Published on

Lainnya

8 Rekomendasi Tes Kesehatan Mental Online beserta Kisaran Biayanya

Tsalis Annisa

Untitled_design-46.jpg

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kualitas kerja seseorang. Salah satunya adalah kondisi kesehatan mental. Agar kesehatan mental terjaga, penting untuk segera mencari tahu kondisi dan penanganan yang tepat. Salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjalani tes kesehatan mental. Untuk itu, simak rekomendasi tes kesehatan mental online di artikel ini!

Mengapa perlu untuk tes kesehatan mental? 


Kondisi suasana hati dapat membuat tidak semangat kerja. (sumber: pexels) 

Kondisi suasana hati, pikiran, dan kesehatan mental dapat memengaruhi aktivitasmu sehari-hari. Ketika kamu mengalami kondisi seperti gangguan kecemasan atau pun depresi, risiko kamu kesulitan untuk meningkatkan semangat kerja dapat berkurang. Begitu pula dengan kemampuanmu untuk fokus dan berpikir jernih. Melalui tes kesehatan mental, kamu dapat lebih memahami apa yang terjadi pada dirimu dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya tanpa melakukan self-diagnose.

Saat melakukan tes kesehatan mental, kamu akan menjalankan sesi wawancara atau mengobrol dengan psikolog atau psikiater yang akan membantumu dalam menentukan diagnosis dan penanganan seperti apa yang kamu butuhkan. Cobalah untuk jujur mengatakan apa yang kamu alami. Baik apa yang kamu rasakan, pikirkan, maupun gejala fisik apa yang mungkin kamu alami. Misalnya, jantung yang berdetak kencang, pusing, kesulitan atau bahkan terlalu banyak tidur, dan lain-lain. Saat sesi ini berlangsung, ingatlah bahwa tujuan dilakukannya tes ini adalah untuk membantumu lebih nyaman dan lancar dalam menjalani keseharianmu.

Baca juga: Sudah Pernah Tes Kesehatan Mental? Berikut Cara Tes Hingga Kisaran Biayanya!

8 Rekomendasi tes kesehatan mental online


Cobalah untuk melakukan tes kesehatan mental online dan offline. (sumber: pexels) 

Sekarang kamu sudah tahu mengapa kamu perlu melakukan tes kesehatan mental dapat membantumu? Jika kamu tertarik untuk melakukannya, ada beberapa rekomendasi tes yang bisa kamu jalani secara online.

1. Ibunda.id

Ibunda.id merupakan tech startup yang menawarkan layanan kesehatan mental baik offline maupun online. Di dalam website-nya, Ibunda.id tak hanya menyediakan layanan konseling dan daftar psikolog yang bekerja sama, tetapi juga memiliki tes kesehatan mental yang bisa kamu akses secara gratis. Meski begitu, sebagai disclaimer, Ibunda.id sudah menjelaskan bahwa tujuan dari tes tersebut bukan untuk mendiagnosis, tetapi lebih kepada membantumu untuk kenal kondisi psikologismu.

Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan seputar kondisimu dalam 4 bulan terakhir. Apakah kamu kerap merasa sedih, kerap merasa cemas, dan lain-lain. Pada akhir tes, kamu akan diberikan hasil tes yang menentukan apakah kamu memerlukan bantuan atau tidak. Jika perlu maka kamu akan ditawarkan untuk bercerita melalui LINE Ibunda.id atau klik “Cari Bantuan” dengan menjalani konseling baik online maupun offline.

Adapun layanan yang ditawarkan, yaitu:

  • Counseling Corner. Jika kamu merasa lebih nyaman untuk konseling secara offline, kamu bisa memilih layanan ini. Biayanya dimulai dari Rp420.000/sesi.
  • E-counseling. Sesuai dengan namanya, konseling ini dilakukan secara online. Baik video call, chat, maupun telepon. Biayanya pun tergolong murah, mulai dari Rp169.000/sesi.
  • Couple Counseling Online. Selain konseling pribadi, kamu juga melakukan konseling bersama pasangan dengan memilih layanan ini. Kamu bisa melakukannya secara online dan offline. Adapun biayanya dimulai dari Rp599.000/sesi.

2. Satu Persen

Satu Persen merupakan startup pendidikan yang berfokus dalam mengajarkan kemampuan yang umumnya tidak diajarkan di sekolah. Salah satunya adalah mengenai kesehatan mental. Di dalam website Satu Persen, terdapat Tes Sehat Mental yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu bagaimana kondisimu saat ini. Satu Persen akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kondisimu dalam satu bulan terakhir. Apakah kamu bahagia, apakah kamu bisa melewati harimu dengan baik, hingga apakah kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Setelah selesai, kamu akan mendapatkan hasil yang menyatakan apakah kondisi baik, cenderung buruk, atau sangat buruk. Perlu diingat, ini bukan sebagai diagnosis akhir, ya. Kamu tetap memerlukan bantuan ahli, terlebih lagi jika kamu merasa cukup terganggu dengan kondisimu. Selain itu, kamu akan diajak untuk membaca satu artikel yang akan menjelaskan mengenai kesehatan mental dan apa yang perlu dilakukan jika kondisimu tidak kunjung membaik.

Kamu juga bisa melakukan konseling online dengan beberapa pilihan paket.

  • Paket Premium. Paket ini dibanderol dengan harga Rp100.000/sesi dengan durasi 30 menit. Kamu akan mendapatkan catatan konsultasi, worksheet, lembar hasil psikotes, dan tes kesehatan mental.
  • Paket Super. Paket ini ditawarkan dengan biaya Rp145.000/sesi dengan durasi 50 menit. Selain durasinya yang lebih panjang, kamu akan mendapatkan beberapa hal yang sama dengan Paket Premium.
  • Paket Superplus. Paket seharga Rp150.000/sesi dengan durasi 75 menit. Selain durasi yang lebih panjang, paket ini juga menawarkan ragam tes yang lebih banyak yaitu, tes kepribadian, tes minat karier, dan tes distres psikologis.

3. Clinical Partners

Jika kamu lebih tertarik dengan tes yang lebih spesifik, website ini bisa kamu coba. Clinical Partners menawarkan tidak hanya satu tes kesehatan mental tetapi beberapa tes. Ada tes kecemasan, bipolar, depresi, OCD, PTSD, ADHD, hingga gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Masing-masing tes tentunya dilakukan secara online dengan mengisi beberapa pertanyaan seputar kondisimu. Perlu diingat, apapun hasilnya mengonsultasikan kembali secara langsung kepada ahlinya adalah hal yang penting. Hindari diagnosis dan mengobati diri sendiri tanpa anjuran dari tenaga kesehatan mental.

4. Psycom

Selanjutnya adalah Psycom. Tes yang ditawarkan di website lebih banyak lagi dibandingkan yang sebelumnya. Selain itu, setiap tes juga dikelompokkan sesuai dengan tipenya. Misalnya, kategori adiksi yang menyajikan tes adiksi kepada alkohol hingga cinta. Selanjutnya, ada pula kategori tes kecemasan.

Di sini ada beberapa pilihan mulai dari tes gangguan panik, hingga tes mengenai apakah kamu seorang workaholic atau bukan. Tes kesehatan mental yang ada pada website ini gratis. Kamu akan diajukan beberapa pertanyaan, lalu diakhir tes kamu akan diminta untuk mencantumkan emailmu. Setelah klik submit, hasilmu akan keluar dan akan ada artikel terkait dengan kondisimu.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Depresi di Tempat kerja agar Tak Semakin Larut

5. Airlangga Safe Space

Selanjutnya adalah tes kesehatan mental yang disediakan pada website Airlangga Safe Space yang merupakan layanan kesehatan mental di Universitas Airlangga. Ada beberapa tes yang tersedia di antaranya yaitu, UCLA Loneliness Scale Ver. 3, Subjective Well-Being, Academic Hardiness Scale, Skala Harapan, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, tes yang tersedia pun gratis.

6. Smart Mind Center Consulting

Smart Mind Center Consulting menyediakan beberapa layanan seperti konseling pribadi dan perusahaan hingga pengobatan masalah kejiwaan. Sehingga setelah mendapatkan hasil tes, kamu bisa segera berkonsultasi dengan ahlinya. Tes kesehatan mental yang disediakan gratis, tetapi kamu perlu mendaftar terlebih dahulu.

7. Hatiplong

Hatiplong menawarkan beberapa tes psikologi gratis yang bisa kamu coba. Mulai dari tes tingkat stres, tes kadar kecemasan, tes tingkat burnout, hingga tes well-being. Hatiplong adalah penyedia layanan kesehatan mental online yang didukung oleh tim profesional.

8. Pijar Psikologi

Ingin mengetahui apakah kamu depresi dan berapa tingkat kondisi yang kamu alami? Tes kesehatan mental pada Pijar Psikologi bisa kamu gunakan. Pijar Psikologi adalah website informasi kesehatan mental. Kamu perlu menjawab sekitar 23 pertanyaan untuk mendapatkan hasil tesnya.

Baca juga: Ini Pentingnya Kesehatan Mental Karyawan bagi Perusahaan

Itulah beberapa tes kesehatan mental yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi bagaimana kondisi mentalmu saat ini. Meski begitu, perlu diingat bahwa ini bukan diagnosis akhir. Segera berkonsultasi dengan ahlinya jika kamu mengalami beberapa gejala guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • nhs.uk
  • ibunda.id
  • psycom.net
  • satupersen.net
  • clinical-partners.co.uk

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Lainnya

    Cara Olahraga Mata agar Tetap Sehat saat Menatap Gadget dan Layar Laptop

    Detty Risetya

    06 September 2022
    7 min read
    cover_(1).jpg

    Lainnya

    Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Ketahui

    Detty Risetya

    06 September 2022
    6 min read

    Video