Published on

Careers

7 Cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier

Maria Tri Handayani

cara-mengembangkan-potensi-diri---EKRUT.jpg

Mengembangkan potensi diri dengan baik dapat menjadi salah satu cara mencapai kesuksesan dalam karier. Lantas, apakah kamu sudah melakukannya?

Jika belum, beberapa cara mengembangkan potensi diri dalam karier ini penting untuk kamu perhatikan. 

1. Kenali diri sendiri

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Mengenali diri akan membuatmu menyadari tantangan dan tuntutan yang kamu hadapi - EKRUT
 

Cara mengembangkan potensi diri yang paling pertama dan utama adalah dengan mengenali diri sendiri. Ini penting agar kamu dapat memiliki penilaian akurat atas keterampilan dan kinerja kamu saat ini. 

Coba tuliskan dua atau tiga kelemahan dan kelebihan diri kamu yang paling signifikan. Menemukan kelebihan diri mungkin lebih mudah dibanding menyadari kelemahan diri. 

Itu sebabnya coba renungkan dan cari tahu jawaban yang sebenarnya atas pertanyaan ini. Bila kamu kesulitan, cobalah tanyakan pandangan orang-orang di sekitar kamu dan mintalah mereka untuk jujur. 

Dengan mengenali diri sendiri, kamu bisa mengetahui tantangan dan tuntutan apa yang sebenarnya kamu hadapi demi kemajuan karier. 
Misalnya, jika kamu ternyata memiliki kelemahan dalam pekerjaan, kamu bisa mencari tahu cara untuk mengatasinya misalnya dengan menambah waktu belajar setiap hari. 

Baca juga: 9 Contoh etos kerja yang penting bagi perkembangan karier

2. Temukan minat dan ketertarikan 

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Dengan mengetahui minat dan ketertarikan kamu dapat menentukan tujuan karier- EKRUT

Selain  mengenali kelemahan dan kelebihan diri, selanjutnya hal yang juga harus kamu cari tahu adalah apa yang benar-benar kamu sukai. 

Apakah pekerjaanmu saat ini adalah pekerjaan impianmu? Seberapa cocok pekerjaan kamu sekarang dengan ketertarikan dan kegemaranmu. 

Banyak orang tidak tahu apa minat mereka dan terlalu fokus dengan pendapat orang-orang di sekitarnya.  Padahal mengenali minat akan membantumu menentukan tujuan karier yang kamu inginkan. 

Dengan begitu kamu bisa mengetahui apakah karier kamu saat ini sudah tepat, atau kamu perlu menggantinya dari sekarang demi mewujudkan tujuan karier yang kamu cita-citakan.

Memilih karier di pekerjaan yang kamu sukai dan cintai akan memberimu kekuatan saat menghadapi kesulitan. Selain itu kamu juga akan lebih bersemangat untuk mencapai potensi diri kamu sepenuhnya. 

3. Mampu menjalankan tugas dengan benar

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Kenali dan lakukan setiap tugas dengan benar agar karier yang dibangun semakin baik - EKRUT

Sangat sulit untuk sukses dalam karier jika kamu bahkan tidak unggul dalam menjalankan tugas-tugasmu di pekerjaan.

Itu sebabnya salah satu cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier dapat kamu lakukan dengan mengidentifikasi tugas penting seperti apa yang harus kamu jalankan dalam pekerjaan. 

Dari situ kamu bisa tahu bagaimana cara  menggunakan waktu dan mengembangkan keterampilan dengan tepat untuk mengerjakan tugas dengan hasil yang maksimal. 

Hal ini juga harus kamu lakukan setiap kali pindah kerja. Kamu harus mengetahui apa tugas-tugas utama yang harus kamu kerjakan dan bagaimana cara kamu memaksimalkan cara kerja untuk mendorong kesuksesan di posisi baru tersebut. 

4. Terus belajar 

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Belajar adalah satu hal yang tidak boleh berhenti kamu lakukan agar potensi diri terus berkembang - EKRUT

Sebagian orang mungkin cenderung berpikir bahwa semua akan beres setelah mendapat pekerjaan. Padahal, untuk sukses kamu harus terus mengembangkan potensi diri dengan belajar. 

Lagipula sekarang ada banyak cara dan medium yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setiap saat. Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa terus belajar. 

Pembelajaran berkelanjutan penting agar kamu bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaan dan zaman. 

Misalnya, dunia yang perlahan-lahan menjadi serba digital juga menuntut kamu untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan digital agar kamu bisa menyesuaikan kemampuan dengan kebutuhan yang ada. 

Baca juga: 6 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume kamu

5. Temukan mentor 

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Temukan mentor yang bisa kamu jadikan inspirator dalam membangun karier - EKRUT

Cara mengembangkan potensi diri lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan meminta bantuan pada mentor. 

Saat berada dalam sebuah perusahaan, atasan kamu bisa bertindak layaknya mentor. Tanyakan kepada atasan bagaimana kekurangan kamu dalam bekerja dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Namun, atasan tidak menjadi satu-satunya orang yang dapat kamu jadikan mentor. Kamu juga bisa menemukan sosok-sosok lainnya yang inspiratif menurutmu dan layak menjadi mentor bagi perkembangan karier kamu. 

6. Percaya pada dirimu sendiri 

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Miliki keyakinan pada diri akan membantumu berani mencoba hal-hal baru - EKRUT

Yang terpenting dalam mengembangkan potensi diri adalah bagaimana kamu harus percaya pada diri sendiri.

 Seringkali orang merasa bahwa mereka tidak layak mendapatkan promosi atau tidak siap untuk menerima tanggung jawab yang lebih.

Padahal dengan memiliki kepercayaan diri, kamu bisa mencapai lebih banyak hal dalam peran kamu, termasuk dalam mengembangkan karier dan mencapai kesuksesan seperti yang kamu idam-idamkan. 

Karena itu belajarlah untuk percaya pada dirimu sendiri ya. 

7. Kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memotivasi

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT
Lingkungan yang suportif akan membantumu tetap termotivasi dalam bekerja - EKRUT

Sebagai manusia kita kerap bereaksi terhadap lingkungan kita. Itu sebabnya jika kamu bergaul dengan pemalas di tempat kerja, kemungkinan besar kamu pun akan secara perlahan melakukan hal yang sama pada pekerjaanmu walaupun itu sebenarnya bukan bagian dari karakter kamu. 

Oleh karena itu jika kamu ingin mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier. cobalah kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memotivasi diri kamu dalam mengemban tanggung jawab dan melakukan tugas dengan baik dan tepat waktu. 

Baca juga: Cari tahu pentingnya mentor bagi perkembangan karier, yuk!

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa cara mengembangkan potensi diri yang bisa kamu lakukan demi mencapai kesuksesan karier, bukan? 

Ingatlah  bahwa kesuksesan dalam karier adalah sesuatu yang bisa didapat dengan mengejarnya. Karena itu cobalah temukan dan kembangkan potensi diri kamu dari sekarang. 

 

 

cara mengembangkan potensi diri - EKRUT

Sumber:

  • hbr.org
  • economictimes.com
  • michaelpage.co.uk

Tags

Share