Published on

Careers

6 Cara menghilangkan sakit hati agar tetap profesional saat kerja

Tsalis Annisa

cara-menghilangkan-sakit-hati-EKRUT.jpg

Suasana hati seseorang seringkali memengaruhi kinerjanya di kantor. Salah satunya ketika sedang patah hati, akan sulit bekerja fokus maksimal jika kamu mengalami kondisi ini. Satu-satunya jalan adalah dengan menerapkan cara menghilangkan sakit hati agar pekerjaanmu tetap dapat selesai dengan maksimal.

Memang, putus cinta tidak hanya membunuh romansa, hal ini juga mengganggu hampir setiap aspek dalam hidupmu, termasuk produktivitas kerja. Padahal, menangani dan menghilangkan sakit hati tidaklah mudah. 

Tapi bukan berarti tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya serta kembali menjalani hidup seperti sediakala dan kembali bekerja secara profesional. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

1. Jangan paksa diri dan perasaanmu

cara menghilangkan sakit hati EKRUT 
Jangan pernah memaksanakan dirimu untuk segara melaluinya-EKRUT

Menghilangkan sakit hati akan membutuhkan banyak energi, usaha, dan waktu. Untuk itu, jangan pernah memaksa dirimu untuk segera melaluinya. Mungkin saja kamu terus menanamkan pikiran bahwa kamu telah melupakannya, namun tiba-tiba pada suatu malam pikiran tentangnya datang lagi dan kamu terbawa lagi oleh hal itu.

Tidak masalah, jangan terlalu menyalahkan dirimu sendiri. Hal ini memang dapat memakan waktu lama dan hal tersebut wajar-wajar saja. Jadi, santai saja dengan dirimu dan jangan memaksa diri dan perasaan untuk bisa melalui dengan cepat. Biarkan dirimu sembuh dengan waktu.

Baca juga: Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!

2. Cobalah untuk fokus pada hari ini

cara menghilangkan sakit hati EKRUT 
Fokuskan harimu setiap hari dalam melalui rasa sakit tersebut-EKRUT

Mungkin jika membayangkan bagaimana hidupmu ke depannya jika harus terus merasakan sakit hati seperti hari ini, kamu akan merasa semakin tertekan. 

Jadi, sebaiknya jangan terlalu memikirkan bagaimana rasa sakit hatimu ke depannya. Cukup fokuskan pada hari ini dan bagaimana kamu melaluinya bersama rasa sakit tersebut.

Hal ini juga dapat kamu terapkan dalam menangani pekerjaanmu. Misalnya, ketika kamu memiliki proyek yang perlu diselesaikan sedangkan pikiranmu tengah sibuk mengatasi patah hati, kamu mungkin akan merasa tidak bergairah untuk menyelesaikannya.

Namun, dengan mencoba berfokus pada satu pekerjaan dalam satu hari yang perlu diselesaikan dapat membuatmu lebih terbantu untuk menyelesaikannya. Tidak perlu untuk berpikir tentang pekerjaan selanjutnya. Cukup fokuskan saja pikiranmu pada pekerjaan saat itu dan selesaikan.

3. Puaskan dirimu untuk menangis

cara menghilangkan sakit hati EKRUT
 Menangis dapat membantumu menghilangkan kesedihan jadi lakukanlah-EKRUT

Menangis dapat membantumu menghilangkan kesedihan. Jangan berpikir bahwa perasaan lebih baik setelah menangis hanyalah sebuah kebetulan belaka, sebab itu bukanlah kebetulan.

Ada alasan psikologis mengapa tangisan dan air mata mampu membantu menyembuhkan luka patah hatimu.

Menurut riset, air mata tangis yang emosional mengandung senyawa racun biokimia yang saat menangis dapat melepaskan senyawa ini keluar dari tubuhmu sehingga memberikan rasa kelegaan emosional dan melepaskan stres. Jadi, ambillah tisu dan jangan tahan lagi tangisanmu.

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

4. Berusahalah menerima dan memaafkan dirimu

cara menghilangkan sakit hati EKRUT 
Cobalah untuk memafkan diri sendiri saat kamu patah hati dengan begitu kamu akan mengenali diri sendiri-EKRUT

Memaafkan dalam proses patah hati bukan hanya tentang orang yang telah menyakitimu, namun juga mengenai dirimu.

Faktanya, ketika kamu berusaha memaafkan dirimu ketika merasa patah hati, kamu akan berhenti merasa marah ataupun menyalahkan orang yang telah berlaku tidak benar padamu.

Cobalah untuk menerima kenyataan bahwa ketika sebuah hubungan tidak berjalan dengan baik, berarti memang bukan takdirnya untuk bersama.

Jika kamu memiliki kepercayaan diri yang bagus dan tinggi, kamu pasti akan mampu menyadarinya, menerima hal tersebut, dan segera move on. 

5. Jauhkan dirimu dari ponsel

cara menghilangkan sakit hati EKRUT 
Jangan mencoba untuk melakukan stalking terhadap mantanmu melalui ponsel, agar kamu tenang-EKRUT

Di saat kamu patah hati, mungkin banyak darimu yang berusaha masih penasaran terhadap mantan kekasih atau mencoba menghubungi mereka kembali. Beberapa orang pada akhirnya sering mengecek hape mereka. Maka dari itu lebih baik jauhkan dirimu dari hape dengan cara menonaktifkannya. 

Ambillah langkah ini selama beberapa hari untuk memastikan bahwa dirimu baik-baik saja. Bagaimana pun kamu harus tetap profesional menjalani profesimu di kantor. 

6. Buat rutinitas baru

cara menghilangkan sakit hati EKRUT
 
Mencari rutinitas baru akan membuatmu melupakan sejenak patah hati yang kamu alami-EKRUT

Terkadang, bagian paling menyebalkan dari putus cinta bukanlah karena kita merindukan orang yang menjadi penyebabnya, namun karena kita merindukan rutinitas yang biasa terjadi bersama dengan orang tersebut.

Ketika putus cinta, rutinitas tersebut tentu menghilang dan ada kekosongan yang akan kamu rasakan.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan kekosongan tersebut, cobalah untuk membuat rutinitas baru. Upayakan untuk mengalihkan pikiranmu agar tidak teringat apalagi merindukan kebiasaan-kebiasaan dengan mantanmu dahulu.

Baca juga: 8 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitas

Ketika menangani putus cinta, kamu mungkin akan merasa kehidupanmu runtuh dan sangat sulit untuk menanganinya.

Namun, dengan cara menghilangkan sakit hati, kamu tetap dapat bertahan untuk menjaga fokus dan tetap produktif dalam masa kelam tersebut sehingga kamu tetap bisa profesional. 

Jadi, jika kamu sedang patah hati, jangan lupa terapkan tips di atas, ya! Semoga berhasil, dan selamat move on!

cara menghilangkan sakit hati EKRUT 
Last update 19 April 2020

Rekomendasi bacaan: 

Sumber:

  • lifehacker.com
  • psychcentral.com
  • huffpost.com

Tags

Share