
Saham dan properti adalah bentuk-bentuk umum passive income - EKRUT

Ada beberapa ide dan cara mendapatkan passive income yang bisa kamu coba: 

1. Investasi saham 

Salah satu cara mendapatkan passive income adalah dengan berinvestasi saham. Cara ini terbilang paling sering dipilih banyak orang karena dalam praktiknya kamu dapat melakukannya tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan  kontrol. 

Meski begitu, jangan lakukan investasi saham secara gegabah. Cobalah untuk mempertimbangkan investasi saham yang berpotensi memberikan keuntungan jangka panjang. 

2. Menyewakan properti 

Cara mendapatkan passive income adalah dengan melakukan investasi properti. Belilah properti lalu sewakan. Meski tidak langsung dapat terasa, namun properti adalah sumber passive income yang potensial untuk jangka panjang.

Yang harus kamu ingat, jangan sampai kamu justru terjebak hutang karena ingin membeli properti. Jadi pastikan rencanamu untuk mulai membeli properti selalu matang ya. 

Baca juga: 4 Cara memilih investasi properti yang tepat

3. Memulai blog atau youtube 

Di era digital seperti sekarang, memulai blog atau youtube adalah cara mendapatkan passive income lainnya. 

Dengan  mengelola blog dan youtube dengan tepat, kamu bisa membuka peluang untuk menjual ruang bagi iklan yang dapat menjadi pendapatan pasif kamu di kemudian hari.

4. Memasang stiker iklan di mobil 

Cara lain mendapatkan passive income adalah memanfaatkan mobil yang kamu punya untuk disewakan pada pengiklan. 

Cari agen iklan lalu tawarkan mobil yang kamu miliki sebagai media beriklan mereka. Tentunya strategi ini akan menguntungkan terutama bila kamu memang setiap hari sering menggunaan mobil pribadi sebagai moda transportasi. 

Perlu diketahui bahwa umumnya kamu akan mendapatkan bayaran berdasarkan jarak tempuh yang sudah kamu lewati dengan iklan yang terpasang di mobil.

5. Peer to peer lending 

Kamu juga bisa memanfaatkan platform peer to peer lending sebagai salah satu cara mendapatkan passive income lainnya. 

Dalam peer to peer lending kamu bisa menjadi pemberi pinjaman atau investor, dimana kamu bisa mendapatkan return sebagai bentuk passive income. 

Meski begitu, pastikan untuk melakukan riset lebih sebelum memilih layanan penyedia peer to peer lending terutama agar tidak ada risiko lain yang justru akan merugikan di kemudian hari. 

6. Mengunggah foto ke platform fotografi

Jika kamu suka fotografi, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapat passive income adalah dengan menjual foto yang kamu miliki. 

Gunakan situs atau platform fotografi yang menawarkan ruang bagi pelanggan untuk menjual foto karyanya. Dengan cara ini, kamu dapat mengunggah foto yang kamu miliki dan mendapat keuntungan setiap kali foto tersebut diunduh oleh pelanggan lain. 

Itulah beberapa cara mendapatkan passive income yang bisa kamu coba. Meski mungkin keuntungannya tidak dapat langsung kamu rasakan, namun setiap ketekunan tentu dapat berbuah suatu saat, bukan? 

Jadi, teruslah berusaha dengan bekerja giat dan mengelola keuangan baik itu pendapatan pasif atau aktif dengan maksimal sehingga keinginanmu mencapai kebebasan finansial dapat terwujud suatu saat. 

cara mendapatkan passive income - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share