Published on

Careers

9 Cara mengatasi sakit kepala saat bekerja

Maria Tri Handayani

cara-mengatasi-sakit-kepala---EKRUT.jpg

Banyaknya tuntutan dalam pekerjaan, serta gaya hidup yang tidak sehat hingga kebiasaan seperti terlalu lama bekerja di depan layar komputer seringkali jadi pemicu timbulnya rasa sakit kepala saat sedang bekerja. 

Meski terkesan sepele, namun sakit kepala yang sering terjadi bisa membuatmu kehilangan fokus dalam bekerja. Agar hal ini tidak terjadi kepada kamu, cobalah untuk memerhatikan ulasan cara mengatasi sakit kepala saat bekerja seperti berikut ini. 

Ketahui penyebab sakit kepala saat bekerja

cara mengatasi sakit kepala - EKRUT
Salah satu pemicu sakit kepala saat bekerja adalah karena tekanan kerja - EKRUT

Mengenali penyebab sakit kepala saat bekerja akan membantu kamu menemukan solusi untuk mengatasinya. Umumnya ada beberapa alasan mengapa kamu cenderung merasakan sakit kepala di tempat kerja, seperti:

  • Kualitas tidur yang buruk.
  • Melewatkan sarapan atau makan siang.
  • Dehidrasi.
  • Pemicu dari lingkungan seperti paparan sinar dari layar komputer dan pencahayaan ruangan yang buruk.
  • Postur duduk yang buruk di meja kerja.
  • Stres akibat pekerjaan sehari-hari.
  • Pemicu psikologis dan sosial seperti konflik di tempat kerja seperti lingkungan kerja yang tidak terlalu sosial, bullying dari bos atau rekan kerja. 
  • Kurangnya kepuasan kerja.

Baca juga: 7 Penyakit yang sering muncul akibat bekerja berlebihan

Cara mengatasi sakit kepala saat bekerja 

cara mengatasi sakit kepala - EKRUT
Menjaga kualitas tidur penting agar kamu tidak mudah sakit kepala saat bekerja - EKRUT

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang dapat memicu sakit kepala seperti yang disebutkan di atas, sekarang kenali pula beberapa cara mengatasi sakit kepala saat bekerja.  

1. Jangan lewatkan jam makan 

Kamu mungkin sering menjadikan tumpukan pekerjaan sebagai alasan melewatkan jam makan di kantor. Jangan jadikan ini sebagai kebiasaan, ya. Melewatkan kewajiban untuk makan adalah salah satu pemicu migrain dan sakit kepala di tempat kerja. 

Bila tidak sempat makan, setidaknya selalu sediakan cemilan seperti protein bar atau kacang-kacangan di meja kerja sehingga kamu dapat mengganjal perut sementara waktu. 

2. Minum air yang cukup 

Jagalah agar tubuh kamu terhidrasi dengan baik sepanjang hari kerja karena dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala.

Agar kamu tidak lupa untuk minum saat bekerja cobalah untuk menyediakan sebotol air di meja kerja kamu. Dengan begitu kamu bisa mudah untuk minum setiap saat dan sesering mungkin. 

3. Kurangi paparan sinar dari komputer 

Salah satu cara mengatasi sakit kepala saat bekerja yang juga harus kamu perhatikan adalah dengan mengurangi paparan sinar dari perangkat elektronik. Sebab, sinar atau cahaya dari perangkat elektronik dapat memicu migrain bagi sebagian orang terutama bila melihatnya dalam durasi yang lama. 

Untuk mengurangi paparan tersebut lakukan beberapa hal seperti:

  • Mengurangi pengaturan cahaya / brightness komputer
  • Menggunakan pelindung layar anti silau pada monitor komputer
  • Jika kamu menggunakan kacamata mungkin kamu bisa menambahkan lapisan anti-reflektif untuk mengurangi silau saat bekerja di depan komputer. 

4. Atur kembali ruang dan meja kerja kamu 

Bila memungkinkan cobalah atur ulang ruang kerja kamu tersebut. Gunakan tirai yang dapat membantu menghalangi cahaya dari luar ruangan dan meredupkan lampu yang terlalu silau. 

Atur pula posisi kursi, meja kerja dan postur tubuh. Duduklah dengan tegak, lalu atur layar komputer agar sejajar dengan  mata sehingga kepalamu tidak terlalu tegang karena mendongak ataupun menunduk untuk melihat layar. 

Baca juga: 6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu

5. Hindari bau-bauan yang terlalu menusuk 

Salah satu pemicu sakit kepala lainnya adalah ketika kamu mencium bau-bau tertentu, seperti wangi parfum yang terlalu menusuk hidung.

 Jika bau tersebut datang dari rekan kerjamu, cobalah untuk menyampaikan baik-baik bahwa aroma parfum yang ia gunakan membuat kamu sakit kepala. 

Selain cara tersebut cobalah atur sirkulasi udara di ruang kerja tersebut. Kamu bisa membuka jendela dan pintu hingga menyimpan biji kopi dalam botol kecil agar kamu bisa mengendusnya sewaktu-waktu untuk menetralisir aroma-aroma di dalam ruang kerja. 

6. Berikan jeda 

Gunakan jeda di sela bekerja untuk beristirahat dan mengurangi penat yang dapat memicu sakit kepala saat bekerja.

Kamu bisa menerapkan aturan 20-20-20, di mana kamu dapat mengambil jeda setiap 20 menit untuk melihat objek yang berjarak minimal 20 meter selama 20 detik untuk mengistirahatkan mata sejenak. 

Kamu juga bisa mengambil jeda dengan bergerak dan melakukan peregangan agar tidak sakit kepala karena terlalu lama duduk di meja kerja. Cobalah beranjak dari meja kerja dan berjalan sejenak misalnya menaiki tangga atau berjalan-jalan di lingkungan kantor sejenak. 

cara mengatasi sakit kepala - EKRUT
Kurang tidur juga menjadi pemicu sakit kepala di kantor - EKRUT

7. Prioritaskan kualitas tidur 

Tidur yang tidak teratur ditambah kelelahan dapat memicu migrain di tempat kerja. Karena itu, penting agar kamu menjaga istirahat malam dengan baik setiap harinya.

Jangan biarkan tekanan dan tugas-tugas di tempat kerja membuatmu tidak bisa beristirahat dengan optimal di malam hari, ya. 

8. Konsumsi kafein sewajarnya

Meski kafein dapat membantu sebagian karyawan merasa tetap produktif, namun kafein juga disebut-sebut dapat menyebabkan sakit kepala. 

Bila kamu sudah terbiasa mengonsumsi kafein sehari-hari maka kamu bisa merasakan sakit kepala bila suatu waktu kamu tidak mengonsumsinya. Namun, begitu pula sebaliknya, bila terlalu banyak mengonsumsi kafein kamu juga dapat merasakan sakit kepala. Untuk mencegah hal ini sebaiknya minumlah kafein dalam jumlah yang wajar.

9. Kelola stres

Tekanan kerja hingga faktor lingkungan sosial bisa membuatmu burnout dan merasa stres. Akibatnya kamu pun semakin rentan merasakan sakit kepala di tempat kerja.

Berbagai faktor yang memengaruhi stres dapat meningkatkan ketegangan otot dan melebarkan pembuluh darah yang dapat memicu sakit kepala dan migrain. 

Untuk mengatasi ini cobalah menerapkan strategi manajemen stres seperti teknik pernapasan dalam, atau melakukan peregangan sederhana di meja kerja agar leher dan pundak yang tadinya tegang karena stres bisa lebih terasa ringan.

Stres memang sulit dihindari di tempat kerja. Namun, bila ini terus terjadi dan pada akhirnya membuatmu kerap merasa sakit kepala berkepanjangan di tempat kerja maka mungkin ini tandanya kamu perlu mencari peluang kerja di lingkungan kerja yang lebih baik lainnya. 

Baca juga: Mudah, ini 9 cara mempraktikan mindfulness di tempat kerja

Bekerja sambil menahan sakit kepala tentu akan mengganggu produktivitasmu di kantor. Itu sebabnya cobalah praktikan cara mengatasi sakit kepala yang sudah dijelaskan di atas. 

Bila kamu merasa sakit kepala tersebut benar-benar tidak tertahankan, ada baiknya pula kamu mengajukan izin kepada atasan untuk beristirahat atau melakukan cek kesehatan sejenak. 

cara mengatasi sakit kepala - EKRUT

Sumber:

  • verywellhealth.com
  • everydayhealth.com
  • opensourcedworkplace.com
     

Tags

Share