Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan platform media video satu ini. YouTube adalah salah satu aplikasi dan website yang sangat terkenal di dunia. Selain ditujukan untuk membagi momen dan pengetahuan berformat video, tahukah kamu ternyata ada cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa kamu coba. Contoh caranya, yaitu dengan menerapkan AdSense.

Mungkin dari kamu sudah banyak yang mengenal AdSense untuk monetisasi channel YouTube. Namun, tahukah kamu bagaimana caranya? Kali ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai AdSense pada YouTube, cara menghitung penghasilan, hingga alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari video YouTube. Simak selengkapnya!

Mengenal AdSense untuk monetisasi YouTube


AdSense YouTube adalah cara monetisasi yang sangat terkenal untuk kreator (sumber: pexels)

Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah AdSense yang ada di YouTube. Sejatinya, AdSense YouTube adalah program dari Google yang memungkinkan kreator mendapatkan pendapatan. Syarat untuk mendapatkan AdSense pada YouTube, yaitu kamu harus bergabung di program YouTube Partner.

YPP atau YouTube Partner Program adalah program dari YouTube yang memberikan kesempatan bagi kreator untuk monetisasi channel dan mendapatkan fitur yang lebih lengkap guna mengelola channel mereka. Sebagai syarat wajib untuk mendapatkan uang dari YouTube, cobalah untuk mendaftarkan diri pada program tersebut agar nantinya kamu bisa mengaktifkan fitur monetize dan membuka izin untuk meletakkan ads pada video kamu.

Baca juga: Begini cara kerja algoritma YouTube 2022 terbaru untuk bisnis

10 Cara mendapatkan uang dari YouTube


Banyak cara menghasilkan uang dari YouTube yang bisa dicoba kreator (sumber: pexels)

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari YouTube. Tidak selalu dari AdSense, yuk coba metode-metode berikut ini.

1. Ajukan hak cipta pada video kamu

Tentu tidak ada yang tau apakah video yang disebarkan tadi akan viral atau tidak. Namun jika benar video yang kamu buat ternyata dilihat, digunakan, dan diunggah kembali orang banyak, kamu bisa mengklaim dan mendapatkan uang atas hak cipta keaslian video yang kamu buat tersebut.

Hal ini bisa kamu atur di laman Pengelola Konten Studio yang terdapat di YouTube. Pastikan bahwa video yang kamu klaim atas hak cipta tersebut benar adanya. Setelah kamu memiliki hak atas aset video tersebut, selanjutnya jika ada media massa, kanal tv, atau media lain yang menerbitkan ulang, maka kamu berhak atas hak yang kamu tetapkan.

2. Affiliate marketing

Tak hanya pada media sosial TikTok, kamu juga bisa menjalankan program affiliate marketing di YouTube, lho! Sistem yang digunakan hampir sama, kamu akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil kamu jual. Syarat untuk bisa bergabung dengan program afiliasi bersama brand, yaitu kebanyakan dari mereka melihat berapa jumlah subscribers atau rata-rata viewers yang ada di kanal YouTube kamu.

Ketika kamu melangsungkan program afiliasi dengan sebuah brand, pastikan juga kalau kamu menjelaskan bahwa kamu sedang bergabung pada program tersebut, baik melalui pengucapan secara langsung atau menuliskan penjelasan di deskripsi. Cara mendapatkan uang dari YouTube ini bisa dilakukan dengan mencantumkan link produk di deskripsi, menjelaskan info produk tersebut, dan mengajak penonton untuk membeli produk melalui link yang tercantum di kolom deskripsi.

3. Bekerja sebagai influencer

Di zaman sekarang ini, menjadi seorang influencer bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang yang bisa kamu coba, lho! Ketika punya jumlah pengikut yang banyak dan telah dikenal sebagai influencer, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka endorsement dan membuat video yang menarik. Kemudian setelah video tersebut selesai, unggahlah di YouTube dan manfaatkan momen ini untuk mendatangkan banyak views hingga pendapatan ads yang lebih tinggi.

4. Super chat

Di tahun 2019 lalu, YouTube telah merilis sebuah tool bernama super chat. Super chat akan berguna pada kolom live chat. Dengan adanya fitur ini, teks chat penonton yang berlangganan super chat bisa muncul di bagian teratas bahkan dipin oleh kreator. Sebagai seorang kreator, kamu bisa mendapatkan uang dari pengguna yang membeli fitur ini. Namun sayangnya, fitur ini sementara masih tersedia di 60 negara saja, dan Indonesia belum termasuk di dalamnya.

5. Pendapatan dari Iklan

AdSense adalah cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling terkenal. Cara ini cukup menjanjikan untuk kamu coba, terlebih jika kamu bisa mendatangkan banyak tayangan. Untuk penjelasan mengenai perhitungan AdSense ini, kamu bisa mengecek contoh cara menghitung penghasilan pada akhir artikel.

6. Super stickers

Sama dengan super chat, super sticker adalah fitur spesial lain yang dapat digunakan user ketika melangsungkan live streaming. YouTube sendiri menyediakan beberapa paket dengan tema menarik yang bisa dibeli. Semakin lama sticker tampil, maka semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan pengguna. Dari sinilah kreator bisa mendapatkan income. Tetapi, sama seperti super chat, fitur ini juga belum tersedia di Indonesia.

7. Pendapatan dari YouTube premium

YouTube premium adalah jenis layanan berbayar dari YouTube yang dikenai biaya langganan tiap bulannya. Ketika ada pengguna yang berlangganan YouTube premium dan menonton video kamu, maka kamu juga akan mendapatkan bagian dari biaya langganan mereka.

8. Langganan channel

Selain melalui fitur YouTube premium, kamu juga bisa menawarkan beberapa layanan khusus pada orang yang berlangganan dengan kanal kamu. Untuk mengakses fitur tersebut, tentunya user harus melakukan pembayaran setiap bulannya. Biaya itu senilai dengan fitur yang akan diakses.

9. Video Shorts

Tahukah kamu salah satu fitur baru yang bernama Shorts ternyata bisa mendatangkan cuan, lhoYouTube sendiri menjelaskan ada beberapa syarat kreator mendapatkan uang dari fitur ini, yaitu:

  • Shorts telah mencapai minimal tayangan yang ditentukan, meskipun pihak YouTube tidak membuka berapa angka pasti tayangan yang harus didapatkan
  • Imbalan juga akan dihitung berdasarkan darimana penonton berasal
  • Kreator perlu menautkan akun AdSense
  • Berusia minimal 13 tahun
  • Kreator perlu mempunyai minimal 1 Shorts dalam kurun waktu 180 hari terakhir

10. Menjual merchandise

Penonton video pada kanal YouTube kamu bisa membeli merchandise resmi yang tampil pada halaman tersebut.

Baca juga: 10 Tools SEO YouTube terlengkap 2022 untuk video content marketing

Cara menghitung penghasilan dari YouTube


Kenali cara menghitung penghasilan dari YouTube agar lebih tepat (sumber: pexels)

Untuk mengetahui berapa pendapatan kamu, coba cek bagian profil dan kunjungi laman YouTube Studio. Pilih menu Analytics, kemudian klik menu Pendapatan. Dari situlah kamu bisa melihat berapa nilai pendapatan yang kamu raih. Lalu, bagaimana cara menghitung penghasilan yang kamu dapatkan tersebut?

Sebelum itu, kamu harus memahami bahwa YouTube melihat dua hal untuk menghitung pendapatan seorang kreator, yaitu dari CPC (Cost per Clicks) dan CPM (Cost per Mille).

CPC adalah nilai yang didapatkan dari jumlah pengguna yang mengklik iklan atau yang melihat iklan hingga akhir video. CPC yang terhitung akan bernilai 0,1 sampai 0,3 dollar. Sedangkan CPM adalah tarif yang akan didapatkan setiap 1000 tayangan iklan pada sebuah video.

Nilai CPC yang akan dibayarkan pengiklan ke AdSense, tidak akan diberikan penuh langsung ke penayang atau kreator. Rata-rata seorang kreator akan mendapatkan 68% dari total CPC yang dibayarkan. Misalkan ada sebuah video yang mendapatkan 3000 tayangan dengan total 300 orang yang menonton hingga selesai atau mengklik iklan. Maka 3000 dikalikan 0,1 dollar, ditemukan angka 30 dollar.

Artinya, seorang pengiklan harus membayarkan 30 dollar kepada pihak Google. Kemudian, dari angka tersebut akan dikalikan lagi dengan 68%. Hasilnya adalah 20,4 dollar atau setara Rp298.645. Nilai inilah yang akan kamu dapatkan sebagai seorang kreator atau penayang.

Baca juga: 14 Cara menambah viewer YouTube dengan mudah 2022

Itulah cara mendapatkan uang dari YouTube mudah untuk pemula yang telah disesuaikan dengan informasi terbaru. Kamu bisa mulai mencobanya dan buatlah video-video menarik sehingga akan meningkatkan viewers. Namun, pastikan video yang kamu buat bermanfaat dan menampilkan informasi yang valid, ya.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minatmu.

Sumber:

  • support.google.com
  • influencermarketinghub.com
  • shopify.co.id
  • hootsuite.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video