Published on

Careers

10+ Cara menghilangkan stres dengan ampuh untuk mencapai jiwa yang sehat

Ningtyas Dewanasari Kinasih

10__Cara_menghilangkan_stres_dengan_ampuh_untuk_mencapai_jiwa_yang_sehat.jpg

Tugas yang menumpuk, deadline yang ketat, hingga drama perkantoran dapat memicu stres bagi pekerja kantor. Meski terkadang stres dapat memberikan dampak positif dan membuatmu lebih produktif, namun stres yang berkepanjangan tentu bisa berbahaya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghilangkan stres dengan cepat dan praktis.

Adapun gejala munculnya stres antara lain seperti, merasa mudah marah, gelisah, frustasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif hingga kecanduan alkohol bisa mengindikasikan seseorang terkena stres. Agar kamu lebih paham, berikut adalah dampak stres terhadap kesehatan dan cara mengatasinya.

Dampak stres terhadap kesehatan


Stres yang berkepanjangan dapat memicu ragam penyakit. (Sumber: Pexels)

Kamu perlu waspada jika stres yang kamu alami sudah terjadi secara berkepanjangan, karena berpotensi untuk menimbulkan penyakit lainnya. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan kamu pun akan bernapas lebih cepat. Hal tersebut disebabkan karena tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi jauh lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga kamu akan merasa mudah lelah.

Baca juga: 6 Cara mengatasi depresi di tempat kerja agar tak semakin larut

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Nggak heran jika orang yang stres akan lebih mudah terkena penyakit sebab saat kamu sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi.

Mengetahui cara menghilangkan stres sangatlah penting untuk menghindari berbagai macam penyakit berbahaya. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyerang jika mengalami stres berkepanjangan:

  • Sakit kepala
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan tidur
  • Stroke
  • Obesitas
  • Asma
  • Depresi
  • Penuaan dini
  • Mudah terinfeksi
  • Disfungsi seksual
  • Penyakit jantung
  • Asam lambung
  • Penyakit Alzheimer

10+ Cara menghilangkan stres ini patut kamu coba


Terdapat berbagai macam cara menghilangkan stres.   (Sumber: Pexels)

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan stres dan depresi, mari kita simak perbedaan antara stres dan depresi. Masih banyak orang yang bingung akan perbedaan stres dan depresi. Stres sebenarnya adalah kondisi umum yang dialami oleh seseorang ketika dihadapkan oleh tekanan. Di mana kamu akan kerap uring-uringan, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Nah, stres yang tidak ditangani dapat berpotensi menjadi depresi. Depresi bukan hanya suasana hati yang buruk, kamu dapat merasa dunia akan berakhir, dan cenderung menarik diri dari orang-orang di sekitarmu. Kondisi ini umumnya dapat terjadi selama berminggu-minggu atau bahkan lebih.

Baca juga: 5 Cara mengatasi ganggguan kecemasan di tempat kerja

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stres? Langkah pertama mengatasi stres adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkannya, dalam hal ini kamu sendiri yang mengetahuinya. Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres yang praktis dan ampuh.

1. Olahraga

Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga menjadi salah satu cara menghilangkan stres. Satu cara yang sederhana dapat berupa berjalan kaki atau bersepeda mengitari komplek rumah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa tips olahraga ringan di rumah seperti ini.

2. Meditasi

Meditasi bisa membantu kamu menenangkan pikiran. Kamu bisa mencoba olahraga seperti yoga yang juga mengajarkan cara bermeditasi. Cara menghilangkan stres ini dapat merelaksasi pikiran juga tubuh.

3. Jalani hobi yang menyenangkan


Menyibukkan diri dengan hobi menjadi salah satu cara menghilangkan stres.. (Sumber: Pexels)

Coba pikirkan apa saja kegiatan yang disukai? Apakah belanja, jalan-jalan di mal, karaoke, nonton film, berkebun, memasak, atau pergi ke taman bermain? Kamu bisa melakukan apa saja yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, namun kegiatan itu harus positif agar tidak menimbulkan masalah baru. Dijamin cara menghilangkan stres ini akan meningkatkan mood kamu.

Baca juga: 6 Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran yang sibuk

4. Sharing dengan orang terdekat

Memendam perasaan, terutama perasaan yang mengganggumu, bisa membuat kamu stres. Lebih baik utarakan semuanya agar kamu bisa melepas beban. Cara menghilangkan stres berikutnya adalah dengan mengutarakan semua yang ada di benak kepada orang yang bersangkutan, orang yang kamu percaya, atau psikolog. Percayalah, setelah mengeluarkan semua kekesalan itu, perasaan kamu pasti jauh lebih baik.

5. Jalani hidup pada masa sekarang


Living at the moment bisa menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh. (Sumber: Pexels)

Apakah masa lalu sering membuat kamu terbebani? Jika demikian, maka kamu perlu mengubah mindset. Cobalah untuk tenangkan diri dan hiduplah di masa sekarang. Lupakan pula ekspektasi negatif mengenai kehidupan di masa depan. Biarlah hidup mengalir apa adanya. Percayalah, jika kamu menjalani masa sekarang dengan bahagia dan positif, maka itu akan berdampak pula kepada kehidupan masa depan.

6. Memijat telinga

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa praktik memijat telinga ternyata bisa membantu meredakan stres. Hal ini sesuai dengan studi medis yang membuktikan bahwa dengan memijat telinga bisa menjadi cara menghilangkan stres berat dan kecemasan pada pasien yang akan dioperasi.

Adapun cara memijat telinga yang benar adalah dengan memijatnya dibagian titik shen men yang efektif mengurangi stres dan meningkatkan energi bagi tubuh. Akan tetapi, bila kamu kesulitan menemukan titik ini, mulailah dengan memijat telinga ke bagian atas dan di sekitar kulit luar telinga yang akan menghasilkan efek yang sama seperti titik shen men.

7. Membereskan ulang tempat kerja

Saat kamu dikejar deadline yang ketat dan menyebabkan kamu stres menghadapinya, cobalah untuk merapikan ulang tempat kerjamu. Pasalnya dengan melakukan ini bisa membantumu membangun energi positif dan meningkatkan mood. Tidak heran bila banyak orang melakukan ini, sebagai cara menghilangkan stres berat dan jenuh yang efektif.

8. Atur pola hidup sehat


Cara menghilangkan stres bisa dilakukan dengan mengatur pola hidup yang sehat dan seimbang. (Sumber: Pexels)

Tidur yang cukup dan senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

Baca juga: Pekerja kantoran, ini 5 tips pola makan sehat untuk kamu

9. Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan

Meningkatkan ibadah dan lebih mendekatkan diri pada Tuhan merupakan salah satu cara menghilangkan stres yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu kamu akan merasa tenang dan nyaman, sehingga stress pun akan semakin berkurang. Kamu bisa melakukan ibadah apapun tergantung dari masing-masing kepercayaan, selama kamu merasakan koneksi secara spiritual. Koneksi yang berhubungan dengan pikiran dalam konteks spiritual mungkin akan membantu untuk mendapatkan dukungan yang kamu butuhkan saat sedang stres.

10. Berendam air hangat

Salah satu cara menghilangkan stres lainnya adalah dengan berendam di air hangat. Cara tersebut memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, termasuk memberikan efek relaksasi. Berendam di air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merelaksasi otot. Cara menghilangkan stres ini akan membuat kamu lebih rileks, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

11. Minum teh dan kurangi kopi


Mengkonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara menghilangkan stres. (Sumber: Pexels)

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau yang bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Jenis teh chamomile dan mint juga bisa membantu sebagai media relaksasi. Namun, dari setiap teh yang akan kamu konsumsi jangan lupa untuk melihat kandungan kafeinnya. Mengonsumsi kafein dengan dosis yang tinggi dapat meningkatkan rasa kecemasan. Toleransi setiap orang terhadap kafein pun berbeda-beda. Mengurangi konsumsi kafein dapat menjadi salah satu cara menghilangkan stres.

12. Konsumsi saffron

Mengkonsumsi saffron juga dapat menjadi cara menghilangkan stres. Saffron merupakan rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah. Rempah tersebut berasal dari bunga Crocus sativus dan memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan mood, juga membantu pengobatan depresi. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau merendam beberapa helai saffron dalam air untuk diminum.

13. Merawat hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi cara menghilangkan stres yang cukup ampuh. Hewan peliharaan merupakan therapist yang bisa menjaga kondisi mental kamu. Bermain dengan hewan peliharaan selama 10 menit bisa membuat mood-mu lebih baik.

Perlukah ke psikolog?


Stres yang berkepanjangan hingga depresi memerlukan bantuan psikolog. (Sumber: Pexels)

Apabila kamu sudah melakukan berbagai macam cara menghilangkan stres, namun tidak kunjung mereda. Tidak ada salahnya untuk mencari pertolongan profesional. Kamu bisa mencari psikolog untuk membantu menurunkan level stres.

Selain rumah sakit, kamu bisa mengunjungi puskesmas yang memberikan layanan konseling dengan biaya yang terjangkau. Apabila faktor penyebab stresmu karena sudah tidak nyaman di kantor yang sekarang, kamu bisa meregistrasikan diri di EKRUT dan akan dihubungkan dengan banyak perusahaan yang sesuai.

Dengan mengetahui cara menghilangkan stres dan berbagai hal terkait dengan stres, maka kamu bisa mengontrol agar stres tak akan berdampak negatif. Aturlah pola makan dan pola hidup sehat dan jangan lupa untuk mengatur waktu agar jam aktivitas padat tidak membuatmu stres.

sign up EKRUT

Sumber:

  • alodoker.com  
  • greatist.com
  • healthline.com

Tags

Share