Published on

Lainnya

7 Cara Mengatasi Anxiety di Tempat Kerja

Ningtyas Dewanasari Kinasih

7_Cara_Mengatasi_Anxiety_di_Tempat_Kerja.jpg

Pernahkah kamu merasa cemas berlebihan di tempat kerja? Memiliki kecemasan atau anxiety secara berlebihan dapat berimbas pada kehidupanmu. Tidak semua karyawan mampu untuk mengontrol anxiety-nya secara efektif saat bekerja. Mungkin sebagian karyawan berjuang untuk dapat mengatasi kecemasan akan berbagai masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi. Sedangkan disaat bersamaan mereka juga harus berusaha untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Kecemasan dapat mempengaruhi kinerja, kualitas pekerjaan, hubungan dengan rekan kerja dan atasan. Bahkan bisa menahan kamu dari promosi jabatan yang ditawarkan perusahaan. Nah, kamu perlu mengetahui penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi anxiety berikut ini.

Penyebab anxiety di tempat kerja


Penyebab anxiety bisa datang dari dalam maupun luar  lingkungan kerja. (sumber: pexels)

Sebelum mengetahui cara mengatasi anxiety, penting untuk kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dilansir dari verywellmind.com, kecemasan di tempat kerja meliputi perasaan stres, gugup, tidak nyaman, tegang, dan mempengaruhi kinerja pekerjaan, interaksi dengan rekan kerja, hingga public speaking.

Merasa cemas di tempat kerja merupakan hal yang umum. Namun, secara berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan dan kehidupanmu secara keseluruhan. Terdapat berbagai pemicu terjadinya kecemasan di tempat kerja yang mungkin berkaitan langsung dengan pekerjaan kamu, antara lain:

  • Tidak merasa memiliki kemampuan untuk mengontrol pekerjaan
  • Adanya konflik dengan rekan kerja
  • Sering menghadapi deadline yang terlalu singkat
  • Kurangnya keamanan kerja
  • Lingkungan kerja yang serba cepat dan kompetitif
  • Terlalu sering mengerjakan tugas yang terlalu sulit atau ambigu

Selain faktor yang berkaitan dengan lingkungan kerja, terdapat pula pemicu yang berasal dari keadaan individu seseorang, seperti:

  • Tidak memiliki motivasi untuk bekerja
  • Terganggu oleh masalah pribadi
  • Memiliki kesulitan dalam memahami dan mengatur emosi
  • Memiliki gangguan kecemasan atau kondisi kesehatan mental lainnya
  • Merasa tidak memiliki skill dan pengetahuan yang cukup

Baca juga: 8 Rekomendasi Tes Kesehatan Mental Online beserta Kisaran Biayanya

Ciri-ciri anxiety di tempat kerja


Salah satu ciri anxiety adalah sulit berkonsentrasi. (sumber: pexels)

Biasanya seseorang yang memiliki kecemasan di tempat kerja memiliki kekhawatiran akan beberapa hal, seperti:

  • Masalah finansial
  • Berinteraksi dengan rekan kerja
  • Berpartisipasi dalam rapat
  • Penilaian kinerja
  • Public speaking
  • Deadline

Beberapa kekhawatiran diatas dapat menimbulkan beberapa ciri-ciri kecemasan di tempat kerja, yaitu

  • Mudah lupa
  • Tidak dapat memenuhi deadline dan memakan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan pekerjaan
  • Sulit untuk berkonsentrasi dan fokus
  • Produktivitas menurun
  • Berpengaruh pada kesehatan fisik (sakit kepala, mual, dan lainnya)

Baca juga: 10+ Cara menghilangkan stres dengan ampuh untuk mencapai jiwa yang sehat

7 Cara mengatasi anxiety di tempat kerja


Salah satu cara mengatasi anxiety adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. (sumber: pexels)

Langkah pertama yang penting untuk kamu lakukan sebagai cara mengatasi anxiety adalah membangun rencana kegiatan pribadi. Kamu bisa mengatur jam tidur, berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan melakukan aktivitas positif lainnya. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kecemasan di tempat kerja. Terdapat pula beberapa cara mengatasi anxiety yang sederhana dan membantu kamu bekerja dengan lebih tenang.

1. Meminta bantuan

Ketika pekerjaan kamu terlalu menumpuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan rekan kerja atau atasanmu. Cara mengatasi anxiety ini akan mengurangi kecemasan secara signifikan. Kamu juga dapat mengomunikasikan dengan atasanmu mengenai workload yang kamu kerjakan.

2. Berbicara dengan manajer atau superior

Cara mengatasi anxiety selanjutnya adalah mencoba untuk berbicara dengan atasanmu. Walaupun mungkin saja kamu tidak merasa nyaman, menceritakan tentang kecemasan yang kamu alami akan membantu. Manajermu dapat menawarkan akomodasi untuk membantu kamu melakukan pekerjaan dengan lebih efektif.

3. Bekerja sesuai dengan kapasitas

Untuk cara mengatasi anxiety lainnya adalah mengetahui kapasitas atau limit kamu saat bekerja. Kamu bisa mengatur skala prioritas dalam bekerja dan memulainya satu per satu. Meluangkan beberapa menit waktumu untuk melakukan meditasi singkat atau beristirahat.

4. Mempelajari teknik mengatasi diri dengan cepat

Saat menghadapi masalah, kamu harus berusaha menenangkan diri terlebih dahulu. Cara mengatasi anxiety ini dapat kamu lakukan dengan beberapa hal untuk menguranginya, seperti mendengarkan musik, berbicara dengan rekan kerja, menonton video-video lucu, dan lainnya.

5. Menerapkan gaya hidup sehat

Kecemasan dapat menyebabkan insomnia, kamu harus berusaha untuk menjaga siklus tidur yang teratur. Salah satu cara mengatasi anxiety terbaik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mengoonsumsi makanan bernutrisi dan olahraga secara teratur juga dapat membantu kamu mengelola stres.

6. Berkonsultasi dengan ahli

Cara mengatasi anxiety yang efektif adalah dengan berkonsultasi dengan ahlinya, terutama jika kamu kesulitan untuk melakukannya sendiri. Beberapa perusahaan memiliki fasilitas konseling untuk karyawannya. Apabila kamu kurang nyaman, carilah informasi mengenai sesi konseling di luar kantor, seperti Puskesmas.

7. Berusaha untuk lebih terorganisir

Cara mengatasi anxiety ini termasuk sederhana, kamu bisa mulai dengan mengorganisir atau merapikan meja kerja. Meja kerja yang berantakan atau tidak teratur akan menambah stres saat bekerja.

Baca juga: 10 Cara agar percaya diri meningkat dan hidup lebih bahagia

Kecemasan merupakan hal yang umum dirasakan saat bekerja dan dapat terjadi karena berbagai alasan. Cara mengatasi anxiety di atas semoga dapat membantu kamu untuk menguranginya. Mencari bantuan profesional juga dapat membantu kamu mengelola gejala kecemasan dengan lebih baik.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • adaa.org
  • psycom.net
  • verywellmind.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Lainnya

    Cara Olahraga Mata agar Tetap Sehat saat Menatap Gadget dan Layar Laptop

    Detty Risetya

    06 September 2022
    7 min read
    cover_(1).jpg

    Lainnya

    Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Ketahui

    Detty Risetya

    06 September 2022
    6 min read

    Video