Technology

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Instagram? 10 Ide Ini Bisa Menambah Penghasilanmu!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_Bagaimana_Cara_Mendapatkan_Uang_dari_Instagram_10_Ide_Ini_Bisa_Menambah_Penghasilanmu!_(3).jpg

Di zaman yang modern ini, mendapatkan uang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, platform sefamiliar Instagram dapat kamu manfaatkan sebagai ladang penghasilan, lho! Penasaran bagaimana caranya? Simak ide-ide untuk menambah penghasilanmu lewat Instagram di bawah ini.

Baca juga: 3 Cara melihat Insight Instagram

Apakah Instagram dapat menghasilkan uang?


Instagram adalah ruang serbaguna untuk berinteraksi, mencari hiburan, dan mendapatkan uang. (Sumber: Pexels)

Instagram memang lebih dikenal sebagai tempat untuk berinteraksi, mendapatkan ide, dan menikmati hiburan lewat posting-an foto dan videonya. Namun, apabila kamu cukup kreatif, kamu bisa menggunakan media sosial ini untuk mendapatkan uang, lho! Unggahan tersebut lah yang mendatangkan cuan kepadamu.

Public figure dan influencer yang tumbuh baik di dalam maupun di luar Instagram nyatanya mengoptimalkan penggunaan platform tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Mereka yang dikategorikan sebagai mega influencer dengan followers lebih dari 1 juta bisa menghasilkan hingga 1 juta dolar Amerika per posting-an!

Bahkan, akun dengan 1.000 followers atau nano influencer bisa mendapatkan uang mulai 10 hingga 100 dolar Amerika untuk tiap kontennya. Bisa jadi, mutual-mu di Instagram adalah salah satu dari influencer tersebut. Hal ini membuktikan bahwa semua pengguna Instagram dapat memanfaatkan kesempatan yang berharga ini.

Namun, jumlah pendapatan dari Instagram memang dipengaruhi hal-hal ini: jumlah followers, tingkat engagement, dan taktik marketing. Tidak perlu minder apabila followers-mu masih sedikit—akunmu dapat makin berkembang dengan memberikan konten yang berkualitas serta berinteraksi dengan pengikutmu.

Membangun dan menjaga engagement dengan pengikutmu akan menjadi kekuatan terbesar dalam mendapatkan penghasilan lewat Instagram. Maka, penting bagimu untuk menemukan niche yang sesuai denganmu yang dapat dikaitkan dengan kategori produk yang nge-tren. Pertahankan juga koneksimu dengan audiens melalui konten yang relatable.

Baca juga: Panduan lengkap membuat akun Instagram bisnis 2022

10 Cara mendapatkan uang dari Instagram


Ada banyak untuk mendapatkan uang dari Instagram berapa pun followers-mu. (Sumber: Unsplash)

Instagram bukan hanya sekedar media untuk pamer dan bersosialisasi, tetapi juga ladang uang, lho! Kalau kamu kehabisan ide mendapatkan uang dari Instagram, coba cara-cara di bawah ini, ya.

1. Bekerja sama dengan brand yang digemari

Cara ini adalah salah satu yang lumrah dilakukan oleh para content creator dan influencer. Bentuk kerja sama dengan brand berupa mengunggah posting-an yang menunjukkan produknya. Upah yang diberikan dapat berupa uang atau pun produk tersebut. Buat brand yang kamu gemari dan sesuai dengan nilaimu tertarik untuk ber-partner dengan membuat konten yang selaras dan kamu sukai pula.

2. Menjadi affiliate

Konsep affiliate sebuah brand layaknya kerja sama dengan brand yang telah dijelaskan di atas. Kamu tetap perlu mempromosikan produk mereka kepada audiensmu. Di dalam konten, kamu perlu mencantumkan kode diskon atau link khusus yang dapat digunakan followers-mu untuk membeli produk mereka. Tiap kode atau link tersebut digunakan akan menjadi tolok ukur penghasilan yang kamu dapatkan.

3. Memberlakukan badge untuk Instagram Live

Dunia Instagram Live jadi lebih menyenangkan dan menguntungkan kamu. Ketika kamu melakukan live, followers-mu dapat membeli badge sebagai bentuk apresiasi kepadamu. Fitur ini perlu diaktifkan melalui opsi professional dashboard, lalu mengaktifkan monetisasi dan badge. Sayangnya, badge masih hanya berlaku di Amerika Serikat saja. Indonesia perlu sabar menunggu aktifnya fitur ini, ya.

4. Menjual merchandise dengan Instagram Shop

Influencer yang karier Instagram-nya stabil lumrahnya telah memiliki fandom serta personal brand mereka seperti logo, kata-kata khas, dan apa pun yang mengingatkan fans terhadap dirinya. Hal-hal tadi dapat diintegrasikan dalam merch seperti baju, botol minum, boneka, dan masih banyak lagi yang tentunya dapat kamu jual melalui Instagram Shop. Ketika merch digunakan, orang lain otomatis akan jadi tahu dirimu juga!

5. Mempromosikan e-commerce produk dan layanan

Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Kamu dapat meningkatkan engagement serta konversi dengan mengenalkan produkmu ke audiens yang lebih luas. Dalam konteks ini, akun Instagram yang kamu miliki lebih tepat digunakan sebagai akun bisnis daripada pribadi. Kontennya dapat mengarahkan ke penjualan di luar Instagram.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan engagement Instagram

6. Mencantumkan link konten di luar Instagram

Makin banyak jenis konten yang dibuat, makin besar peluangmu mendapatkan uang. Konten Instagram-mu dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan followers ke konten di luarnya, seperti video di YouTube atau posting-an blog karyamu. Gunakan linktree sehingga kamu dapat mencantumkan banyak pranala di bio-mu dan dapat mudah diakses.

7. Bekerja sama dengan content creator lainnya

Strategi ini berlaku apabila akunmu berupa akun bisnis. Kamu dapat mengajak content creator dengan nilai selaras dan audiens yang sesuai untuk bekerja sama dengan kamu, layaknya seorang influencer dengan brand. Berikan tawaran yang menggiurkan dan sepadan, seperti pembayaran dengan uang, produk gratis, atau affiliate.

8. Bekerja sama dengan bisnis lain

Tidak selamanya kompetitor adalah musuh. Justru, kamu dapat saling menggabungkan kekuatan untuk meraih pendapatan yang lebih banyak. Dengan begitu, kamu dapat meraih audiens mereka juga. Bentuk kolaborasi melalui konten ini dapat berupa info perilisan produk kolaborasi, giveaway dengan S&K, dan masih banyak lagi.

9. Menjual foto yang diunggah

Jangan biarkan jepretanmu menjadi bahan posting-an semata. Hasil fotomu yang artistik dan unik bisa kamu lisensikan melalui 500px atau Twenty20, lho! Bahkan, foto yang terbilang “aneh” namun digemari oleh audiens online bisa diaplikasikan juga dalam bentuk merch yang akan menghasilkan uang. Kalau kamu sudah mendapatkan demand-nya, mulai tawarkan karyamu kepada audiens.

10. Menjalankan iklan pada konten yang diunggah

Cara yang satu ini juga merupakan cabang dari bekerja sama dengan brand. Poin pentingnya berada dimonetisasi tiap konten video iklan dilihat. Kamu perlu mengaktifkan fitur ini melalui opsi pengaturan creator account, lalu in-stream video ads, dan mengizinkan monetisasinya. Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan 55% pendapatan iklan dari tiap view-nya.

Baca juga: 6 Pekerjaan online yang cepat menghasilkan uang

Peluang mendapatkan uang dapat ditemukan di mana saja. Mulai sekarang, ayo manfaatkan Instagram untuk hal-hal yang lebih berfaedah, diantaranya mendapatkan informasi terkait karier impianmu. Kalau kamu sudah mengenal EKRUT lewat Instagram-nya, coba rasakan keunggulannya dengan mendaftarkan dirimu di EKRUT!

sign up EKRUT

Sumber:

  • shopify.co.id
  • hootsuite.com
  • nerdwallet.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video