Published on

Technology

3 Cara menghapus akun google secara permanen dengan mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Menghapus_Akun_Google.jpg

Tahukah kamu bahwa kamu bisa menghapus akun Google milikmu secara permanen? Ya benar, kamu bisa menghapus akun Google untuk berbagai tujuan, seperti sudah tidak terpakai lagi atau memang kamu ingin menghapus semua riwayat akun Google-mu dan membuat akun Google baru atau akun dengan platform lain. Mau tahu cara menghapus akun Google secara permanen? Mari simak ulasan berikut ini.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menghapus akun Google


Sebelum menghapus akun Google, kamu perlu memperhatikan kepentingan akun tersebut sekali lagi (Sumber: Pexels)

Sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun Google secara permanen, kamu perlu memikirkan masak-masak risiko dan konsekuensi yang nantinya kamu terima. Hal ini berkaitan dengan berbagai pesan dan juga keterkaitan akun Google milikmu dengan semua akun media sosial milikmu. Beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menghapus akun Google secara permanen adalah sebagai berikut.

1. Tinjau akun Google

Sebelum kamu menghapus akun Google secara permanen, kamu perlu meninjau akun Google milikmu untuk kali terakhir. Peninjauan ini terkait risiko kehilangan semua data dan konten di akun tersebut. Data akun Google umumnya tersimpan di Gmail atau surel Google milikmu. Kamu perlu mengunduh dan melakukan rekapitulasi data ini sebelum kamu menghapus akun Google untuk selamanya.

Baca juga: 4 Cara menghapus akun Instagram permanen dan sementara

2. Pelajari cara pengunduhan data otomatis


Kamu bisa menghapus akun Google dengan terlebih dahulu mengunduh data atau back up (Sumber: Pexels)

Sebelum menghapus akun Google, kamu bisa menggunakan pengunduhan data otomatis yang tersedia di Google. Cara ini dapat dilakukan dengan memilih data pesan, gambar, video, dan lain sebagainya sebagai arsip lalu buka halaman “Unduh Data”. Produk Google yang memiliki data milikmu akan dipilih secara otomatis lewat Takeout Google. Nantinya Google akan mengirimkan surel berisi tautan untuk mengunduh data akun Google milikmu. Untuk metode pengiriman, kamu perlu memilih kirim tautan unduhan melalui surel. Lantas, kamu pilih untuk ekspor dokumen, dan nantinya klik “Unduh Arsip” pada surel yang dikirimkan Google.

3. Pastikan akun Google milikmu memiliki back up

Akun Google pada umumnya menjadi basis sinkronisasi bagi pengguna Android. Hal ini terjadi pada penyelarasan akun Google untuk aplikasi media sosial, perbankan, hingga perihal lain yang kamu pilih dengan menyambungkan akun Google milikmu. Oleh karena itu, sebelum kamu menghapus akun Google harus terlebih dahulu dipastikan bahwa kamu sudah memiliki akun lain untuk mengubah tujuan sinkronisasi tersebut.

4. Lakukan pemulihan akun


Menghapus akun Google dapat dipulihkan kembali dengan fitur pemulihan akun (Sumber: Pexels)

Untuk mengantisipasi keperluanmu di masa mendatang terkait akun Google milikmu, kamu perlu melakukan pemulihan akun Google terlebih dahulu. Ingat kata sandi akun Google milikmu dan nantinya Google akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa itu adalah akun Google yang benar-benar milikmu. Untuk beberapa kasus, kamu akan diminta untuk mengatur ulang kata sandi untuk akun Google milikmu.

Baca juga: 8 Langkah menjaga jejak gigital di Internet agar tetap bersih

3 Cara menghapus akun Google


Berikut adalah 3 cara menghapus akun Google (Sumber: Pexels)

Umumnya ada berbagai cara untuk menghapus akun Google, baik permanen maupun non-permanen seperti pada gawai atau perangkat yang sudah tidak terpakai. Adapun tiga cara menghapus akun Google yang umum digunakan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Cara menghapus akun Google pada iPhone


Kamu bisa menghapus akun Google pada iPhone dengan mudah lewat Gmail (Sumber: Pexels)

Untuk menghapus akun Google dari perangkat iPhone, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini setelah melakukan back up data dari akun Google yang akan dihapus. Berikut langkah untuk menghapus akun Google pada iPhone.

  • Buka aplikasi Gmail pada iPhone
  • Klik foto profil kamu dan pilih profil yang akan dihapus
  • Klik menu “Kelola Akun Google
  • Klik menu “Data & Personalisasi”
  • Klik hapus layanan atau akun milikmu pada menu “Download, Hapus, atau Buat Rencana untuk Data Anda”
  • Klik “Hapus Layanan”
  • Klik ikon “Hapus” pada menu Gmail

Baca juga: 4 Cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word dengan mudah

2. Cara menghapus akun Google pada perangkat Android


Kamu juga bisa menghapus akun Google pada perangkat Android dengan pengaturan Google (Sumber: Pexels)

Bagi pengguna Android yang perangkatnya tersinkronisasi dengan akun Google, tentunya penghapusan akun Google akan berdampak lebih serius. Sehingga umumnya pengguna Android harus memiliki akun Google lain sebagai back up. Adapun cara untuk menghapus akun Google dari perangkat Android adalah sebagai berikut.

  • Buka pengaturan pada perangkat Android milikmu
  • Klik “Accounts
  • Pilih “Google
  • Pilih akun Google yang login di perangkat anda dan klik akun yang ingin dihapus
  • Pilih “Remove Account” pada menu titik tiga di pojok kanan gambar akun Google
  • Akun Google akan terhapus dari perangkat Android tetapi tidak secara permanen karena hanya sebatas akses akun Google tersebut pada perangkat terkait

3. Cara menghapus akun Google secara permanen


Menghapus akun Google dengan pengaturan Google pribadi (Sumber: lifewire.com)

Untuk dapat menghapus akun Google secara permanen di semua perangkat, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Kamu hanya perlu mengakses pengaturan Google akun milikmu untuk melakukan langkah-langkah untuk menghapus akun Google ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus akun Google secara permanen.

  • Pilih menu “Data & Personalization
  • Ulir ke bawah untuk mencari menu “Download, delete, or make a plan for your data
  • Klik “Delete a service or your account”
  • Pilih “Delete a service
  • Kamu akan diminta untuk masuk ke dalam akun Google milikmu untuk verifikasi
  • Pada layar “Delete a Google Service” kamu akan dihadirkan pilihan ikon aplikasi yang akan dihapus, pilih akun Gmail untuk menghapus layanan email Google dan aplikasi berbasis Google lainnya dengan klik ikon “tempat sampah”
  • Akun Google beserta Gmail milikmu akan terhapus dan kamu akan mendapat pemberitahuan jika telah menyiapkan email baru sebelumnya
  • Masukkan alamat email baru untuk verifikasi penghapusan akun Google
  • Kamu akan mendapat email dari Google (no-reply@accounts.google.com) dengan subjek “Security alert for your linked Google Account” atau “Gmail Deletion Confirmation
  • Ikuti tautan penghapusan pada pesan email yang tadi dikirim Google
  • Jika diminta, kamu diminta untuk login ke akun Google yang telah dihapus
  • Pada layar konfirmasi akan muncul “Under Confirm Gmail Deletion” pilih “Yes, I want to delete youremail@gmail.com (email kamu) secara permanen
  • Klik “Delete Gmail
  • Done

Baca juga: Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya!

Apa yang terjadi setelah akun Google dihapus?


Kamu akan kehilangan akses beberapa aplikasi yang terkait dengan Google setelah menghapus akun Google (Sumber: Pexels)

Secara umum, setelah kamu menghapus akun Google maka kamu tidak bisa mengakses Gmail dengan alamat email yang telah terhapus. Begitu pula ketika orang lain mengirim email ke alamat email yang telah terhapus akan terjadi “delivery failure”; biasanya muncul sebagai pesan saat alamat email salah. Beberapa hal lain yang terjadi setelah kamu menghapus akun Google adalah sebagai berikut.

  • Layanan berbasis akun Google lama akan tidak bisa diakses (Mis.: YouTube, Google Play, Chrome (personalized), dll)
  • Sinkronisasi Google Photos, Drive, Calendar, dan sebagainya tidak lagi dapat digunakan
  • Data yang tersimpan pada Google Drive akan hilang
  • Kontak yang kamu simpan menggunakan alamat email akun Google lama akan hilang

Untuk mengantisipasi risiko kehilangan berbagai data di atas, kamu perlu melakukan back up lewat Google Takeout untuk memindahkan data terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menghapus akun Google dengan nyaman dan aman. 

Baca juga: 6 Cara uninstall aplikasi di laptop dan PC dengan mudah

Nah, kini kamu tidak perlu bingung lagi untuk menghapus akun Google yang memang sudah tidak lagi digunakan atau memori penyimpanannya telah penuh. Kamu bisa membuat akun Google tambahan atau benar-benar menghapus semua data jika tidak lagi menggunakan layanan dari Google.

Bagi kamu yang sering bergulat dengan akun Google sebagai sarana pekerjaanmu, tentu saja hal ini cukup penting buatmu agar tidak kehilangan data-data penting saat menghapus akun Google. Namun, jika kamu sedang menggunakan akun Google untuk mencari pekerjaan, maka sebaiknya kamu cukup perlu mendaftar lewat EKRUT.

EKRUT adalah tempat yang tepat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, karena dengan mendaftar lewat EKRUT nantinya kamu akan ditemukan oleh berbagai perusahaan yang tengah mencari kandidat pegawai. Jika kamu telah memiliki CV dan juga kualifikasi mumpuni, maka kamu hanya perlu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Sumber:

  • https://support.google.com/accounts/answer/32046?hl=en#zippy=%2Cif-you-use-an-android-device
  • https://www.lifewire.com/how-to-delete-your-gmail-account-1172073
  • https://www.businessinsider.com/how-to-delete-gmail-account?r=US&IR=T

Tags

Share