Published on

Careers

12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

Detty Risetya

cover.jpg

Karyawan dengan contoh etos kerja yang baik, seringkali mengembangkan kariernya dalam waktu singkat. Banyak pegawai yang menunjukkan contoh etos kerja positif, telah membuktikan adanya peluang besar sukses di tempat kerja, termasuk promosi atau kenaikan jabatan. Secara umum, etos kerja adalah semangat dan perilaku positif di lingkungan kerja. Lantas, apa pentingnya etos kerja dan apa saja contoh etos kerja yang bermanfaat untuk keberhasilan karier? Berikut ulasan selengkapnya!

Pentingnya memiliki etos kerja


Etos kerja yang baik membuat circle pertemanan di kantor lebih positif. (Sumber: Pexels)

Memiliki etos kerja sangat penting untuk menunjukkan tanggung jawab serta dedikasi terhadap pekerjaan. Perusahaan mencari orang-orang yang menunjukkan contoh etos kerja yang baik dalam kesehariannya. Sebab, orang-orang seperti itulah yang termotivasi dan bisa diandalkan di tempat kerja. Orang yang menunjukkan kualitas contoh etos kerja di perusahaan, akan memiliki peluang lebih besar untuk promosi jabatan atau kemajuan kariernya.

Baca juga: Etos Kerja: Pengertian, Manfaat, Karakteristik

Pertanyaan interview "Bagaimana etos kerja kamu di kantor?"


Susun jawaban yang tepat untuk menjelaskan contoh etos kerjamu di kantor. (Sumber: Pexels)

Dalam interview kerja, kamu mungkin akan ditanyai, “Bagaimana etos kerja kamu di kantor?” Sebenarnya, tidak ada jawaban yang salah atau benar dalam hal ini. Sebab, setiap orang memiliki persepsi etos kerja yang berbeda. Namun, sebagai contoh, kamu bisa menjawab berikut.

“Saya memiliki etos kerja yang efektif dan efisien. Saya berusaha untuk menemukan cara yang paling efisien saat bekerja. Bagi saya proses pembuatan konten dari awal dan akhir, harus sederhana namun hasilnya sesuai ekspektasi. Saya memakai aplikasi seperti Trello atau Asana agar bisa berkolaborasi secara cepat dengan seluruh anggota tim. Jadi, jika ada konten yang perlu direvisi atau kendala lainnya, bisa diinformasikan dan ditangani lebih cepat.”

Baca juga: 9 Contoh etos kerja yang penting bagi perkembangan karier

12 Contoh etos kerja yang penting bagi perkembangan karier


Etos kerja yang baik perlu diterapkan agar kariermu makin cemerlang. (Sumber: Pexels)

Berikut adalah beberapa contoh etos kerja yang bisa membantu perkembangan karier.

1. Tepat waktu

Rahasia kesuksesan adalah kedisiplinan dalam hal waktu. Jadwal kerja harus dikelola agar memenuhi tenggat waktu proyek.

2. Taat peraturan

Mengikuti peraturan perusahaan menjadi contoh etos kerja yang positif. Bukan hanya membuat lingkungan kerja berjalan tertib dan teratur, namun peraturan juga melindungi hak dan kewajiban karyawan.

3. Menghormati dan menghargai

Di tempat kerja, kita perlu menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai terhadap semua orang. Mulai dari atasan hingga office boy.

4. Kerjasama

Kerjasama akan membuat pekerjaan yang berat terasa lebih ringan, dan mudah diselesaikan. Dengan begitu, semua tujuan proyek dan ekspektasi perusahaan dapat tercapai.

5. Saling mendukung

Contoh etos kerja positif berikutnya adalah saling mendukung antar karyawan. Sesama rekan kerja harus mengesampingkan perbedaan agar bisa mengatasi kendala atau situasi sulit.

6. Menjaga profesionalisme

Tetaplah profesional dalam segala situasi untuk menunjukkan contoh etos kerja yang luar biasa. Misalnya, ramah saat melayani keluhan pelanggan, serta fokus ketika mengerjakan tugas.

7. Berpikir out of the box

Kreativitas dapat diasah seiring waktu. Jadilah orang yang inovatif untuk mempraktikkan contoh etos kerja positif. Dengan kata lain, kamu perlu berpikir di luar kebiasaan dan menemukan cara alternatif untuk menyelesaikan tugas.

8. Mengambil tantangan

Keinginan untuk terus belajar dan berkembang merupakan contoh etos kerja yang sangat baik. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru dan menambah keterampilan.

9. Antusias dan bersemangat

Berangkat kerja dengan semangat dan rasa antusias adalah tanda etos kerja yang tinggi. Ini artinya, kamu siap menghadapi semua rintangan.

10. Beradaptasi dengan perubahan

Semua pekerjaan membutuhkan adaptasi secara cepat. Jika kamu tipe orang yang cepat beradaptasi, kamu bisa menjadi karyawan serba bisa karena cepat menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

11. Bertanggung jawab

Setiap orang pernah melakukan kesalahan, tetapi hanya orang yang bertanggung jawab yang berani mengakui kesalahan. Dan inilah contoh etos kerja yang baik.

12. Fokus pada pekerjaan

Contoh etos kerja positif lainnya adalah fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Pastikan semua tugas sudah sesuai standar dan peraturan perusahaan.

Baca juga: 10 Contoh Integritas dalam Dunia Kerja 

Kategori etos kerja


Beberapa kategori etos kerja yang perlu dipahami. (Sumber: Pexels)

Ada beberapa kategori etos kerja, antara lain sebagai berikut.

  • Kerja keras. Pantang menyerah ketika menghadapi tugas menantang.
  • Dedikasi. Menjaga tenggat waktu dan menyelesaikan tugas sepenuhnya.
  • Disiplin. Mengerjakan tugas dengan fokus hingga selesai.
  • Produktivitas. Menggunakan waktu agar bisa menyelesaikan tugas dan memenuhi tujuan.
  • Kerja tim. Setiap anggota tim berusaha menyelesaikan bagian tugasnya dengan baik dan saling membantu.
  • Integritas. Sebagai panduan untuk memutuskan pilihan berdasarkan moral dan etika.
  • Profesionalisme. Menunjukkan sikap profesional dalam mengerjakan tugas.

Baca juga: Mau dapat kenaikan gaji? Sontek 3 tips ini

Manfaat etos kerja tinggi


Jaga etos kerja yang tinggi agar kamu mendapatkan banyak manfaat dalam karier. (Sumber: Pexels)

Dengan menunjukkan contoh etos kerja tinggi saat menyelesaikan tugas, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Peningkatan kinerja karyawan. Karyawan yang memiliki etos kerja tinggi, dapat menyelesaikan tugas secara akurat dan tepat waktu.
  • Kepuasan kerja tinggi. Karyawan lebih cenderung merasa bangga dan puas dengan pekerjaannya. Sebab, perannya dalam perusahaan dapat diapresiasi dan diakui.
  • Lingkungan kerja nyaman. Ketika semua karyawan menunjukkan etos kerja positif, lingkungan kerja terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Karyawan yang bekerja dengan gembira akan memastikan pekerjaannya selesai dengan baik.

Baca juga: 8 Tips Jitu agar Kamu Disukai Atasan

Cara mendemonstrasikan etos kerja di kantor


Tunjukkan contoh etos kerja yang baik agar mendapatkan dukungan dari rekan-rekanmu. (Sumber: Pexels)

Beberapa cara menunjukkan contoh etos kerja di kantor adalah sebagai berikut.

  • Sebaiknya singkirkan gangguan di kantor. Kamu bisa mengenakan headset agar tidak terganggu ketika ada bising atau saat suasana berisik di kantor.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan pada atasan atau manajer jika ada hal yang tidak kamu pahami tentang tugas atau peraturan kantor.
  • Gunakan waktu dengan bijak untuk menyelesaikan tugas. Hindari membuka website yang tidak perlu atau bermain media sosial saat bekerja.
  • Kelola email, stiker atau catatan, dan bersihkan meja kerja untuk meningkatkan fokus dan semangat bekerja.
  • Jika kamu merasa lelah atau sakit, mintalah izin untuk beristirahat agar kamu siap dan lebih segar ketika kembali bekerja dengan energi baru.

Baca juga: 9 Tanda kamu workaholic dan dampaknya dalam dunia kerja

Tips meningkatkan etos kerja


Tips meningkatkan etos kerja di antaranya dengan terus belajar mengasah skill. (Sumber: Pexels)

Untuk cara meningkatkan etos kerja, simak panduan berikut ini.

1. Kembangkan keterampilan profesional

Ada banyak kursus atau pelatihan online yang bisa membantu mengasah keterampilan dan meningkatkan kinerja profesional. Manfaatkan kursus ini dan bila perlu mintalah rekomendasi dari kantor.

2. Mempertahankan kebiasaan baik

Berusaha agar bisa mempertahankan kedisiplinan waktu dan kerapihan. Jadwalkan pertemuan, mengatur tenggat waktu, serta luangkan waktu bagi keluarga atau berlibur.

3. Tinjau hasil pekerjaanmu

Agar lebih mudah menerapkan contoh etos kerja dan semakin meningkat seiring waktu, kamu perlu memiliki standar kerja tinggi. Kirim pekerjaan tepat waktu dan pastikan untuk memeriksa ulang sebelum diserahkan.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Produktif

Setuju kan, kalau contoh etos kerja positif di atas sangat layak diterapkan di tempat kerja? Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karir lebih cepat, kamu bisa menggunakan platform EKRUT. Kamu akan mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier dengan sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

https://lh5.googleusercontent.com/GlphcN_RKLGrATnFMAYFxskIqF0loRi9fR0rb5lD35b1vFlor6NmRhUkUgfqD_lPXe4DkRXmGahtSRCEIAMjyhhRyjpgwvMo5jVUyidD1IZQ68hHiwPXOdE2IA_sSwIPAekeuOhwKhwV6jAPwA

Sumber:

  • indeed.com
  • valamis.com
  • eggcellentwork.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video