Published on

Technology

5 Cara mengganti background Zoom untuk laptop dan HP dengan mudah

Luqman Hafidz

H1_5_Cara_mengganti_background_zoom_untuk_laptop_dan_HP_dengan_mudah.jpg

Peralihan bentuk rapat, kelas dan seminar menggunakan platform daring telah menjadi kebiasaan yang telah lebih dari setahun terakhir ini dilakukan. Zoom merupakan salah satu platform yang sering dipergunakan untuk kegiatan tersebut. Seiring dengan meningkatnya penggunaan platform ini dalam acara formal maupun non formal, ditambah kesibukan serta lokasi yang tidak selalu kondusif, kamu bisa memaksimalkan fitur mengganti background Zoom sehingga penampilanmu dalam online meeting tetap terjaga dengan baik. 

Apakah bisa merubah background Zoom di HP?

apakah bisa merubah background zoom di HP?
Virtual background telah tersedia untuk ponsel baik andorid maupun iOS (Sumber: Unsplash)

Telah diketahui secara luas bahwa penggunaan background tersedia pada aplikasi Zoom versi komputer. Namun penggunaan virtual background juga telah tersedia untuk ponsel baik andorid maupun iOS. Dengan aplikasi Zoom versi 5.30 atau setelahnya, pengguna kedua jenis ponsel ini dapat mengganti background Zoom di HP. Dibutuhkan juga Operating System Andorid OS 8 dan sesudahnya atau iPhone 8 serta seri setelahnya untuk dapat menggunakan fitur ini.

Baca juga: 5 Fakta mengejutkan soal ponsel

Sebelum kamu merubah background Zoom di HP maupun di komputer, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur tersebut dalam laman https://www.zoom.us. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses laman Zoom dan masuk dengan akun kredensialmu. Setelah masuk pada laman beranda, pilih my account  di ujung kanan atas, lalu klik tautan setting sapai muncul pilihan in meeting (advanced). Klik tautan tersebut lalu scroll ke bawah sampai kamu menemukan pilihan virtual background. Pastikan pilihan virtual background tersebut telah dipilih aktif.  

Cara mengganti background Zoom di Windows/macOS

cara mengganti background zoom di windows
Ilustrasi mengganti background zoom di komputer (Sumber: zoom)

Mengganti background Zoom di komputer baik dengan sistem operasi Windows, macOS bahkan linux cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Zoom di komputermu
  • Masuk dengan kredensial alamat surel dan sandi yang telah terdaftar
  • Setelah masuk home interface, klik tombol setting yang terletak di ujung kanan atas lalu klik Background and Filters.
  • Pilih background yang telah tersedia atau upload background baru yang kamu punyai dengan ukuran 1280 x 720 pixel orientasi lanskap dengan terlebih dahulu mengklik tanda tambah.
  • Perhatikan layar preview untuk memastikan posisi dan background yang kamu inginkan telah terpasang dengan sesuai lalu klik tanda x.

Cara mengganti background Zoom di HP Android/iOS

cara mengganti background zoom di HP Android/iOS
Ilustrasi mengganti bakcground zoom di HP (Sumber: Zoom)

Setelah memastikan kamu telah menggunakan aplikasi Zoom versi terbaru, ponselmu memiliki operating system yang mendukung serta mengaktifkan fitur virtual background seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Masuk menggunakan alamat surel dan password-mu
  • Di dalam meeting, klik more atau tiga titik di ujung kanan bawah
  • Klik Virtual Background untuk ponsel android atau Background and FIlters untuk iOS
  • Sama halnya pada versi komputer, kamu bisa memakai template yang sudah tersedia atau menambah background baru dengan mengetuk tanda tambah pada layar
  • Ketuk tautan close untuk kembali ke dalam meeting dengan background yang telah kamu pilih sebelumnya

Rekomendasi background Zoom untuk casual meetings

Background zoom untuk casual meetings
Untuk casual meetings, background zoom dapat lebih bervariasi (Sumber: Unsplash)

Dengan kebutuhan meeting yang berbeda-beda, tentu kamu membutuhkan background yang berebeda pula. Berikut lima background yang bisa kamu gunakan untuk keperluan meeting yang sifatnya kasual, seperti meeting bersama anggota keluarga, kerabat dekat atau teman-teman sejawat.

1. Pemandangan

pemandangan
Sumber: Unsplash

Rekomendasi pertama jatuh pada pemandangan seakan-akan kamu sedang liburan di sebuah resort. Dengan pohon-pohon kelapa sebagai fokus utama dan pantai di belakangnya, background ini bisa membuat bakcground-mu cocok dengan summer vibes yang sedang dilewati negara-negara di Eropa dan Amerika Utara. 

2. Suasana Perkantoran

suasana perkantoran
Sumber: Unsplash

Sudah lama tidak mengunjungi kantor karena kebijakan Work From Home namun kamu rindu dengan suasana SCBD di bilangan Jalan Sudirman? Tentu saja background foto tak berbayar ini bisa kamu gunakan. Dengan latar utama gedung-gedung pencakar langit yang dibalut kaca di sekitaran Business District termahal Jakarta kamu bisa seru-seruan bersama teman-teman sekantromu dengan background ini! 

Baca juga: 5 Tips olahraga ringan selama WFH yang bisa kamu coba

3. Kedai kopi/cafe

cafe
Sumber: Unsplash

Masih dalam suasana Work From Home, kamu juga bisa menggunakan background kedai kopi bernuansa cokelat ini sebagai background Zoom untuk berbincang santai dengan teman-teman sembari menikmati kopi yang kamu pesan lewat marketplace dan diantar langsung ke depan rumah.

4. Senja

senja
Sumber: Unsplash

Background senja dengan panorama city view serta latar gunung dibelakangnya yang dipadukan dengan warna oranye yang cukup menenangkan bisa kamu gunakan untuk meeting terakhir sebelum mematikan komputer dan mulai memberlakukan me-time agar besok pagi kamu tetap bisa bekerja dengan segar kembali. 

5. Suasana pegunungan dari dalam kamar

suasana pegunungan dari dalam kamar
Sumber: Unsplash

Suasana kamar dengan vibes pegunungan dan aksen warna hijau bisa kamu gunakan untuk meeting yang cukup santai bersama teman-teman lama pada akhir pekan. Selain warnanya yang menyejukan, kamar dalam background ini juga terlihat sangat nyaman dan empuk. 

Baca juga: Psikologi warna: 10 Warna yang memengaruhi marketing dan branding

Rekomendasi background Zoom untuk formal meetings 

background zoom untuk formal meetings
Background yang polos dapat menjadi pilihan untuk formal meetings (Sumber: Unsplash)

Dengan semakin maraknya Work From Home, maka kamu akan dihadapkan dengan meeting bersama atasan atau rekan-rekan kerja secara profesional. Berikut lima rekomendasi background yang bisa kamu gunakan: 

1. Meja kerja

meja kerja
Sumber: Unsplash

Background meja kerja dengan tanaman dan lampu kerja yang sederhana ini cocok bagi kamu yang suka dengan hal-hal simple. Selain aksen warnanya lembut, dengan adanya jam akan memberikan bahwa kamu terkesan tepat waktu dan profesional. 

2. Ruang tamu

ruang tamu
Sumber: Unsplash

Rekomendasi kedua jatuh pada ruang tamu dengan aksen biru dan putih ini. Meskipun terlihat cukup penuh, menunjukan background ruang tamu bisa memberikan kesan bahwa kamu orang yang cukup terbuka dan mau menerima saran. Ditambah dengan penataan furniture yang simetris dan rapi, penampilanmu di formal meeting dengan background ini akan terlihat sangat baik. 

3. Tembok polos

tembok polos
Sumber: Unsplash

Pilihan ketiga jatuh pada tembok bata putih ini. Background ini akan cocok bagi kamu yang tidak suka menunjukan barang-barang yang terlihat dalam kamera saat kamu melakukan formal meeting. Dengan aksen putih namun tetap memiliki struktur yang kuat, kamu bisa gunakan background ini untuk meeting dengan atasan atau orang-orang penting. 

4. Rak buku

rak buku
Sumber: Unsplash

Background rak buku dengan susunan warna yang senada ditambah dengan aksesoris cendera mata yang tertata rapi cocok bagi kamu yang harus bertemu dengan dosen pembimbing atau guru via Zoom.

5. Apartment

apartment
Sumber: Unsplash

Background terakhir yang bisa kamu pakai adalah apartment rapi ini. Dengan paduan warna merah dan jendela terbuka dengan pencahayaan yang baik, kamu akan lebih percaya diri dalam presentasi lewat media Zoom!

Tips terakhir yang bisa kamu pakai saat menggunakan background Zoom adalah dengan tidak mengggunakan warna baju yang sama dengan tembok atau latar belakang pada tempat kamu melakukan pertemuan daring. Karena hal ini bisa mengakibatkan kamu terlihat seperti kepala melayang. Selamat melakukan Zoom meeting dengan background yang lebih beragam! 

Baca juga: Teori warna: Pengertian, tujuan, dan penerapan color wheel

SIGN UP EKRUT

Sumber:

  • supportzoom
  • cnet
  • hubspot
  • gadgets.ndtv

Tags

Share