Careers

6 Cara mengirim lamaran lewat email dengan profesional beserta contohnya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast | Digital Marketing | Content Strategist | Full-Stack Digital Marketing RevoU Batch 9

6_Cara_mengirim_lamaran_lewat_email_dengan_profesional_beserta_contohnya.jpg

Setelah menulis resume terbaik, kamu pasti ingin memastikan bahwa resume tersebut berakhir di kotak masuk email orang yang tepat dan cukup menarik minat perekrut untuk membuka dan meninjau email lamaran kerja darimu. Untuk mencapai tujuan itu, maka kamu harus memastikan bahwa cara mengirim lamaran lewat email yang kamu lakukan sudah tepat dan profesional. Nah, berikut ini 6 cara mengirim lamaran lewat email lengkap dengan contoh yang bisa kamu pertimbangkan!

Baca juga: 10 Cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

Kapan waktu yang tepat untuk mengirim lamaran lewat email?


Salah satu cara mengirim lamaran lewat email adalah memperhatikan waktu kirim. (Sumber: iStock)

Memilih waktu yang tepat untuk mengirimkan lamaran lewat email adalah salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Kamu tentu tidak ingin resume yang telah kamu buat dengan maksimal tidak sampai dibaca oleh perekrut. Menurut analisis TalentWorks pada tahun 2017, melacak 1.610 lamaran pekerjaan dari berbagai industri dengan berbagai tingkat pengalaman, menemukan bahwa mengirimkan lamaran lewat email sebelum pukul 10 pagi di zona waktu employer secara signifikan meningkatkan kemungkinan seseorang akan dihubungi dan mendapatkan tawaran untuk wawancara.

Sedangkan sebaliknya, survei menemukan bahwa pukul 7.30 malam atau tepat ketika banyak hari kerja berakhir, adalah waktu yang kurang tepat untuk mengirim lamaran lewat email karena kandidat memiliki peluang kurang dari 3% untuk mendapat tanggapan dari employer.

Meskipun begitu, ada pula sumber yang mengatakan bahwa sebenarnya waktu yang paling tepat untuk mengirimkan lamaran lewat email adalah sesegera mungkin setelah iklan lowongan pekerjaan tersebut dipublikasikan agar email yang kamu kirimkan sesegera mungkin mendapatkan perhatian dari employer.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua employer membuka email lamaran kerja dari kandidat tiap harinya, beberapa hanya akan membuka email lamaran setelah deadline yang ditetapkan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya juga untuk mengaplikasikan tips yang telah diberikan di atas.

Baca juga: Melamar kerja online? Ini hal yang harus dan tidak boleh dilakukan

6 Cara mengirim lamaran lewat email dengan profesional


Terdapat 6 cara mengirim lamaran lewat email secara profesional. (Sumber: Pexels)

Setelah memahami kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan lamaran lewat email, selanjutnya kamu bisa menyimak beberapa cara mengirim lamaran lewat email secara profesional berikut ini.

1. Siapkan dokumen yang diperlukan

Cara mengirim lamaran lewat email yang pertama adalah mempersiapkan dokumen yang ingin kamu sertakan dalam email. Dokumen ini bisa mencakup resume, surat lamaran (cover letter), serta dokumen tambahan yang diminta untuk posisi tersebut yang tertera pada detail iklan lowongan pekerjaan.

Jenis dokumen yang dikirimkan bisa dalam format Microsoft Word, PDF, atau sesuai dengan yang diminta oleh employer. Selain itu, cantumkan juga nama lengkap kamu dalam judul setiap dokumen agar perekrut mengetahui dengan mudah milik siapa dokumen tersebut.

2. Tulis email lamaran

Cara mengirim lamaran lewat email yang kedua adalah membuat email yang akan kamu kirim dengan dokumen lamaran di atas. Kamu dapat menggunakan email sebagai surat lamaran (cover letter) atau menyertakan salinan surat lamaran (cover letter) dalam attachment email.

Sertakan salam yang ditujukan kepada penerima, satu atau dua paragraf yang menjelaskan tujuan kamu menulis surat tersebut, kualifikasi, dan paragraf penutup yang mencakup informasi kontak yang bisa dihubungi, serta ucapan terima kasih atas waktu penerima. Kamu juga harus memberitahu bahwa kamu menyertakan dokumen yang dilampirkan ke email. Sebagai tambahan, kamu dapat menuliskan informasi dari mana kamu mengetahui lowongan pekerjaan tersebut.

3. Pilih baris subjek yang ringkas dan jelas

Cara mengirim lamaran lewat email yang selanjutnya adalah membuat baris subjek yang ringkas dan juga jelas. Baris subjek lamaran itu penting karena dengan cepat memungkinkan perekrut untuk melihat apa isi email tersebut. Perekrut tentunya menerima begitu banyak email lamaran kerja, sehingga memastikan baris subjek sejelas dan sesingkat mungkin akan meningkatkan peluang untuk menarik perhatian. Pertimbangkan baris subjek seperti "Nama – Posisi yang dilamar" atau yang serupa untuk memastikan penerima tahu persis tentang email yang kamu kirimkan.

Baca juga: 7 Contoh CV lamaran kerja dan informasi yang perlu

4. Selesaikan email dengan membubuhkan tanda tangan

Cara mengirim lamaran lewat email berikutnya yaitu sertakan tanda tangan di akhir email yang terdiri dari nama lengkap dan informasi kontak seperti nomor telepon, email, dan profil media sosial apa pun yang ingin kamu bagikan dengan perekrut.

5. Sertakan lampiran yang telah disiapkan

Lampirkan resume, surat lamaran (cover letter), dan dokumen tambahan apa pun ke email sebelum kamu mengirimkannya. Kirim semua file di atas sebagai lampiran file di email.

6. Tinjau, koreksi, dan kirim email lamaran

Sebelum menekan tombol kirim, penting untuk meninjau dan mengoreksi email untuk memastikan akurasi, profesionalisme, dan tata bahasa serta ejaan yang benar. Pastikan kamu menggunakan email pribadi yang profesional dan bisa dibaca dengan jelas. Setelah memastikan semuanya sudah lengkap, kamu dapat mengirim email percobaan ke diri sendiri terlebih dahulu untuk mencoba menempatkan diri sebagai penerima email untuk memastikan email yang akan dikirim tersebut sudah benar. Setelah kamu yakin email lamaran yang kamu buat sudah lengkap dan benar, pastikan pula email yang perekrut yang kamu ketikkan sudah benar sehingga kamu bisa menekan tombol kirim untuk mengirim email tersebut ke perekrut.

Baca juga: 7 Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Contoh lamaran kerja via email


Contoh cara mengirim lamaran lewat email secara profesional. (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah contoh lamaran kerja via email dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat lamaran lewat email versimu sendiri.

Subject: Ezra Pisesha — Software Tester

 

Dear Mr. Aldy,

I have 5 years of experience as a Software Developer at my previous company. I came across an interesting position of Software Tester on your company website. Your company, PT. Techware International is renowned for testing all kinds of software and applications before they are released.

As I know how they were programmed, I would be able to quickly detect all bugs and errors that need to be rectified. My skill-set and expertise makes me a valuable asset to your company.

After graduating with a degree in Computer Science, I worked at PT. Bersama Karya Bangsa as a Software Developer for 5 years. I designed and programmed engineering software that students use in university. Now, I want to challenge myself in a new environment and your company offers just that.

I have attached a cover letter, resume, and certificates for your consideration. Please take a moment to go through them to get a better idea of who I am.

I would love to talk to you in more detail regarding this amazing opportunity at your company. I look forward to hearing back from you regarding my application.

Sincerely,

[Tanda tangan]

Ezra Pisesha
08123456789
ezra@xyz.com

Baca juga: 12 Tips melamar kerja yang baik agar cepat dipanggil interview

Itulah penjelasan mengenai waktu dan cara mengirim lamaran lewat email yang tepat dan profesional yang bisa membantu kamu dalam menyusun email untuk melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Top Resume
  • Talent Works
  • Business Insider
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cara_Menulis_Artikel_yang_Baik_Untuk_Pemula.jpg

    Careers

    10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

    Anisa Sekarningrum

    19 December 2022
    5 min read
    ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    19 December 2022
    7 min read
    penulisan_alamat_surat_yang_benar.jpg

    Careers

    8 Contoh Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai Kaidah

    Algonz D.B. Raharja

    19 December 2022
    6 min read

    Video