Published on

Careers

5 Cara mengatasi lemas ketika bekerja saat puasa

Nur Lella Junaedi

cara-mengatasi-lemas-EKRUT.jpg

Bekerja saat puasa tentu memiliki tantangan tersendiri. Sebab seringkali kamu akan lebih mudah merasa lemas karena menahan lapar dan haus sehari penuh. 

Meski demikian, jangan jadikan rasa lemas ini penghalang untuk tidak produktif dan kurang maksimal dalam bekerja. Karenanya ada 5 cara mengatasi lemas ketika bekerja saat berpuasa seperti pada ulasan berikut ini! 

1. Menjaga kandungan cairan dalam tubuh 

cara mengatasi lemas EKRUT 
Usahakan minum 8 gelas perhari saat kamu berpuasa untuk menjaga cairan tubuh-EKRUT

Rasa lemas bisa timbul karena kamu kekurangan cairan saat berpuasa. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga ritme puasamu dengan tetap menjaga kandungan cairan dalam tubuh. Bagaimana caranya?

Kamu bisa mencoba formula 2-4-2 yakni minum 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas selama malam hari dan 2 gelas saat sahur. 

Hindari minuman yang mengandung kafein, soda, dan teh saat berbuka puasa atau saat sahur, termasuk makanan yang terlalu asin. 

Pasalnya jenis minuman dan makanan ini, selain menyebabkan sulit tidur juga menyebabkan dehidrasi di siang hari. 

Baca juga: Tetap produktif selama puasa, ini kuncinya

2. Perhatikan asupan makanan saat berpuasa 

cara mengatasi lemas EKRUT 
Perhatikan asupan makanan saat berbuka dan berpuasa dengan mengonsumsi makanan yang sehat-EKRUT

Terkadang sebagian orang tidak memperdulikan apa yang mereka makan saat berbuka puasa dan sahur. Padahal hanya jenis makanan tertentu yang akan membantumu memberi energi selama bekerja saat berpuasa.Coba perhatikan ulasan ini. 

  • Makanan saat berbuka puasa. Rasulullah sendiri menganjurkan saat berbuka puasa diawali dengan tiga butir kurma dan air putih. Selain itu, ada baiknya saat berbuka menu makananmu mengandung banyak air contohnya sup, soto, sayur asem, buah-buahan dan lain-lain. Kenapa? Karena kandungan air di dalam makanan ini akan menambah cairan elektrolit di dalam tubuh, serta mengandung ragam karbohidrat dan protein yang sekaligus menjadi salah satu cara mengatasi lemas saat berpuasa.
  • Makanan saat sahur. Nah, pada saat sahur upayakan kamu memakanan makanan yang kaya serat seperti nasi, roti, gandum, pasta, kentang dan lain-lain. Makanan jenis ini dipercaya akan memberimu energi selama menjalankan ibadah di bulan puasa. Kamu pun bisa melengkapi menumu dengan produk susu saat sahur, pasalnya susu bisa membantumu menjadi kenyang dalam waktu yang cukup lama

Baca juga: Pekerja kantoran, ini 5 tips pola makan sehat untuk kamu

3. Tidur yang cukup saat berpuasa

cara mengatasi lemas EKRUT 
Istirahat yang cukup adalah kunci dari cara mengatasi lemas ketika bekerja disaat puasa-EKRUT

Bila kamu di bulan-bulan lain terlalu sering begadang dan tidak khawatir saat besoknya bekerja, mungkin kebiasaan buruk ini harus segera kamu hentikan. Sebab, istirahat yang cukup dan lebih awal adalah kunci dari cara mengatasi lemas ketika harus bekerja saat puasa. 

Porsi kurang tidur justru akan membuatmu mengantuk di siang hari, sehingga fokus dalam bekerja pun akan terganggu.

Oleh karena itu, buatlah jadwal yang sesuai dengan kebutuhan sahur di bulan Ramadhan. 

Jangan sahur terlalu malam atau terlalu mepet ke waktu imsak. Bangunlah sekitar 1 jam sebelum imsak agar kamu punya waktu untuk menyiapkan santap sahur.

Bila memungkinkan, di kala siang saat bekerja kamu pun bisa memanfaatkan waktu senggang setelah sholat Dzuhur untuk tidur siang sejenak. Itu akan membantu tubuhmu segar kembali. 

Baca juga: 4 Bahaya kurang tidur bagi pekerja kantoran

4. Konsumsi vitamin dan suplemen

cara mengatasi lemas EKRUT 
Tak ada salahnya bila kamu juga mengonsumsi vitamin dan suplemen ketika berbuka atau sahur-EKRUT

Puasa kali ini menjadi puasa yang berbeda bagi umat muslim, karena kebanyakan muslim menjalani puasa di tengah wabah Corona. Salah satu cara efektif untuk bisa melawan virus ini adalah memiliki daya tahan tubuh yang kuat

Maka dari itu, ada baiknya mempertimbangkan untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen saat sahur atau berbuka. 

Kandungan suplemen akan membuat badan tidak mudah lemah, lesu dan lelah ketika kamu harus bekerja seharian saat berpuasa. 

5. Melakukan olahraga atau gerakan ringan

cara mengatasi lemas EKRUT
 Kamu pun bisa berolahraga ringan saat di rumah ketika puasa-EKRUT

Berpuasa tidak lantas menjadi alasan bagi kamu untuk bermalas-malasan. Kamu pun bisa tetap menjaga vitalitas tubuh dengan berolahraga ringan di rumah. 

Caranya bisa kamu lakukan dengan berjalan kaki di pagi hari setelah selesai sholat Subuh atau kamu pun bisa melakukan peregangan di pekarangan. Upaya-upaya itu akan membuat badan lebih segar dan siap menjalani hari dengan semangat. 

Baca juga: Tips berolahraga saat puasa

Jadi, sekarang kamu mulai bisa mengaplikasikan 5 cara mengatasi lemas terutama ketika harus bekerja  saat puasa.  
Dengan begitu kamu akan lebih semangat saat berpuasa. Ingat, puasa bukan ajang untuk malas-malasan, lho. 

cara mengatasi lemas EKRUT

Sumber: 

  • Tallypres.com
  • Khaleejtime
 

Tags

Share