Published on

Technology

Ini Dia Cara Menonaktifkan WA Sementara dengan Cepat dan Mudah 2022

Luqman Hafidz

H1_Ini_Dia_Cara_Menonaktifkan_WA_Sementara_2022.jpg

Sebagai makhluk sosial, tentu manusia perlu berkomunikasi. WhatsApp sebagai salah satu alat berkomunikasi telah dipakai lebih dari dua miliar orang di dunia setiap bulannya. Bahkan 100 miliar pesan teks dikirim setiap harinya melalui aplikasi ini. Dengan banyaknya pesan dan kewajiban untuk merespons setiap pesan yang masuk, ada kalanya manusia merasakan kelelahan. Artikel ini khusus dibuat bagi kamu yang sedang ingin rehat dari kesibukan mengirim dan menerima pesan melalui WhatsApp

Baca juga: Manfaat dan pentingnya work life balance bagi karyawan, serta 5 tips mewujudkannya

Cara menonaktifkan WA sementara dengan melakukan uninstall


Rata-rata orang Indonesia menggunakan WhatsApp selama satu jam setiap hari (Sumber: Pexels)

Dilansir dari blog HootSuite, Indonesia merupakan negara dengan penggunaan WhatsApp terlama sedunia dengan rerata penggunaan selama 31,4 jam perbulan. Hal ini berarti rata-rata orang Indonesia menggunakan WhatsApp selama 60 menit setiap harinya. Kalau kamu sudah merasa berlebihan dan ingin mengurangi beban pikiran sementara atau meminimalisir terjadinya serangan panik, kamu bisa melakukan uninstall WhatsApp untuk beristirahat sejenak. Untuk itu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Uninstall melalui home menu

  • Tekan aplikasi WhatsApp pada layar home menu ponselmu selama 2-3 detik
  • Kemudian, klik “Uninstall
  • Konfirmasi penghapusan

2. Uninstall melalui menu pengaturan

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Pilih manage application atau manajer aplikasi
  • Klik aplikasi WhatsApp
  • Pilih “Uninstall
  • Konfirmasi penghapusan

Pastikan kamu telah melakukan backup dokumen dan pesan-pesan penting sebelum melakukan langkah ini. Pastikan semua hal penting sudah aman dan dapat diakses kembali ketika dibutuhkan.

Baca juga: 4 Cara backup chat WhatsApp di Android, iPhone, Windows, dan MacOS

Cara menonaktifkan WA sementara tanpa uninstall


Ada opsi lain selain melakukan uninstall (Sumber: Pexels)

Jika uninstall merupakan pilihan yang cukup berat, ada beberapa opsi lain untuk tetap mendapatkan ketenangan dengan menonaktifkan WhatsApp sementara. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba.

1. Menonaktifkan notifikasi

Pesan singkat dari atasan atau grup kantor selama weekend atau ketika kamu tengah cuti merupakan suatu hal yang dapat mengganggu kestabilan mood. Ada beberapa pilihan menonaktifkan notifikasi WhatsApp, yaitu menonaktifkan semua notifikasi WhatsApp, menggunakan nada dering “senyap”, serta mematikan LED notification bagi ponsel yang memiliki fitur support.

  • Menonaktifkan semua notifikasi dari WhatsApp

Dengan menonaktifkan semua notifikasi dari WhatsApp, ponselmu tidak akan bergetar atau memberikan notifikasi apapun apabila kamu memiliki pesan baru atau panggilan masuk. Caranya adalah:

Pengaturan > Aplikasi > Pengaturan Aplikasi > WhatsApp > Pemberitahuan/Notifikasi > Matikan Semua Notifikasi

  • Menggunakan nada dering senyap

Kalau kamu masih merasa ragu untuk mematikan semua notifikasi karena akan ada orang terdekat dan keluarga yang menghubungi, kamu bisa mematikan nada deringnya saja. Jadi, WhatsApp tetap aktif dan semua notifikasi tetap ada di layar, bedanya kamu tidak perlu mendengar nada dering ketika ada pesan atau panggilan masuk. Caranya adalah:

Buka audio recorder atau perekam pada ponsel > Rekam audio kosong selama 2-3 detik lalu simpan > Buka aplikasi WhatsApp > Tekan tombol tiga titik di ujung kanan atas > Pengaturan > Notifikasi > Ganti semua notifikasi pesan, grup, dan panggilan dengan suara senyap dari rekaman sebelumnya > Matikan semua notifikasi getar 

  • Menonaktifkan LED notification

Beberapa ponsel dilengkapi dengan lampu LED yang bisa berubah warna ketika ada pesan atau panggilan masuk sesuai dengan pengaturan. Apabila fitur ini tersedia, kamu juga bisa mematikan bagian ini untuk menenangkan diri beberapa saat, caranya adalah:

Buka aplikasi WhatsApp > Tekan tombol tiga titik di ujung kanan atas > Pengaturan > Notifikasi > Light/Lampu LED > None/Tidak ada

2. Menonaktifkan penggunaan data seluler

Kamu bisa mematikan notifikasi WhatsApp ketika kamu tetap aktif menggunakan aplikasi lain seperti Instagram, YouTube, atau TikTok. Hal ini akan bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan sedikit hiburan tanpa perlu merasa cemas dari notifikasi yang terkadang mengganggu. Berikut caranya:

Penggunaan ini akan menghentikan kamu menjadi pengguna WhatsApp yang aktif secara sementara. Bahkan ketika kamu membuka WhatsApp, tidak akan ada notifikasi apapun yang masuk. Kamu masih bisa aktif menggunakan internet untuk semua aplikasi lain. Caranya adalah:

Pengaturan > Aplikasi > Manajer Aplikasi > WhatsApp > Restrict Data Usage > Matikan penggunaan internet dan WiFi untuk WhatsApp

Baca juga: Mengenal Bad Mood, 5 Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pastikan kamu memiliki waktu rehat yang cukup sebelum mulai bekerja dan bersosialisasi kembali. Menghubungi ahli di bidang kesehatan mental akan bermanfaat jika kamu merasakan stres yang berlebihan dan kesulitan untuk fokus. Semoga kamu sehat selalu, baik secara fisik maupun mental.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • blog.hootsuite.com
  • suara.com
  • 99.co
  • merdeka.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video